Sakit Pada Telinga – Penyebab, Gejala dan Pencegahan

Sakit telinga merupakan sakit pada bagian telinga. Masalah sakit telinga dapat berasal dari masalah yang timbul pada telinga luar maupun pada telinga dalam, Selain itu masalah sakit telinga juga dapat ditimbulkan oleh proses yang terjadi secara alami yaitu proses penuaan, selain proses penuaan masalah sakit telinga juga dapat terjadi karena infeksi oleh kuman atau penyakit. Telinga merupakan salah satu organ yang ada pada tubuh manusia yang penting, sebab telinga memiliki fungsi untuk mendengarkan apa yang orang lain bicarakan. Adapun penyebab-penyebab yang menyebabkan sakit telinga adalah sebagai berikut

baca juga : jenis penyakit telingabenjolan di belakan telinga jenis sakit telinga

Penyebab

1. Infeksi telinga tengah

Infeksi telinga tengah juga merupakan salah satu penyebab terjadinya sakit pada telinga.  infeksi pada telinga Tengah terjadi disaat saluran eustachius tertutup ataupun bengkak akibat adanya penumpukan cairan pada bagian telinga tengah. Infeksi telinga juga dapat disembuhkan dengan obat infeksi telinga paling ampuh

2. Glue ear

Glur ear juga merupakan penyebab dari sakit telinga, sakit telinga ini dikarenakan terdapat penumpukan cairan di dalam telinga. Setelah banyak cairan cairan tersebut akan menekan bagian telinga yang sensitif sehingga akan menimbulkan rasa sakit pada telinga. Glue ear ini juga dapat menyebabkan beberapa gangguan pada pendengaran. Biasanya penyebab ini terjadi pada anak-anak.

3. Infeksi telinga bagian luar

Infeksi telinga ini dapat terjadi baik pada orang dewasa maupun pada anak-anak, sakit telinga bagian luar disebabkan karena infeksi telinga bagian luar. Seluruh Saluran telinga akan jadi meradang dan terasa sakit ketika terjadi infeksi telinga bagian luar. Biasanya inflasi ini juga dapat berupa bisul. bisul ini bisa sembuh dengan sendirinya biasanya besok ini juga bisa pecah dan mengeluarkan cairan nanah. Meskipun di saat ini bisa sembuh dengan sendirinya namun jika anda tidak merasa nyaman atau pun merasa kesakitan maka anda dapat segera memeriksa nanya ke dokter agar segera mendapat penanganan dengan baik.

4. Cidera atau iritasi telinga

Penyebab sakit telinga juga dikarenakan karena terdapat di daerah atau iritasi pada telinga misalnya adalah ketika telinga terkena gesekan cotton bud saat Anda membersihkan kotoran telinga secara berlebihan, atau bisa saja ketika anda menggunakan cottonbud tangan terdorong yang menyebabkan cotton bud masuk lebih dalam ke dalam telinga. Hal ini sangat berbahaya ketika cotton bud sampai mengenai gendang telinga.

5. Terdapat kotoran pada telinga

Sakit telinga juga dapat disebabkan karena terdapat kotoran pada telinga. Ketika sakit telinga yang dialami disebabkan karena kotoran telinga yang menumpuk dan keras usahakan jangan menghilangkannya dengan menggunakan cotton bud, karena jika anda menghilangkannya dengan menggunakan cottonbud maka itu akan memicu kotoran lebih jauh masuk ke dalam dan dapat menyebabkan kerusakan pada gendang telinga. Selain itu sakit telinga juga dapat disebabkan karena telinga kemasukan air hal ini kemungkinan dapat terjadi karena kotoran yang terdapat pada telinga mengembang dan menekan jaringan-jaringan yang terdapat di liang telinga yang sensitif sehingga telinga merasa sakit.

baca juga : cara membersihkan kotoran telinga yang kerascara membersihkan telinga tersumbat obat pembersih telinga

6. Adanya infeksi tenggorokan

Sakit telinga yang disebabkan karena infeksi tenggorokan dapat ditandai dengan ketika telinga Anda sakit bersamaan dengan tenggorokan merasa sakit Terutama ketika menelan. Misalnya seperti amandel atau abses di bagian belakang tenggorokan. Untuk radang amandel dapat menyembuhkan nya hanya dengan meminum antibiotik Sedangkan untuk abses di bagian belakang tenggorokan anda perlu melakukan pemeriksaan pada dokter sesegera mungkin.

Itulah beberapa penyebab yang akan menyebabkan seseorang terkena gangguan telinga atau terkena sakit telinga. Selain penyebab-penyebabnya masih ada faktor-faktor ataupun gejala yang akan ditimbulkan oleh seseorang yang mengalami sakit telinga. Adapun gejala gejala yang ditimbulkan Ketika seseorang terkena sakit telinga

Gejala

1. Sakit pada telinga

Gejala sakit pada telinga yang masih dirasakan oleh seseorang adalah telinga bagian dalam maupun bagian luar akan terasa sakit. Untuk itu segera periksa tanah ke dokter atau Buatlah ramuan yang dapat menyembuhkan penyakit telinga tersebut.

2. Gatal pada telinga

Salah satu hal yang paling umum Ketika seseorang terkena sakit telinga adalah telinga terasa gatal, segera bersihkan telinga dengan cara yang benar. Telinga gatal tentu ada penyebabnya penyebab telinga gatal sangat banyak, untuk it uperlu pula diketahui obat telinga gatal agar telinga segera sembuh dan tidak terus terusan gatal

3. Telinga bengkak atau kemerahan

Telinga terasa bengkak atau telinga terlihat kemerahan juga merupakan salah satu gejala yang disebabkan karena seseorang menderita sakit telinga. Biasanya seseorang yang mengalami telinga bengkak atau telinga menjadi agak kemerahan akan merasakan rasa sakit pada bagian telinganya baik pada bagian telinga dalam maupun telinga luar.

4. Telinga berair

Gejala seseorang mengalami sakit telinga salah satunya juga Ketika Telinga seseorang mengalami berair yang banyak. Untuk itu segera atasi lah sakit telinga tersebut dengan berobat ke dokter atau membuat ramuan tradisional untuk mengobati sakit telinga. Telinga berarir tentu memiliki cara mengobati telinga berair yang perlu diikuti cara-cranya agar telinga segera sembuh,

5. Terdapat gangguan pendengaran

Gejala dari sakit telinga salah satunya adalah terdapat gangguan pada pendengaran, tidak hanya merasakan sakit pada telinga namun seseorang yang memiliki penyakit atau sakit pada telinga juga dapat mengalami gangguan pada pendengaran nya. Namun biasanya gangguan tersebut hanya bersifat sementara,  jika segera mendapat penanganan dengan baik maka sakit telinga akan segera sembuh dan masalah pada gangguan pendengaran juga tidak menjadi masalah yang begitu berat.

6. Demam

Demam juga merupakan salah satu gejala yang ditimbulkan karena seseorang terkena penyakit telinga, meskipun demam merupakan gejala dari berbagai penyakit lainnya namun ketika anda merasakan demam yang diikuti gejala-gejala lainnya maka segera periksakan lah telinga Anda supaya anda segera mendapatkan pengobatan dari dokter. (baca juga : penyebab demam menggigil)

7. Telinga terasa penuh

Telinga terasa penuh juga merupakan salah satu gejala yang disebabkan karena seseorang mengalami sakit telinga. Biasanya sebelum seseorang mengalami sakit pada telinga seseorang tersebut akan merasakan bahwa telinganya terasa berisi penuh.

8. Masalah keseimbangan

Seseorang yang mengalami sakit telinga dapat terlihat gejala-gejalanya ketika seseorang tersebut mengalami gangguan pada keseimbangan ataupun mengalami masalah vertigo. Mengalami gangguan keseimbangan atau vertigo juga merupakan salah satu gejala yang disebabkan atau yang terjadi karena seseorang terkena sakit telinga.

Selain penyebab dan juga gejala sakit telinga Mari kita mengetahui berbagai cara pencegahan dan juga cara pengobatan Ketika seseorang yang terkena sakit pada telinga. Adapun cara pencegahan dan cara pengobatan Ketika seseorang terkena sakit telinga adalah sebagai berikut.

Pencegahan

1. Jaga kebersihan telinga

Sakit telinga pada umumnya disebabkan karena seseorang kurang menjaga kebersihan telinga, hancur itu agar anda dapat terhindar dari berbagai macam sakit telinga maka usaha untuk tetap menjaga kebersihan telinga Anda.

baca juga ; cara menjaga telinga agar tetap sehat dan cara merawat telinga yang baik dan benar

2. Jangan mengorek-ngorek telinga

Mengorek-ngorek telinga dapat menjadi salah satu penyebab seseorang terkena sakit telinga, cukup bersihkan telinga menggunakan cottonbud dengan santai saja. Jangan mengorek telinga terlalu dalam karena hal itu dapat menyebabkan telinga menjadi luka.

3. Lindungi telinga dari kemasukan air

telinga yang kemasukan air juga dapat menyebabkan sakit pada dirinya untuk itu agar dapat mencegah seseorang mengalami sakit pada telinga maka anda dapat melindungi telinga Anda agar tidak kemasukan air.

Pengobatan sakit telinga

1. Obat tetes telinga

Jika anda berobat ke dokter biasanya dokter akan memberikan obat tetes telinga untuk mengobati sakit telinga anda. Resep obat tetes telinga yang akan diresepkan oleh dokter adalah obat tetes telinga yang memiliki kombinasi kandungan seperti antibiotik steroid dan obat anti jamur. Hal ini disesuaikan juga dengan tingkat sakit pada telinga ataupun tingkat infeksi pada telinga Anda.

2. Analgesik

Analgesik digunakan untuk meringankan rasa sakit yang terdapat pada telinga Anda, biasanya analgesik ini seperti Ibuprofen ataupun paracetamol.

3. Kompres hangat

Melakukan kompres hangat pada telinga dapat membantu untuk meredakan rasa sakit yang kita rasakan pada telinga.

4. Minyak zaitun

Minyak zaitun dapat digunakan untuk meredakan rasa sakit di telinga, meskipun belum terbukti kebenaran ilmiah nya namun pada kenyataannya minyak zaitun kerap digunakan oleh orang-orang untuk menyembuhkan sakit telinga.

5. Operasi

Cara terakhir untuk mengobati sakit telinga infeksi telinga tidak dapat disembuhkan dengan cara di atas adalah operasi. Biasanya dokter akan mempertimbangkan tympanostomy atau yang biasa disebut dengan melubangi gendang telinga dengan tujuan agar cairan yang tertahan di dalam telinga dapat mengalir keluar.

Itulah beberapa penyebab gejala cara pencegahan dan juga cara pengobatan Ketika seseorang menderita sakit telinga, jagalah terus kebersihan telinga Anda supaya Anda dapat terhindar dari berbagai macam sakit telinga.