Home Tips KesehatanKesehatan Telinga 9 Cara Membersihkan Telinga Tersumbat Kotoran Dengan Aman

9 Cara Membersihkan Telinga Tersumbat Kotoran Dengan Aman

by Henny Anugerah

Cara membersihkan telinga tersumbat merupakan solusi terbaik untuk mengeluarkan segala kotoran yang menyangkut pada saluran telinga bagian dalam. Kebersihan telinga harus tepat dijaga agar telinga terhindar dari cedera yang mengakibatkan munculnya keluhan kesehatan lain misalnya pembengkakan dan pendarahan.

Faktor pemicu

Telinga yang tersumbat akibat adanya penumpukan kotoran di saluran telinga dapat diakibatkan oleh beberapa sebab, diantaranya :

  • Malas dan jarang membersihkan kotoran yang ada didalam telinga. Bersihkanlah setidaknya seminggu dua kali agar terhindar dari penumpukan kotoran dan menyumbat pendengaran.
  • Melakukan kegiatan renang yang terlalu sering. Air akan masuk dan mengendap beberapa lama dalam telinga dapat memicu pertumbuhan bakteri yang nantinya dapat menyumbat saluran telinga hingga gendang telinga.
  • Telinga bagian dalam terserang Osteomata. Osteomata adalah tumbuhnya sel tumor dan menjadi tumor jinak atau non kanker yang jika dibiarkan akan semakin membesar dan berpotensi menyumbat saluran telinga.
  • Usia yang semakin lanjut adalah pemicu paling kuat terjadinya sumbatan pada saluran telinga karena semakin tua seseorang maka kelembaban dalam telinga akan semakin berkurang. Kotoran akan mudah mengering lalu mengeras dan sangat sulit untuk dikeluarkan.
  • Mengorek-korek telinga dengan benda tumpul yang mengakibatkan luka dan pendarahan, Dimana darah yang keluar akan mengalami pengerasan dan pengendapan yang nantinya dapat berpotensi menyumbat saluran telinga.
  • Penggunaan alat batu dengar dalam jangka panjang menyebabkan saluran telinga mengalami sumbatan kotoran yang makin hari makin menumpuk dan terjadi pengerasan.
  • Penyumbatan saluran telinga yang disebabkan karena serangan penyakit kulit atau tulang yang mempengaruhi percepatan penumpukan dan pengerasan kotoran yang akhirnya sulit dibersihkan. Kondisi tersebut menyebabkan pendengaran menjadi berkurang.

Solusi terbaik

Tips cara membersihkan telinga tersumbat dengan cepat :

1. Menggunakan cotton buds

Untuk mengeluarkan kotoran dalam telinga dapat menggunakan cotton buds yang sebelumnya diolesi dengan baby oil agar kotoran cepat melekat pada cotton buds dan dapat dikeluarkan dengan maksimal. Penggunaan cotton buds terbukti paling mudah untuk cara membersihkan telinga tersumbat yang biasanya dialami anak anak dan dewasa.

2. Obat tetes telinga

Cara membersihkan telinga tersumbat dapat dilakukan dengan penggunaan obat tetes telinga, Dimana obat tetes telinga aman dan bisa menyembuhkan infeksi yang mungkin terjadi didalam telinga. Obat tetes telinga sama manjurnya dengan obat infeksi telinga yang bisa dapat dibeli atau pengobatan tradisional. Namaun obat tetes telinga bisa dipakai lebih efesien dan praktis karena dapat dipakai setiap hari atau dua kali dalam seminggu agar kotoran yang ada pada saluran telinga lebih lunak dan akhirnya mudah dikeluarkan.

3. Syringe (penyedot kotoran)

Syringe adalah sebuah penyedot kotoran telinga yang berbentuk bulat yang diformulasikan untuk membersihkan kotoran telinga yang mungkin sulit dijangkau dengan cotton buds. Syringe dapat memgalirkan air hangat kearah kotoran lalu melunakannya sehingga dapat cepat dikeluarkan. Syringe dapat diabeli diapotek dan toko obat.

4. Ear candle (lilin pembersih)

Cara membersihkan telinga tersumbat paling unik adalah dengan menggunakan ear candle. Penggunaan lilin telinga hanya boleh dilakukan oleh para ahli kecantikan yang berpengalaman atau para ahli di bidangnya. Jika salah menggunakan ear candle maka beresiko menyebabkan luka pada gendang telinga atau cedera pada saluran telinga bagian luar. Jangan membersihkan sendiri kotoran yang menyumbat telinga dengan ear candle tanpa anda memahami dengan benar teknik dan cara menggunakannya.

5. Minyak zaitun

Minyak zaitun yang sebelumnya dipanaskan lalu tunggu sampai hangat, lalu teteskan beberapa kali kearah telinga yang ingin dibersihkan. Minyak zaitun memiliki kemampuan mengikat dan menyerap kotoran sehingga mudah terangakat dan tersangkut pada kapas sebagai media untuk membersihkanya.

6. Dengan cara Inhalasi (penguapan)

Inhalasi adalah cara penguapan yang dilakukan dengan uap air mendidih yang sebelumnya air telah ditempatkan pada baskom yang memiliki bentuk bulat dan lebar. Uap air dapat diarahkan pada lubang telinga yang ingin dibersihkan. Miringkan salah satu telinga kearah uap air yang sedang menguap beberapa menit. Teknik sederhana ini mampu melunakkan kotoran yang menumpuk dalam telinga dan siap dikeluarkan dengan menggunakan kapas atau cotton buds.

7. Kompres air hangat

Gejala sinusitis dapat menyebabkan iritasi dan penumpukkan kotoran lebih cepat di saluran telinga daripada keadaan telinga ketika sehat.Infeksi sinus dapat mempengaruhi kesehatan telinga karena memang keduanya adalah masih satu saluran yang sama. Kompres telinga dengan handuk kecil yang sebelumnya telah direndam pada air hangat lalu letakkan pada daun telinga . Cara ini dapat meredakan rasa nyeri dibagian saluran pernafasan dan saluran telinga lebih nyaman serta kotoran mudah lunak dan siap dikeluarkan.

8. Minyak mineral atau gliserin

Masukanlah minyak mineral atau gliserin pada alat tetes mata lalu teteskan beberapa kali pada telinga yang ingin dibersihkan. Minyak mineral mampu melepaskan dan melunakkan gumpalan kotoran telinga yang mulai mengering dan sulit untuk dibersihkan. Minyak mineral dapat mendorong kotoran untuk lebih cepat tertarik keluar dan melekat pada pembersih telinga yang ujungnya berbahan dasar kapas atau cotton buds.

9. Pengering rambut

Kotoran yang menyumbat saluran telinga dapat dilunakkan dan di keluarkan dengan cepat dengan menggunakan panas yang mengalir dari pengering rambut. Gunakan pengering rambut dengan tingkat panas yang paling rendah dengan jarak kira-kira 20 cm atau lebih. Suhu hangat yang dialirkan melalui pengering rambut mampu masuk ke saluran telinga dan perlahan lahan dapat melunakkan kotoran telinga yang telah mengering. Cara membersihkan telinga tersumbat dengan menggunakan pengering rambut memang masih jarang dilakukan tetapi terbukti manjur untuk mempermudah kita mengangkat kotoran telinga dengan cotton buds.

You may also like