Sponsors Link

8 Bahaya Olahraga yang Berlebihan

ads

Berolahraga secara rutin sangat efektif untuk kesehatan. Melakukan olahraga yang sesuai porsi juga bisa menjadi sebuah cara yang sangat ampuh untuk mencegah serangan berbagai penyakit mulai dari penyakit-penyakit ringan hingga penyakit kronis yang bisa membahayakan jiwa. Tetapi perlu diingat jika walaupun sama-sama disertai istilah “olahraga”, namun olahraga yang berlebihan bisa berdampak sebaliknya. Dampak negatif bisa ditimbulkan olahraga yang dilakukan terlalu lama dan justru bisa sangat membahayakan bagi kesehatan kita bahkan dalam kasus tertentu. Oolahraga yang tidak mengenal waktu bisa menjadi penyebab kematian mendadak.

Contoh olahraga yang Berlebihan

Data dari berbagai penelitian menunjukan jika olahraga seperti maraton, ultramaraton dan olahraga ketahanan lainnya bisa menyebabkan dampak yang buruk pada jantung. Dalam jangka waktu yang panjang, kegiatan olahraga yang sangat berlebihan bisa memnuat dinding-dinding arteri pada jantung menjadi lebih kaku dan keras sehingga sangat membahayakan.

Secara mengejutkan, ternyata olahraga yang dilakukan secara berlebihan bisa mengakibatkan hal-hal yang negatif pada kesehatan dan tubuh kita. Walaupun aktivitas olahraga menurunkan berat badan kita, tetapi di sisi yang lainnya olahraga berat badan bisa mengakibatkan tubuh menjadi sangat kurus, tubuh tidak ideal, bahkan bisa menyebabkan kematian. Berikut berbagai bahaya yang bisa ditimbulkan olahraga jika dilakukan secara berlebihan:

1. Mengakibatkan Cedera

Secara alami tubuh manusia membutuhkan waktu untuk beristirahat. Jika anda melakukan olahraga secara berlebihan, tendon dan ligamen anda bisa menjadi tegang. Hal tersebut bisa meningkatkan resiko otot robek serta bisa menyebabkan tulang patah. Kondisi ini juga bisa diperparah jika dilakukan dengan bahaya olahraga tanpa pemanasan.

2. Kehilangan Masa Otot

Berlebihan dalam berolahraga juga bisa menyebabkan tubuh kehilangan masa ototnya. Ini karena tubuh terlalu berlebihan dalam melakukan olahraga. Semakin sering anda berolahraga secara berlebihan, semakin besar resiko and semakin ada kekurangan kebutuhan nutrisi. Kondisi ini membuat tubuh secara alami akan “mengkonsumsi” massa otot untuk mendapatkan nutrisi. Dan akibatnya anda akan menjadi lebih kurus, dalam artian yang tidak normal.

3. Mengakibatkan Gagal Jantung

Gagal jantung ini termasuk kondisi penyakit jantung yang sangat berbahaya. Gagal jantung bisa diakibatkan karena tubuh kekurangan nutrisi. Jantung anda sendiri terdiri dari berbagai otot dan bila anda terlalu berlebihan berolahraga akan membuat otot-otot tersebut menjadi lemah, sehingga bisa meningkatkan resiko terkena gagal jantung.

4. Menjadikan Sistem Kekebalan Tubuh Lemah

Sponsors Link

Salah satu efek yang diakibatkan oleh berolahraga berlebihan adalah tubuh menjadi terlalu lelah dan capek maka mengakibatkan sistem imun atau sistem kekebalan tubuh menjadi lemah pula. Kondisi tersebut bisa mengakibatkan tubuh tidak mampu melawan bakteri maupun virus yang bisa menyerang tubuh. Sehingga tubuh lebih rentan terkena flu, batuk atau penyakit-penyakit ringan lainnya maupun penyakit berat.

Kondisi imunitas tubuh yang lemah juga didapati pada ;

5. Mengakibatkan Siklus Menstruasi Terhenti

Hati-hati bagi para wanita yang menyukai aktivitas olahraga. Harus diingat, olahraga yang berlebihan bisa sangat membahayakan. Riset menunjukan jika banyak atlit wanita yang sering melakukan latihan secara berlebihan memiliki siklus menstruasi yang terhenti. Siklus tkondisi tersebut tidak mungkin bisa dikembalikan seperti semula. Kondisi siklus menstruasi yang terhenti sering disebut dengan istilah amenorrhea.

6. Menyebabkan Sulit Tidur

Jika berolahraga secara berlebihan, anda akan merasa capek terlalu sering, dan tubuh pun akan benar-benar kelelahan sehingga anda akan lebih sulit untuk tidur. Kondisi ini juga bisa diperparah hal berikut ini :

7. Menyebabkan Gangguan Makan

Gangguan makan yang dialami oleh seorang yang sering berolahraga bisa mengarah pada kondisi yang serius seperti anoreksia, bulimia atau gangguan makan lainnya. Hal ini berdasarkan hasil penelitian para ahli yang menemukan adanya kaitan antara gangguan makan dan aktivitas olahraga yang dilakukan secara berlebihan. Bahaya bulimia atau masalah gangguan pola makan yang ditambah dengan olahraga berlebihan dapat menimbulkan resiko kematian.

Sponsors Link

8. Menyebabkan Depresi

Olahraga bisa menyebabkan depresi. Ya, khususnya aktivitas olahraga yang berlebihan bisa menyebabkan seseorang kehilangan rasa percaya diri, menjadi murah marah hingga mengalami gejala depresi. Kondisi depresi pada umumnya disebabkan oleh kebiasaan buruk seperti :


Apakah Anda Berolahraga Secara Berlebihan?

Ada banyak orang yang sering melakukan olahraga secara berlebihan tetapi tidak menyadari jika ia sudah ‘overdosis’ berolahraga. Ini karena kondisi seperti ini sudah termasuk ke dalam alam bawah sadarnya dan menganggap hal tersebut sebagai kondisi yang wajar-wajar saja. Lalu, bagaimana cara untuk mengetahui apakah anda termasuk orang yang sudah berlebihan dalam olahraga ataukah termasuk yang wajar-wajar saja.

Berikut daftar cek yang perlu anda lihat untuk mengetahui jika anda sudah berolahraga secara berlebihan :

  1. Merasa bersalah dan sangat khawatir jika melewatkan satu sesi olahraga saja
  2. Sangat patuh terhadapat jadwal berolahraga walaupun ketika anda sedang tidak ingin berolahraga.
  3. Mengganti di hari lain jika melewatkan sesi olahraga.
  4. Jika setelah makan yang agak banyak anda merasa harus segera berolahraga karena merasa bersalah pada diri sendiri.
  5. Lebih memilih untuk berolahraga daripada berkumpul dengan teman – teman.
  6. Anda menjadi sangat marah jika melewatkan jadwal rutin berolahraga.
  7. Sering memaksa diri untuk berolahraga walaupun sedang tidak enak badan.
  8. Mendasarkan perhitungan seberapa lama berolahraga pada seberapa banyak anda makan.
  9. Merasa tidak nyaman saat hanya duduk diam dalam beberapa saat karena menganggap kegiatan tersebut tidak membantu membakar kalori di dalam tubuh.
  10. Merasa sangat khawatir berat badan akan naik jika melewatkan satu hari saja jadwal ruting berolahraga.
  11. Tidak lagi menemukan kesenangan saat melakukan olahraga.
  12. Tidak bisa memaksa diri anda sendiri untuk tidak berolahraga walaupun hanya sehari saja.
  13. Tidak maksimal saat berolahraga.

Apakah pernyataan-pernyataan di atas ada yang sesuai dengan apa yang anda rasakan saat ini? Jika iya, mulai saat ini anda harus melihat kembali jadwal berolahraga anda dan kembali mengatur jadwal olahraga anda. Dan ingat! Sesuatu yang berlebihan itu memang tidak akan ada manfaatnya, malah tak jarang hanya akan merugikan diri kita sendiri.


Saran Bagi Anda yang Berolahraga Berlebihan

Olahraga jenis apapun sebenarnya bisa mendatangkan manfaat yang sangat banyak bagi kesehatan tubuh maupun mental kita. Tetapi asalkan dilakukan dengan durasi yang tepat dengan kurun waktu yang tepat pula. Artinya, anda tidak melakukan olahraga yang berlebihan. Namun bila setelah dicek ternyata anda termasuk orang yang melakukan olahraga yang berlebihan, maka disarankan bagi anda untuk melakukan hal-hal berikut ini :

  • Merubah sudut pandang dan ekspektasi mengenai olahraga.
  • Cari alasan terbaik mengapa anda ingin berolahraga.
  • Berolahraga secukupnya. Para ahli menyarankan untuk berolahraga antara 3 hingga 4 kali dengan durasi 30 sampai 60 menit setiap sesiny dalam satu minggu sudah cukup untuk menjaga tubuh agar tetap fit.
  • ‘dengarkan’ tubuh anda. Jika anda sudah merasa lelah, istrihat terlebih dahulu. Jangan memaksakan.
  • Hindari berolahraga saat merasa tidak enak badan.
  • Jika mengalami cedera, segera kurangi intensitas berolahraga.
  • Imbangi berolahraga untuk mengurangi berat badan dengan memakan makanan yang sehat.
  • Hitung berat badan ideal anda dengan cara yang tepat. Terobsesi dengan tubuh ramping akan membahayakan kesehatan.


Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

,
Post Date: Monday 05th, October 2015 / 05:39 Oleh :
Kategori : Tips Olahraga