6 Efek Samping yang Membuat Penderita Kolestrol Dilarang Minum Kopi

710

Bolehkah penderita kolestrol minum kopi? Sebuah pertanyaan yang penting jawabannya. Terlebih bagi Anda yang sudah cinta dengan kopi, namun di dalam tubuh Anda terdapat kolestrol yang tidak sehat. Pertanyaan ini menjadi sangat penting untuk Anda nanti. Memang kopi menjadi minuman yang sudah sangat memasar. Minuman yang konon berasal dari etiopia ini terbukti lebih dari 1,4 gelas kopi diminum setiap harinya. Itu artinya minuman kopi sudah menempati pasaran yang besar. Tidak heran jika kemudian (di Indonesia misalnya) kopi sudah menjadi minuman pendamping segala aktivitas. Anda ingin rapat di kantor, akan lebih indah jika ada kopi di sampingnya. Anda ingin bersantai bersama keluarga, akan lebih syahdu jika ada kopi di sampingnya. Jika Anda ingin mengerjakan tugas, kopi seakan wajib dan harus ada di damping Anda. Inilah kopi, bahkan ada yang menyatakan kopi itu ibarat kekasih kedua. Tanpannya hidup bisa saja menjadi galau dan gelisah.

Namun, sekali lagi kembali pada pertanyaan di atas. Apakah boleh penderita kolestrol minum kopi? Dalam berbagai riset, kolestrol bisa disebabkan juga oleh kopi. Artinya minum kopi dengan takaran yang lebih bisa memunculkan kolestrol di dalam tubuh Anda. Untuk itu, mengenai jawaban atas pertanyaan tersebut. Akan lebih baik jika Anda menghindari minum kopi terlebih dahulu sampai kolestrol yang ada di dalam tubuh Anda benar-benar sembuh. Dalam beberapa riset, membuktikan bahwa dalam satu cangkir kopi ditaksir terdapat sekitar empat miliar lebih kandungan kafestol. Kafestol inilah yang kemudian bisa meningkatkan kadar kolsetrol yang ada di dalam tubuh. Jika Anda minum kopi dalam jumlah banyak setiap harinya, itu artinya jumlah kadar kolestrol yang ada di dalamnya akan semakin tambah. Inilah kenapa kemudian jawaban aras pertanyaan di atas, dengan tegas menjawab ‘tidak boleh’. Sebab untuk mengurangi kadar kolestrol yang ada di dalam tubuh Anda. Jika tetap saja minum kopi dengan kadar yang tinggi, dikhawatirkan akan berakibat buruk ke depannya. Sebab kopi, di sisi lain sebagai minuman pelega, artinya bisa membuat orang lebih rileks dan santai. Kopi juga memiliki efek samping yang berbahaya bagi tubuh.

  1. Bisa Mengakibatkan Iritasi Perut

Efek samping pertama yang berbahaya bagi tubuh setelah minum kopi adalah iritasi di dalam perut. Iritasi ini disebabkan karena banyaknya senyawa kafein serta kandungan yang ada di dalam biji kopi. Sehingga mampu membuat perut Anda mengalami iritasi. Efek samping ini jika Anda biarkan, maka dampaknya akan berkelanjutan, berbahaya bagi kesehatan perut Anda.

  1. Bisa Meningkatkan Asam Lambung

Efek samping kedua yang tidak kalah penting untuk diperhatikan bahwa kopi mampu meningkatkan asam lambung Anda. Umumnya efek samping ini bisa muncul ketika Anda mengkonsumsi kopi pada pagi hari, dalam keadaan perut kosong. Sebab kondisi ini bisa meningkatkan asam klorida atau asam lambung Anda. Untuk itu alangkah lebih baik Anda minum kopi ketika perut Anda dalam posisi terisi.

  1. Dapat Mengganggu Penyerapan Makanan

Selain dapat meningkatkan asam lambung, efek samping yang bisa muncul setelah Anda minum kopi adalah dapat mengganggu penyerapan makanan yang ada di dalam tubuh Anda. Hal ini disebabkan karena kopi dapat merangsang peristaltik sehingga membuat makanan cepat masuk ke dalam usus kecil. Sehingga tidak mampu terserap dengan baik.

  1. Bisa Meningkatkan Panas Dalam

Efek samping selanjutnya yang dapat dimunculkan dari minum kopi adalah bisa meningkatkan panas dalam. Efek samping ini tidak kalah penting untuk dipahami bersama. Sebab panas dalam bisa mengganggu sistem kerja di dalam tubuh Anda. Sebab kopi bisa mengganggu kestabilan esophagus, yang kemudian bisa meningkatkan asam klorida yang membuat tekanan panas di dalam tubuh. Untuk itu penting memperhatikan konsumsi kopi, jangan sampai tubuh Anda mengalami hal demikian.

  1. Bisa Mengurangi Kepadatan Tulang

Bagi Anda penderita osteoporosis, efek samping kopi yang satu ini penting Anda pahami. Sebab di dalam kopi terdapat senyawa yang efeknya bisa mengurangi kepadatan tulang. Untuk itu Anda penderita osteoporosis penting menghindari minum kopi agar penyakit Anda tidak semakin parah. Selain itu mengurangi kepadatan tulang ini juga bisa membuat tulang sangat rentan patah. Hal ini bisa terjadi karena kopi mampu mengurangi kandungan mineral yang ada di dalam tubuh Anda. Selain kopi Anda juga penting memahami beberapa cara mencegah tulang keropos agar tulang Anda bisa tetap sehat dan terjauh dari resiko patah tulang.

  1. Bisa Membuat Stres

Meskipun banyak orang menyatakan bahwa minum kopi bisa menghilangkan stres. Namun sebaliknya minum kopi juga bisa membuat stress. Sebab minum kopi dapat meningkatkan produksi hormone kortisol, norepinefin dan epinefrin. Efek samping yang satu ini akan Anda rasakan jika Anda mengkonsumsi kopi dalam jumlah yang banyak. Sehingga lama-kelamaan akan membuat tubuh Anda stress.