Pecinta Mie Ayam? Pahami Bahaya Memakannya Seminggu 2 Kali

155

Apakah Anda salah satu penggemar mie ayam? Makanan yang sudah pasti lezat ini pastinya jadi favorit bagi kebanyakan penggemar mie. Sudah gurih, nikmat di lidah dan mengenyangkan lagi, menu satu ini tentunya tak dapat dipungkiri lagi mampu menjadi pengganti nasi entah itu untuk sarapan, makan siang atau makan malam.

Saking sukanya dengan mie ayam, pernahkah mengonsumsinya sampai seminggu dua kali? Atau malah hal ini sudah jadi kebiasaan tiap minggu? Ternyata dr Raissa E Djuanda, M.Gizi, SpGK selaku dokter spesialis gizi klinis mengatakan bahwa makan mie ayam sering-sering itu meningkatkan risiko bahaya kesehatan bagi tubuh.

Konsumsi mie ayam seminggu sekali hingga dua kali atau lebih membahayakan tubuh karena seporsinya sendiri saja berkalori tinggi menurut dr Raissa. Kebutuhan kalori harian tubuh manusia sebenarnya hanya 1500-2000, nah kalau semangkok mie ayam saja mengandung sampai 700 kalori yang sama dengan telah memenuhi kebutuhan kalori harian hingga setengahnya bagi kita.

Mie ayam selain termasuk makanan yang mengandung kalori tinggi, nyatanya juga tergolong makanan yang mengandung lemak jenuh tinggi. Belum lagi kandungan garam atau natriumnya yang juga sama tingginya sehingga mampu memperbesar resiko terkena retensi air. Inilah alasan kenapa makan mie ayam sering-sering bisa memicu berat badan berlebih alias obesitas.

Agar kesehatan tubuh tidak terganggu dan ke depannya Anda masih bisa menikmati mie ayam, beberapa tips mengonsumsinya ini bisa dipertimbangkan atau bahkan diikuti:

  • Makan mie ayam yang aman adalah secukupnya saja, bukan seminggu dua kali apalagi lebih dari dua kali.
  • Supaya baik bagi kesehatan, setengah porsi mie ayam cukup untuk para wanita, sedangkan pria bisa konsumsi ¾ mangkok.
  • Jika ingin lebih menyehatkan lagi, perbanyak sayurannya agar tubuh tak hanya menerima kalori tapi juga serat.
  • Mie yang digunakan pada mie ayam sebaiknya dari bahan alami serta tak mengandung bahan pengawet apalagi zat berbahaya lainnya apabila memilih membuatnya sendiri di rumah.
  • Melakukan olahraga secara rutin agar bisa membakar kalori serta menjaga supaya berat badan ideal.
  • Rajin memeriksakan diri ke dokter untuk tes darah; ini penting untuk mengecek kadar kolesterol dan lemak dalam tubuh.

Jadi untuk para penggemar mie ayam, porsi setiap kali makan sebaiknya diperhatikan dan bahkan alangkah lebih baik lagi kalau tidak sering-sering supaya tak berdampak buruk bagi kesehatan. Mie ayam adalah salah satu jenis makanan yang mampu meningkatkan risiko penyakit kronis juga seperti kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi, dan juga diabetes kalau asupannya tidak terkendali.