13 Penyebab Kepala Terasa Berat dan Tegang

Apakah Anda termasuk dari orang-orang yang cukup sering merasakan sakit kepala atau pusing? Terkadang tandanya tidak selalu harus kepala seperti berputar, tapi ada pula kalanya seseorang merasakan kepala yang terasa berat. Kepala yang berat dan tegang di mana terjadi seminggu bisa sampai beberapa kali, ini bukanlah tanda yang baik.

Anda mungkin mulai dilanda rasa khawatir karena biasanya kepala yang berat atau sakit tidaklah diketahui faktor pemicunya pada kurang lebih 90 persen kasus. Pada umumnya, kepala berat tidaklah diatasi secara langsung karena merasa bahwa nantinya akan membaik sendiri. Perhatikan segala kemungkinan penyebab kepala terasa berat ini agar Anda bisa mengatasi sedini mungkin.

(Baca juga: kepala sering terasa berat, pusing dan mual)

1. Kurang Tidur

Kepala terasa berat, entah itu bagian belakang, depan atau secara keseluruhan bisa jadi dikarenakan pola tidur yang kurang tepat. Kurang tidur atau istirahat bisa saja menyebabkan kepala berat dan berdenyut. Keluhan sering sakit kepala biasanya terjadi pada orang-orang yang sering begadang, apapun aktivitas yang dikerjakan.

Dalam sehari, Anda membutuhkan waktu 8-9 jam untuk beristirahat dan tidur dalam waktu tersebut akan membantu Anda untuk memperbaiki jaringan tubuh. Tubuh yang sudah digunakan beraktivitas serta bekerja keras di pagi hingga sore hari juga perlu istirahat. Bila memang menyadari bahwa Anda kurang tidur, sebaiknya mulai hari ini perbaikilah dan tidurlah secara cukup.

2. Stres

Kepala yang berat dan tubuh yang kiranya merasa lemas dan cepat lelah bisa jadi disebabkan oleh rasa stres yang timbul di sore maupun siang hari sesudah ujian atau bekerja. Stres tidak serta-merta langsung berefek memicu sakit kepala, tapi justru setelah itulah efeknya baru akan terasa biasanya.

Bila Anda merasa sedang tertekan atau stres, cobalah untuk menghindarinya dengan berolahraga, melatih pernapasan atau sekedar mengambil waktu untuk rileks. Carilah juga cara mencegah stres supaya Anda bisa menghindarinya dan tidak merasakan kepala yang berat dan pusing terlalu sering.

(Baca juga: kepala kesemutan)

3. Mata Lelah

Apakah kepala Anda terasa berat disertai juga dengan rasa sakit di bagian dahi terutama area mata? Bisa jadi ini disebabkan oleh lelahnya mata yang Anda gunakan tanpa istirahat yang cukup, seperti berada di depan komputer terlalu lama. Rata-rata orang yang bekerja atau bermain di depan komputer terlalu lama akan merasakan kepala berat bila terlalu berlebihan.

Mata lelah ditambah kurang tidur dan tidak segera diistirahatkan maka akan menyebabkan kepala yang pusing dan berat. Bekerja terus-menerus, menonton, atau memakai komputer untuk alasan apapun sampai kurang istirahat janganlah dibiasakan. Bila mata sudah terasa lelah, langsung pakai untuk tidur sebelum akhirnya kepala menjadi lebih berat dan pusing dari sebelumnya.

4. Berhenti Mengonsumsi Kafein

Kepala super berat secara tiba-tiba tanpa alasan? Biasanya itu tidaklah mungkin karena selalu ada penyebab mengapa kepala Anda begitu berat dan tak nyaman. Kemungkinan besar, kepala berat adalah efek yang diakibatkan oleh berhentinya Anda dari konsumsi kafein. Bila memiliki kebiasaan mengonsumsi kafein, biasanya seseorang akan mengalami ketagihan.

Sehari saja tidak meminum minuman berkafein, maka akan terasa begitu tak enak dan mulai pusing. Maka saat Anda mencoba untuk berhenti dari kebiasaan minum kafein, otomatis kepala akan terasa berat setiap kali tidak mengonsumsi kafein. Hal ini bukanlah masalah besar, seiring berjalannya waktu Anda akan terbiasa dan kepala berat atau pusing tak akan dialami lagi.

(Baca juga: penyebab kepala sering pusing)

5. Waktu Makan Tidak Teratur

Kepala berat bisa saja disebabkan Anda memiliki pola makan yang tidak teratur. Sering terlambat sarapan kemudian juga melewatkan makan siang dan sebagainya merupakan pola makan yang salah dan hanya akan memicu penyakit. Terasa berat pada kepala bisa saja menjadi efek dari lambung yang sakit.


Saat seseorang terlambat makan, maka biasanya penyakit maag atau kenaikan asam lambung menjadi akibatnya. Salah satu gejala dari naiknya asam lambung atau penyakit maag adalah rasa pusing yang berkelanjutan. Oleh karena itu, mulailah untuk membiasakan diri sarapan, makan siang dan makan malam secara teratur sesibuk apapun kegiatan Anda sehari-hari.

6. Faktor Jenis Kelamin

Ternyata jenis kelamin pun menjadi faktor yang turut memengaruhi kepala sering berat dan terasa tegang. Wanita adalah yang paling sering menderita sakit kepala atau kepala yang terasa berat di mana juga ada efek tegang yang terjadi. Hal ini bisa coba Anda periksakan ke dokter bila memang terus mengganggu.

7. Faktor Umur

Usia tentu memengaruhi sekali kondisi tubuh seseorang karena ada usia tertentu yang kerap mengalami kepala terasa berat. Usia 40 tahun lebih biasanya adalah yang paling sering menderita kepala berat dan pusing. Pada umumnya, rasanya kepala sangat tegang dan hal ini berisiko tinggi pada yang umurnya sudah di atas 40 tahun.

(Baca juga: perbedaan sakit kepala dan pusing)

8. Kelebihan Konsumsi Obat

Konsumsi obat juga bisa menjadikan seseorang mengalami kepala yang pusing dan terasa begitu berat. Orang-orang yang mengonsumsi jenis obat analgesik seperti misalnya obat khusus yang meredakan rasa sakit dengan waktu lebih dari 10 hari akan merasakan rasa sakit kepala yang tak biasa.

Kepala akan terasa berat bila konsumsi dalam jangka panjang. Maka dari itu, setiap kali Anda memiliki gangguan kesehatan tertentu, konsultasikan ke dokter tentang keadaan Anda. Konsultasikan pula tentang obat yang harus Anda konsumsi, baik itu manfaat, indikasi maupun efek samping supaya dapat mewaspadai atau mencegah hal yang tak diinginkan.

9. Terkena Paparan Sinar Matahari

Mungkin dalam kegiatan Anda sehari-hari, terlalu banyak aktivitas yang mengharuskan Anda untuk berada di luar ruangan. Kondisi dan kekuatan tubuh setiap orang berbeda-beda, ada yang kuat bertahan dari paparan sinar matahari yang sedang terik-teriknya, tapi ada juga yang tidak. Bagi yang tak kuat, alhasil kepala akan terasa berat dan pusing.


10. Aroma Tertentu

Tingkat sensitivitas penciuman setiap orang tidaklah sama, maka ada beberapa orang yang akan merasa kepala terasa berat ketika mencium aroma tertentu. Aroma tertentu tersebut seringnya berasal dari bau parfum yang wanginya kebetulan sangat menyengat. Namun, bisa juga karena aroma-aroma menyengat yang tidak sedap.

(Baca juga: jenis sakit kepala)

11. Kurang Olahraga

Fisik atau tubuh yang kurang aktif menjadi salah satu faktor yang memicu kepala terasa begitu berat, apalagi kalau juga diimbangi dengan kegiatan yang membuat Anda dalam posisi yang sama dalam beberapa jam. Oleh karena itu, mulailah untuk melakukan pola hidup yang sehat dan seimbang di mana salah satunya adalah rajin olahraga.

Kurangnya olahraga bisa menjadi hal yang buruk karena selain menjadikan Anda sering merasakan kepala yang berat, banyak risiko penyakit pun meningkat. Setiap hari paling tidak Anda bisa meluangkan waktu 10-15 menit hanya untuk melakukan peregangan atau olahraga yang ringan. Ini supaya otot menjadi lebih elastis dan tak mudah tegang.

12. Posisi Tubuh yang Tidak Tepat

Posisi tubuh yang dalam kondisi salah sewaktu bekerja, duduk atau dalam aktivitas yang lain bisa saja berefek pada kepala Anda. Saat posisi tubuh salah, maka ini otomatis menjadikan postur tubuh buruk. Selalu perhatikan posisi dan postur tubuh Anda, terutama saat harus duduk dalam waktu yang lama karena bekerja.

13. Kolesterol Tinggi

Kepala yang terasa berat berikut juga rasa tegang yang menyerang di bagian leher dan pundak bisa jadi adalah gejala dari kolesterol tinggi. Bila Anda kerap merasakan kepala berat, khususnya di bagian belakang, ini menandakan adanya penyumbatan pembuluh darah yang terjadi di area kepala.

Kolesterol yang sudah mulai memicu terbentuknya plak pada pembuluh darah akan menjadikan rasa pusing muncul. Jangan diabaikan karena pembuluh darah bisa semakin parah dan berisiko pecah. Bahkan hal ini jugalah yang meningkatkan risiko penyakit stroke.

(Baca juga: penyebab sakit kepala terus-menerus)

Itulah sejumlah penyebab kepala terasa berat dan tegang paling umum yang sebaiknya Anda waspada benar-benar. Meski sibuk, selalu perhatikan waktu makan Anda, asupan makanan yang sehat, serta pola tidur yang baik. Sakit kepala tak boleh disepelekan karena hal ini bisa menjadi sebuah gejala dari kondisi kesehatan yang serius.

, , ,
Oleh :
Kategori : Sakit Kepala