Sponsors Link

24 Makanan Yang Mengandung Kalori Tinggi

Sponsors Link

Makanan yang mengandung kalori tinggiKalori adalah salah satu zat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Dalam melakukan aktivitas sehari-hari, tubuh membutuhkan kalori agar dapat melakukan berbagai macam aktivitas. Ibarat mobil, kalori itu adalah bahan bakar yang membuat mobil tersebut dapat memiliki tenaga untuk berjalan.

ads

Manusia sendiri rata – rata membtuhkan 2000 kalori sehari untuk melakuukan berbagai macam aktivitas. Jumlah ini tergantung dari kondisi tubuh dan kondisi aktivitas itu sendiri. Tidak semua jenis makanan mengandung jumlah kalori yang baik, karena jika berlebihan akan berbahay.

Untuk itu kita harus mengetahui jenis makanan yang memiliki kalori tinggi agar bisa mengatur asupan kalori sehari-hari, berikut ini diantaranya :

MAKANAN ALAMI

Walaupun memiliki kadar nutrisi, vitamin, dan mineral yang sangat baik bagi tubuh, namun ternyata buah-buahan menjadi penyumbang asupan kalori yang tinggi. Tercatat banyak jenis buah yang harus anda perhatikan konsumsinya agar kalori yang masuk ke dalam tubuh tidak berlebihan. Berikut ini buah-buahan yang memiliki kalori tinggi :

1. Pisang (89 Kkal, per 100 gram)

Memiliki banyak nutrisi yang baik untuk tubuh, seperti potasium, fosfor, kalsium dan zat besi serta vitamin lainnya, ternyata satu buah pisang memiliki kandungan kalori yang cukup tinggi.

2. Kurma (282 Kkal, per 100 gram)

Buah kecil dan manis dari timur tengah ini memiliki kandungan kalori yang sangat tinggi. Rasanya yang manis dan mengandung banyak sekali gula adalah penyebab dari tingginya kalori yang terkandung di dalam buah kurma ini. Mungkin tidak akan merasa kenyang dengan memakan 3 buah kurma, namun percayalah, kalori dari 3 buah kurma sudah cukup bagi anda.

3. Alpukat (160 Kkal, per 100 gram)

buah alpukat merupakan makanan yang mengandung kalsium yang tinggi, tapi juga memiliki nilai kandungan kalori yang sangat tinggi. Jadi harus dibatasi saat dikonsumsi, jangan berlebihan.

4. Anggur (69 Kkal, per 100 gram)

Kandungan gula yang tinggi pada anggur membuat buah ini memiliki kadar kalori yang juga tinggi.

5. Kelapa (354 Kkal, per 100 gram)

Kelapa merupakan buah yang sangat menyegarkan, anda pasti menyukai buah yang satu ini. Namun ternyata, kelapa merupakan buah dengan kadar kalori yang tinggi. Kalori ini diperoleh dari tingginya kadar lemak yang terdapat pada buah ini.

6. Mangga (156 Kkal, per 100 gram)

Manis, legit, bernutrisi ini termasuk buah-buahan dalam makanan 4 sehat 5 sempurna. Buah yang memiliki daging berwarna oranye ini sangatlah menarik untuk dikonsumsi setiap hari namun, hati-hatilah dengan kandungan kalorinya.

7. Pir (58 Kkal, per 100 gram)

Fakta mengejutkan, bahwa 96 persen dari daging buah pir adalah lemak. Hal ini berarti pir juga merupakan salah satu buah dengan kadar kalori yang tinggi. Hal ini berarti tidak cocok menjadi makanan penurun berat badan, yang akan mengganggu proses diet yang sedang dilakukan.

8. Blueberry (38 Kkal, per 100 gram)

83% dari buah yang manis dan enak ini merupakan lemak. Hal ini disebabkan karena kandungan gula yang tersimpan pada blueberry ini sangatlah tinggi, sehingga berimbas pada kandungan kalori yang terdapat pada buah ini. Janganlah terlalu sering mengkonsumsi buah ini apabila anda ingin menjaga asupan kalori per harinya.

9. Raspberry (52 Kkal, per 100 gram)

Sama seperti blueberry, buah ini juga memiliki kandungan lemak yang tinggi, yang dihasilkan oleh adanya gula. Namun kadarnya lebih rendah dari pada blueberry, yaitu hanya sekitar 60an persen saja lemak yang terkandung dalam buah ini. Namun tetap saja harus mengontrol konsumsi buat yang manis ini.

10. Apel (52 Kkal, per 100 gram)

sponsored links

Buah ini adalah buah yang menyegarkan dan kaya akan vitamin serta mineral yang diperlukan oleh tubuh, bahkan dikonsumsi sebagai makanan untuk diet sehat. Namun demikian, ternyata apel juga memiliki kandungan kalori yang cukup tinggi. Apabila anda ingin tetap rutin mengkonsumsi buah ini, jagalah pola makan anda agar anda tidak kelebihan kalori.

11. Kacang -Kacangan dan Biji-Bijian

Sama seperti buah-buahan, walaupun kacang dan biji-bijian memiliki banyak manfaat dari segi nutrisi. Selain vitamin dan mineral bagi tubuh, ternyata kacang dan biji -bijian memiliki kalori yang tinggi dan sangat berbahaya bagi tubuh apabila dikonsumsi secara berlebihan.

Jenis kacang dan biji-bijian ini ternyata sanggup menghasilkan 719 kalori untuk 100 gramnya.

PRODUK OLAHAN

Produk olahan ini mengacu kepada berbagai produk – produk makanan yang merupakan olahan, baik itu diolah oleh pabrik, ataupun masakan rumahan yang sehari – hari kita konsumsi. Banyak dari produk – pproduk olahan ini yang memiliki kalori tinggi, sehing disarankan agar tidak terlalu sering mengkonsumsi produk – produk olahan ini. Berikut produk – produk olahan yang memiliki kalori yang tinggi :

1. Minyak Lemak Hewani

Minyak, merupakan penyumbang terbesar tingginya kalori dari makanan olahan yang biasa kita konsumsi. Hampir semua makanan membutuhkan minyak yang berasal dari lemak hewani untuk keperluan memasak, baik dalam jumlah sedikit, maupun banyak.

Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa 100 gram minyak ini mengandung 902 kalori. Banyak sekali bukan?

2. Minyak sayur

Minyak sayur merupakan minyak yang diperoleh dari lemak nabati. Sesehat apapun itu, tetap saja itu adalah minyak. Minyak memiliki kandungan lemak yang tinggi, dan minyak sayur ini memiliki kalori sebanyak 884 kalori per 100 gram nya.

3. Keripik kentang

Anda sering mengkonsums keripik kentang? Pernahkah anda melihat tabel asupan gizi pada bagian belakng kemasan? Kerpik kentang mampu menghasilkan lebih dari 160 kalori hanya untuk beberapa keping saja. Hal ini disebabkan karena prosesnya yang digoreng, membuat lemak pada makanan enak ini meningkat drastis.

4. Kentang goreng

Tidak berbeda jauh dengan keripik kentang, kentang goreng juga menjadi makanan dengan tingkat kalori yang tinggi. Walaupun tidak setinggi nasi putih biasa, namun proses penggorengan dari kentang ini menambah kadar lemak dan pada akhirnya menambah kadar kalori yang ada pada makanan ini.

5. Dressing salad

Pernahkah anda menyantap salad? Apa saja dressing yang digunakan untuk salad anda? Mayo, thousand island, mustard? Ketiga dressing salat tersebut memiliki kadar kalori yang sangat tinggi, karena terbuat dari susu, yang notabene adalah lemak hewani. 100 gram dai dressing salad ini sama dengan 631 kalori bagi tubuh.

6. Es krim

Produk ini sudah jelas memiliki lemak yang tinggi. Selain karena terbuat dari susu, es krim juga memiliki tambahan bahan lainnya, seperti gula. Penambahan bahan-bahan ini membuat 2 scoop es krim sedang memiliki kadar kalori yang sangat tinggi bagi anda.

7. Nasi goreng

Nasi yang digoreng. Walupun tidak menggunakan banyak minyak, namun kalori yang dihasilkan dari makanan yang merakyat dan lezat ini sangatlah tinggi. satu porsi nasi goreng kurang lebih mengandung 600 – an kalori.

8. Junk food dan fast food

Sudah tidak perlu diperjelas, bahaya makanan cepat saji memiliki kadar lemak yang sangat tinggi dan berbahaya juga bagi kesehatan tubuh anda. satu jenis junk food, seperti burger dengan ukuran besar mengandung kalori sebesar 400 kalori.

Sponsors Link

9. Gorengan

Merupakan jajanan murah yang digemari masyarakat, untuk sekedar mengganjal perut. Sudah pasti bahaya mengkonsumsi gorengan ini karena kandungan kalori pada makanan ini menjadi sangat tinggi.

10. Soda

Soda biasanya memiliki kandungan gula yang sangat tinggi untuk menghilangkan rasa pahit dari soda itu sendiri. Dapat dibayangkan jumlah gula yang digunakan untuk membuat minuman soda tersebut menjadi sangat manis. Tentulah membuat kandungan kalorinya menjadi sangat tinggi. Soda juga merupakan salah satu pemicu terjadinya obesitas di kalangan masyarakat.

11. Susu kental manis

Jangan samakan susu kental manis dengan susu sapi asli. Susu kental manis jauh berbeda terutama dari kadar nutrisi yang dikandungnya. Selain itu, susu kental manis juga memiliki kandungan gula yang sangat tinggi. Disarankan anda tidak perlu mengkonsumsi susu kental manis ini, karena kalorinya yang sangat tinggi.

12. Aneka Kue Tart

Siapa yang tidak suka dengan kue? Dengan berbagai campuran bahan yang manis yang menarik membuat makanan ini sangat digemari oleh banyak orang. Namun begitu, kadar kalorinya pun akan menjadi sangat tinggi. Dibuat dengan bahan-bahan yang memiliki kadar gula dan lemak yang tinggi, seperti susu, gula, mentega, dan susu kental manis.

13. Masakan mengandung santan dan minyak

Makanan lain yang menjadi penyumbang kalori tertinggi adalah semua masakan yang mengandung minyak dan santan. Rendang dan gulai adalah beberapa contoh masakan yang menganduk kalori yang tinggi. Celakanya, banyak masakan khas Indonesia yang menggunakan minyak dan santan, maka hal ini harus dikontrol.

Kalori bisa diperoleh dari berbagai macam jenis makanan yang dikonsumsi. Namun demikian, kelebihan kalori dapat menyebabkan dampak negative bagi tubuh kita. Kalori yang tidak terbakar oleh aktivitas akan mengendap dan tertimbun di dalam tubuh, dan menjadi tumpukan lemak yang akan sangat berbahaya apabila sudah terlalu banyak.

Agar tidak terjadi hal seperti diatas, maka kita harus memperhatikan asupan kalori yang masuk ke dalam tubuh kita, jangan terlalu banyak dan jangan terlalu sedikit.

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Thursday 26th, February 2015 / 10:18 Oleh :
Kategori : Panduan Gizi