Home Tips KesehatanKesehatan Kulit 27 Cara Menghilangkan Bekas Gigitan Nyamuk Alami dan Ampuh

27 Cara Menghilangkan Bekas Gigitan Nyamuk Alami dan Ampuh

by Erlita

Bekas bentol digigit nyamuk terkadang memang menjadi alasan mengapa kulit kita menjadi kurang indah dipandang, apalagi kalau bekas gigitan nyamuk itu kita garuk sampai lecet dan meninggalkan bekas luka sampai lama. Sebenarnya masih ada harapan untuk dapat menghilangkannya sebab ada segudang cara yang bisa coba dilakukan, seperti langkah-langkah alami dengan efek samping minimal juga tentunya.

(Baca juga: bahaya getah mangga)

1. Memakai Cuka Sari Apel

Pernah mendengar bahwa cuka sari apel sangat baik untuk memudarkan bekas gigitan nyamuk di kulit kita? Tapi benarkah ini akan aman? Sebenarnya jenis cuka ini lebih cenderung menghilangkan rasa gatalnya, tapi kalau cuka sari apel saja termasuk di dalam cara menghilangkan bekas luka lama, tentu ini akan menjadi cara ampuh juga untuk memudarkan bekas gigitan nyamuk.

  • Cara 1: Cobalah untuk menggunakan cuka sari apel dengan menuangkan sekitar 2-3 cangkir ke dalam bak yang berisi air hangat supaya bisa mengobati seluruh bekas gigitan nyamuk pada kulit tubuh kita. Melakukannya setiap hari dan rutin akan sangat menolong dan memberikan hasil terbaik.
  • Cara 2: Pilihan langkah lainnya adalah dengan meneteskan cuka sari apel secukupnya ke kapas yang bersih, lalu kapas ini kita oles ke bagian bekas gigitan nyamuk. Lakukan paling tidak sehari 2 kali dan setiap hari tanpa bolong, dalam beberapa minggu pasti akan ada hasilnya yang bisa dirasakan.

(Baca juga: cara menghilangkan kutil)

2. Menggunakan Jus Lemon

Karena cairan lemon dikenal sebagai bahan pemutih kulit alami, tentu perasan lemon saja sudah cukup untuk cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk pada kulit kita. Dengan kandungan vitamin C-nya yang lumayan tinggi tentu ini juga berguna untuk mencerahkan kulit yang berwarna gelap akibat bekas tersebut.

  • Cara 1: Teteskan saja secara simpel ke daerah bekas gigitan nyamuk secara langsung dan setelah dioles merata, biarkan saja maksimal sampai 15 menit sebelum memakai air hangat untuk membilasnya. Proses perawatan ini perlu dilakukan 2-3 kali dalam sehari dan dalam 2 minggu biasanya hasil sudah terlihat. Perhatian bahwa cairan lemon akan memicu iritasi kulit apabila lebih dari 15 menit karena cairannya sangat asam.
  • Cara 2: Boleh juga dengan cara yang lain, yakni dengan mencampurkan jus lemon dengan jus mentimun secukupnya dan masing-masing dalam takaran yang sama. Oles bagian yang terkena gigitan nyamuk dan membekas tersebut sekitar 10 menit sebelum memakai air hangat untuk membersihkannya. Melakukannya setiap malam secara rutin akan membuktikan seberapa ampuh bekas noda gigitan nyamuk akan tersamarkan.

(Baca juga: buah yang mengandung kolagen super tinggi bagi tubuh)

3. Memanfaatkan Minyak Pohon Teh

Tea tree oil termasuk salah satu bahan alami yang tak hanya ampuh dalam mengatasi bekas luka, tapi juga bekas gigitan nyamuk. Di dalam minyak ini ada kandungan anti-inflamasi yang sangat baik dan terpercaya dalam melawan nyeri, bengkak serta gatal pada kulit. Karena bersifat antivirus serta antibakteri yang bagus untuk pencegahan infeksi setelah digigit nyamuk.

  • Caranya: Minyak ini cukup mudah, tapi tidak dianjurkan untuk secara langsung meneteskan minyak ini ke kulit yang ada bekas gigitan nyamuk. Siapkan dulu air hangat setengah cangkir, lalu campurkan ke dalamnya 3 tetes minyak pohon teh ini, aduk sampai rata sebelum akhirnya digunakan. Terapkan saja langsung ke noda bekas gigitan nyamuk dua kali dalam sehari dan dalam beberapa minggu baru bisa dirasakan hasilnya di mana noda tersebut mulai memudar.

(Baca juga: cara menghilangkan parut kudis)

4. Mengoleskan Minyak Lavender

Selain dari minyak pohon teh, kita juga boleh mencoba menggunakan minyak lavender karena memang minyak ini juga sangat berguna dalam memudarkan bekas gigitan nyamuk di kulit tanpa efek samping berbahaya. Selain mencegah infeksi serta menurunkan risiko peradangan dan nyeri, memang minyak ini sangat berguna dalam merawat kesehatan kulit.

  • Caranya: Untuk memudarkan bekas gigitan nyamuk, tinggal oleskan saja secukupnya minyak ini ke noda tersebut sambil dipijat-pijat. Bersabarlah sampai 10 atau 15 menit karena kita tentu perlu menunggu hingga minyak ini diserap kulit sempurna. Menerapkannya setiap hari dengan rajin akan membantu kita melihat hasil yang paling baik.

5. Memakai Bawang Putih

Bawang putih adalah bumbu dapur yang memiliki rasa pedas dengan aromanya yang khas dan kalaupun digunakan untuk kulit, rasanya jelas akan panas dan perih. Terlepas dari adanya efek samping bawang putih, bila pemakaiannya benar maka tak akan menjadi masalah. Apabila berani dengan risiko rasa perih dan panasnya, sah-sah saja untuk dicoba.

  • Caranya: Getah bawang putih bisa sangat efektif tak hanya untuk mengurangi rasa gatal-gatal setelah digigit nyamuk, tapi juga mampu memudarkan bekas gigitan nyamuk. Oles secukupnya saja, tak perlu banyak-banyak dan berlebihan, lalu silakan tunggu sampai setengah jam sebelum dicuci. Kembali lakukan perawatan yang sama pada esok harinya karena yang rutin itu selalu menawarkan hasil terbaik.

(Baca juga: bahaya bawang putih mentah)

6. Menggunakan Pasta Gigi

Cukup sederhana memang ketika melihat pasta gigi sebagai salah satu cara memudarkan bekas gigitan nyamuk, tapi ternyata bukan sembarang pasta gigi juga. Pasta gigi yang di dalamnya ada kandungan pemutih akan sangat terpercaya untuk membuat bekas gigitan nyamuk hilang dengan baik dan secara alami.

  • Caranya: Tak sulit untuk menggunakannya karena yang paling penting adalah mengoleskannya langsung ke noda tersebut. Jangan langsung dibilas tapi tunggulah sekitar setengah jam dan lakukan perawatan ini setiap hari. Pakailah air hangat setiap akan membilasnya.

7. Memanfaatkan Minyak Vitamin E

Kalau kulit dipenuhi dengan noda dari bekas gigitan nyamuk, minyak vitamin E ini bakal sangat membantu. Hasilnya akan lebih maksimal ketika kita tak sekadar memakai minyak ini dari luar tapi juga kita turut mengonsumsi suplemen vitamin E atau makanan yang mengandung vitamin E. Meski demikian, vitamin E ini agak kurang efektif bila ingin digunakan untuk menghilangkan luka parut pada tahap yang berat.

  • Caranya: Minyak yang didapat dari kapsul vitamin E ini dapat kita belah lebih dulu dan ambil isi atau ekstraknya saja. Selanjutnya, ekstrak tersebut bisa dioles ke area bekas gigitan nyamuk. Penggunaan rutin akan otomatis mampu menyamarkan noda hitam atau kecoklatan akibat bekas gigitan nyamuk.

(Baca juga: akibat kelebihan antioksidan)

8. Mengaplikasikan Obat Kumur

Kalau sebelumnya ada cara ampuh dengan menggunakan pasta gigi, kali ini obat kumur juga bisa dijadikan penghilang bekas gigitan nyamuk.

  • Caranya: Simpel saja, bila memiliki obag kumur di rumah, campurkan dengan air sedikit atau secukupnya saja. Setelah dicampur, cairan ini bisa digunakan untuk mencuci area yang ada noda bekas gigitan nyamuk itu. Mencampurkan dengan air akan mengurangi sensasi terbakar dari obat kumur itu sendiri; penggunaan dan perawatan rutin setiap hari akan membuat kita melihat hasilnya dengan baik.

(Baca juga: makanan yang mengandung antioksidan)

9. Menggunakan Teh Hijau

Teh hijau sudah diketahui memiliki kandungan antioksidan serta anti-inflamasi yang tak hanya bagus untuk kesehatan kita, namun bagus juga untuk kulit. Bahkan dengan sifat antiseptiknya, teh hijau juga mampu mengurangi risiko infeksi, ruam maupun gatal-gatal. Namun, bagaimana cara untuk menghilangkan noda di kulit yang merupakan bekas gigitan nyamuk?

  • Caranya: Celup saja kantong teh hijau yang sudah disiapkan ke dalam segelas air dingin. Baru setelah itu gunakan untuk menghilangkan bekas gigitan nyamuk dengan mengaplikasikannya. Melakukan perawatan ini secara rutin akan sangat membantu dalam mendapatkan hasil yang diinginkan.

(Baca juga: bahaya minum teh bagi kesehatan)

10. Memakai Oatmeal

Bila tak berkeberatan, oatmeal yang biasanya memang menjadi sarapan sehat bagi yang sedang mengidap jenis-jenis penyakit jantung ini ternyata bagus juga untuk merawat kulit.

  • Caranya: Setelah membuat sarapan oatmeal, simpan sebagian untuk perawatan yang bisa dilakukan nantinya. Oatmeal ini bisa langsung diterapkan langsung ke bagian kulit dengan noda mengganggu tersebut. Kemerahan atau bekas dengan bentuk lainnya akan dapat memudar apabila melakukannya secara rutin.

11. Memanfaatkan Tepung Beras

Tak ada salahnya juga mencoba mengandalkan tepung beras bila memang memiliki stoknya di rumah. Untuk bekas gigitan nyamuk mengganggu, bahan ini sangat baik dan efektif. Tak hanya bisa dijadikan bahan makanan, perannya sebagai desinfektan juga bisa dirasakan sendiri.

  • Caranya: Ambil secukupnya tepung beras ini, tak perlu banyak-banyak kalau misalnya bagian-bagian bekas gigitan nyamuk termasuk sedikit. Siapkan tepung beras yang kemudian dicampur bersama vinegar untuk membentuk pasta kental. Setelah itu aplikasikan ini ke bagian bekas yang ingin dihilangkan. Ketika sudah mengering, baru boleh dibilas.

(Baca juga: bahaya minum air es bagi kesehatan)

12. Menggunakan Es

Es batu atau ice pack sangat berguna juga dalam menghilangkan bekas gigitan nyamuk karena distribusi akan peradangan bisa dibatasi oleh temperatur yang dingin. Es batu juga sangat baik dalam merawat kulit dan mencerahkannya, jadi tidak ada salahnya mencoba cara super mudah ini.

  • Caranya: Sediakan kain yang kemudian dipakai untuk membungkus beberapa es batu, lalu tempelkan atau kompreskan ke bagian bekas gigitan nyamuk itu. Tahan dalam waktu 10-15 menit baru setelah itu bisa dilepaskan. Melakukannya sesering mungkin akan sangat menolong.

(Baca juga: bahaya minum air es setelah makan)

13. Memakai Baking Soda

Baking soda selain berguna untuk membuat makanan, fungsinya dalam menghilangkan bekas luka maupun gigitan nyamuk cukup ampuh dan layak dicoba.

  • Caranya: Sederhana saja, cukup dengan berendam air yang sudah kita campurkan dengan baking soda akan mengubah segalanya. Perbandingan yang dibutuhkan adalah 1:3 ketika hendak melakukan perawatan ini. Bahkan untuk yang kulitnya sudah kena iritasi dan terasa gatal, baking soda dapat dijadikan obat ampuh untuk menyembuhkannya.

(Baca juga: bahaya baking soda)

14. Memanfaatkan Madu

Madu yang asli selalu berguna bagi kehidupan dan kesehatan manusia, dan akan sangat baik pula untuk kulit. Tentu dengan demikian madu juga bisa digunakan untuk cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk yang menurunkan rasa percaya diri kita, apalagi kalau cukup banyak.

  • Caranya: Siapkan madu asli atau murni (untuk mengetahuinya bisa cari tahu cara membedakan madu asli dan palsu) yang kemudian bisa dicampurkan bersama air yang perbandingannya 1:3 untuk air dan madu. Ambil bola kapas yang bisa dicelupkan ke ramuan madu ini, baru pakai dengan mengoleskannya ke bintik-bintik noda bekas gigitan nyamuk secara merata. Melakukannya sering-sering secara rutin akan memberikan hasil memuaskan.

15. Menggunakan Bawang Merah

Selain bawang putih, bawang merah juga manjur untuk dijadikan penghilang noda bekas gigitan nyamuk terlepas dari efek samping bawang merah. Kandungan baik di dalam bawang merah akan membantu memudarkan bekas luka sekalipun.

  • Caranya: Siapkan saja bawang merah cukup sesiung, lalu setelah dikupas dan dibersihkan bisa diparut sampai benar-benar halus. Bekas gigitan nyamuk dapat ditempel dengan ramuan parutan halus bawang merah. Bisul, keloid hingga luka bakar dapat diatasi dengan perawatan kulit menggunakan bawang merah sebagai bahan utamanya.

(Baca juga: makanan untuk penderita penyakit ginjal)

16. Memakai Beras

Beras selain dapat dimasak menjadi nasi dan menjadi makanan pokok sehari-hari kita, bahan ini juga akan sangat bagus sebagai obat penghilang bintik bekas gigitan nyamuk. Entah itu di bagian tangan, wajah atau kaki, gunakan beras untuk memudarkanya.

  • Caranya: Beras harus melalui proses perendaman lebih dulu kurang lebih 15 menit. Langkah selanjutnya adalah dengan mengangkat lalu menumbuknya hingga lembut. Tak hanya beras, cobalah kombinasikan dengan kencur beberapa buah saja yang juga ikut ditumbuk sebelum akhirnya dicampur dengan tumbukan beras. Campur sampai merata lalu setelah itu bekas gigitan nyamuk bisa dibubuhi ramuan ini; penggunaan setiap hari apalagi dua minggu berturut-turut bakal lebih dianjurkan.

(Baca juga: ciri-ciri beras plastik)

17. Memanfaatkan Putih Telur

Telur yang biasanya kita rebus, kukus atau goreng juga sangat bermanfaat ketika digunakan untuk menghilangkan bekas gigitan nyamuk, khususnya di bagian putihnya.

  • Caranya: Ambil langsung putih telurnya dengan memisahkannya dari yang kuning. Lalu jangan lupa tambahkan madu juga dan mencampur kedua bahan hingga rata. Setelah jadi, bekas gigitan nyamuk dapat diolesi dengan ramuan ini setiap hari secara rutin. Untuk flek pada wajah juga bagus.

(Baca juga: bahaya telur mentah)

18. Menggunakan Buah Pare

Buah pare juga sebaiknya tidak disepelekan karena pare sendiri juga banyak digunakan untuk perawatan kulit. Fungsinya yang mampu mencerahkan serta memutihkan tubuh serta wajah akan sangat mampu menyamarkan bekas luka atau semacam bekas gigitan nyamuk.

  • Caranya: Sediakan buah pare satu saja yang kemudian bisa ditumbuk dan diambil bagian sari atau airnya. Air sari ini bisa dicampurkan dengan tepung beras dan aduk-aduklah sampai membentuk krim. Bekas gigitan nyamuk dapat diolesi krim buatan sendiri ini kemudian setelah beberapa menit basuhlah menggunakan air hangat. Olesi secara rutin supaya bekas bisa memudar.

(Baca juga: cara mengobati luka tersiram air panas)

19. Memakai Teh Basi

Kalau sebelumnya kita mengetahui bahwa teh hijau sangat berguna untuk memudarkan bekas gigitan nyamuk, teh yang sudah basi pun rupanya juga dapat diandalkan.

  • Caranya: Setelah memakai teh celup, bukalah kantongnya sehingga kita menjumpai daun tehnya. Yang akan kita gunakan adalah bagian tersebut di mana daunnya bisa digosok-gosokkan ke kulit yang memiliki bekas gigitan nyamuk, boleh juga menganggapnya sebagai luluran. Tunggu saja sekitar 15 menit sebelum membilas diri, melakukannya dua kali dalam seminggu akan memperlihatkan hasil terbaik.

(Baca juga: penanganan luka bakar)

20. Memanfaatkan Daun Kapuk Randu

Daun kapuk randu adalah sebuah bahan yang sangat bagus untuk menghilangkan bintik bekas gigitan nyamuk. Namun ada beberapa orang yang tak merasa cocok dengan bahan ini karena bisa menimbulkan rasa gatal sebagai reaksi alergi, jika ini terjadi maka silakan menghentikan pemakaian.

  • Cara 1: Beberapa lembar daun kapuk randu bisa diambil lalu dicuci sampai bersih sebelum dipakai untuk mengompres bekas gigitan nyamuk bersama dengan sabun antiseptik dan air hangat. Daun tersebut bisa digosokkan ke bagian yang membekas dan untuk hasil maksimal, pemakaian sehari 2 kali lebih dianjurkan.
  • Cara 2: Apabila ingin cara lain, coba saja untuk menumbuk daunnya lebih dulu secara tradisional, atau pakai blender untuk menghaluskannya sebelum dioles ke bagian bekas gigitan nyamuk.

(Baca juga: cara menghilangkan cacar air dengan cepat)

21. Menggunakan Kulit Semangka atau Pisang

Apakah sudah tahu bahwa kulit pisang atau semangka bisa dipakai sebagai obat penghilang bekas luka atau bekas gigitan nyamuk? Bekas hitam akibat gigitan nyamuk akan mengganggu penampilan luar kita.

  • Caranya: Tepat setelah menikmati buah pisang atau semangka, lebih baik kulitnya dipisahkan tapi jangan dibuang dulu. Selesai makan, pakai kulit buah tersebut untuk diusap ke bekas hitam akibat gigitan nyamuk. Tunggu saja sampai mengering baru menggunakan air dingin untuk membilasnya.

(Baca juga: makanan yang cepat menyembuhkan luka operasi)

22. Memakai Lobak

Lobak juga adalah bahan alami yang bisa dipakai dengan mudah sebagai obat pemudar bekas gigitan nyamuk yang menghitam di kulit kita.

  • Caranya: Sediakan lobak yang kemudian bisa dipotong-potong kecil-kecil baru kemudian direndam di dalam susu kurang lebih 30 menit. Setelah direndam baru usapkanlah ke bekas gigitan nyamuk sambil memijatnya. Penggunaan setiap hari dan rutin bakal mengubah kulit tersebut kembali cantik.

(Baca juga: pertolongan pertama pada luka bakar)

23. Memanfaatkan Lidah Buaya

Lidah buaya sudah sangat terkenal efeknya bagi kulit serta rambut. Karena khasiat lidah buaya untuk kulit begitu luar biasa, bahan ini bisa juga untuk cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk.

  • Caranya: Bila di halaman rumah sudah punya tanaman lidah buaya, ambil saja dan kemudian gelnya bisa digunakan untuk menggosok bagian yang ada bekas gigitan nyamuknya. Setelah digosok sambil memberi pijatan lembut, tunggu 8 jam (ini artinya lebih baik perawatan dilakukan sebelum tidur di malam hari) sebelum dibilas. Melakukannya setiap hari akan mengembalikan warna kulit yang menghitam menjadi normal kembali.

(Baca juga: bahaya gigitan kelabang)

24. Memanfaatkan Jus Kentang

Karena kentang bisa diandalkan sebagai pemutih kulit tradisional dan memberikan efek cerah alami, bekas luka atau gigitan nyamuk pun bisa diatasi.

  • Caranya: Potong kecil-kecil kentang secukupnya lalu diblender karena kita perlu membuat jus dari bahan tersebut. Jus yang sudah jadi bisa kemudian di usap ke bekas gigitan nyamuk secara merata, biarkan dulu hingga meresap lama, baru dibersihkan dengan air.

(Baca juga: gigitan tomcat)

25. Menggunakan Bengkoang

Banyak produk body lotion yang mengandung bahan bengkoang di mana memang terbukti mampu membuat kulit lebih lembut dan cerah. Jadi untuk kulit yang ada bekas gigitan nyamuk dan berwarna gelap juga pasti bisa dicerahkan dengan bahan ini.

  • Caranya: Blender saja bengkoang yang sudah disiapkan sampai halus, atau kalau mau menumbuknya pun juga boleh. Ramuan yang sudah halus bisa dioles ke bekas gigitan nyamuk. Tunggulah selama mungkin agar teresap sempurna; pemakaian rutin lebih dianjurkan karena bisa memberikan hasil optimal.

(Baca juga: pertolongan pertama kena minyak goreng panas)

26. Memakai Tomat

Tahukah Anda bahwa tomat adalah jenis sayuran yang juga berguna untuk membuat kulit lebih cerah. Ini artinya tomat juga boleh dicoba untuk mencerahkan area kulit bekas gigitan nyamuk.

  • Caranya: Baik itu dibuat jus dengan memblendernya atau dipotong lalu digosokkan ke bagian kulit yang gelap bisa dilakukan tergantung keinginan kita. Apapun caranya bila dilakukan sering dan rutin tentu akan berhasil memudarkan bintik-bintik hitam tersebut.

(Baca juga: bahaya gigitan kucing)

27. Memanfaatkan Pepaya

Pepaya adalah buah yang bisa melancarkan buang air besar, tapi manfaatnya bukan hanya itu saja. Kulit yang kurang sedap dipandang karena bekas gigitan nyamuk akan dicerahkan kembali.

  • Caranya: Pepaya hijau terbukti lebih baik, maka carilah dan sediakan pepaya hijau yang dipotong-potong, dihaluskan lalu dicampurkan dengan jus lemon secukupnya. Ramuan ini boleh dibuktikan dapat mencerahkan kembali bintik hitam akibat gigitan nyamuk.

(Baca juga: bahaya operasi plastik)

Itulah 27 cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk tanpa harus menggunakan bahan sulit dan berbahaya. Tak perlu harus menggunakan laser atau operasi plastik demi kulit cantik dan indah.

You may also like