8 Bahaya Sering Lembur bagi Kesehatan

2872

Lembur merupakan salah satu kegiatan yang dalam istilah ekonomi sering juga dikenal dengan nama overtime. Ya, sesuai namanya, lembur berarti bekerja melebihi batas waktu kerja normal yang sudah disarankan dan terstandarisasi di seluruh dunia. Biasanya, jam kerja normal yang disarankan adalah selama 7 hingga 8 jam dalam satu hari, selama 5 hari kerja. Namun demikian terkadang, waktu tersebut tidaklah cukup untuk menyelesaikan segala macam tugas yang diberikan kepada kita sebagai seorang karyawan dan masih membutuhkan waktu lebih untuk menyelesaikannya. Hal bisa karena tugas yang terlalu banyak atau bisa juga karena waktu yang terlalu sempit untuk mengerjakan tugas tersebut.

Untuk mengatasinya, maka muncullah istilah lembur atau overtime tersebut. Dengan lembur, maka seseorang biasanya dapat bekerja bisa lebih dari 10 jam dalam sehari, dengan tambahan biaya tentunya. Meskipun dengan melakukan kegiatan lembur ini tugas-tugas akan selesai dengan tepat waktu dan juga lebih baik, namun demikian, lembur tidak boleh dilakukan terlalu sering. Kegiatan lembur yang dilakukan terlalu sering adalah berbahaya dan dapat menimbulkan efek buruk.

Berikut ini adalah beberapa efek buruk dan juga bahaya dari sering lembur atau overtime :

1. Jam tidur yang tidak teratur

Sudah dapat dipastikan ketika seseorang terlalu sering lembur, maka jam tidurnya pun pasti akan menjadi berantakan dan juga tidak teratur. Biasanya seseorang dianjurkan untuk tidur dalam waktu 6 sampai 8 jam dalam sehari, namun dengan seringnya lembur, maka waktu ideal ini tidak akan tercapai. Bahkan ada yang tidak tidur sama sekali semalaman, hingga pagi demi menyelesaikan tugasnya.

Padahal tidur itu sangatlah penting, karena membantu merelaksasikan dan mengembalikan energi tubuh kita yang terkuras setelah bekerja seharian. Ciri-ciri kurang tidur ini, tentu saja akan menyebabkan tubuh kita menjadi sangat lelah dan juga letih. Hal ini membuat kita menjadi sangat tidak produktif pada keesokan harinya.

2. Kualitas Tidur memburuk

Selain jam tidur yang tidak teratur, bahaya sering lembur adalah kualitas tidur yang memburuk. Kualitas tidur yang memburuk dapat menyebabkan berbagai macam gangguan tidur, seperti insomnia, tidur sambil berjalan dan juga mimpi buruk. Hal ini tentu saja berdampak buruk bagi kondisi tubuh kita keesokan harinya, yang menjadi penyebab sering mengantuk dan juga masih terasa lelah, karena tubuh belum mengalami istirahat total. Hal ini akan menyebabkan anda akan mengalami kekurangan konsentrasi dan juga fokus dalam mengerjakan sesuatu.

3. Pola makan menjadi kacau dan tidak teratur

Selain pola tidur, sering lembur juga berdampak pada perubahan pola makan. Anda akan terbiasa untuk makan pada tengah malam, lalu kemudian tidur dan biasanya malahan akan melewatkan sarapan pada keesokan paginya. Inilah yang berbahaya apabila pola makan anda berubah menjadi tidak teratur seperti itu, maka bahaya tidur setelah makan malam pun bisa mengganggu kesehatan.

Metabolisme tubuh akan menjadi kacau dan juga tidak teratur. Metabolisme tubuh yang tidak teratur, akan menyebabkan kurang optimalnya penyerapan kebutuhan nutrisi tubuh, yang dapat menyebabkan menurunnya daya tahan tubuh anda.

4. Kelelahan yang luar biasa

Merupakan bahaya lainnya dari sering melakukan lembur, yaitu kelelahan. Ya, sudah bukan menjadi rahasia umum apabila mereka yang sering lembur pastinya akan sering merasa kelelahan. Kelelahan ini akan berujung pada rasa mengantuk yang luar biasa, dan juga tubuh yang menjadi lemas.

Bahaya sering lembur yang menimbulkan kelelahan ini juga berdampak pada sisi kognitif, yaitu kemampuan berpikir yang menurun, sulit berkonsentrasi dan juga tidak fokus dalam melakukan suatu pekerjaan. Hasilnya sudah bisa ditebak, anda akan menjadi individu yang tidak produktif.

5. Meningkatkan resiko terkena gangguan masuk angin

Biasanya, lembur dilakukan selama semalaman. Udara malam atau yang sering kita kenal dengan istilah angin malam merupakan salah satu ancaman bagi kesehatan tubuh kita. Ya, angin malam dapat menyebabkan berbagai macam gangguan kesehatan. Salah satu gengguan kesehatan yang paling sering melanda mereka yang lembur dan terkena angin malam terlalu sering adalah masuk angin, yang menyebabkan perut trasa mual, badan menggigil dan tubuh menjadi demam.

Selain gejala masuk angin, ternyata ada lagi dampak buruknya, teutama anda yang berkendara dengan motor. Terpaan angin malam pada wajah anda bisa menyebabkan kelumpuhan pada wajah, atau yang sering dikenal dengan istila bell palsy. Menyeramkan bukan?

6. Meningkatkan stress dan depresi

Lembur adalah kegiatan untuk menyelesaikan pekerjaan dan juga tugas, bukan untuk bermain. Yang terjadi ketika kita harus mengejar target untuk menyelesaikan tugas adalah meningkatnya stress dan juga depresi. Stress dan juga depresi merupakan salah satu hal yang paling sering melanda mereka yang lembur.

Hal tersebut dapat menyebabkan seseorang menjadi tidak fokus dalam bekerja, kepala sering pusing, emosi yang tidak stabil. Dampak terburuknya adalah dapat menyebabkan gangguan pada fungsi kognitif, yang mungkin bisa menyebabkan gangguan mental karena terlalu sering lembur.

7. Dapat menyebabkan gangguan pada mata

Bahaya kesehatan lainnya dari sering lembur yang patut anda ketahui adalah dapat mengganggu kesehatan salah satu organ penting anda, yaitu mata. Ya, saat ini semua orang sudah bekerja dengan menggunakan komputer. Dimana ketika kita melihat layar komputer dalam waktu yang terlalu lama, akan menyebabkan mata kita akan mengalami gangguan dan yang paling sering muncul adalah munculnya gejala mata minus.

Selain itu, apabila kita lembur tanpa menatap layar komputer, mata kita pasti akan mengalami gangguan, seperti terasa pegal, perih, gatal dan juga pedih. Terutama dengan pekerjaan yang membutuhkan ketelitian, seperti memeriksa laporan, dan juga melakukan tugas obras dan menjahit.

8. Bisa menyebabkan kematian

Ini merupakan bahaya sering lembur paling buruk. Ya, kematian. Overtime yang akan berujung pada over workload ini dapat menyebabkan kematian apa bila dilakukan terlalu sering. Sudah ada beberapa kasus kematian mendadak yang melibatkan para pekerja yang terlalu sering lembur untuk menyelesaikan tugasnya. Hal tersebut menyebabkan kesehatan tubuhnya tidak terjaga denga baik, dan pada akhirnya malah terserang berbagai macam penyakit. Bahkan penyebab kematian mendadak, karena faktor kelelahan yang berlebihan dan juga kurangnya asupan nutrisi.

Nah, itu dia bahaya sering lembur bagi kesehatan. Semoga dengan membaca artikel ini, anda akan lebih berhati-hati lagi ketika akan lembur dan selalu jaga kesehatan anda serta asupan nutrisi dan juga jam tidur anda ketika akan lembur. Semoga artikel mengenai bahaya sering lembur ini berguna bagi anda semua, terima kasih.