17 Penyebab Kaki Bengkak Sebelah Kiri dan Pengobatannya

6829

Penyebab kaki bengkak sebelah kiri muncul karena adanya penumpukan cairan yang menekan dinding pembuluh darah pada jaringan kaki sebelah kiri. Kaki bengkak sebelah kiri dapat muncul pada siapa saja terlepas dari bagaimana kondisi kesehatan organ tubuh bagian dalam yang sebenarnya mempengaruhi jaringan kaki itu sendiri. (Baca Juga: Penyebab Kuku Sering Patah , Cara Menjaga Kesehatan Kuku)

Penyebab Kaki Bengkak Sebelah Kiri

Pembengkakan pada kaki sebelah kiri cenderung muncul akibat beberapa keluhan kesehatan yang menyebabkan menumpuknya cairan didalam pembuluh darah kaki. Diantaranya Sebagai berikut:

1. Kehamilan

Kehamilan dapat menjadi salah satu penyebab kaki bengkak sebelah kiri karena ketika hamil tubuh akan mudah mengalami kelebihan protein dan tekanan darah cenderung meningkat. Kondisi inilah yang menyebabkan akaki membengkak.

Baca Juga:

2. Infeksi bakteri/virus

Bakteri atau virus yang menggerogoti dinding pembuliuh darah dan merusak ligamen dapat menyebabkan peradangan, Pendarahan dan sobeknya jaringan serat halus yang ada didalam jaringan kaki yang beresiko menjadi penyebab kaki bengkak sebelah kiri jika memang bakteriu atau virus menyerang ahnya pada jaringan kaki sebelah kiri.

3. Diabetes

Kelebihan kadar gula dalam tubuh rentan menyebabkan kerusakan pada saraf saraf kaki yang menyebabkan penumpukan cairan pada jaringan kaki penyebab kaki bengkak sebelah kiri.

Baca Juga:

4. Obat obatan

Penggunaan obat yang terus menerus dalam jangka panjang dapat menyebabkan retensi cairan dalam tubuh termasuk pada jaringan kaki yang menjadi penyebab kaki bengkak sebelah kiri atau kanan .

5. Varises (Insuvisiensi vena)

Varises adalah penyebab terkuat yang menjadi penyebab kaki bengkak sebelah kiriu ataupun kanan yang paling sering menyerang kaum wanita. Kondisi tersebut disebabkan kaarena kondisi dimana darah tidak cukup kuat untuk mengalir naik dengana lancar dijaringan pembuluh darah dari kaki kembali kearah jantung.

Baca Juga:

6. Cedera kaki

Cedera akibat hantaman atauy benturan keras yang menyebabkan luka pada jaringan kaki bagian dalam misalnya sobeknya ligamen, Putusnya saraf saraf yang menghubungkan antara pergelangan kaki dan betis dapat menyebabkan bengkak kaki sebelah kiri. (Baca Juga: Cara Mengatasi Bau Kaki)

7. Kadar asam urat meningkat

Meningkatnya asam urat dapat menyebabkan pembuluh darah pada area kaki jadi terhambat dan memicu penumoukan cairan pada dinding jaringan yang nantinya menjadi penyebab kaki bengkak sebelah kiri yang terasa sangat sakit. (Baca Juga: penyebab kaki bau setelah pakai sepatu)

8. Terkilir/keseleo

Terkilir akibat salah melankah atau karena kesalahan kaki menapak lantai saat mengangkat beban terlalu berat dapat menjadi penyebab kaki bengkak sebelah kiri yang menimbulkan rasa nyeri dan pembengkakn. Terkilir menyebabkan urat saraf pada pergelangan kaki menjadi tegang, terjepit, Timbul penyusutan bentuk dan hambatan darah untuk mengalir dengan lancar. (Baca Juga: Cara Agar Kaki Tidak Berkeringat dan Bau)

9. Infeksi kulit

Infeksi kulit yang tidak kunjung sembuh misalnya eksim basah dapat merusak jaringan kulit kaki bagian dalam yang berhubungan dengan pembuluh darah. Ketika eksim mulai menggerogoti jaringan saraf kaki maka akan timbul perdangan dan pembengkakan. (Baca Juga: Obat Bisul Salep)

10. Kerusakan sendi (osteoarthritis)

Kerusakan sendi akibat pengapuran, Rematik dan kurangnya pasokan kalsium berlebihan pada tulang dapat menyebabkan saraf, Otot dan pembuluh darah kaki menjadi rusak, Kondisi inilah yang memicu munculnya rasa nyeri dan pembengkakan. (Baca Juga:  Merk Salep untuk Luka Bakar)

11. terlalu lama duduk dan berdiri

Terlalu lama berdiri atau duduk dapat menhambat aliran darah dan menahan cairan tubuh pada bagian tubuh tertentu misalnya jaringan kaki sebelah kiri yang jika tidak segear merubah posisi maka akan muncul pegal pegal, Rasa nyeri dan mulai timbul pembengkakan.

12. Retak atau patah kaki (pergelangan kaki)

Seseorang yang pernah menhgalami tulang kaki rertak atau patah maka kelak akan mudah mengalami pembengkakan jika terjadi benturan atau terjatuh lagi. Kondisi ini muncul karena tempat bekas luka yang telah dinyatakan sembuh rentan terjadi peradangan kembali , Hal inilah yang menjadi penyebab kaki bengkak sebelah kirin ataupun kanan bisa muncul beberapa kali.

Baca Juga:

13. Terapi hormon

Terapi hormon yang berlebihan dapat mempengaruhi jaringan, Otot, Saraf , pembuluh darah dan darah. Terapi hormon yang mengagunakan obat obatan tertentu dan didukung dengan pemakaian alat yang menagndung radiasi maka akan merangsang kerusakan jaringan pada semua tubuh termasuk pada kaki.

14. Limfadema (pembengkakan kelenjar getah bening)

Limfadema adalah peradangan yang terjadi pada pembuluh darah getah bening yang menyebabkan penekanan hebat sehingga cairan tubuh tidakj bisa menyebar secara merata keseluruh jaringan tubuh sehingga menyebabkan penumpukan cairan penyebab kaki bengkak sebelah kiri jika memang peradngan terjadi hanya pada kaki sebelah kiri.

Baca Juga:

15. Gagal jantung kongestif, Gagal ginjal kronis, Gangguan lever akut (sirosis)

Gangguan pada jantung, Ginjal dan organ hati seringkali menjadi penyebab kaki bengkak sebelah kiri, Kanan atau bahkan kedua kaki secara bersamaan. Ketiga penyakit diatas menyebabkan darah dan cairan dalam tubuh menjadi berjalan lebih lambat, Cenderung terhambat dan menimbulkan rasa nyeri pada bagian tubuh tertentu misalnya pada area kaki.

16. Pembekuan darah

Pembekuan darah yang terjadi didalam pembuluh darah kaki menyebabkan terhentinya suplai darah dari kaki kembali kejaringan jantung sehingga menyebabkan radang dan infeksi, Dimana kondisi tersebut dapat menjadi penyebab kaki bengkak sebelah kiri, Kannaa atau keduanya.

Baca Juga:

17. Sindrom nefrotik ( Rusaknya pembuluh darah kecil yang ada pada alat penyerapan ginjal )

Sindrom nefrotik mengakibatkan kinerja giunjakl semakin menurun yaitu ginjal kehilangan kemampuannya dalam menmgendalikan cairan dalam tubuh sehingga menyebabkan penumpukan cairan pada beberapa bagian tubuh termasuk pada kaki yang diiringi rasa panas seperti terbakar, Nyeri dan muncul pembengkakan.

Solusi

Cara umum

  • Kurangi asupan garama agar pembengkakn mudah disembuhkan
  • Menjaga berat badan tetap ideal
  • Kurangi aktivitas yang mengandalkan kaki misalnya beralri, Berjalan jauh dan sebagainya
  • Hindari pemakaian sepatu yang terlalu sempit atau sepatu tinggi
  • Jangan berdiri dan duduk bersila terlalu lama
  • Tidurlah terlentang dengan mengangkat kedua kaki lebih tinggi dimana posisi telapak kaki menyentuh dinding

(Baca Juga: Posisi Tidur yang Baik , Bahaya Tidur Tanpa Bantal)

Cara tradisional

1. Kompres air dingin

Mengompres kaki bengkak dengan air dingin dan mengkonsumsi minuman kunyit yang ditambahkan dengan perasan sari jahe dan madu .Cara ini efektif meredakan pembengkakan dan menghilngkan rasa nyeri yang menyertai. (baca juga : cara agar kaki tidak berkeringan dan bau)

2. Mentimun

Menggunakan buah mentimun sebagai obat untuk menghilangkan penyebab kaki bengkak sebelah kiri. Hancurkan mentimun lalu balurkan pada kaki yang bengkak lalu balutlah dengan kain tipis. Ulangi beberapa kali sampai pembengkakan berkurang dan sembuh. (Baca Juga: Khasiat Timun)

3. Ketumbar

Ketumbar dapat mengempiskan pembengkakan pada kaki dengan cara merebus segenggam ketumbar sampai mendidih dengan takaran 3 gelas. Biarkan hingga air tersisa menjadi satu gelas. Minumlah rebusan air ketumbar yang telah disaring dua kali sehari secara rutin. (Baca Juga: Makanan untuk Meningkatkan HB )

4. Peterseli

Peterseli memiliki kemampuan menghambat penyerapan kemabli pada natrium dan kalium didalam tubuh sehingga dapat menyembuhkan peradangan penyebab kaki bengkak sebelah kiri. Peterseli dapat direbus dan dikonsumsi 2 kali sehari . Untuk perawatan luar peterseli dapat dihancurkan untuk dijadikan tapal pada pembengkakan yang dubalut dengana kain kasa. (Baca Juga: Bahaya MSG , Cara Menghilangkan Perut Kembung)

5. Bawang putih

Bawang putih dapat menyembuhkan peradangan dan luka dalam yang terjadi pada jaringan saraf dan otot kaki yang menyebabkan munculnya pembengkakan. Hancurkan bawang putih lalu dioleskan pada bagian kaki yang membengkak sambil dilakukan pemijatan perlahan agar peredaran darah disekitar bengkak menjadi lebih lancar. (Baca Juga: Obat Gatal Jamur Tradisional)