Home Featured Awas, Segera Kurangi 3 Makanan Ini Yang Bikin Otak Bodoh !

Awas, Segera Kurangi 3 Makanan Ini Yang Bikin Otak Bodoh !

by Lia Yuliana

Peran gizi dari makanan sangatlah penting untuk kecerdasan. Memilih menu makanan yang asal-asalan bisa jadi bumerang bagi kecerdasan, bukannya tambah pintar, tapi justru malah bikin otak semakin bodoh. Kenapa? Karena beberapa jenis makanan dapat membuat kinerja otak melambat dan justru bikin bad mood. Supaya kerja otak tidak terganggu, maka sebaiknya kamu menghindari jenis makanan ini, meskipun mungkin rasanya sangat lezat dan kamu menyukainya.

1. Fast Food

Sekarang ini makanan fast food begitu menjamur, bahkan untuk membelinya kita nggak perlu ke gerainya, cukup buka aplikasi di handphone dan makanan kesukaan akan datang kemana pun kita berada. Jenis makanan ini begitu digemari, khususnya oleh kalangan anak muda, karena praktis dan rasanya lezat.

Makanan ini juga bisa dinikmati ditempat, biasanya tempat yang ditawarkanpun nyaman, sehingga pembeli akan betah duduk-duduk disitu sambil ngobrol bersama teman atau bahkan sambil mengerjakan tugas. Padahal, jika kamu tahu, makanan cepat saji memiliki nilai gizi yang rendah, karena meskipun mengenyangkan akan tetapi jenis makanan ini tidak mampu memenuhi nilai gizi yang seharusnya dipenuhi untuk mencukupi kebutuhan oleh tubuh.

Makanan cepat saji atau fast food juga dikenal dengan bahaya junk food atau makanan bergizi rendah, ditambah lagi tingginya kandungan garam dan bahan pengawet akan semakin membuat otak tak bisa berkembang dengan baik.

2. Makanan Kemasan Instant

Demi kepraktisan dalam urusan dapur, biasanya kita menyediakan mie instant di dapur. Mie instant adalah salah satu makanan dalam kemasan instant yang paling sering dikonsumsi sehari-hari oleh banyak orang. Dari segi rasa juga enak dan mudah diterima oleh lidah kita, belum lagi kemudahan dalam penyajian membuatnya menjadi primadona pilihan makanan di dapur. Namun sangatlah disarankan untuk tidak berlebihan dalam mengkonsumsi mie instant.

Bagaimanapun, makanan dalam kemasan kebanyakan mengandung bahan kimia yang kurang sesuai bagi tubuh dan otak kita. Bahan kimia yang terakumulasi banyak didalam tubuh, secara perlahan akan mempengaruhi dan membuat kemunduran fungsi otak. Apalagi pada anak-anak yang tengah pesat pertumbuhan otaknya, maka konsumsi makanan kemasan instant seperti mie instant ini sebaiknya dibatasi.

Kebiasaan kita membarikan mie instan pada anak, yang kita pikir itu merupakan makanan yang praktis dan mudah dibuat dari pada anak merasa kelaparan, ternyata hal tersebut yang dilakukan terus menerus dapat menyebabkan kebodohan pada otak anak loh bunda. Oleh karena itu perhatikan asupan anak sejak dini ya, agar perkembangan anak selalu terjaga dan sehat. Sehingga anak menjadi anak yang cerdas dan pandai.

3. Minuman Berkafein

Minuman berkafein seperti teh dan kopi dapat menyebabkan gangguan insomnia, apalagi jika dikonsumsi pada malam hari. Diketahui insomnia dapat mempengaruhi perkembangan otak, sehingga otak akan terhambat pertumbuhannya.

Sekarang kamu sudah tahu kan? Bahwa beberapa makanan yang akrab dengan kita ternyata membuatĀ  otak kita menjadi bodoh karena sulit berkembang, Jadi bijaksanalah dalam memilih asupan makanan. Pilihlah makanan sehat yang dapat membantu otak berkembang dengan baik dan kamu semakin pintar, agar masa depan yang cerah menunggumu

Yuk perhatikan asupan yang akan diberikan ke anak kita, jangan sampai sejak kecil dibiasakan makanan-makanan yang membuat sie kecil menjadi bodoh ya. Banyak kok asupan makanan untuk debay yang sehat.

You may also like