Cardi B Terpaksa Batalkan Beberapa Jadwal Manggung Karena Kaki Bengkak

416

Rapper bernama lengkap Belcalis Marlenis Almanzar yang kita kenal dengan Cardi B mengunggah foto ke akun media sosial pribadinya yang menunjukkan bahwa kakinya terdapat bekas tali sepatu atau sandal. Hal ini disebabkan oleh kaki yang mengalami pembesaran alias bengkak.

Gara-gara kondisinya tersebut, ia pun memilih membatalkan beberapa jadwal acara musik yang seharusnya ia hadiri. Dilansir dari Mirror, Cardi B mengutarakan kalau tiap naik pesawat memang selalu terjadi hal seperti itu, kakinya membengkak dan bahkan diikuti dengan perut yang bertambah besar. Oleh sebab itu, dokter yang menanganinya pun memberi saran supaya ia banyak istirahat saja.

Banyak dari kita yang bahkan mungkin sudah tahu bahwa Cardi B sempat menempuh tindakan medis berupa sedot lemak dan bahkan operasi payudara augmented breast usai melahirkan anak pertamanya yang berjenis kelamin perempuan pada tahun 2018 lalu. Operasi ini tergolong operasi kosmetik yang ia anggap sebagai langkah efisien dalam mendapatkan kembali penampilan sebelum bersalin.

Ini adalah sebuah tindakan perawatan diri yang instan mengingat ia memiliki pekerjaan yang super padat dan sibuk. Nyaris 24 jam ia harus bekerja dan pada akhirnya tak memiliki waktu cukup untuk sekadar berolahraga apalagi istirahat. Selepas operasi kosmetik pun, tubuhnya yang belum sepenuhnya pulih harus dipaksakan untuk manggung lho.

Hal ini diperkirakan sebagai suatu faktor yang meningkatkan risiko membesarnya kaki Cardi B. Saat bergerak terlalu banyak dan sering pun, perutnya pun jadi ikut tak nyaman. Lalu, sebenarnya apa saja faktor risiko yang perlu diwaspadai yang bisa memicu pembesaran di bagian kaki kecuali kehamilan?

  • Efek penggunaan atau konsumsi obat tertentu, seperti obat steroid, antidepresan, antiinflamasi nonsteroid, obat hipertensi, obat diabetes, serta alat kontrasepsi yang datang dalam bentuk oral.
  • Penyakit tertentu, seperti penyakit hati, jenis-jenis penyakit jantung, dan juga penyakit ginjal.
  • Darah membeku
  • Infeksi
  • Berdiri dalam jangka waktu lama
  • Menstruasi
  • Berada di dalam pesawat dalam jangka waktu lama
  • Mengendarai mobil dalam waktu lama
  • Insufisiensi vena

Untuk mengatasi kaki bengkak apapun penyebabnya, kompres dingin dengan es batu yang sudah dibungkus handuk adalah salah satu cara perawatan mandiri yang efektif mengempiskan bengkak. Namun selain itu, penderita kaki bengkak juga perlu banyak berolahraga (khususnya fokus pada gerakan kaki), tidak berdiri terlalu lama, mengurangi asupan garam, serta tak lupa menurunkan berat badan apabila obesitas salah satu faktor yang memicu.

Bila masalah utama adalah karena penggunaan obat tertentu, hal ini harus dikonsultasikan lebih dulu saja ya dengan dokter agar tidak salah ambil langkah. Jika mencurigai adanya penyakit tertentu yang membuat kaki bengkak, segera ke dokter dan periksakan agar bisa segera ditangani. Dan jangan lupa, jika Anda alami masalah seperti Cardi B, ambil waktu istirahat sebanyak mungkin; kalaupun melatih kaki, lakukan dengan gerakan yang ringan saja ya.