14 Obat Kaki Terkilir Secara Alami dan Medis

3323

Obat kaki terkilir digunakan untuk meredakan serta menyembuhkan peradangan yang diikuti rasa nyeri pada otot yang disebabkan akibat aktivitas harian. Kaki terkilir dapat dialami anak dan dewasa bahkan para lansia yang jika tidak segera mendapatkan penanganan secara medis atau tradisional maka dapat menyebabkan kesulitan berjalan.

Penyebab kaki terkilir
Yang dapat memicu munculnya nyeri dan peradangan pada kaki akibat terkilir

  1. Sepatu sempit/tinggi
    Memakai sepatu terlalu sempit atau tinggi dalam waktu yang lama dapat memicu penghambatan aliran darah didaerah kaki terutama jari jari dan pergelangan kaki. Kaki akan merasa dipaksa untuk terus menerus menahan beban tubuh bagian atas ketika sedang berjalan atau berdiri. Aliuarn darah yang tersendat sendat dapat memnicu kaki menjadi terkilir.
  2. Olahraga berlebihan
    Olahraga berlebihan yang mengandalkan banyak pergerakan kaki misalnya sepak bola, Marathon, sepak takraw, Basket dan sebagainya seringkali menjadi biuang keladi terjadinya kaki terkilir. Pergerakan kaki yang berubah ubah dan tiba tiba dapat menyebabkan jaringan ligamen mengalami cedera. (Baca juga : Bahaya olahraga yang berlebihan)
  3. Medan jalan yang tak beraturan
    Berlari pada medan tanah yang tidak rata misalnya jalannya berlubang, Berbatu, Struktur aspal yang naik turun atau berlumpur berpotensi membuat posisi kaki ketika berjalan atau berlari menjadi tidak kondusif atau nyaman. Gerakan kaki yang tiba tiba berubah akibat ada lubang dapat menyebabkan cedera pada jaringan lunak sendi sehingga kaki akan terkilir.
  4. Terbentur benda
    Kaki terbentur benda dengan keras. Benturan apapun yang mengenai pergelangan kaki dapat membuat posisi tulang atau sendi menjadi ada pergeseran sehingga terbentuklah sebuah penumukaan cairan luka didalam jaringan ikat disekitar kaki yang menjadi penyebab kaki terkilir.
  5. Terpukul, Jatuh, Terpeleset dan terpental
    Terpukul, Jatuh, Terpeleset atau terpental dapat mengakibatkan cedera mendadk pada ligamen kaki sehingga pergelangan kaki mudah mengalami rasa nyeri dan terkilir yang nantinya berpotensi muncul lebam dan pembengkakan.
  6. Duduk bersila
    Terlalu lama duduk bersila tanpa mengubah posisi dapat memberikan tekanan pada alaaira darh disekitar jaringan lunak sekitar sendi kaki sehingga memungkinkan lengkunagn kaki pada saat bersila memicu munculnya terkilir. (Baca juga : Bahaya duduk bersila)
  7. Perkelahian
    Berkelahi yang di ikuti dengan tindakan kekerasan atau baku hantam yang mencederai bagian kaki dapat menyebabkan jaringan ikat diantara tulang kaki mengalami trauma sehingga terkilirpun tidak dapat dihindari.
  8. Gerakan berulang
    Melakukan gerakan kaki yang berulang tetapi tidak beraturan dalam waktu yang lama misalnya berjoget. yaitu ketika ada atraksi kaki yang memutar secara mendadak maka dapat menyebabkan ligamen mengalami keregangan dan rentan terjadi robekan.
  9. Mengangkat beban berat
    Mengangkat beban berat sehingga kaki dipaksa menopang beban tubuh bagian atas. Mengangkat barang berat seringkali menyebabkan posisi kaki menjadi tidak simetris atau salah sehingga berpotensi merusak jaringan ligamen secara mendadak.

Gejala

Tanda tanda kaki terkilir yang perlu mendapatkan penanganan segera agar proses penyembuhan lebih cepat :

  • Timbul memar dimana kulit sekitar kaki yang mengalami terkilir akan berubah warna menjadi kemerahan akibat aliran darah pada lokasi yang terkilir menjadi meningkat.
  • Permukaan kulit disekitar lokasi kaki yang mengalami terkilir akan terasa lebih hangat, Hal ini dikarenakan ada cedera didalamnya yang membuat aliran darah menjadi tersendat .
  • Terjadi pembengkakan karena reaksi peningkatan jumlah cairan di jaringan lunak sekitar sendi. Pembengkakan tersebut menyebabkan darah bergumpal dan menyumbat aliran darah disekitarnya.
  • Ketika kaki ingin digerakkan untuk berjalan akan terasa nyeri yang luar biasa dan jika dipaksakan maka peradangan yang ada di jaringan lunak akan semakin melebar dan menimbulkan pembengkakan semakin besar sehingga memicu tubuh terserang demam ringan.
    Obat kaki terkilir

Secara Alami

  • Air arang
    Batok kelapa yang dibakar akan menghasilkan arang panas yang bisa dimanfaatkan sebagai obat kaki terkilir, Caranya masukan arang yang masih panas pada air matang secukupnya lalu gunakan air tersebut untuk merendam telapak kaki sampai batas betis .
  • Parutan Jahe
    Parutlah jahe dan gunakan untuk melumuri pada bagian kaki yang terkilir beberapa kali. Jahe salah satu obat kaki terkilir paling manjur karena mampu meredakan rasa nyeri dan menghilangkan pembengkakan akibat peningkatan cairan pada jaringan lunak sekitar sendi dengan waktu yang relatif cepat.
  • Parutan kunyit
    Selain untuk menghaluskan dan memutihkan kulit wajah ternyata kunyit dapat dijadikan sebagai obat kaki terkilir dan meredakan rasa sakit disekitar pembengkakan. Caranya parutlah kunyit dan olewskan pada bagian kaki yang terkilir berulang kali.
  • Beras kencur
    Kencur yang dihaluskan bersama beras dapat dijadikan obat manjur untuk menyembuhkan kaki terkilir akibat olahraga yang berlebihan atau karena pemakaian kaki yang terlalu tinggi. Caranya oleskan beras kencur pad bagian kaki yang sakit dan istirahatkan kaki tanpa melakukan gerakan apapun selama mungkin agar khasiat beras kencur dapat maksimal dirasakan.
  • Minyak almond dan minyak garlic
    Dua bahan herbal mumpuni dalam mengatasi kaki terkilir ini dapat dibeli diberbagai apotek dan toko obat. Gunakan sesuai aturan yang tentera pada kemasa. Minyak almod dan garlic mampu menyenbuhkan kaki terkilir relatif cepat jika di imbangi dengan istirahat yang cukup dengan mengangkat kaki yang saakit lebih tinggi dari jantung. Kondisi ini dapat meredakan sakit lebih cepat dan melancarkan peredaran darah disekitar jaringan lunak diantara sendi yang mengalami memar akibat terkilir.
  • Kompres dengan air dingin
    Kaki terkilir yang belum atau sudah mengalami pembengkakan dan perubahan warna kulit dapat diatasi dengan pengompresan air dingin atau es batu yang dibungkus oleh jhanduk kecil yang berbahan dasar lembut. Pengompresan dapat menstabilkan ketegangan dan tekanan pada jaringan lunak pada sendi kaki yang terkena cedera akibat aktivitas sehari hari.
  • Gel Chesnut
    Obat herbal gel ini terbuat dari bahan dasar tumbuhan obat bernama chesnut yang didalamnya mengandung zat anti radang kuat “Aescin” yang mampu meredakan rasa nyeri, Mengempiskan pembengkakan dan menormalkan posisi jaringan lunak pada sendi yang terkilir menjadi lebih baik . Gel chesnut termasuk obat kaki terkilir paling cepat dalam meredakan rasa nyeri akibat kaki terkilir.
  • Minyak daun jarak
    Minyak daun jarak atau castrol oil adalah obat kaki terkilir yang sangat baik untuk pengobatan yang terjadi pada anak anak. Minyak daun jarak bersifat menghangatkan dan menghilangkan urat yang stres serta menyembuhkan memar yang terjadi pada sendi akibat terkilir.
  • Minyak cengkih
    Minyak cengkih mengandung zat aktif Eugenol yang dapat melegakan ligamen yang mengalami ketegangan dan mengurangi penumpulan cairan pada jaringan lunak sekitar sendi akibat terkilir. Minyak cengkih sudah dikenal sebagai obat kaki terkilir dalam pengobatan alternatif.

Secara Medis

  • Thrombophob tablet dan oles
    Pada anak anak yang kakinya terkilir akibat bermain maka dapat dioleskan pada bagian yang sakit yaitu dengan membalurkan thrombophob cair yang diikuti dengan penggunaan obat kaki terkilir jenis oral (diminum) yaitu thrombophob jenis tablet yang gunanya untuk mempercepat proses penyembuhan kaki terkilir dari dalam .
  • Obat anti inflamasi
    Untuk mengobati kaki terkilir dapat pula mengkonsumsi obat kaki terkilir golongan anti inflamasi non steroid atau OAINS sebagai obat penghilang rasa nyeri yaitu jenis paracetamol, Ibuprofen atau acetaminophen yang sebelumnya sudah dianjurkan olerh dokter yang terkait, Obat jenis acetaminophen dapat menghilangkan rasa nyeri dan menyusutkan pembengkakan akibat kaaki terkilir dari dalam sehingga proses penyembuhan relatif cepat.
  • Pemasangan Brace
    Brace adalah perban khusus yang berbahan elastis untuk mengurangi rasa nyeri dan menjaga agar kaki tidak mengalami pergerakan yang berlebihan. Disamping itu pasien akan dianjurkan untuk mengkonsumsi obat kaki terkilir jenis Kodein . Kodein adalah jenis obat anti inflamasi yang memiliki efek keras dan kuat dalam mengatasi kerusakan jaringan ligamen pada kaki akibat terkilir. Kodein cocok untuk kaki terkilir yang telah masuk kategiori berat yaitu kaki sudah kesulitan untuk digerakan.
  • Krim salisilat
    Pemakaian krim yang mengandung salisilat sebagai obat kaki terkilir dapat dioleskan tanpa melakukan pijatan apapun agar proses meredakan pembengkakan dan menghilangkan rasa sakit disekitar kaki yang terkilir cepat terjadi. Krim salisilat dapat meregangkan otot yang mengalami tekanan akibat gerakan gerakan mendadak yang dipaksakan ketika beraktivitas dan mampu mengobati pembengkakan relatif lebih cepat sehingga kaki tetap bisa nyaman digerakan.
  • Pembedahan
    Pada kasus terkilir yang parah yaitu telah terjadi penumpukan cairan pada jaaringan lunak diarea sendi yang mengalami perubahan posisi akiabat terkilir jika mungkin harus dilakukan tindakan operasi oleh dokter yang terkait maka upaya tersebut bisa dilakukan. Operasi akan siap dilakukan setelah tim kesehatan mengetahui apakah jaringan lunak pada sendi telah mengalami kerusakan otot dan robekan pada ligamen atau tidak.