8 Bahaya Kapas Tertinggal Di Telinga Yang Mematikan

16895

Bahaya kapas tertinggal ditelinga merupakan dampak buruk karena seseorang menggunakan pembersih telinga misalnya cotton buds dengan cara yang tidak benar.
Telinga merupakan indera pendengaran yang sangat mudah disinggahi berbagai macam kotoran yang terbawa oleh udara hasil radikal bebas misalnya debu dan asap. Membersihkan telinga merupakan keharusan agar kebersihan dan kesehatan rongga telinga tetap terjaga dan terhindar dari serangan bakteri.

Bahaya kapas tertinggal ditelinga

Banyak orang yang memakai cotton buds untuk membersihkan telinga tetapi banyak pula yang belum mengetahui cara menggunakannya dengan benar. Karena ketidak pahaman cara penggunaan cotton buds yang benar dapat mengakibatkan keluhan misalnya kapas tertinggal didalam telinga.
Resiko kapas tertinggal dalam telinga adalah:

1. Pendengaran berkurang
Kapas yang tidak sengaja tertinggal didalam telinga pada anak anak atupun orang dewasa jika tidak segera dikeluarkan dalam 24 jam akan mengakibatkan pengendapan cairan kotoran telinga yang telah terkontiminasi bakteri dan kotoran lain pada kapas. Kapas yang telah mnenyatu dengan kotoran telinga dapat menyebabkan penyumbatan saluran rongga telinga dan memblokir masuknya udara dan oksigen sehingga menyebabkan pendengaran menjadi berkurang. pendengaran berkurang merupakan bahaya kapas tertinggal ditelinga yang sering dialami anak anak yang awalnya membersihkan telinga dengan menggunakan cotton buds tetapi salah cara mengaplikasiknya.

2. Infeksi gendang telinga
Pengendapan kapas yang tertinggal dalam telinga akan terurai dengan kotoran lain yang ada ditelinga yang menyebabkan proses pengurai bakteri menjadi lebih cepat, Akibatnya bakteri akan menyerang rongga telinga secara bertahap dan membuat poeradangan serta pembengkakan sampai gendang telinga. Kondisi tersebut dapat menyebabkan infeksi gendang telinga. Infeksi gendang telinga merupakan bahaya kapas tertinggal ditelinga yang paling sering terjadi.
Baca juga : Infeksi telinga

3. Keluar cairan
Kapas yang tertinggal dalam telinga dalam waktu lama dan tidak segera dikeluarkan dapat berubah menjadi sarang bakteri yang dapat menyebabkan penumpukan cairan congek, Yaitu cairan kotoran berwarna kekuningan yang berbau tidak sedap. Cairan tersebut dapat menimbulkan gatal gatal diliang telinga yang jika dikorek korek dengan benda tumpul maka bahaya yanag akan diterima telinga lebih parah lagi, karena daapat memicu poerdangan yang menyebabkan telinga terasa nyeri dan berdengung. Gatal gatal pada rongga telinga merupakan bahaya kapas tertinggal ditelinga yang telah mengendap selama berhari hari dan tidak mendapatkan penanganan medis.
Baca juga : telinga keluar cairan

Solusi

Ada 4 cara termudah untuk mengeluarkan kapas yang tertinggal dalam telinga tanpa mencederai rongga telinga

1. Hati tenang
Berusahalah untuk tenang dan tidak panik. Karena panik hanya akan menyebabkabn anda tidak dapat berfikir jernih untuk mencari jalan keluarnya.

2.Menggunakan lidi
Ambilah lidi yang bersih dan arahkan menjadi berdiameter panjang sekitar 7 sampai 12 centi meter. Ujung lidi yang dipatahkan aka memiliki serabut sedikit tak beraturan, Maka lumasi ujung lidi tersebut dengan baby oil lalu masukan pada telinga secara perlahan lahan hingga menyentuh kapas. Lalaau lakukan gerakan memutar satu arah yang bertujuan agar kapas tersangkut pada ujung lidi . Setelah itu tarik keluar perlahan dan kapas yang tertinggalpun akan dapat dikeluarkan.

3. Gunakan obat tetes telinga

Teteskan beberapa kali pada kapas yang tersangkut didalam rongga telinga. Biarkan beberapa saat kemudian ambilah dengan ujung lidi yang memiliki permukaan yang tidak rata aatau berserat agat kapas yang tersentuh ujung lidi jadi tersangkut dan kapas mudah dikeluarkan.

4.Hubungi dokter THT
Ada baiknya pergi dan mintalah bantuan dokter THT yang notabenya telah berpengalaman dan mengetahui tentang rongga telinga. Dokter THT memiliki alat khusus yang digunakan untuk mengeluarkan benda asing yang tidak sengaja masuk dan terjebak didalam telinga.

Tips kesehatan telinga

Ada beberapa cara menjaga telinga agar tetap sehat

1.Gunakan cotton buds berkualitas baik
Bersihkan 3 kali seminggu telinga dengan menggunakan cotton buds yang berkualitas baik, Cottion buds dengan kualitas baik memiliki daya rekat kapas pada stiknya relatif lebih kuat dan tidak mudah terlepas. Hal ini dapat memungkinkan kapas tidak mudah copot lalu tertinggal didalam telinga.

2. Gunakan obat tetes khusus telinga
Rajinlah menggunakan beberapa tetes telinga pada dua lubang telinga saling bergantian, Agar kotoran yang ada diliang telinga mudah mengalami penumpukan yang nantinya mudah di keluarkan dengan menggunakan cotton buds. Obat tetes telinga dilengkapi zat anti inflamasi yang dapat melindungi telinga bagian dalam dari serangan bakteri dan peradangan .

3. Hindari suara terlalu keras
Tidak menggunakan head set handphone untuk mendengarkan musik dengan volume terlalu keras dan terlalu lama, Karena dapat mengakibatkan gendang telinga mengalami ketegangan, Tekanan dan guncangan saraf saraf sekitar rongga telinga sehingga bisa mengurangi kualitas pendengaran.

4. Lindungi telinga darai radikal bebas


Ada baiknya bujan hanya melindungi mulut dengan menggunakan penutup masker agar terhindar dari seranagn radikal bebas termasuk debu dan berbagai asap, Melainkan rongga telinga juga perliu mendapat perlindungan. Tutuplah kedua telinga jika berjalan pada lokasi yang dipenuhi polusi udra seperti debu dan asap, Hal ini bertujuan untuk mempersulit masuknya kotoran dalam rongga telinga.

5. Waspada dengan air kotor
Jika mungkin hindarilah berenang pada kolam renang atau tempat tempat yang berair keruh atau kotor. Air yang kotor mempermudah pergerakan bakteri untuk masuk dan mengiritasi jaringan telinga.

6. Tidak mengorek telinga sembarangan
Jangan pernah mengorek ngorek telinga dengan benda tumpul yang belum tentu terjamin kebersihanya. Benda tumpul dikhawatirkan dapat melukai dinding rongga telinga dan dapat mempermudah bakteri yang semula berada pada benda tumpul tersebut untuk migrasi kedalam rongga telinga.

Pentingnya memilih Ukuran cotton buds
Bahaya kapas tertinggal ditelinga paling sering terjadi karena teknik membersihkan telinga dengan cara yang tidak benar dan pemilihan Ukuran cotton buds cukup mempengaruhi pergerakan kotoran yang akan di keluarkan dari liang telinga. Gunakan ukuran cotton buds yang sesuai dengan lubang telinga anak anak atau orang dewasa.