15 Bahaya MSG Bagi Kesehatan Tubuh

Msg atau monosodium glutamate adalah penyedap rasa yang dipakai diseluruh dunia yang tujuannya untuk meningkatkan citarasa sebuah masakan agar menjadi lebih nikmat. Pemakaian msg yang sembarangan dapat memicu berbagai macam keluhan kesehatan

1.Kegemukan
Kebiasaan memakai msg dalam jumlah banyak dan jangka panjang dapat menyebabkan ketergantungan dan hanya bisa makan pada masakan yang menggunakan msg saja. Msg mampu meningkatkan nafsu makan karena makanan yang biasa biasa saja dapat berubah menjadi sangat lezat. Salah satu bahaya msg bagi kesehatan tubuh yaitu menyebabkan indera pengecap terbiasa untuk menerima makanan yang mengandung msg dan menyebabkan nafsu makan tinggi hanya pada masakan yang mengandung msg.

2. Nafsu makan hilang
Bahaya msg bagi kesehatan dapat muncul ketika pemakaian msg dilakukan setiap hari dan jangka panjang yang lama kelamaan dapat menyebabkan seseorang menjadi ketagihan. Kondisi ini menimbulkan rasa tidak berselera ketika menyantap masakan yang tidak menggunakan msg. Jika terus menerus berkelanjutan maka dapat menimbulkan berkurangnya nafsu makan dan penurunan berat badan. Hal ini tidak baik bagi perkembangan tubuh anak anak yang msaih dalam masa pertumbuhan.

3. Gangguan jaringan otak
Zat zat yang ada pada msg dapat mencederai jaringan otak dan merusak kinerja otak sehingga mampu mengendalikan nafsu makan seseorang menjadi tidak wajar. Bahaya msg bagi kesehatan otak dapat berupa otak kehilangan kemampuannya dalam menangkap informasi dari luar tubuh secara baik sehingga menyeabakan seseorang tidak adapat berkonsentrasi.

4. Kerusakan hati
Penggunaan msg secara berlebihan menyebabkan organ hati rentan terserang luka, Iritasi dan peradangan. Akibatnya seiring berjalannya waktu fungsi hati mengalami kemunduran. Bahaya msg bagi kesehatan hati adalah dinding hati akan mengalami peradangan dan pendarahan.

5. Menurunkan kualitas kecerdasan
Anak anak yang terbiasa makan makanan yang mewngandung banyak msg beresiko mengalami kemunduran dalam berfikir , Memperlambat otak untuk menangkap informasi dari luar tubuh. Bahaya msg bagi kesehatan jaringan otak yang paling sering dialami anak anak adalah Keterlambatan dalam hal motorik gerak dan menurunkan intelektual kecerdasan.
6. Gangguan jantung
Zat yang terdapat pada msg dapat mencemari organ jantung dan mengganggu kinerja jantung berupa detak jantung menjadi tidak beraturan, Kadang sangat cepat kadang lambat. Bahaya msg bagi kesehatan jantung yang paling sering menmyerang manusia akibat penggunaan msg adalah timbul rasa nyeri pada dada yang muncul tiba tiba dan Menyebabkan tekanan darah mudah naik akibat adanya penyumbatan msg pada arteri sekitar jantung.

7. Gangguan pencernaan
Menggunakan msg diluar batas kewajaran rentan menyebabkan gangguan pada pencernaa karena dapat mnengiritasi dinding lambung, Kram perut, Mual mual, Asam lambung meningkat, Peradangan usus, Ulu hati tidak nyaman dan sakit perut yang muncul timbul tenggelam. Bahaya msg bagi kesehatan pencernaan yang paling banyak diderita manusia adalah berupa diare yang berkepanjangan sehingga mempengaruhi keseimbangan tubuh. (Baca juga : Gangguan pencernaan)
8. Gangguan otot
Bahaya msg bagi kersehatan yang tidak disadari masyarakat umum adalah terjadinya kelemahan otot. Zat pada msg dapat menyebabkan luka dan peradangan pada persendian, Otot jadi melemah sehingga tubuh sering cepat merasa lelah, Pegal pegal luar biasa dan stamina tubuh cepat menurun.

9. Gangguan psikologi
Menggunakan msg terus menerus dalam takaran yang tidak menentu dapat menyebabkabn gangguan psikologis yang dapat dialami oleh pria maupun wanita pada umur yang tidak ada batasnya. Bahaya msg bagi kesehatan psikologis yang dimaksud adalah berupa depresi, Stres, Tidak mampu mengendalikan emosi, Kecemasan berlebihan, Bingung, Panik dan terserang penyakit insomnia (kesulitan tidur)

10.Gangguan sistem pernafasan
kondisi Gangguan pada sistem pernafasan pada penderita asma yang sudah sembuh maka penggunaan msg berlebihan justru menyebabkan asma muncul tiba tiba dan kambuh pada waktu yangb tidak tentu, Sesak nafas, Nyeri dada, Hidung berair dan tersumbat, Mudah terserang masuk angin dan buang buang air. Bahaya msg bagi kesehtan tubuh yang perlu diwasoadai adalah ketika terjadi penurunan daya tahan tubuh secara signifikan akibat penggunaan msg berlebihan. Daya tahan tubuh yang terus menurun beresiko menyebabkan gangguan pernafasan pada tingkat yang lebih berat dan segera memerlukan tindakan medis.

11. Gangguan janin
Pada ibu hamil sebaiknya berhati hati dalama menggunakan msg dalam setiap masakannya. Msg berlebihan dapat mengurangi kualitas gizi pada makanan dan tidak akan berrmnafaat lagi bagi kesehatan janin. Bahaya Msg bagi kesehatan dipicu karena takaran yang terlalu banyak dan dikonsumsi setiap hari. Kondisi seperti itu dapat menimbulkan cedera luka, Iritaasi dan peradangan pada organ janin. Janin akan tumbuh dengan tidak normal bahkan bisa menyebakan bayi cacat dalam kandungan.

12. Gangguan mata
Bahaya msg bagi kesehatan akibat penggunaan yang tidak wajar atau berlebihan dapat menyebabkan gangguan penglihatan dan merusak kelenjar air mata dimana pengaruh buruknya dapat berupa seperti mata kering, pandangan kabur, Sering menyebabkan sakit kepala dimana rasa nyerinya menjalar kebagian bola mata, Mata berkunang kunang, Mata lelah dan berair.

13. Kanker
Tahukah anda bahwa bahaya msg bagi kesehatan tubuh yang mengerikan adalah ketika tumbuh sel kanker. Zat pada msg dapat bersifat karsinogen yaitu kondisi yang dapat menyebabkan penumpukan zat msg pada dinding organ tubuh tertentu yang dapat menimbulkan kerusakan sel sel tubuh menjadi abnormal yang jika berlangsung terus menerus tanpa adanya pemeriksaan tubuh lebih lanjut, Maka memicu tumbuhnya sel kanker. Pemakaian msg berlebihan dan jangka panjang terbukti dapat menyebbakan kanker diberbagai organ tubuh, Seperti kanker usus, Kanker hati, Kanker rahim dan sebagaianya.

14. Gangguan organ genital
Gangguan organ genital merupakan salah satu dari bentuk bahaya msg bagi kesehatan tubuh yang ditimbulkan. Penumpukan zat msg yang tidak bisa dihancurkan oleh ginjal karena terlalu banyak didalam tubuh dapat menyebabkan saluran kencing menderita iritasi, Perdangan pada kantung kandung kemih, Pembengkakan prostat dan menimbulkan Luka yajg meradang pada organ vagina.

15. Gangguan kulit
Pada sebagian orang penggunaan msg menyebabkan reaksi alergi yang tidak mudah dihilangkan dalam waktu 2 tauan 3 hari saja karena butuh waktu untuk menormalkan kembali pada kondisi yang semula. Bahaya msg bagi kesehatan kulit yang menyebabkan alergi sulit disembuhkan dalam waktu singkat adalah karena zat zat didalam msg telah berubah menjadi zat aditif dan mencemari darah. Gangguan kulit yang dimaksud adalah gatal gatal, Ruam kemerahan, Kulit kering dan mudah tergores (luka), Kulit wajah jadi membengkak dan timbul nyeri pada permukaan kulit.

Jenis makanan yang banyak mengandung msg

• Makanan siap saji
Makanan siap saji sudah menjamur dikehidupan perkotaan yang menuntut makanan siap dihidangkan tanpa banyak menyita waktu. Orang orang kantoran atau yang bekerja diperkotaan cenderung disibukkan dengan berbagai aktivitas yang banyak memerlukan tenaga dan pikiran sehingga tidak punya waktu luang lagi untuk memasak. Makanan yang siap dipesan dan diantarpun mulai marak dilakukan tanpa memikirkan akibat yang akan ditimbulkan dimasa depan. Yang dimaksud makanan siap saji adalah Ayam goreng tepung, Kentang goreng, Burger, Pizza dan sebagainya.

• Junkfood
Junkfood merupakan makanan yang sering disebut umum sebagai makanan sampah karena rendah protein dan hampir tidak memiliki nutrisi yang menguntungkan bagi kesehatan tubuh. Makanan junkfood banyak mengandung gula, Garam, Lemak jenuh dan zat zat aditif. Junkfood selalu terlihat menarik dengan citarasa yang lezat, Namun dibalik kenikmatannya terdapat penggunaan msg yang berlebihan dan dapat merugikan kesehatan manusia. Yang dimaksud junkfood adalah makanan kaleng, Manisan beku, Jeroan, Asinan, Makanan yang dipanggang dan dibakar dan sebagainya

• Jajanan umum
Olahan makanan umum seperti gorengan, Bakso, Mie ayam, Pangsit, Ketoprak, Somay dan lain lain hampir 90 persen memakai msg sebagi penguat rasa. Yang sangat disayangkan adalah masih banyak para penjual menggunakan takaran mgs diluar batas kewajaran, Alih alih agar makanan yang disajikan bertambah enak.

• Makanan instan
Makanan instan banyak yang menggunakan standar msg yang cukup tinggi guna memperkuat citarasanya dalam jangka panjang. Untuk meminimalisir bahaya msg bagi kesehatan tubuh seharusnya masyarakat lebih cerdas dalam mengkonsumsi makanan instant, yaitu tidak berlebihan dan tidak sering. Makanan instan yang dimaksud adalah mie instan, Nugget instant, Sosis instant, Spaggeti, berbagai macam jenis kornet, Chicken nugget instant dan sebagainya.

Pengganti msg
Tips cara meningkatkan citarasa masakan tanpa harus memggunakan msg agar kondisi kesehatan organ tubuh tetap stabil dalam jangka panjang. Pengganti msg ini terbukti tidak memiliki efek samping dan perlu anda coba.

• Gula merah
Gula merah atau sering disebut sebagai gula jawa adalah gula yang dibuat dari nira kelapa dan realtif aman digunakan sehari hari daripada gula tebu(gula pasir). Guala merah memiliki rasa yang gurih dan dapat meningkatkan rasa secara alami. Gula merah adalah bahan alami yang dapat dijadikan alternatif pengganti msg yaitu untuk penguat citarasa masakan agar lebih nikmat.

• Terasi
Penggunaan terasi bisa menguatkan rasa pada setiap masakan, Karena terasi terbuat dari bahan dasar ikan dan udang kecil pilihan yang dapat merubah rasa masakan menjadi lebih gurih dan nikmat.

• Kaldu ayam
Kaldu ayam terbuat dari tulang tulang atau daging ayam yang direbus dengan waktu yang tertentu. Air kaldu dari tulamng atau daging ayam dapat meningkatkan rasa gurih dan enak pada masakan tanpa efek samping.

• Bawang putih
Bawang putih merupakan bumbu masakan sekaligus penyembuh berbagai luka dan peradangan yang ada dalam tubuh. Bawang putih memiliki kemampuan untuk melezatkan masakan yang tidak menggunakan msg sekaligus bermanfaat untuk melindungi tubuh dari penyakit gula, Tekanan darah tinggi, Menyembuhkan luka dan meningkatkan daya tahan tubuh secara efektif.

• Keju
Keju memiliki nutrisi yanag baik bagi kesehatan tubuh dan dapat digunakan sebagai penyedap rasa pengganti msg. keju memilki rasa yang unik yaitu antara rasa asin dan gurih.

Solusi tradisional

Tips cara menetralkan dan membersihkan organ tubuh dari pengaruh buruk msg

1.Daun kemangi
Daun kemangi selain dapat dijadikan lalapan yang bergizi dapat juga digunakan untuk mengeluarkan penumpukan racun dari berbagaia macam sisa limbah makanan termasuk msg yang terjebak pada organ ginjal, Hati dan organ pencernaan. Daun kemangi dapat diblender dengan takaran air setenagah gelas yang ditambahkan madu dan perasan air jeruk nipis. Minumlah 2 kali sehari secara konsisten guna mencegah munculnya bahaya msg bagi kesehatan organ tubuh.

2. Daun ketumbar
Daun ketumbar memilki zat detoks yang efektif mampu mengeluarkaan racun dalam tubuh termasuk menghancurkan penumpukan msg dalam tubuh, Bahkan mampu mengendalikan dan mengikat logam berat yang bersarang didalam tubuh untuk segera dikeluarkan melalui urin dan keringat. Ambilah segenggam daun ketumbar lalu rebuslah dengana takaran air 2 gelas sampai mendidih dabn hanya menyisakan satu gelas saja. Ramuan herbal ini bisa dikonsumsi dua kali setiap hari, Pagi dan malam menjelang tidur malam.

3. Jus blueberry
Blueberry adalah jenis buah buahan yang memilki kemampuan memngeluarkan racun dalam tubuh. Zat antioksidanya yang kuat bermana Anthocyanin terbukti mampu mengikat racun dari sisa limbah makanan relatif lebih cepat untuk segera dibuang melalui urin, Tinja dan keringat. Minumlah jus buah blueberry satu kali setiap hari sampai waktu yahg tidak terbatas. Buah blueberry terbukti maan dikonsumsi jangka panajang. Dapat diberikan pada anak anak, Dewasa bahkan orangtua.

4. Akar dandelion, Jahe dan Lemon
Akar dandelion memiliki kemampuan istimewa membantu organ hati dalam menetralisir racun dalam tubuh termasuk penumpukan msg didalam jaringan organ tubuh tertentu. Jahe dapat meningkatkan daya tahan tubuh sehingga meningkatkan kemampuan organ hati dalam mengendalikan racun dalam tubuh menjadi lebih baik sedangkan perasan jeruk lemon adalah antioksidan kuat yang mengandung anti bakteri, Antibiotik dan anti peradangan yang dapat menunjang kinerja organ tubuh lain agar tidak mengalami iritasi akibat mengkonsumsi msg terlalu banyak setiap hari. Rebuslah akar dandelion lalu masukkan jahe yang sebelumnya telah dipotong menjadi beberapa bagian, Gunakan takaran air sebanyak 2 gelas dan tunggulah hingga air mendidih. Setelah mendidih air rebusan dapat disaring dan dinginkan untuk mkemudian tambahkan perasan air lemon, Minumlah 2 kali sehari secra rutin.

5. Peterseli
Bahaya msg bagi kesehatan tubuh dapat dinetralisir dengan cepat menggunakan daun peterseli yang direbus terlebih dahulu dengan menggunakan takaran air 2 gelas dan birkan sampai mendidih dan menyisakan 1/2 gelas saja, Ramuan rebusannya bisa disaring lalu dinginkan untuk kemudian siap untuk diminum dua sampai tiga kali sehari secara rutin.