Home Featured 6 Makanan Penyebab Asam Lambung Ini, Sering Gak Sengaja Dikonsumsi

6 Makanan Penyebab Asam Lambung Ini, Sering Gak Sengaja Dikonsumsi

by Lia Yuliana

Penyakit asam lambung sering kali dialami oleh beberapa orang. Walaupupun pemyakit asam lambung sering kali dialami oleh beberapa orang namun penyakit ini tentu tidak bisa dianggap enteng, penyakit ini cukup serius jika dibiarakan terus menerus akan sangat membahayakan. Penderita penyakit asam lambung sering kali merasakan beberapa gejala yang dirasakan seperti mual, mulas, kembung, muntah dan gangguan pencernaan lain.

Asam lambung naik ini merupakan suatu kondisi dimana asam lambung yang berlebih akan naik dari lambung menuju ke tenggorokan. Biasanya asam lambung yang naik diakibatkan oleh gaya makan yang tidak sehat. Adapun 6 jenis makanan penyebab asam lambung adalah

1. Makanan yang Digoreng

Perlu diketahui bahwa makanan yang dimasak dengan cara digoreng seperti gorengan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk dicerna dalam pencernaan. Dikarenakan lamanya proses pencernaan ini yang akhirnya menyebabkakan produksi asam lambung menjadi banyak dan mengakibatkan asam lambung akan memenuhi ruang dalam perut. Kondisi inilah yang dinamakan sebagai asam lambung naik, karena makanan digoreng merupakan makanan berbahaya bagi tubuh jika banyak mengonsumsinya.

Maka dari itu kita mungkin boleh-boleh saja mengkonsumsi gorengan karena tidak dipungkiri bahwa gorengan juga merupakan makanan yang cukup idaman bagi masyarakat Indonesia apalagi pada saat musim hujan seperti sekarang ini, namunkita juga perlu mengontrol artinya tidak boleh makanan secara berlebihan.

2. Makanan Pedas

Tidak dipungkiri bahwa makanan yang memiliki cita rasa pedas merupakan makanan yang cukup digemari, bagi sebagian orang makanan yang memliki cita rasa pedas akan membuat nafsu makananya menjadi meningkat. Namun tentunya anda perlu wasapada karena makanan pedas dapat menyebabkan penyakit asam lambung. Dimana jika kita makan pedas terlalu berlebihan maka akan terjadinya penumpukan asam yang membuat penyebab asam lambung naik.

3. Cokelat

Siapa yang tidak tahu coklat, makanan yang bercita rasa manis dan dipercaya membuat kembalinya mood. Namun ternyata coklat merupakan salah satu makanan yang jika dikonsumsi berlebihan dapat menyebabkan naiknya asam lambung dalam tubuh. Hal ini disebabkan oleh kandungan kafein, lemak, dan cocoa yang dapat mengakibatkan refluks.

4. Brokoli

Jika anda pecinta sayuran yang satu ini sebaiknya anda harus tetap waspada karena brokoli mengandung banyak serat dimana akan membuat sistem pencernaan akan lebih banyak dalam menghasilkan gas dimana dapat memicu heartburn.

5. Daging Tinggi Lemak

Walaupun daging merupakan salah satu jenis makanan sehat sempurna namun daging yang memiliki kandungan lemak tinggi yang dapat menyebabkan kolesterol seperti babi dan sapi dalam proses pencernaan akan lama hal inilah yang akan menyebabkan refluks. Maka dari itu anda tentunya membatasi dalam mengkonsumsi daging supaya tidak terlalu berlebihan dan tidak menyebabkan asam lambung naik.

6. Tomat

Tomat merupakan salah satu buah yang baik untuk kesehatan dan kecantikan yang cukup digemari oleh masyarakat biasanya selalu menjadi pelengkap dalam setiap masakan, dibuat menjadi souce atau sambel dan digunakan sebagai lalapan namun tomat merupakan buah yang mengandung asam malat yang jika dikonsumsi secara banyak dapat meningkatkan asam lambung.

Itulah jenis makanan penyebab asam lambung dengan menghindari makanan ini tentu akan membantu kamu untuk menghilangkan penyakit asam lambung yang kamu derita. bahkan dengan menghindari makanan ini dapat membuat mu secara perlahan sembuh dari penyakit asam lambung

You may also like