10 Penyebab Sakit Telinga Sebelah Kiri Penting Anda Waspadai

1974

Akhir-akhir ini Anda memiliki keluhan telinga yang terasa sakit di sebelah kiri bagian dalam tapi tak tahu apa yang sedang terjadi? Ada berbagai faktor pemicu sakit telinga di sisi kiri atau bahkan disertai pula dengan rasa sakit di telinga kanan. Berikut merupakan daftar penyebab sakit telinga sebelah kiri yang kemungkinan sedang Anda alami.

  1. Barotrauma

Barotrauma telinga bisa menjadi alasan dibalik rasa sakit pada telinga Anda, di mana hal ini merujuk pada kondisi jaringan yang rusak sebagai efek dari tekanan dalam tubuh serta tekanan udara sekitar yang mengalami perbedaan. Karena hal inilah, ketegangan dialami pada bagian gendang telinga sehingga menimbulkan ketidaknyamanan, ini juga berlaku ketika telinga sakit saat naik pesawat.

  1. Otitis Eksterna

Otitis eksterna merupakan sebuah kondisi radang telinga, yakni pada bagian liang atau daunnya. Bila Anda merasakan sakit telinga sisi kiri, terutama di bagian saluran dari lubang telinga menuju bagian gendang telinga, hal ini bisa disebut dengan otitis eksterna. Biasanya, hal ini terjadi karena Anda tak mengeringkan segera air yang telanjur masuk ke telinga.

  1. Otitis Media

Selain otitis eksterna, ada pula kemungkinan telinga sisi kiri Anda sakit akibat otitis media. Ketika telinga kiri bagian tengahlah yang sakit dan terkena infeksi telinga, segera periksakan ke dokter karena pada orang dewasa, kondisi ini bisa memicu kehilangan pendengaran. Pendengaran dapat menurun saat telinga bagian tengah mengalami penumpukan cairan.

  1. Cedera Akibat Benturan

Apakah telinga kiri Anda sempat terbentur? Cedera akibat benturan pada telinga sebelah kiri Anda dapat menimbulkan rasa sakit. Baik itu cedera karena terbentur atau bahkan terpukul, segeralah ke dokter untuk mengatasinya apabila Anda khawatir tak bisa menangani dengan tepat.

  1. Benda Asing

Rasa sakit di dalam telinga kiri Anda dapat juga terpicu oleh adanya benda asing yang tak disadari. Beberapa benda asing berikut adalah yang umumnya berada di bagian dalam telinga, menyebabkan telinga terasa penuh, dan mampu menyumbat sekaligus menimbulkan rasa sakit pada telinga:

  • Kotoran
  • Serangga
  • Kapas (yang berasal dari cotton bud)
  1. Penyumbatan Sinus

Saat sedang pilek, sinus bisa tersumbat dan hal ini rupanya akan berdampak pada peningkatan tekanan liang telinga Anda. Dan karena sinus sendiri masih terhubung dengan bagian dalam liang telinga, otomatis telinga bisa terasa sakit. Bila telinga sebelah kiri Anda sakit dan seperti tersumbat, bisa jadi ini adalah kondisi penyumbatan sinus.

  1. Kanker atau Tumor pada Saluran Pernapasan

Kanker atau tumor yang tumbuh di saluran pernapasan mengapa bisa berkaitan dengan sakitnya telinga sebelah kiri Anda? Ketika tumor atau kanker menyerang bagian saluran pernapasan dan tidak segera ditangani, maka penyebarannya bisa mengakibatkan komplikasi berupa sakit di telinga.

  1. Gangguan pada Gigi atau Saraf Gigi

Telinga sebelah kiri yang sakit dapat ada hubungannya dengan gangguan kesehatan pada gigi atau saraf gigi. Apabila memang Anda mengalami gangguan gigi geligi atau bahkan menyadari bahwa Anda memiliki radang pada saraf bagian mulut, inilah yang memungkinkan rasa sakit muncul dan mengganggu telinga kiri Anda.

Dari hasil ulasan tersebut, rupanya ada banyak kondisi yang diduga menjadi penyebab sakit telinga sebelah kiri bukan? Supaya bisa memastikan penyebabnya secara jelas, jalani pemeriksaan langsung dengan menemui dokter. Hanya saja, selama belum mendapatkan penanganan dokter, hindarilah aktivitas mengorek telinga serta membersihkan dengan menggunakan cotton bud. Bila rasa sakitnya mulai tak tertahankan, jangan ragu untuk mengonsumsi obat pereda nyeri supaya meringankannya.