Home Tips KesehatanKesehatan Telinga 11 Obat Infeksi Telinga Tradisional Ampuh

11 Obat Infeksi Telinga Tradisional Ampuh

by Erlita

Infeksi pada telinga dapat terjadi pada anak maupun orang dewasa di mana infeksi ini biasanya dipicu leh infeksi bakteri dan virus. Pada umumnya, telinga bagian tengahlah yang terpengaruh dan akhirnya menjadi radang telinga dengan kondisi begitu menyakitnya berikut dengan munculnya cairan pada bagian tengah tersebut. Kalau kebanyakan penderita infeksi telinga bakal memilih obat antibiotik untuk mengatasinya, bakteri bisa menjadi kebal. Obat infeksi telinga tradisional di bawah ini tentu akan jauh lebih aman tanpa efek samping berbahaya.

(Baca juga: telinga berair)

1. Daun Mangga

Banyak orang masih asing dengan khasiat apa yang ditawarkan oleh daun mangga karena bagian daun justru adalah yang paling jarang dimanfaatkan. Padahal daun mangga sangat mujarab sebagai obat hipertensi, mengatasi stres dan kecemasan, bahkan hingga nyeri telinga dikarenakan infeksi.

  • Caranya: Ekstrak daun mangga adalah yang paling baik untuk Anda ambil karena dapat mengobati dengan cepat. Ambil saja 2-3 lembar daun mangga yang kemudian bisa dihancurkan. Gunakan pipet untuk mengambil cairan lalu meneteskannya ke bagian dalam telinga yang terkena infeksi sebanyak 3-4 tetes. Rasa sakit dapat menjadi lebih reda hanya dalam beberapa menit setelah pemakaian.

(Baca juga: penyebab telinga gatal)

2. Bawang Putih

Terlepas dari efek samping bawang putih yang kiranya mengkhawatirkan, asalkan penggunaannya tepat bawang putih tak akan mengancam jiwa. Meski bahaya bawang putih mentah memang ada, kandungan baiknya pun juga ada, yakni sifat antimikroba dan pereda rasa nyeri alami.

  • Caranya: Bawang putih yang dapat Anda siapkan adalah sebanyak 3-4 siung dan kemudian Anda dapat rebus di dalam air secukupnya maksimal sampai 7 menit. Setelah itu hancurkanlah sebelum kemudian ditambah dengan garam serta cengkih. Campuran yang sudah jadi dapat Anda tempatkan pada kain bersih untuk kemudian ditaru ke area telinga yang terinfeksi.

3. Botol Berisikan Air Hangat

Air panas atau air hangat sangat baik juga dalam mengatasi infeksi telinga di mana obat ini pun sangat alami dan aman untuk dipakai. Terapkan rasa panas ke bagian telinga yang terserang infeksi karena nyerinya otomatis bakal teredakan. Bahkan kutu mikroorganisme pun dapat dicegah dari invasi ke telinga Anda.

  • Caranya: Siapkan botol yang sudah Anda isi dengan air hangat, atau yang berupa bantal juga bisa, tempelkan ke bagian telinga sebagai pemanas. Kompresan semacam ini cukup efektif, namun bila tak memiliki botol, Anda juga bisa mencelupkan kain bersih ke air hangat, peras, lalu kompreskan ke bagian telinga. Tapi sebaiknya memang jangan mengompres terlalu lama, cukup 5 menit saja dan hindarkan rasa panas tersebut, ulangi lagi kemudian bila diperlukan.

(Baca juga: cara mengatasi telinga bindeng)

4. Minyak Pohon Teh

Salah satu cara merawat telinga dengan baik dan benar selama infeksi telinga terjadi adalah dengan menggunakan minyak pohon teh sebagai obat alami. Di dalam minyak jenis ini ada sifat antibakteri yang akan meredakan rasa nyeri.

  • Caranya: Minyak pohon teh sebanyak 3 tetes dapat Anda campurkan bersama dengan teh koloid perak sesendok teh, cuka sari apel sesendok teh juga, dan juga minyak zaitun 2 sendok makan. Campuran ini perlu dihangatkan sedikit sebelum Anda berbaring dengan posisi kepala di atas handuk dan dalam posisi miring. Gunakan pipet untuk mengambil cairan yang sudah hangat tadi untuk diteteskan ke telinga yang terinfeksi. Setelah diteteskan, tunggulan selama 5 menit sebelum Anda berbaring ke sisi lain supaya campuran obat tadi dapat mengalir keluar. Sehari 3 kali adalah pemakaian tepat agar telinga cepat sembuh.

5. ASI

Karena di dalam ASI terkandung adanya antibodi alami, maka Anda dapat memanfaatkan bahan super alami ini untuk menyembuhkan infeksi telinga. Pembengkakan serta rasa sakit di dalam telinga bakal teringankan hanya dalam 2 hari pemakaian. Obat alami tradisional satu ini sangat mujarab bagi orang dewasa maupun anak-anak.

  • Caranya: Ambil beberapa tetes ASI dan gunakanlah pipet sebagai alat penetes ke bagian telinga yang terserang infeksi. Sesuai dengan kebutuhan Anda, ulangilah proses ini setiap beberapa jam sekali. Selain untuk telinga, infeksi mata dan luka bakar ringan juga dapat diobati dengan ASI.

(Baca juga: bahaya kapas tertinggal di telinga)

6. Bawang Merah

Sama dengan bawang putih, ada efek samping bawang merah yang memang perlu diwaspadai. Namun bumbu dapur ini sangat baik dalam mengobati infeksi pada telinga yang mestinya Anda coba karena bahannya sangat mudah didapat.

  • Cara 1: Ambil bawang merah kecil sesiung saja dan potong-potonglah. Lanjutkan dengan memasukkan potongan bawang ke dalam mangkuk untuk dimicrowave selama maksimal 2 menit. Setelah dipanaskan, tunggu dingin sebelum Anda bisa mendapatkan sari atau jusnya. Jus bawang merahlah yang dapat Anda gunakan sebanyak 2-3 tetes untuk mengobati bagian telinga yang terinfeksi. Tunggu dan biarkan selama beberapa waktu, miringkan kepala untuk mengeluarkan cairan bawang.
  • Cara 2: Anda pun dapat memanfaatkan bawang merah dengan memanggangnya selama 30 menit yang kemudian dapat dijadikan 2 bagian. Satu dapat Anda taruh pada kain katun yang cukup tebal yang kemudian dapat Anda tempatkan di bagian telinga yang terinfeksi sekitar 5 menit saja. Setelah itu tunggu 10 menit sebelum mengulangi proses ini bila diperlukan dengan bagian setengah lainnya.

7. Minyak Zaitun

Minyak jenis ini tak hanya dapat digunakan untuk memasak atau dijadikan sebagai cara mengobati kaki pecah-pecah maupun cara mengobati katarak secara alami saja. Minyak zaitun sangat efektif dalam menghilangkan cairan berlebih akibat pertumbuhan bakteri atau jamur. Penyumbatan pun terjadi, namun minyak ini dapat Anda gunakan sebagai penyelamat.

  • Caranya: Minyak zaitun dapat diambil sedikit seperlunya saja yang kemudian dapat Anda hangatkan. Beberapa tetes minyak yang sudah dalam keadaan hangat tersebut dapat Anda masukkan ke telinga yang terkena infeksi. Gunakan spons lembut untuk menerapkan ramuan obat ini, tapi jangan terlalu jauh ke dalam karena mampu memicu kerusakan gendang telinga.

(Baca juga: cara menjaga kesehatan telinga)

8. Cuka Sari Apel

Bahan alami satu ini biasanya digunakan sebagai cara mengobati kurap secara alami, atau seringnya juga dijadikan sebagai obat tradisional kolesterol yang ampuh. Namun ternyata cuka sari apel dapat bekerja lebih dari itu, yakni sebagai obat infeksi telinga secara efektif.

  • Caranya: Sediakan cuka sari apel bersama dengan alkohol atau air yang jumlah takarannya sama untuk masing-masing bahan. Bola kapas bisa Anda rendam ke dalam larutan tersebut sebelum akhirnya bisa diterapkan ke telinga yang terinfeksi, dan tunggu sampai 5 menit saja. Bola kapas dapat dilepaskan dan Anda bisa berbaring dengan sisi berlawanan supaya cairan dapat dialirkan keluar dari telinga. Bila ingin telinga cepat kering, Anda bisa menggunakan pengering rambut.

9. Garam

Garam adalah bumbu dapur yang memang hendaknya dihindari oleh orang-orang penderita darah tinggi. Tapi khusus penderita infeksi telinga, garam adalah salah satu bahan yang bagus untuk mengobati infeksi pada telinga.

  • Caranya: Sediakan garam sebanyak 1 cangkir yang dapat ditempatkan pada sebuah panci dan panaskanlah pada api kecil selama beberapa menit. Setelah panas, garam bisa ditaruh di sebuah kain di mana ujung terbukanya dapat ditutup dengan karet atau ditutup dengan diikat simpul. Saat sudah tak terlalu panas, berbaringlah untuk menggunakan kain tadi dengan meletakannya di telinga yang terinfeksi paling tidak 5-10 menit. Pengobatan ini dapat diulangi sebanyak yang diperlukan. Rasa sakit dan pembengkakan bakal lebih ringan dengan obat alami satu ini.

10. Kemangi

Daun kemangi tak hanya enak dijadikan lalapan saja, karena ternyata kemangi pun sangat bagus dalam mengobati infeksi yang menyerang telinga. Rasa sakit akan hilang dengan penggunaan obat ini secara rutin.

  • Caranya: Ambil daun kemangi sekitar 4-5 lembar saja yang kemudian dapat diambil ekstrak jusnya dengan menghancurkannya. Jus daun kemangi inilah yang bisa Anda gunakan untuk diaplikasikan ke bagian yang terinfeksi pada telinga. Tapi jangan sampai jusnya masuk dan mengenai bagian saluran telinga. Atau, bisa juga Anda mencampur beberapa tetes minyak kemangi dengan minyak kelapa secukupnya saja. Bola kapas kemudian dicelupkan untuk kemudian dipakai menyeka telinga yang terinfeksi. Sehari 2 kali adalah proses pengobatan yang disarankan.

(Baca juga: bahaya telinga kemasukan serangga)

11. Minyak Eukaliptus dan Minyak Lavender

Jenis kedua minyak ini biasanya digunakan sebagai cara mengatasi kulit kepala gatal atau cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk. Untuk kulit memang begitu bagus dan untuk infeksi telinga pun sama efektifnya.

  • Caranya: Siapkan air hangat pada sebuah mangkuk plastik dan tuang beberapa tetes sebagai campuran air hangat. Letakkan handuk tepat di bagian atas kepala Anda dan uap air hangat dapat dihirup. Obat ini biasanya dianjurkan untuk mengobati infeksi telinga pada anak, namun rasanya bakal tetap efektif walau untuk orang dewasa. Gejala infeksi telinga akan berkurang risikonya.

(Baca juga: cara menjaga telinga agar tetap sehat)

Demikianlah beberapa rekomendasi obat infeksi telinga yang dapat And pertimbangkan bila sewaktu-waktu kondisi ini terjadi pada Anda.

You may also like