Sponsors Link

32 Penyebab Darah Tinggi dan Pengobatannya

ads

Penyebab darah tinggi banyak diabaikan dan juga tidak diketahui oleh banyak orang. Karena mengabaikan dan tidak mengetahui penyebab dari hipertensi, banyak orang yang kaget dan heran ketika tensi menunjukkan tekanan darah tinggi. Darah tinggi tidak boleh diabaikan karena darah tinggi boisa menyebabkan berbagai macam gangguan kesehatan. Gangguan kesehatan yang disebabkan oleh tekanan darah tinggi lebih berbahaya dibandingkan dengan tekanan darah rendah. Hipertensi jika tidak segera diatasi dengan segera akan menimbulkan berbagai macam komplikasi kesehatan secara serius.

Darah tinggi adalah suatu kondisi dimana tekanan darah menunjukkan angka 140/60 mmHg atau bahkan lebih tinggi dari angka tersebut. Angka normal tekanan darah di dalam tubuh seseorang adalah kurang dari 140/60 mmHg.

Ciri Ciri Darah tinggi

Saat merasakan gejala darah tinggi sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter. Pemeriksaan diri ke dokter bisa membuat penanganan darah tinggi lebih tepat dan cepat. Ketika anda merasakan gejala-gejala di bawah ini segeralah memeriksakan diri ke dokter :

  1. Pusing. Sama halnya dengan tekanan darah rendah, penderita hipertensi pun juga akan merasakan pusing di bagian kepalanya.
  2. Jantung Terasa Bederbar-Debar. Tekanan darah tinggi bisa meningkatkan kinerja jantung. Akibatnya adalah jantung akan sering merasa berdebar-debar.
  3. Sesak Nafas. Orang yang tidak memiliki riwayat sesak nafas namun memiliki tekanan darah tinggi dia akan mudah terengah-engah nafasnya dan juga merasakan sesak nafas setelah olahraga berat atau mengangkat beban berat.
  4. Mata Kabur. Hati-hati jika anda memiliki tekanan darah tinggi. Hal itu dikarenakan penderita hipertensi akan memiliki mata kabur, oleh sebab itulah dirinya akan rentan jatuh dan terbentur sesuatu. Jika sampai itu terjadi, pembuluh darah akan pecah sehingga penderita hipertensi bisa terkena berbagai macam penyakit yang berbahaya.
  5. Mengalami VertigoOrang yang terkena vertigo bisa menjadi gejala tekanan darah tinggi. Vertigo adalah penyakit dimana bumi yang dipijaknya terasa berputar dan dia kesulitan untuk menyeimbangkan dirinya.
  6. Frekuensi Buang Air Kecil Bertambah. Saat malam hari, penderita hipertensi bisa berkali-kali dalam melakukan buang air kecil. Sering buang air kecil ? Anda harus waspada terhadap hipertensi. Yang harus diwaspadai adalah jika hipertensi yang diderita sudah menjadi penyakit komplikasi seperti diabetes.

Penyebab Darah Tinggi

Agar bisa menghindari tekanan darah tinggi, sebaiknya kita mengetahui apa saja yang menjadi faktor resiko atau penyebab dari tekanan darah tinggi. Berikut ini penyebab dari tekanan darah tinggi yang diderita oleh seseorang :

  1. Keturunan

Hipertensi juga bisa diturunkan sama halnya dengan diabetes. Jika sanak keluarga atau orangtua ada yang menderita hipertensi, maka resiko anda untuk terkena hipertensi pun akan semakin tinggi. Ternyata tidak hanya ciri fisik saja yang diturunkan dari kedua orangtua namun juga berbagai macam penyakit.

  1. Umur

Faktor umur juga menjadi penyebab salah satu munculnya hipertensi atau tekanan darah tinggi. Semakin tua umur seseorang maka semakin rentan pula dia terkena hipertensi. Hal itu disebabkan oleh, saat seseorang bertambah tua, elastisitas dari pembuluh darah yang ada di dalam tubuh juga semakin berkurang. Jika elastisitas pembuluh darah berkurang maka pembuluh darah bisa mengalami penyempitan sehingga tekanan darah pun juga cenderung meningkat.

  1. Jenis Kelamin

Jenis kelamin juga menjadi penyebab dari seseorang terkena hipertensi. Hipertensi bisa menyerang jenis kelamin yang berbeda di umur yang berbeda pula. Misalnya saja adalah sebagai berikut ini :

  • Usia 45 atau dibawah 45, jenis kelamin yang rentan untuk terkena hipertensi adalah pria.
  • Untuk usia antara 45 tahun sampai dengan 64 tahun, jenis kelamin pria maupun wanita sama-sama rentan untuk terkena diabetes.
  • Usia diatas 64 tahun, wanitalah yang lebih rentan untuk terkena hipertensi.
sponsored links
  1. Tidak Atau Kurang Bergerak

Kurangnya melakukan aktivitas fisik bisa menyebabkan seseorang terkena hipertensi. Alasannya adalah orang yang kurang bergerak akan memiliki penyempitan dan juga pembuluh darahnya menjadi tersumbat. Berikut ini hal-hal yang menyebabkan seseorang menjadi kurang gerak :

  • Bekerja di dalam kantor dan lebih banyak duduk.
  • Kurang olahraga.
  • Berjam-jam bermain komputer dan menonton televisi.
  1. Buruknya Pola Makan

Pola makan bisa mempengaruhi atau menyebabkan seseorang terkena hipertensi. Berbagai tipe makanan bisa menimbulkan kolesterol, kolesterol tinggi bisa menyebabkan penyumbatan pembuluh darah. Selain itu aliran darah dan juga tekanan darah menjadi tidak normal. Berikut ini berbagai macam makanan yang bisa menyebabkan seseorang terkena hipertensi :

  • Kalori. Kalori bisa menyebabkan seseorang terkena kolesterol. Makanan yang mengandung banyak kalori adalah makanan yang berminyak dan berkolesterol tinggi. Baca : Makanan yang mengandung kalori tinggi
  • Makanan berlemak. Makanan yang berlemak tidak boleh dikonsumsi oleh penderita hipertensi karena akan menyebabkan tekanan darah di dalam tubuh menjadi naik dan tinggi. Makanan itu misalnya jeroan, kulit ayam, kulit hewan dan masih banyak lagi lainnya. Baca : Makanan yang mengandung kolesterol tinggi.
  • Makanan mengandung gula. Agar tidak terkena hipertensi sebaiknya menghindari atau mengkonsumsi sedikit makanan dan minuman yang mengandung gula. Gula bisa menyebabkan tertahannya cairan di dalam tubuh. Tubuh yang kekurangan cairan bisa terkena hipertensi.
  1. Obesitas

Obesitas adalah penyebab seseorang terkena hipertensi. Hal itu dikarenakan timbunan lemak pada orang yang mengalami obesitas bisa menyebabkan aliran darah tidak lancar dan tekanan darah menjadi tinggi. Bahaya obesitas sangat besar pengaruhnya pada penderita hipertensi.

  1. Minum Alkohol

Alkohol adalah salah satu minuman yang menyebabkan kadar lemak darah menjadi tinggi. LDL tinggi dan lemak darah yang tinggi bisa menyebabkan tekanan darah di dalam tubuh seseorang menjadi meningkat. Baca : Bahaya alkohol

  1. Terkena Stress

Stres bisa meningkatkan tekanan darah menjadi tinggi. Orang yang stress, hipertensi pun bisa secara mendadak menyerangnya. Hormon penyebab stress yaitu hormon adrenalin di dalam tubuh bisa meningkatkan kinerja jantung. Akibatnya adalah denyut jantung meningkat dan jantung bisa lebih cepat memompa darah ke seluruh tubuh. Denyut jantung meningkat dan kinerja jantung yang meningkat bisa menyebabkan seseorang terkena hipertensi atau tekanan darah tinggi.

  1. Penyakit Tertentu

Penyakit tertentu bisa menyebabkan kondisi tekanan darah di dalam tubuh menjadi tinggi. Penyakit yang bisa menyebabkan tekanan darah menjadi tinggi adalah apnea tidur atau dalam istilah medis sering dikenal dengan sleep aponea. Jika memang hipertensi disebabkan oleh penyakit ini sebaiknya segera konsultasikan ke dokter.

  1. Begadang

Orang yang sering bergadang bisa terkena hipertensi, ini lah yang menjadi akibat begadang paling mematikan. Penyebabnya adalah saat orang tidur dan terlelap jantung akan bekerja lebih ringan dibandingkan saat seseorang dalam kondisi terjaga. Saat bergadang, jantung jusru bekerja keras. Saat jantung bekerja keras, jantung akan memompa darah ke seluruh tubuh. Hal itu akan menyebabkan seseorang terkena hipertensi. Jika hal itu terjadi terus menerus, fungsi jantung akan terganggu atau bahkan mengalami kerusakan. Baca : Akibat tidur larut malam

  1. Mengkonsumsi Kafein Berlebihan

Minum kopi atau kafein berlebihan bisa meningkatkan tekanan darah di dalam tubuh seseorang. Penyebabnya adalah kafein yang masuk ke dalam tubuh bisa meningkatkan denyut jantung dan kerja jantung. Kerja jantung yang meningkat bisa menyebabkan tekanan darah menjadi meningkat.

Sponsors Link

Baca juga :

  1. Mengkonsumsi Banyak Garam

Garam adalah salah satu penyebab timbulnya hipertensi. Hal itu dikarenakan garam bisa membuat tekanan darah menjadi cepat. Bagi penderita diabetes konsumsi garam berlebihan bisa membuat seseorang terkena tekanan darah tinggi lebih cepat dibandingkan dengan orang yang bukan menjadi penderita diabetes.

  1. Kolesterol Tinggi

Kolesterol yang tinggi pun menjadi penyebab timbulnya penyakit diabetes. Kolesterol biasanya menempel pada dinding pembuluh darah. Akibatnya adalah kolesterol tersebut bisa membuat penyempitan pembuluh darah. Jika pembulh darah menyempit maka tekanan darah di dalam tubuh pun akan menjadi meningkat.

  1. Merokok

Merokok bisa menjadi penyebab tekanan darah tinggi, selain darah tinggi tentu bahaya merokok sangat besar bagi kesehatan secara umum. Hal itu dikarenakan kandungan nikotin di dalam rokok bisa membuat penyempitan pembuluh darah. Jika pembuluh darah menyempit bisa menimbulkan tekanan darah tinggi di dalam tubuh seseorang. Baca juga : Bahaya asap rokok.

Cara Mencegah

  1. Hentikan merokok, alkohol, dan makanan yang asin
  2. Konsumsi makanan kaya serat
  3. Hindari konsumsi junk food

Untuk pengobatan darah tinggi biasanya dokter akan memberikan obat darah tinggi yang dapat dengan mudah membantu menurunkan darah tinggi.

Penyebab darah tinggi memang harus dihindari agar tidak menyerang kita, setidaknya ada banyak penyebab yang dapat kita tekan agar terhindar dari darah tinggi.

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

,
Post Date: Monday 20th, April 2015 / 15:08 Oleh :
Kategori : Darah Tinggi