25 Cara Menghilangkan Pikiran Negatif Paling Efektif

Tidak semua orang mampu untuk berpikir secara positif dalam kesehariannya dan banyak pula yang terbiasa berpikiran selalu negatif sehingga stres sendiri. Ketika pikiran negatif melanda, otomatis hidup pun bakal menjadi lebih sulit dan malah bisa-bisa menyebabkan penyakit datang dan menyerang tubuh. Pikiran negatif tidak harus muncul dalam kasus yang besar, namun seringkali pada hal-hal kecil.

Apa yang ada di pikiran Anda ketika pacar tidak memberi kabar atau tidak membalas pesan maupun mengangkat telepon Anda seharian? Apa yang ada di pikiran Anda saat teman sekolah atau teman kerja tiba-tiba menjadi sinis terhadap Anda? Tentu pikiran-pikiran negatif mulai berdatangan sehingga pikiran begitu berkecamuk.

Ada sejumlah orang yang memiliki sifat dasar cuek dan masa bodoh dengan apa yang ada di sekitarnya, tapi mungkin hanya sebagian kecil saja. Jika Anda adalah seseorang yang kerap berpikir negatif, seperti misalnya mudah merasa bersalah atas reaksi orang lain yang kurang baik terhadap Anda, cobalah cara menghilangkan pikiran negatif di bawah ini.

(Baca juga: cara menghilangkan rasa takut berlebihan)

1. Mengenali Setiap Pikiran Negatif yang Kerap Muncul

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah mengenali apa-apa saja yang masuk di pikiran Anda dan negatif. Coba sebutkan satu per satu kira-kira hal-hal apa saja yang suka memenuhi kepala Anda dan akhirnya Anda menjadi berpikir negatif setelahnya. Bila perlu, catatlah supaya lebih memahami kondisi pikiran Anda.

Setelah itu, cobalah untuk mengubahnya menjadi hal yang positif. Terkadang ada orang-orang yang ditemui mempunyai pemikiran bahwa ia tak pernah benar dalam mengerjakan segala sesuatu sehingga kerap menyalahkan diri sendiri. Ubahlah hal tersebut menjadi pemikiran bahwa tak masalah terkadang berbuat salah, tapi kemudian berjanji pada diri sendiri untuk menjadi lebih baik.

2. Mengambil Nafas Panjang

Saat pikiran negatif muncul, jangan mengikuti alurnya karena Anda akan semakin berpikiran buruk bila dibiarkan. Ada baiknya bila Anda stres dan memikirkan kemungkinan-kemungkinan terburuk, cobalah untuk mengambil waktu barang setengah menit untuk berhenti dari aktivitas memikirkan hal-hal negatif.

Ambil 5 kali nafas panjang supaya Anda merasa lebih baik karena dengan latihan pernapasan ini, pikiran yang tadinya rumit, kacau dan penuh dengan hal negatif akan berangsur menjadi lebih tenang. Apapun masalah yang tengah Anda pikirkan, cobalah untuk lebih tenang dengan menghela nafas panjang demi mengusir segala pikiran-pikiran yang buruk.

(Baca juga: cara menghilangkan rasa gelisah)

3. Menikmati Udara Segar Sejenak

Pikiran yang negatif dapat memengaruhi segala tindakan yang akan diambil nantinya, maka jernihkan lebih dulu pikiran Anda. Salah satu cara menenangkan pikiran dan mengusir segala pikiran negatif adalah dengan mengambil waktu sejenak untuk keluar ruangan. Pastikan Anda keluar kantor atau rumah sebentar sekitar 10 menit misalnya.

Manfaatkanlah waktu tersebut sebagai waktu untuk mendapatkan udara segar yang otomatis bakal menyegarkan pikiran Anda kembali. Di saat pikiran sedang buruk dan kacau, alangkah baiknya untuk mencoba mendapatkan waktu untuk sendiri di luar. Supaya lebih lega, udara segar akan membantu Anda secara alami mengusir sedikit demi sedikit segala pikiran buruk.

4. Berpikir tentang Masa Sekarang

Banyak orang memiliki pikiran negatif karena saking khawatirnya dengan hari esok atau masa depan. Perlu diingat bahwa kita manusia tak bisa mengontrol masa depan maupun masa lalu yang sudah lewat. Apa yang bisa kita lakukan saat ini adalah hidup dan menjalani masa yang sekarang dan tak perlu untuk menebak-nebak apa yang akan terjadi mendatang.

Contohnya adalah seperti misalnya ketika Anda hendak melakukan panggilan interview kerja yang Anda pikir bakal sangat sulit  sehingga Anda berpikir bahwa nantinya tidak akan diterima. Atau ujian besok pasti akan begitu sulit sehingga tidak mampu mengerjakan dan berpikir bahwa nilai yang didapat pasti jelek. Hindari tebakan atau pikiran tentang masa depan yang kemudian bisa merusak masa sekarang.

(Baca juga: cara menghilangkan stres belajar)

5. Mensyukuri Segala yang Sudah Dimiliki

Ada beberapa orang yang pikirannya dipenuhi dengan pikiran yang buruk, seperti misalnya orang-orang yang ada di sekitar Anda memiliki mobil bagus, sedangkan Anda tidak dan kemudian berpikir bahwa Anda adalah orang yang gagal. Tingkat kesuksesan dan kebahagiaan setiap orang itu berbeda-beda.

Mengapa harus membandingkan kondisi  hidup dan diri kita sendiri dengan orang lain? Kita pun tidak pernah tahu hal apa saja yang telah dialami orang tersebut sehingga akhirnya mampu membeli kendaraan yang bagus. Ketimbang berpikir bahwa Anda adalah orang yang gagal, lebih baik diubah dengan pemikiran bahwa Anda bisa menjadi seperti orang tersebut, memiliki mobil yang bagus juga nantinya.

Syukurilah apa yang Anda miliki sekarang, pekerjaan, kesehatan, cinta dari keluarga dan dukungan dari teman-teman adalah harta karun yang Anda perlu jaga. Tambahlah dengan motivasi dan pikiran positif di mana Anda percaya bahwa suatu saat Anda pun bisa sesukses orang yang Anda irikan tadi.

6. Membaca Buku Favorit

Saat pikiran sedang negatif, sebelum bertindak yang tidak-tidak, Anda lebih baik ambil waktu untuk menenangkan pikiran dan menyegarkannya kembali. Supaya segala pikiran negatif mereda atau hilang, Anda bisa coba untuk membaca buku favorit Anda, baik itu novel atau komik.

7. Memasak

Apabila memasak adalah hobi atau aktivitas kegemaran Anda, jangan ragu untuk menghilangkan pikiran negatif dengan melakukan apa yang Anda suka. Memasak atau memanggang kue bisa jadi membuat Anda melupakan segala pikiran buruk, kekhawatiran dan masalah yang tadinya penuh di dalam otak.

(Baca juga: cara menghindari stres)

8. Curhat dengan Orang Terdekat

Entah itu dengan orang tua, teman, atau sahabat, Anda bisa menghilangkan pikiran negatif yang terus-menerus menghampiri Anda dengan curhat pada mereka. Pastikan juga bahwa orang yang Anda pilih sebagai tempat curhat adalah orang yang dapat dipercaya dan memang membuat Anda nyaman.

Ketika melakukan curhat dengan orang yang tepat, pikiran Anda tak hanya akan menjadi lebih tenang dan lega, tapi pikiran yang tadinya negatif dan sempit dapat menjadi lebih terbuka serta positif. Ini karena pendapat yang mereka kemukakan biasanya akan memberikan cara pandang baru bagi Anda sehingga pemikiran pun berubah dan berbeda di mana biasanya lebih baik.

9. Tidur

Sebagian orang yang sedang dipenuhi pikiran negatif tidak akan bisa tidur, namun ada pula beberapa orang yang malah justru sehabis tidur pikiran menjadi lebih segar. Tidurlah dengan nyenyak apabila Anda bisa melakukannya karena saat terbangun, pikiran yang tadinya penuh dengan hal-hal negatif biasanya akan berkurang dan bahkan hilang karena telah direfresh.

10. Berolahraga

Cara untuk mengusir pikiran negatif pada dasarnya hampir sama dengan cara mengatasi stres dan salah satunya adalah dengan berolahraga. Luangkan waktu untuk melakukan olahraga kesukaan Anda, entah itu sekadar bersepeda, berenang, basket, voli, atau olahraga lainnya yang membuat Anda bahagia. Dengan aktivitas fisik seperti olahraga, pikiran yang penuh dengan hal buruk akan berangsur hilang.

Karena olahraga merupakan bagian dari gaya hidup sehat, maka Anda dijamin tidak akan menyesal ketika melakukannya. Kurang olahraga tak hanya bisa membuat otot tegang dan memudahkan penyakit menyerang, tapi juga menjadikan Anda mudah stres. Namun perhatikan juga durasi olahraga; ingat bahwa ada pula bahaya olahraga yang berlebihan.

(Baca juga: makanan untuk menghilangkan stres)

11. Mengonsumsi Makanan Sehat

Supaya tak mudah berpikir negatif, Anda juga perlu memerhatikan pola makan harian. Kalau sebelumnya Anda kurang begitu memerhatikan apa yang dimakan sehari-hari, mulai sekarang Anda bisa mencoba mengonsumsi makanan sehat. Makanan sehat tentu berupa buah dan sayur serta memerhatikan pula jumlah asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh.

12. Meluangkan Waktu Bersama Teman dan Keluarga

Supaya pikiran negatif tak terus-menerus menguasai Anda, cobalah untuk menghabiskan waktu bersama teman maupun keluarga, entah itu piknik atau sekadar makan malam bersama. Ketimbang menghabiskan waktu sendirian di mana pikiran negatif bisa menjadi lebih buruk, Anda dapat bercengkerama bersama teman dan sanak saudara untuk menghilangkan pikiran negatif.

13. Menemukan Hobi Baru

Jika pikiran negatif terus menyerang, Anda sebaiknya mulai mencari kegiatan atau hobi baru. Kalau sudah merasa biasa atau bosan dengan hobi yang lama, tak ada salahnya mencari serta mendapatkan kegiatan baru yang seru menurut Anda. Dengan menemukan hobi baru, pikiran pun akan menjadi lebih terbuka dan tak mudah dipenuhi pikiran buruk.

(Baca juga: penyebab stres)

14. Bergabung dalam Suatu Komunitas Tertentu yang Anda Sukai

Selain mencari hobi baru, bisa juga Anda mencari sebuah klub atau tim atau komunitas dengan fokus kegiatan yang Anda sukai. Misalnya Anda suka menulis, bergabunglah dengan komunitas yang bergerak di bidang tersebut agar Anda juga bisa sekalian mengasah bakat.

Atau mungkin Anda menyukai seni tari, maka tak ada salahnya untuk menemukan sebuah klub dance dengan jenis musik dan tari yang Anda favoritkan. Dengan bergabung di dalam sebuah komunitas, otomatis Anda punya teman-teman baru. Biasanya, memiliki teman baru akan dapat mengubah cara pandang juga, jadi siapa tahu cara ini dapat menghilangkan kebiasaan berpikir negatif Anda.

15. “Membuang” Pikiran Negatif

Terdengar aneh bagi kebanyakan dari kita, namun sebuah studi Ohio State telah membuktikan bahwa orang-orang yang menuliskan segala pikiran negatifnya pada sebuah kertas dan kemudian kertas tersebut dibuang, maka otomatis pikiran negatif juga turut hilang dari dalam pikiran orang tersebut.

Kalau hanya menulis saja dan tetap menyimpan kertas tersebut bagaimana? Ternyata malah justru dibuktikan bahwa lebih efektif dengan menulis dan kemudian membuang kertas tersebut. Menulis adalah suatu bentuk ekspresi dari segala pikiran yang ada di benak Anda. Dan ketika Anda membuang kertas berisikan pikiran-pikiran negatif tentang masalah tersebut lalu dibuang, itu tandanya Anda siap untuk berpikir positif ke depannya.

16. Bergaul dengan Orang-orang Positif

Pergaulan kita termasuk faktor yang akan menentukan seperti apa kita nantinya. Ketika berada di sekeliling orang yang positif, termasuk dengan aktivitas yang positif, pikiran kita pun dijamin menjadi lebih positif. Dengan bergaul dengan tipe orang seperti ini, Anda tak akan sempat memikirkan hal-hal negatif lagi.

(Baca juga: penyebab cemas berlebihan)

17. Berkata-kata Positif

Berlatihlah mulai dari sekarang untuk menjauhkan diri dari pikiran negatif dan hilangkan semua yang buruk dari otak Anda dengan berkata-kata positif setiap saat. Sewaktu merasa bahwa Anda adalah orang yang kurang pandai atau gagal, katakan pada diri sendiri bahwa Anda itu pintar dan pasti sukses.

Mungkin untuk memudahkan latihan ini Anda bisa mencoba membuat daftar kata-kata positifnya lebih dulu dengan menulisnya di atas kertas atau buku catatan. Kemudian taruhlah di tempat-tempat yang mudah terbaca oleh Anda dan sebutkanlah satu per satu kalimat tersebut. Biasakan untuk mengucapkannya dan pikiran negatif pun pasti hilang dan tergantikan dengan pikiran positif.


18. Menjaga Jarak dengan Orang-orang yang Berpengaruh Buruk

Selain secara sengaja mencari lingkungan pergaulan yang baik, Anda juga perlu menjauhi orang-orang yang kiranya memengaruhi pikiran Anda menjadi buruk. Orang-orang yang dimaksud di sini adalah mereka yang mengaku teman Anda tapi membicarakan Anda di belakan atau mereka yang kerap menghina Anda.

Ini jelas bukan kesalahan Anda dan lebih baik tidak dekat-dekat dengan orang-orang tersebut karena walaupun Anda mencoba mempertahankan relasi dengan mereka, ini tak akan bisa sehat. Menjaga jarak dengan orang-orang tersebut akan secara efektif menghilangkan pikiran negatif Anda dan membuat hidup menjadi lebih ringan.

(Baca juga: ciri-ciri depresi)

19. Menjadi Kreatif

Jadilah lebih kreatif demi dapat mengekspresikan apa yang menjadi beban pikiran Anda. Pikiran negatif sebetulnya dapat dituangkan dalam suatu bentuk karya. Menuliskan seluruh isi pikiran Anda ke atas sebuah kertas adalah ide yang baik. Tapi tak hanya itu, Anda juga bisa memainkan alat instrumen musik atau menggambar supaya pikiran negatif bisa hilang.

20. Tersenyum

Selain melatih diri untuk berkata-kata positif, pastikan bahwa Anda juga mulai berlatih dalam hal tersenyum. Tersenyum merupakan hal yang sudah terbukti mampu melepaskan senyawa khusus dari dalam tubuh yang membuat Anda lebih bahagia. Hilangkan pikiran negatif dengan tersenyum dan Anda pun akan terbiasa nantinya.

21. Membaca Pesan Positif

Dalam menghilangkan pikiran negatif, Anda dapat berusaha dengan sering-sering membaca pesan-pesan positif yang membangun. Positive quotes atau motivational quotes adalah yang Anda butuhkan dan alangkah baiknya pesan-pesan positif tersebut Anda baca sebelum beraktivitas supaya pikiran negatif dapat dihilangkan. Dengan begitu, pikiran pun akan terpenuhi dengan segala hal yang positif.

22. Mendengarkan Musik/Lagu Favorit

Saat pikiran negatif datang menginvasi benak Anda, alihkan pikiran dan perhatian kepada hal yang lain. Hal tersebut sebaiknya adalah apa yang Anda sukai, termasuk mendengarkan musik atau lagu yang benar-benar membuat Anda kembali ceria dan memperbaiki suasana hati. Pikiran negatif dijamin hilang, terutama bila Anda menikmati lagu dengan lirik yang juga positif serta memotivasi.

(Baca juga: cara menghilangkan depresi akut)

23. Membiarkan Pergi

Pernah menonton film Frozen? Meski belum pernah menontonnya tapi pasti pernah mendengar lagu yang dinyanyikan oleh Demi Lovato untuk soundtrack film tersebut, ya benar, lagu berjudul Let It Go. Coba Anda simak kembali liriknya dan Anda praktikkan sendiri bagaimana untuk membiarkan segala keluh-kesah Anda pergi dan merelakannya agar pikiran negatif cepat hilang.

24. Melakukan Yoga/Pilates

Kalau olahraga biasa kurang mempan dalam mengusir pikiran negatif, Anda boleh mencoba melakukan Yoga atau Pilates di mana latihan fisik ini adalah tentang keseimbangan sisi fisik dan spiritual kita. Dengan melakukan latihan fisik ini secara teratur, ada jalan bagi Anda untuk mengusir segala bentuk pikiran buruk.

25. Temui Ahli Kejiwaan dan Mental

Ketika gejala depresi sudah mulai timbul karena Anda kesulitan dalam mengontrol apalagi menghilangkan pikiran negatif, sebaiknya temui ahli kejiwaan dan mental. Mereka ada untuk membantu orang-orang untuk kembali menjadi positif dan sembuh dari segala bentuk pikiran negatif serta depresi. Mereka juga akan sangat mendukung ketika pasiennya berkeinginan untuk belajar berpikir positif.

(Baca juga: gejala gangguan mental)

Demikianlah beberapa cara menghilangkan pikiran negatif yang layak dicoba. Saat merasa pikiran negatif mulai datang dan Anda tak nyaman dengan itu, mulai coba melakukan hal-hal tersebut supaya pikiran negatif cepat hilang.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Tuesday 11th, April 2017 / 09:07 Oleh :
Kategori : Stres