9 Penyebab Kaki Bengkak Secara Tiba Tiba dan Pengobatannya

6443

Penyebab kaki bengkak tiba tiba muncul karena penumpukan cairan pada bagian kaki akibat kondisi kesehatan organ tubuh yang kurang baik. Kaki bengkak bisa menyerang siapa saja dan muncul karena penyebab yang berbeda beda namun bisa disembuhkan dengan metode pengobatan yang sama yaitu cara tradisional. (Baca Juga: Cara Agar Kaki Tidak Berkeringat dan Bau)

Penyebab Kaki Bengkak Tiba-tiba

1. Gangguan pembuluh getah bening (Limfedema)

Kondisi limfedema menyebabkan peredaran darah pada kaki tidak lancar sehingga terjadi penumpukan cairan yang menimbulkan tekanan terus menerus pada jaringan kaki , Hingga akhirnya timbulah pembengkakan. Gangguan pembuluh getah bening (Limfedema ) sering menjadi penyebab kaki bengkak tiba tiba pada anak dan dewasa.

Baca Juga:

2. Cedera kaki

Cedera yang pernah terjadi pada kaki termasuk telapak kaki, Pergelangan, Tumit, Jari jari dan area betis akibat terkilir, Terpeleset atau terjatuh, terbentur benda keras sehingga menyebabkan ligamen mengalami peregangan, Sobek atau luka, urat terjepit atau terjadi pendarahan disaraf saraf kaki yang menjadi penyebab kaki bengkak tiba tiba .

3. Penumpukan darah beku

Pembekuan darah yang terjadi dipembuluh darah daerah kaki dapat menyebabkan aliran darah dari kaki menuju jantung menjadiu melambat, Tersendat bhkan tersumbat yang akhirnya penumpukan darah beku menjadi gumpalan. Gumpalan itulah yang menjadi pebnyebab kaki bengkak tiba tiba dan timbul rasa nyeri.

Baca Juga:

4. Sakit jantung, Hati dan ginjal

Saat jantung, Hati dan ginjal mengalami gangguan infeksi bakteri atau virus maka fungsinya akan menurun dan mengakibatkan penumpukan cairan disekitar area kaki. Kondisi ini adalah salah satu penyebab kaki bengkak tiba tiba yang sering menerang orang ornag lanjut usia yang memiliki riwayat penyakit jantung , Hati dan ginjal.

5. Adanya infeksi tubuh

Pada penderita diabetes yang masuk stadium 3 dan 4 rentan terkena infeksi pada saraf saraf kaki sehingga menjadi penyebab kaki bengkak tiba tiba yang tidsak mudah disembuhkan. Lindungilah seluruh bagian tubuh termasuk area kaki agar tidak mengalami luka, Goresan, Sobekan, Sayatan , Terpotong atau Tertusuk benda tajam yang mengakibatkan pendarahan, Karena kondisi tersebut sangat berbahaya bagi penderita diabetes karena mudah menyebabkan infeksi.

Baca Juga:

6. Siklus haid

Pada wanita yang sedang mengalami siklus haid maka didalam tubuhnya akan terjadi perubahan hormon yang dapat mempengaruhi kelancaran aliran darah diseluruh tubuh, Termasuk area kaki. Kondisi darah yang sedang mengalami siklus haid maka dapat menjadi penyebab kaki bengkak tiba tiba tetapi akan normal kembali saat haid telah selesai.

7. Kehamilan

Kehamilan sering menjadi penyebab kaki bengkak tiba tiba, Karena ketika sedang hamil pembuluh darah besar dipangkal paha tanpa sadar mengalami tekanan terus menerus dari bayi dalam rahim yang pertumbuhannya semakin hari tambah membesar. Kondisi alami tersebut justru dapat menyebabkan aliran darah menjadi terhambat dan menimbulkan pembengkakan.

Baca Juga:

8. Zat kimia obat

Jenis obat obatan untuk menyembuhkan diabetes, Anti inflamasi non-steroid, Antidepresan, Obat steroid dan untuk mengatasi tekanan darah maka pemakaian jangka panajang dapat menyumbat aliran darah dan meracuni darah yang berisi oksigen. Menumpiuknya zat kimia obat dapat menhgalir bersama darah darah yang mengalir tersendat sendat dipermukaan jaringan kaki yang akhirnya menimbulkan pembengkakan.

9. stagnan tubuh terlalu lama

Duduk ataua berdiri terlalu lama (stagnan) dapat menyebabkan aliran darah terhambat, Tidak lancar dan merangsanga penumpukan cairan pada jaringan kaki yang nantinya menjadi penyebab kaki bengkak tiba tiba. Tubuh yang aktif bergerak membnantu aliran darah selalu stabil , Maka dari itu manfaat berolahraga adalah agar terhindar dari terhambatnya aliran darah yang dapat merangsang penumouka cairan dibeberapa bagian tubuh termasuk kaki.

Baca Juga:

Solusi Terbaik Mengatasi Kaki Bengkak

Tips cara mengatasi kaki bengkak pada pria dan wanita

Cara umum

  1. Menjaga berat tubuh agar tetap stabil dan ideal yang daopat didapat dari program diet sehat dan seimbang. Konsultasikan pada ahli gizi sebelum anda menmutuskan untuk melakukan diet. (Baca Juga:  Merk Salep untuk Luka Bakar)
  2. Mengurangi makanan yang mengandung banyak garam termasuk juga makanan yang masuk dalam kategori makanan siap saji dan junkfood. (Baca Juga: Obat Bisul Salep)
  3. Hindari duduk, berdiri dan tidur terlalu lama, Karena membiarkan tubuh stagnant dalam posisi yang sama dengan durasi waktu yag lama tanpa adanya pergerakan atau peregangana rentan menyebabkan pembengkakan dibagian kaki.
  4. Mengompres kaki yang bengkak dengan es batu yang telah dibalut dengan handuk kecil atau dengan saputangan yang telah direndam dalam air dingin. (Baca Juga: Gejala Kaki Ngilu)
  5. Hindari pemakaian pakaian dan celana panjang yang terlalu ketat agar peredaran darah tetap lancar. Pakialah kian yang mempunyai struktur kain uyang dapat menyerap keringat dengan baik
  6. Melakukan olahraga ringan tetapi secara teratur dan cukup 30 menit saja misalnya jalan cepat. Jalan santai , Lari santai, Bersepeda, dan lain lain. (Baca Juga: Obat Tradisional Lumpuh Kaki)
  7. Banyak minum air putih atau yang mengandung mineral agar terhindar dehidrasi karena dehidrasi penyebab akaki bengkak tiba tiba
  8. Membaringkan tubuh dan menjaga kondisi tubuh tetap rileks lalu angkatlah kedua kaki keatas perlahan dan meyandarkan kedua telapak kaki pada permukaan dinding (Baca Juga: Akibat Tidak Mencuci Tangan Dan Kaki)

Cara Tradisional

1. Merendam kaki

Merendam kaki yang bengkak pada air hangat yang sebelumnya telah ditambahkan garam dan air rebusan daun sirih. Cara ini dapat meredakan rasa nyeri dan me;lancarkan peredaran darah disekitar kaki sehingga mengempiskan pembengkakan.

2. Parutan jahe

Jahe adalah rempah rempah yang mengandung senyawa anti peradangan yang dapat mempercepat proses penyembuhan luka dan meningkatkan daya tahan tubuh . Parutan jahe dapat dijadikan obat manjur pengempis bengkak pada kaki dan melancarkan aliran darah yang tersumbat penyebab pembengkakan. (baca juga : cara agar kaki tidak berkeringan dan bau , Obat Gatal Jamur Tradisional)

3. Peterseli kering

Peyerseli mengandung efek diuretik yang mampu kembali memblokir penyerapan natrium dan kalsium sehingga dapat membantu tubuh membuang kelebihan cairan yang tidak diperlukan tubuh melalui urin. (Baca Juga: Penyebab Kuku Sering Patah , Cara Menjaga Kesehatan Kuku)

4. Minyak zaitun

Gunakan minyak zaitun untuk memgoles dan memijat perlahan pembengkakn yang terjadi pada kaki. Sebelumnya panaskan dulu minyak zaitun pada sendok makan beberapa saat. Minyak zaitun dapat meregangkan ketegangan otit dan membebaskan saraf saraf kaki yang mengalami penyusutan akibat kelelahan atau akibat penekanan berlebihan oleh pemakaian sepatu yang sempit. (baca juga : penyebab kaki bau setelah pakai sepatu , Cara Mengatasi Bau Kaki)

5. Parutan bawang putih dan kunyit

Bawang putih dan kunyit sama sama mempunyai kandungan anti radang, Anti bakteri dan mampu menghambat aktivitas bakteri dan virus yang ada pada aliran darah. Gabungan kedua nbahan hewrbal ini dapat menyembuykan pembengkakan dibagian tubuh manapun termasuk kaki. Oleskan parutan bawang putih yang dicampur bubuk kunyit atau kunyit yang telah diparut sebagai tapal (masker) yang dapat diletakkan pada area yang bengkak. (baca juga : penyebab kaki bau setelah pakai sepatu , Cara Mengatasi Bau Kaki)