5 Obat Tradisional Lumpuh Kaki Alami

9209

Kaki adalah alat tubuh manusia yanng memiliki banyak fungsinya. Seperti untuk berlari, berjalan, berenang, dan lain sebagainya. Keberadaan kaki di nilai penting dan bisa merubah segalanya. Menggunakan kaki bisa membantu untuk pergi kemana pun. Untuk pergi ke sekolah, ke tempat bermain, pergi ke pasar, bahkan membantu tubuh untuk melakukan moving place lebih tepat. (Baca Juga: cara mengobati kaki pecah pecah , obat kaki bengkak karena jatuh)

Seseorang yang tidak memiliki kaki juga bukan berati tidak bisa melakukan semuanya. Masih bisa namun harus menggunakan bantuan dan alat khusus. Keterbatasan ini akan mengganggu pergerakan pasien. Tentu saja ini akan menimbulkan masalah ketidak nyamanan, baik secara sosial dan psikologis.

Baca Juga:

Banyak alasan mengenai seseorang tidak memiliki kaki. Seperti karena terjadi kecelakaan, sehingga kaki mengalami kelumpuhan total. Kejadian ini bisa menimpa siapa saja dan kapan saja. Anda pasti merasa khawatir dan kaget saat musibah ini menimpa. Lantas, apakah seseoranga yang memiliki kaki lumpuh benar – benar tidak bisa di sembuhkan?

Pengertian Kaki Lumpuh

Kaki lumpuh atau kelumpuhan pada kaki adalah suatu kondisi dimana kaki tidak bisa bergerak atau tak dapat di gerakan. Alasan tidak bisa di gerakkan ini karena sebab bukan karena patah atau kaki yang di potong. Namun ada beberapa syaraf dan otot yang memang tidak bisa di gerakkan secara langsung. Baik itu di kaki kanan atau pun kiri.

Penyebab keadaan kaki lumpuh sebelah ini ada bervariasi macam – macamnya. Misalnya terjadi karena akibat dari kecelakan, yang mana menyebabkan pasien mengalami patah tulang. Lantas ia mengalami kondisi kaki lumpuh, satu kaki atau dua kaki. Bisa juga lumpuh di sebabkan karena dampak atau efek dari penyakit lain. Biasanya penyakit ini terbilang kronis atau parah.

(Baca : pertolongan pertama pada patah tulang dan pertolongan pertama pada kecelakaan )

Biasanya penyakit yang seperti ini adalah penyakit yang berhubungan dengan otak. Misalnya terjadi gejala stroke, di mana pasien mengalami stroke yang berhubungan dengan penglihatan. Sehingga bisa melumpuhkan sebagian besar (sebelah  kiri)  anggota badan termasuk kaki. Contoh lain yang menyerupai dengan kelumpuhan kaki adalah karena adanya penyakit asam urat. Dampak dari penyakit ini adalah  terjadi  ke kaku-an pada otot kaki sebagian. Jika di biarkan atau tidak di terapi, pasien akan mengalami kelumpuhan seumur hidupnya. (Baca juga: Penyebab Otot Kaku , Kelainan Otot Pada Manusia)

Penyebab Kaki lumpuh

Mengapa kaki yang awalnya normal, lantas tiba – tiba bisa terkena lumpuh ? Atau kaki yang cidera karena kecelakaan bisa menyebabkan lumpuh ? Apakah karena masalah tulang ? Masalah syaraf ? masalah otot ? atau karena masalah persendian ?

Baca Juga:

Sebenarnya, penyebab terjadinya masalah kelumpuhan adalah karena ada pembekuan pada bagian urat darah. Bagi pasien yang mengalami lumpuh karena masalah ini akan mengalami kesembuhan lebih susah. Bahkan, bisa di katakan bahwa penderita bisa mengalami kelumpuhan selama – lamanya. Jadi bersiaplah untuk selalu berada di atas kursi roda.

Namun, anda jangan khawatir. Meskipun gejala ini bisa membuat anda kemungkinan mengalami kelumpuhan selama – lamanya, ternayat bisa sembuh. Asalkan anda telaten untuk melakukan pengobatan tersebut. Yakni harus selalu setiap hari melatih kembali bagian tubuh yang lumpuh dan mengembalikan fungsi penggunaan otot. Misalnya dengan berolah raga setiap pagi. (Baca Juga: Cara Agar Nafas Panjang Saat Berlari , Dampak Negatif Tidak Pernah Berolahraga)

Kaki yang sudah lumpuh karena kekakuan otot tubuh akan tidak terasa atau sangat sakit ketika di gerakkan. Namun jika anda mau berlatih setiap hari dan telaten melakukan pergerakan tubuh, kekakuan tersebut akan mencair. Karena otot itu sifatnya elastis. Akan mengeras jika di biarkan begitu saja, sehingga kaku. Dan bisa bergerak lentur jika sering di gunakan.  (Baca juga: penyebab linu pada kaki, gejala kaki panas)

Obat Tradisional Lumpuh Kaki

Pasien yang mengalami masalah kelumpuhan tidak perlu khawatir. Sebab ada beberapa obat yang bisa mengatasi masalah kelumpuhan tersebut. Namun menggunakan resep bahan tradisional. Sehingga di bilang aman karena tidak ada pengawetan. Perlu anda ketahui, dalam melakukan resep obat tradisional harus memperhatikan beberapa hal. (Baca : obat tradisional kaki bengkakobat kaki bengkak)

Yakni dalam hal kebersihan, perlu peracik obat memastikan untuk melakukan proses sterilisasi pada alat yang di gunakan. Hasilnya akan sama saja jika anda tidak melakukan proses sterilisasi. Dan kelebihan obat tradusional juga memberikan efek lama dan jangka panjang bagi tubuh. Maka anda tidak bisa langsung sembuh. Seperti apakah ?

1. Ramuan kulit manggis

Penderita yang mengalami masalah kelumpuhan bisa di sembuhkan dengan menggunakan manggis. Bukan menggunakan buahnya, namun menggunakan kulit manggisnya. Sebab bahan yang ada di dalam kulit manggis ada zat anti oksidan yang kadarnya cukup  tinggi. Sehingga bisa berkhasiat bagi tubuh untuk anti peradangan.

Baca juga:

2. Ramuan daun sirsak

Bahan lain yang bisa berkhasiat untuk mengobati kelumpuhan adalah sirsak. Sama dengan bahan di atas, hanya saja menggunakan daun sirsak. Bahan ini memiliki manfaat untuk mengobati kelumpuhan kaki. Di dalamnya terdapat kandungan zat anti oksidan tinggi yang berguna untuk anti peradangan. Kemudian, ekstrak sirsak juga berguna utuk mengatasi zat anti kanker yang cukup kuat. Zat tersebut di namakan dengan ace togenins.

3. Olahan rempah – rempah

Masih ada beberapa bahan yang bisa di gunakan untuk mengatasi kelumpuhan pada kaki. Misalnya kandungan beberapa jenis rempah – rempah. Yakni campuran antara bawang merah, asam jawa, daun binahong, minyak kayu putih dan minyak angin. Semua campuran tersebut di aduk menjadi satu. Kemudian di oleskan pada bagian kaki yang lumpuh. Oleskan ramuan ini secara rutin untuk mendapatkan hasil yang lebih baik. (Baca : obat kaki terkilir , Obat Linu Pada Tulang Kaki)

4. Ramuan bawang putih

Beberapa ramuan yang bisa di gunakan untuk mengatasi kelumpuhan adalah ramuan bawang putih. Di dalam bawang putih terdapat beberapa zat yang berguna untuk mengatasi kolestrol tinggi dan sebagai zat anti koagulan. Ramuan ini berguna untuk mengatasi otot yang kaku. Sebab berguna untuk anti pembekuan. Inilah mengapa ramuan bawang putih bisa berguna untuk mengatasi kelumpuhan.

Baca Juga:

5. Ramuan jahe

Selain itu, ramuan lain yang berguna untuk mengatasi kelumpuhan adalah jahe. Bahan jahe ini berguna sebagai tonik yang baik sebagai tonik. Jahe juga di percaya berguna untuk mengatasi sirkulas darah agar lancar. Khasiat lain yang ada di dalam jahe ini adalah baik untuk mengatasi pembekuan darah. Bisa anda buktikan dengan mengkonsumsi jahe yang matang dan sudah di olah dalam 2 hari akan terasa dampaknya.