10 Efek Samping Asam Asetat yang Sering Diremehkan

Asam asetat atau biasa disebut dengan cuka merupakan salah satu bentuk dari fermentasi berbagai bahan herbal yang memiliki tingkat keasaman dan aroma yang sangat bervariasi yang dapat dimanfaatkan untuk pengolahan makanan. Ternyata asam asetat yang biasanya juga digunakan untk pengobatan alternative ini juga digunakan pada industri di bidang tekstil dan sering digunakan untuk produk polimer dan juga serat pakaian atau kain. Oleh karena itu, asam asetat memiliki bahaya untuk kesehatan anda.

Artikel berikut akan membahas tentang 10 efek samping asam asetat yang sering diremehkan. Padahal anda akan mendapati beberapa pejual makanan yang menggunakan untuk menimbulkan efek asam terhadap makanan dan juga sebagai pengawet. Jika anda mengalami kelebihan asam asetat biasanya gejalanya pertama adalah kepala sering pusing. Namun demikian bukan berarti ketika anda mengalami kepala pusing bisa langsung mengindikasikan mengalami gangguan karena asam asetat. Oleh karena itu mari kita simak ulasan berikut.

  1. Iritasi Lambung

Bahaya asam asetat yang sering diremehkan yang pertama adalah iritasi lambung. Tingklat keasaman yang terlalu tinggi yang dimiliki oleh asam asetat inilah yang akan meruusak lambung. Diketahui bahwa lambung sendiri begitu lunak dan sangat sensitive terhadap asam asetat. Hal ini dikarenakan karena di dalam lambung sebenarnya sudah ada tingkat untuk ukuran keasaman tertentu dan tidak boleh masuk ke dalam lambung. Dinding lambung akan mengalami panas karena asam asetat dan akan menimblukan rasa perih yang teramat serta iritasi.

  1. Iritasi Usus

Bahaya asam asetat yang sering diremehkan selanjutnya adalah iritasi usus. Ketika anda mengonsumsi asam asetat dalam jumlah berlebihan maka dinding usus tidak sanggup untuk menahannya. Jika hal ini berlangsung maka dapat dipastikan bahwa usus akan mengalami iritasi. Dan hal itu akan berdampak pada gangguan pencernaan yang dilakukan enzim lipase.

  1. Terganggunya Sistem Pencernaan

Efek asam asetat yang sering diremehkan selanjutnya adalah terganggunya sistem pencernaan. Jika hal itu terjadi maka proses pembakaran lemak juga akan mengalami gangguan. Fungsi dari enzim yang bertugas untuk mengatur kinerja pencernaan juga akan akan menurun dan mengalami dehidrasi. Gejala yang langsung dirasakan oleh penderita adalah kepala sering terasa berat.

  1. Menyebabkan Pusing

Bahaya asam asetat yang sering diremehkan selanjutnya adalah menyebabkan pusing. Hal ini dikarenakan kandungan asam dalam asam asetat secara alami akan menguap dan masuk dalam darah yang mengalir menuju otak. Sehingga akan terjadi penyumbatan ringan dan efeknya adalah rasa pusing dan juga penderita akan mengalami mata kunang kunang.

  1. Otot Leher Kaku

Bahasa asam asetat yang sering diremehkan selanjutnya adalah otot leher akan terasa kaku. Asam dalam kandungan asam asetat akan menyumbat aliran darah dan saraf di sekitar leher akhirnya terasa ditarik dan terasa sangat kaku. Kondisi ini akan mengakibatkan leher akan terasa sangat pegal dan juga akan merasakan kesakitan ketika menoleh ke arah kiri.


  1. Merusak Enamel Gigi

Bahaya asam asetat yang sering diremehkan selanjutnya akan mengakibatkan rusaknya enamel gigi. Hal ini disebabkan karena tingkat keasaman dari asam asetat yang sangat tinggi dan sifatnya sendiri adalah erosi. Jadi asam itu akan perlahan menghancurkan dan mengikis enamel gigi yang berfungsi sebagai pelindung gigi di bagian luar. Jika hal ini terus-terusan berkelanjutan dapat dipastikan gigi akan cepat rusak dan mudah patah.

  1. Asam dalam Darah Meningkat

Bahaya asam asetat yang sering diremehkan selanjutnya adalah kandungan asam dalam darah akan meningkat. Sebenarnya, darah sudah memiliki tingkat keasaman sendiri yang berfungsi sebagai penyeimbang sel darah merah dengan kandungan sel darah putih. Namun jika tingkat keasaman tidak stabil atau berlebihan maka akan menyebabkan kelainan dalam darah dan memungkinkan untuk terjadi kerusakan dalam fungsi darah.

  1. Asam Lambung Naik

Bahaya asam asetat yang sering diremehkan selanjutnya adalah asam lambung akan naik. Lambung sendiri memiliki kemampuan untuk menampung zat asam dalam jumlah terbatas. Jika berlebihan yang terjadi adalah gas menumpuk dan melebihi ukuran dari lambung sehingga perut akan terasa nyeri, mual, dan melilit. Bahkan kadang juga akan menimbulkan penderita ingin muntah.

  1. Muntah-muntah

Bahaya asam asetat yang sering diremehkan selanjutnya adalah muntah-muntah. Tingkat keasaman yang tinggi yang dimiliki oleh asam asetat akan membuat perut mual, dada akan terasa terhimpit serta ulu hati terasa tidak nyaman sekali. Hal ini akan mengkibatkan muntah-muntah sebagai bentuk akibat dari bahaya asam lambung naik.

  1. Mengganggu Kinerja Jantung

Efek samping asam asetat yang sering diremehkan selanjutnya adalah mengganggu kinerja jantung. Asam asetat ternyata akan membuat pembuluh darah yang terletak di jantung mengkerut. Kondisi ini adalah akibat dari pembuluh yang tidak mampu untuk menerima zat dengan kadar keasaman tinggi. Sehingga kinerja jantung akan berjalan dengan tidak normal. Bagi anda yang memiliki masalah lambung, anda disarankan untuk mengonsumsi  makanan untuk penderita asam lambung.

, , ,

Follow Halosehat

ig-halosehatgroup