12 Olahraga untuk Jantung Paling Sederhana Agar Selalu Sehat

Kurang olahraga dapat menjadi penyebab dari berbagai jenis penyakit, maka dari itu olahraga rutin merupakan cara paling baik dalam menjaga kesehatan. Bahkan bagi yang mungkin telah didiagnosa penyakit tertentu, melakukan olahraga tertentu dapat dilakukan demi memperbaiki kesehatan yang terganggu tersebut. Lalu, apakah olahraga untuk jantung yang paling baik supaya organ satu ini tetap sehat?

  1. Peregangan

Olahraga yang baik untuk kesehatan jantung, baik bagi yang memiliki riwayat jenis-jenis penyakit jantung atau yang jantungnya dalam kondisi baik, melakukan peregangan adalah hal yang patut dicoba. Peregangan adalah jenis olahraga yang aman dan biasanya juga dilakukan sebagai bagian dari pemanasan sebelum melakukan olahraga inti yang lebih berat.

Lakukanlah peregangan secara rutin dan setiap melakukannya, pastikan untuk perlahan saja. Bahkan dilarang untuk memaksakan sebuah gerakan peregangan hingga mungkin Anda merasa sakit. Melakukan peregangan bisa dilakukan secukupnya saja, setiap hari selama 15 menit dan dilakukan setiap pagi akan sangat baik bagi jantung, sendi dan otot Anda juga supaya tak kaku dan tegang.

  1. Jalan Kaki

Berjalan kaki adalah jenis olahraga yang sederhana dan bisa dilakukan di mana saja berikut kapan saja Anda bisa. Anda bisa melakukannya di luar rumah, sekitar rumah, hingga treadmill. Berjalan kaki 15-30 menit setiap harinya akan sangat membantu menjaga kebugaran tubuh sekaligus meningkatkan kesehatan jantung dengan baik, plus mampu menjadi cara mengecilkan perut dan pembakar lemak secara efektif.

  1. Bersepeda

Untuk meningkatkan kesehatan sistem kardiovaskular dalam tubuh Anda, bersepeda adalah olahraga yang paling tepat untuk dicoba. Asalkan Anda mampu menghindari bahaya olahraga yang berlebihan dan tahu betul batasan durasi atau lamanya waktu bersepeda yang baik, maka olahraga ini hanya akan memberi efek baik bagi tubuh Anda.

Alangkah baiknya kalau Anda bisa bergabung bersama dengan klub bersepeda supaya makin termotivasi untuk berolahraga dengan baik. Sambil jantung dilatih untuk memompa dengan baik, bersepeda mampu membantu Anda dalam mengencangkan bagian tubuh bawah dan juga bagian otot intinya. Bersepeda adalah cara terbaik juga untuk melepas stres di kala Anda tertekan.

  1. Naik Turun Tangga

Naik turun tangga dapat menjadi kebiasaan yang menyehatkan dan kegiatan ini juga dapat digolongkan sebagai olahraga menyehatkan bagi jantung asalkan tak berlebihan dan memaksakan diri. Demi mencapai manfaat kesehatan jantung secara maksimal, cobalah untuk mencapai 50-85 persen dari detak jantung maksimum Anda.

  1. Aerobik

Aerobik adalah jenis olahraga yang mampu bermanfaat baik bagi jantung agar sehat dan berfungsi maksimal. Bukan hanya organ jantung yang akan menerima kebaikan dari olahraga ini, melainkan juga bagian paru-paru di mana dampaknya kedua organ menjadi lebih kuat.

Melakukan aerobik adalah latihan yang bila dilakukan secara rutin mampu menjadi penurun tekanan darah serta membuat sistem pernapasan juga makin lancar. Dengan demikian, otomatis jantung pun tak perlu bekerja secara keras sewaktu melakukan olahraga. Bila Anda sudah memiliki kondisi gangguan pada jantung, hindarilah aerobik yang berlebihan dan pastikan durasinya pun tidak terlalu lama.


  1. Yoga

Yoga bukan hanya sebuah latihan fisik yang mempromosikan fleksibilitas tubuh dan ketenangan jiwa serta mental saja. Latihan Yoga yang benar dan rutin pun akan memberikan dampak baik bagi kesehatan jantung. Hal ini karena tekanan darah tinggi yang rata-rata menjadi pemicu penyakit jantung bisa dinormalkan kembali.

Otomatis ketika tekanan darah dalam kondisi normal, maka kesehatan jantung pun turut meningkat dan terjaga dengan baik. Yoga adalah latihan yang sesuai untuk membuat keelastisan dari pembuluh darah meningkat secara alami dan aman. Bila Anda pemula, bergabunglah dengan kelas Yoga agar bisa berlatih bersama instruktur demi menurunkan risiko cedera jika Anda belajar Yoga secara otodidak.

  1. Renang

Berenang merupakan sebuah jenis olahraga yang bukan hanya dapat menjadi cara meninggikan badan secara cepat dan alami, melainkan juga dapat menjadi jenis olahraga yang akan meningkatkan kinerja ritme/detak jantung. Berenang adalah pilihan olahraga yang juga tepat bila Anda ingin meningkatkan kebugaran tubuh secara total.

Perlu diketahui bahwa air menawarkan/menyediakan ketahanan secara multiarah sehingga mampu menjadi peningkat kekuatan otot-otot tubuh Anda. Bahkan olahraga ini dikenal sebagai alternatif efektif nan aman jika Anda mempunyai gangguan pada sendi di mana sendi terasa sakit sewaktu berlari atau berjalan. Renang adalah solusi tepat juga dalam menyembuhkan otot dan sendi yang bermasalah tersebut.

  1. Pilates

Pilates memang mirip dan sejenis dengan latihan Yoga karena pilates sendiri merupakan versi kontemporernya. Berlatih pilates akan membantu dalam proses memperkuat otot inti dan sama seperti melakukan Yoga, tujuannya juga untuk membuat kesehatan jantung lebih baik sambil juga meningkatkan keseimbangan dan fleksibilitas tubuh. Bergabung dengan kelas Pilates akan jauh lebih baik karena akan ada instruktur khusus yang mengajari dan membimbing Anda.

  1. Latihan Beban

Apakah latihan beban tidak terlalu berlebihan untuk olahraga bagi jantung? Latihan beban bisa dianggap sebagai bentuk lain latihan interval di mana tujuan utamanya adalah meningkatkan jantung ketika repetisi dilakukan dan selama pergantian set akan menurun.

Latihan beban juga memberikan manfaat baik bagi tubuh dalam membangun keseimbangan sambil menggunakan beban bebas sehingga banyak otot inti bisa terlibat. Ketika otot sudah menjadi kuat, otot kuat ini akan mampu meringankan beban pada jantung secara menyeluruh. Lebih dianjurkan untuk tidak melakukan latihan sendirian dan ikuti instruksi dari sang ahli demi mencegah segala bentuk cedera.

  1. Jalan Cepat

Berjalan cepat adalah cara olahraga yang baik juga untuk jantung, entah Anda melakukannya di sekitar rumah atau menggunakan treadmill. Kebugaran tubuh dan kesehatan jantung dapat dicapai dengan cara melakukan jalan cepat ini. Anda akan menyukai olahraga ini, terutama bila mengenakan sepatu olahraga yang tepat.

  1. Lari

Aktivitas latihan fisik seperti berlari juga sangat dianjurkan bagi yang ingin meningkatkan kesehatan jantung. Bila Anda termasuk orang yang memiliki masalah obesitas, maka lari adalah olahraga tepat untuk menurunkan risiko penyakit jantung. Bagi pemula, dapat dimulai dari melakukan jalan cepat lalu ditambah dengan 1-2 menit berlari per 5 menit berjalan kaki.

Ketika tubuh terasa lebih bugar, lakukan olahraga lari dengan meningkatkan menit berlarinya hingga Anda tak perlu lagi berjalan dan sepenuhnya melakukan lari. Cara ini pun ampuh sebagai cara membakar lemak alami dan bahkan kalori yang dapat terbakar adalah sebanyak 100 kalori per milnya.

  1. Tai Chi

Tai Chi merupakan contoh olahraga baik untuk jantung karena menurut hasil survey dari the National Institutes of Health, di Amerika sendiri Tai Chi dilakukan oleh kurang lebih 2,3 juta orang dewasa sebagai latihan aerobik lambat. Pada tiap gerakan Tai Chi, hal yang paling utama adalah mengombinasikan antara konsentrasi dan juga bernapas dalam-dalam sehingga tak hanya baik untuk tubuh tapi juga pikiran.

Demikianlah beberapa jenis olahraga untuk jantung yang sangat direkomendasikan. Kiranya dapat Anda coba dan bisa mendapatkan manfaat dari olahraga-olahraga tersebut.

, , ,
Oleh :
Kategori : Kesehatan Jantung