Kenapa Setelah Buka Puasa Kepala Pusing ? Begini Penjelasannya

267

Kenapa setelah buka puasa kepala pusing? merupakan faktor yang menjadi pemicunya cenderung diakibatkan karena kebiasaan dan gaya hidup yang buruk saat berpuasa selain karena faktor internal tubuh yang berhubungan dengan kondisi medis seseorang.

Penyebab

Penyebab munculnya keluhan kenapa setelah buka puasa kepala pusing dapat dialami segala usia yang ternyata pemicunya berbeda beda pada setiap individu, Diantaranya:

1.Kebiasaan/Gaya hidup

  • Kurang istirahat – Masih suka begadang ketika sedang menjalankan puasa menyebabkan tubuh rentan terkena kekurangan sel darah merah dan penurunan daya tahan tubuh, Akibatnya setelah berbuka puasa justru muncul pusing pusing . Akibat begadang malam terus menerus bagi kesehatan saat sedang berpuasa yang paling mengkhawatirkan adalah munculnya keluhan penyakit lain yang berkaitan dengan sakit kepala , Kelelahan tubuh dan melemahnya sistem kekebalan tubuh.
  • Aktivitas berat – Melakukan aktivitas berat saat sedang berpuasa dan tidak berusaha untuk melaukan istirahat sejenak secara teratur disela sela kesibukan bisa menjadi penyebab kenapa setelah buka puasa kepala pusing dan mual mual. Minimnya lemak yang disimpan dalam tubuh akan digunakan tubuh untuk diubah menjadi energi, Tetapi saat aktivitas yang dijalani lebih besar dari energi yang dikeluar maka tubuh akan meresponya dengan munculnya pusing kepala.
  • Dehidrasi – Kebiasaan tidak memperbanyak minum air putih saat sahur maka akan menjadi salaah satu penyebab kenapa setelah buka puasa kepala pusing, Munculnya pusing pusing bisa menjadi tanda bahwa tubuh sedang terkena gejala dehidrasi .
  • Kondisi psikologi – Tidak mau belajar dan berusaha mengendalikan stres merupakan penyebab kenapa setelah buka puasa kepala pusing yang kadang kadang di iringi dengan mual dan keinginan untuk muntah. Stres mampu  mempersempit pembuluh darah di kepala sehingga pusing dan sakit kepala setelah buka puasa tak dapat dihindari.
  • Obat obatan – Kebiasaan mengkonsumsi obat obatan setelah sahur misalnya obat pereda rasa sakit kepala yang sengaja diminum karena alasan antisipasi agar sakit kepala tidak kambuh kambuh setelah sahur usai, langkah ini sangat berbahaya karena  dapat menimbukan dampak buruk di siang hari dan bahkan muncul setelah buka puasa yaitu berupa pusing kepala.

2. Faktor makanan

  • Makanan tinggi karbohidrat – Saat berbuka puasa selalu ada keinginan untuk mengkonsumsi makanan yang manis manis  dan menyantap makanan yang mengandung karbohidrat tinggi dengan berlebihan. Kondisi tersebut justru merangsang pengeluaran insulin yang cukup banyak sehingga menyebabkan kadar gula menurun dratis atau hipoglikemia reaktif. Kadar gula yang rendah dalam darah adalah penyebab kenapa setelah buka puasa kepala pusing.
  • Kurang asupan zat besi – Selama berpuasa jika asupan zat besi tidak terpenuhi dengan baik maka tubuh akan mudah merasa lelah dan  Sering mengantuk, Kondisi ini memicu munculnya gejala anemia. Salah satu  Ciri ciri anemia akut paling berbahaya selalu ditandai dengan pusing kepala terus menrus yang akhirnya mengacu pada munculnya sakit kepala . Disarankan mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung zat besi yang ada pada buah, Sayuran dan susu.
  • Bumbu masakan –  Mengkonsumsi makanan yang kaya zat nitrat, Mengandung banyak zat pengawet, Zat pewarna atau pemakaian MSG merupakan Penyebab kenapa setelah buka puasa kepala pusing.

3. Faktor Kondisi  tubuh

  • Anemia – Seseorang yang memiliki riwayat penyakit anemia rentan mengalami gejala anemia saat sedang berpuasa. Kondisi ini muncul jika sipenderita tidak mengubah pola makannya menjadi lebih baik misalnya menperbanyak buah dan sayuran dan teratur mengkonsumsi suplemen zat besi setelah sahur dan berbuka puasa.
  • Kadar gula rendah – Sebagian orang memiliki kadar gula sangat rendah atau hipoglemia di dalam darahnya sehingga menyebabkan tubuhnya mudah kelelalahan dan lemas setiap hari termasuk saat sedang berpuasa.  Saat sahur dan berbuka puasa hendaknya membiasakan diri memperbanyak makanan yang mengandung banyak gula tetapi hanya jenis pemanis yang aman misalnya makanan yang mengandung gula aren, Madu asli,  Gula jagung dan susu sapi murni , Misalnya kolak, Bubur kacang ijo , Susu kacang kedelai, Es campur dan lain lain. Cara ini bisa menjadi solusi terbaik untuk mengatasi keluhan kenapa setelah buka puasa kepala pusing.
  • Tekanan darah rendah – Seseorang yang mempunyai tekanan darah rendah rentan terkena sakit kepala setelah berbuka puasa. Penderita tekanan darah rendah sebaiknya mengubah kebiasaan ke arah yang lebih baik selama berpuasa misanya tidak lagi begadang, Beajar mengendalikan stres, Tidak merokok berlebihan setelah berbuka puasa atau tidak langsung tidur setelah berbuka puasa akibat kekenyangan. Salah satu gejala tekanan darah rendah yang penting anda ketahui adalah munculnya sakit kepala atau sering pusing.
  • Pertahanan tubuh – Saat berpuasa maka pola makan sehari hari  akan berubah dan mengakibatkan terlambat makan sehingga sistem pencernaan berusaha untuk tetap bertahan sampai waktu berbuka puasa tiba. Kondisi inilah menyebabkan tubuh memerlukan adaptasi menyesuaikan diri pada pola makan yang telah berubah tersebut. Tubuh akan meresponnya dengan bentuk munculnya pusing kepala.
  • Gangguan jantung – Seseorang yang mempunyai riwayat penyakit jantung maka akan mudah sekali terserang pusing pusing dimana kondisi tersebut berkaitan dengan gejala serangan jantung mendadak atau jantung lemah yang bisa terjadi akibat pola makan yang berubah. 
  • Migrain –  Seseorang yang memiliki keluhan penyakit migrain adalah salah satu penderita sakit kepala yang mudah terserang pusing dan kepala berat saat berpuasa dan setelah buka puasa.  Gejala migrain penting untuk diwaspadai karena dapat muncul sewaktu waktu atau secara mendadak misalnya setelah berbuka puasa. Kondisi muncul akibat pola makan yang berubah saat berpuasa.
  • Vertigo – Vertigo adalah jenis sakit kepala yang memberi sensasi rasa berputa putar pada penderitanya hingga sering muncul tiba tiba dan mengganggu aktivitas. Vertigo adalah jenis penyakit gangguan pembuluh darah di kepala yang menjadi penyebab kenapa setelah buka puasa kepala pusing. Salah satu bahaya penyakit vertigo jika muncul saat sedang berpuasa adalah menyebabkan penderitanya kehilangan keseimbangan tubuh.

4. Faktor cuaca

Cuaca yang  terlalu panas  dapat memberikan efek buruk berupa bahaya radiasi sinar matahari bagi kersehatan tubuh termasuk pada ketidaklancaran pembuluh darah dan menurunnya stamina saat sedang berpuasa. Saat sedang berpuasa yang penyebab paling klasik kenapa setelah buka puasa kepala pusing adalah  Saat tubuh terpapar sinar matahari terlalu lama terutama saat beraktivitas. Kondisi ini bisa dipastikan akan mempengaruhi pembuluh darah di otak yang juga bisa menyebabkan seseorang terserang stres,  di mana stres adalah pemicu munculnya pusing pusing dan sakit kepala.