Home Tips KesehatanKesehatan Kulit 17 Cara Menghilangkan Bekas Luka Lama Secara Alami

17 Cara Menghilangkan Bekas Luka Lama Secara Alami

by Erlita

Bekas luka agaknya akan sangat mengganggu apabila ada di bagian tubuh yang setiap hari mudah terlihat. Sebagian orang mungkin tak akan begitu peduli, namun tentu banyak yang akan mencoba berbagai cara menghilangkan bekas luka lama agar kulit kelihatan bersih sehingga lebih enak dilihat oleh orang lain. Bekas luka bisa saja ada di bagian wajah, tangan, kaki betis atau bagian lainnya yang mudah tampak, dan bekas luka tersebut dapat terjadi dikarenakan adanya bekas jahitan, bekas herpes, bekas cacar, bekas jerawat, akibat luka gatal, atau juga luka kena knalpot. Apapun penyebabnya, bekas luka lama tersebut masih bisa diatasi dengan cara-cara berikut.

(Baca juga: penyebab luka tidak cepat kering)

1. Menggunakan Daun Pare

Mungkin mendengar namanya saja, yang muncul di benak kita adalah sebuah bahan makanan yang rasanya sangat pahit. Namun tahukah bahwa pare malah dianggap sebagai salah satu tanaman herbal dengan khasiat segudang untuk menjaga kesehatan tubuh. Memang buah pare sendiri menjadi kesukaan beberapa orang dan kerap dimanfaatkan sebagai obat atau juga makanan, seperti yang kerap kita temukan pada siomay. Tapi lebih dari itu, bagian daunnya pun sangat bermanfaat untuk membuat bekas luka yang sudah lama menjadi tersamarkan dan bahkan memudar sedikit demi sedikit.

  • Caranya: Untuk menggunakan daun pare, cukup ambil beberapa lembar yang kemudian bisa dicuci bersih sebelum akhirnya dihaluskan sebelum menambahkannya dengan air hangat. Setelah itu barulah kita bisa memerasnya dan air perasan tersebutlah yang perlu dicampurkan dengan tepung beras sebanyak 2 sendok makan hingga membentuk pasta atau bertekstur seperti lotion. Oleskan atau aplikasikan langsung ke bekas luka lama yang dimiliki lalu silakan untuk mendiamkannya sampai kering baru boleh dibilas sampai benar-benar bersih.

(Baca juga: bahaya gigitan kucing)

2. Memakai Madu

Bahan alami satu ini sejak dulu sudah begitu ampuh dan diyakini sangat mampu merawat kulit secara sempurna, asalkan menggunakan madu asli atau murni. Cari tahu lebih dulu cara membedakan madu asli dan palsu supaya bisa mendapatkan yang benar-benar berkualitas. Khasiatnya yang begitu luar biasa juga mampu meningkatkan rasa percaya diri kita yang sempat turun akibat bekas luka pengganggu penampilan.

  • Cara 1: Siapkan madu yang benar-benar alami dan asli dan setelah itu kita hanya perlu mengoleskan madu tersebut secukupnya ke bagian bekas luka yang sudah lama tersebut secara merata. Tunggu dan diamkan kurang lebih setengah jam supaya teresap sempurna ke dalam kulit. Baru selanjutnya kita bisa memakai air hangat ketika waktu membilas tiba. Melakukannya secara rutin akan benar-benar memberikan hasil maksimal karena regenerasi sel-sel kulit baru akan terstimulasi oleh madu ini.
  • Cara 2: Madu asli yang sudah disediakan bisa langsung diaplikasikan ke bagian bekas luka dan berikan pijatan selama kurang lebih 10 menit sebelum akhirnya didiamkan selama sejam. Baru setelah 1 jam berlalu, silakan membilas, tapi pakai air hangat untuk proses ini. Selama beberapa minggu berturut-turut setiap harinya perawatan ini dapat dilakukan 2 kali.
  • Cara 3: Madu yang sudah kita beli bisa kita ambil sekitar 2 sendok makan dan dicampurkan dengan baking soda sekitar 1 sendok makan saja. Campur sampai terbentuk pasta atau lotion dan silakan langsung aplikasikan ke bagian bekas luka tadi dan memberi pijatan selama 2-3 menit. Kain yang telah dicelup ke dalam air panas bisa dikompreskan ke area bekas luka dan ketika sudah menjadi lebih adem, area tersebut dapat diusap. Melakukannya 3-4 kali dalam seminggu akan memberikan hasil terbaik.

(Baca juga: madu untuk penderita insomniamadu untuk penderita asma)

3. Memanfaatkan Minyak Biji Pangkal Bunga Mawar

Pernah mendengar akan khasiat dari minyak biji pangkal bunga mawar sebelumnya? Minyak ini ternyata sangat ampuh dalam menghilangkan bekas luka yang bahkan sudah terlalu lama. Bekas luka yang kiranya sempat mengganggu dan menurunkan rasa percaya diri dapat dipudarkan secara alami oleh bahan ini secara sederhana.

  • Caranya: Tak akan memerlukan waktu lama apalagi dengan cara yang ribet karena pada dasarnya, cukup dengan mengoleskan minyak ke bagian bekas luka sambil memberikan pijatan-pijatan lembut selama sekitar seperempat jam atau 15 menit bakal mampu memudarkan bekas luka secara bertahap. Hasil yang optimal dapat dialami dan dibuktikan sendiri apabila perawatan ini dilakukan rutin sehari 2 kali setiap hari tanpa bolong.

(Baca juga: penanganan luka bakar)

4. Menggunakan Tea Tree Oil

Minyak pohon teh pasti sudah tak asing lagi di telinga kita dan memang bahan ini terbukti bagus untuk kesehatan kulit kita dan bisa dimanfaatkan untuk merawat kesehatan kulit. Sebagai penghilang bekas luka, bahan ini cukup terpercaya dan sangat mudah untuk melakukan perawatannya di rumah, asalkan selalu diencerkan lebih dulu dengan mencampurkannya dengan air karena minyak ini terlalu kuat.

  • Cara 1: Gunakan tea tree oil sebanyak 2 tetes saja yang kemudian bisa dicampurkan dengan minyak almond atau minyak zaitun satu sendok teh. Setelah tercampur, langsung pakai dengan mengaplikasikannya ke area yang ada bekas lukanya hingga beberapa jam sebelum kita bisa membersihkannya. Sehari sekali sudah sangat cukup dan hasilnya akan dijamin memuaskan apabila melakukan perawatan ini setiap hari selama beberapa minggu.
  • Cara 2: Jika pernah melihat ada sabun yang terbuat dari tea tree oil, silakan beli dan coba pakai sabun tersebut dengan cara mengusap dan membersihkan bagian bekas luka dengan sabun tersebut. Lakukan paling tidak sehari 2 kali untuk memperoleh hasil yang benar-benar optimal meski mungkin tak bisa cepat.
  • Cara 3: Ada opsi lain dengan bahan yang sama, yakni dengan mencampurkan 2-3 tetes akan tea tree oil dengan air hangat sebanyak ¬Ĺ cangkir dan campur saja sampai rata. Baru sehabis itu, gunakan air campuran tersebut dengan mengaplikasikannya ke bagian bekas luka sehari dua kali dalam beberapa minggu supaya bisa melihat hasilnya.

(Baca juga: cara menghilangkan kutu aircara mengobati luka tersiram air panas)

5. Memakai Cocoa Butter

Untuk bekas luka yang mengganggu penampilan, selalu ada jalan keluarnya, salah satunya dengan memakai cocoa butter di mana memang bahan ini juga dianggap alami. Proses melembabkan bisa terjadi jauh ke dalam lapisan kulit sehingga pemakaian rutin akan sangat mendukung pemudaran bekas luka lama. Dengan kandungan vitamin E berkadar tinggi, perbaikan kulit akan terjadi lebih sempurna.

  • Caranya: Usap bagian kulit yang memiliki bekas luka lebih dulu menggunakan kain yang sudah dibasahi dan gunakan handuk untuk mengeringkannya. Selanjutnya, lanjutkan dengan menggunakan cocoa butter murni sebanyak satu sendok makan penuh sambil memberikan pijatan lembut dengan arah melingkar. Sehari 3 kali adalah perawatan yang dianjurkan dan hasil akan sangat kelihatan setelah beberapa minggu dengan perawatan rutin.

(Baca juga: cara menjaga kesehatan kuku)

6. Memanfaatkan Minyak Lavender

Kulit dengan bekas luka yang bertahan lama kemungkinan memang terhambat proses peremajaannya, maka di sini kita membutuhkan minyak lavender yang bersifat meremajakan sel kulit. Tingkat pergantian sel kulit dari yang lama ke yang baru bisa didukung dengan baik oleh bahan satu ini. Dengan demikian, bekas luka yang ada di kulit kita bakal dicegah menjadi permanen.

  • Cara 1: Cobalah untuk mengombinasikan minyak zaitun dengan minyak lavender masing-masing dengan jumlah yang sama. Baru setelah itu, terapkan campuran ramuan ini ke area yang mempunyai bekas luka. Sambil mengoleskan, bisa juga dipijat-pijat secara lembut dalam beberapa menit.
  • Cara 2: Tak perlu repot untuk menggunakan minyak lavender karena selain dikombinasikan dengan minyak zaitun, minyak esensial satu ini juga bisa dioles langsung ke bekas luka sambil memijat-mijatnya dalam gerakan melingkar. Pijatan bisa dilakukan selama 10-15 menit sampai minyak dapat tembus ke dalam kulit sehingga proses regenerasi sel lebih cepat.

Memilih salah satu dari dua cara itu sah-sah saja, tapi hasilnya akan jauh lebih terasa kalau dilakukan setiap hari 2 kali sampai beberapa minggu. Jadi, jangan bosan-bosan untuk melakukan perawatan sampai bekas luka memudar.

(Baca juga: pertolongan pertama kena minyak goreng panas)

7. Menggunakan Cuka Sari Apel

Mungkin yang kita tahu, cuka sari apel itu adalah obat jenis-jenis penyakit jantung atau darah tinggi saja, tapi sebenarnya kegunaan cuka sari apel bukan hanya sebagai penurun kolesterol tinggi. Pemakaian luar pun akan sangat membantu bagi yang ingin menghilangkan bekas luka, apalagi bekas luka yang lama dan mungkin kita kira bakal permanen. Cuka sari apel memiliki sifat asam yang bertugas untuk membuat kulit terkelupas di mana akhirnya kulit mati akan terangkat.

  • Caranya: Siapkan bola kapas yang kemudian bisa dicelup ke dalam cuka sari apel. Terapkan ke area yang memiliki bekas luka dan ingin dihilangkan. Tunggu saja sekitar 10-15 menit dengan sabar sebelum akhirnya olesan tersebut bisa dicuci bersih menggunakan air hangat atau air dingin. Jangan lupa setelahnya kita masih harus menerapkan pelembab ke kulit kita. Perawatan yang dilakukan sehari beberapa kali akan lebih manjur, apalagi kalau bisa berlanjut sekitar beberapa minggu. Namun cara ini berisiko iritasi kulit, jadi cuka sari apel bisa diencerkan lebih dulu dengan air tepat sebelum menerapkannya ke kulit.

(Baca juga: bahaya gigitan kelabang)

8. Memakai Jus Lemon

Kalau biasanya kita menikmati jus lemon sebagai pelega dahaga atau teman menu tertentu, jus lemon alami akan sangat berguna untuk mengatasi dan menghilangkan bekas luka yang kita ingin hilangkan dari lama. Karena di dalam lemon ada AHA atau alpha hydroxy acids, maka sel-sel kulit mati akan lebih mudah untuk diangkat dan proses regenerasi akan lebih cepat. Jus lemon ini juga dikenal sebagai pemutih kulit alami karena kandungan vitamin C-nya yang tinggi, jadi noda bekas luka akan dapat memudar dan kulit hasilnya bakal lebih cerah.

  • Caranya: Ekstrak lemon bisa diterapkan langsung ke area bekas luka dan tunggulah sekitar 10 menit sampai jus lemon mengering. Lanjut dengan membilasnya hingga bersih, lalu keringngkan sebelum akhirnya bisa memakai pelembab. Melakukan perawatan semacam ini sehari 2 kali dan terus tanpa berhenti selama beberapa minggu, dijamin hasilnya akan memuaskan. Hanya saja, kulit akan lebih sensitif terhadap cahaya matahari karena efek jus lemon, maka dianjurkan untuk selalu menerapkan tabir surya sebelum berkegiatan di luar ruangan.

(Baca juga: buah yang mengandung vitamin c super tinggi dan manfaatnya)

9. Memanfaatkan Ekstrak Bawang Merah

Pernah terpikirkah bahwa bawang merah dapat diandalkan sebagai obat atau bahan perawatan untuk cara menghilangkan bekas luka secara alami? Bekas luka lama yang mungkin sudah membuat kita putus harapan dapat diatasi dengan bahan alami yang mudah ditemukan ini. Bersifat anti-inflamasi, pada kulit yang ada bekas lukanya akan terproduksi kolagen lebih sehingga otomatis bekas tersebut akan memudar serta kelihatan tipis.

  • Caranya: Ekstrak bawang merah dapat dijumpai dalam bentuk gel biasanya, jadi temukan gel tersebut baru setelah itu oles-oleskan ke bagian yang ada bekas lukanya. Prosesnya memang tidak instan seperti yang kebanyakan dari kita inginkan, tapi benar-benar akan bermanfaat apabila kita secara rajin menerapkannya setuap hari selama beberapa bulan. Bersabar, lihat perkembangannya dan buktikan langsung bahwa ekstrak bawang merah memiliki fungsi luar biasa.

(Baca juga: efek samping bawang merah)

10. Menggunakan Ekstrak Cair Vitamin E

Menghilangkan noda atau bekas luka lama sebetulnya tak begitu sulit, salah satu caranya adalah dengan menggunakan obat ekstrak vitamin E di mana di dalamnya kaya akan zat antioksidan. Pada vitamin E ini juga terkandung pelembab yang cukup tinggi sehingga akan menolong kulit mendapatkan nutrisi cukup serta membantunya terevitalisasi secara sempurna. Tak hanya itu, ekstrak ini juga bakal menstimulasi terbentuknya kolagen yang bertujuan menguatkan, menyehatkan dan meningkatkan tekstur kulit.

  • Caranya: Ekstrak cair yang asalnya dari kapsul vitamin E terpercaya efektif dan ampuh untuk memudarkan bekas luka. Hanya tinggal menerapkan ekstraknya ke bekas luka sehari 2 sampai 3 kali yang dilakukan selama beberapa minggu demi hasil maksimal. Krim vitamin E juga bisa diandalkan kalau ingin memakainya, imbangi juga dengan mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin E dan manfaatnya¬†pada diet supaya peremajaan kulit terjadi lebih sempurna.

(Baca juga: buah yang mengandung vitamin e tinggi)

11. Memakai Minyak Kelapa

Untuk memudarkan bekas luka yang bahkan sudah cukup lama, ada minyak kelapa sebagai alternatif bila kiranya ingin mencoba selain dari cara-cara yang sudah diulas sebelumnya. Di dalam minyak kelapa terdapat asam lemak rantai menengah yang akan memainkan peran sebagai antioksidan sehingga akan melindungi kulit dari segala efek jahat radikal bebas. Tak hanya itu, kebaikan lainnya dari bahan ini adalah sebagai penstimulasi produksi kolagen, pelembut kulit dan pendukung cepatnya proses pemulihan maupun penyembuhan.

  • Caranya: Sediakan minyak kelapa yang benar-benar murni dan asli, ambil 1 sendok teh saja lalu panaskan (dianjurkan untuk menggunakan microwave). Setelah dirasa sudah hangat, ramuan sederhana ini dapat langsung diaplikasikan ke bekas luka kita. Sambil memijatnya lembut dengan gerakan melingkar kecil, biarkan minyak ini teresap dengan baik ke dalam jaringan kulit yang sempat rusak. Tak ada aturan pakai tertentu, asalkan setiap hari cara ini dilakukan sesering mungkin, hasilnya tak akan mengecewakan; teruskan perawatan hingga benar-benar sudah melihat adanya perubahan positif.

(Baca juga: cara menghilangkan bisul secara alami)

12. Memanfaatkan Mentimun

Lalapan pasti adalah yang pertama kali muncul dalam ingatan kita ketika mentimun disebut-sebut. Tapi mentimun tak hanya nikmat untuk dijadikan lalapan karena kandungan vitamin C-nya yang termasuk tinggi akan sangat bermanfaat ketika digunakan untuk menangkal segala radikal bebas. Bagi kulit yang kering pun bisa juga memakai mentimun sebagai bahan perawatan kulit sehari-hari karena memang mentimun adalah sebuah bahan makanan alami berkandungan air tinggi.

  • Caranya: Demi bekas luka hilang secara berangsur, praktikkan perawatan dengan mentimun di mana mentimun ini dicuci bersih lebih dulu, baru setelah itu dipotong kecil-kecil sebelum akhirnya bisa dihaluskan. Menghaluskannya tak perlu manual karena bisa juga menggunakan blender atau kalau mau menumbuknya sendiri juga boleh. Setelah teksturnya dirasa lembut, gunakan saja ramuan tersebut dengan menerapkan ke bekas luka. Menggunakannya pada malam hari dan mendiamkannya semalaman akan lebih efektif, terutama bila setiap hari supaya hasil yang dialami luar biasa.

(Baca juga: cara menghilangkan lingkaran hitam pada mata)

13. Menggunakan Daun Mint

Termasuk dalam daftar tanaman herbal, mint lebih sering digunakan pada bagian daunnya. Berbagai produk obat kumur dan pasta gigi kebanyakan memakai tanaman herbal ini, tak ketinggalan juga produk minyak angin. Memang aromanya yang adem dan pas sebagai aromaterapi dapat membuat seseorang menjadi lebih tenang, tapi fungsi lainnya yang tak boleh dilewatkan adalah sebagai penghilang bekas luka, termasuk bekas luka yang cukup lama.

  • Caranya: Ambil saja beberapa lembar daun mint, lalu mencucinya sampai bersih sebelum akhirnya bisa dihaluskan hingga bentuknya seperti scrub. Dengan scrub dari daun mint buatan sendiri inilah, kita bisa mengatasi bekas luka, yaitu dengan mengoleskannya ke area bekas luka. Penggunaan rutin setiap hari bakal memberikan hasil lebih maksimal bagi kita.

14. Memakai Lidah Buaya

Sudah tak diragukan lagi khasiat lidah buaya untuk kulit, dan untuk alasan itulah banyak orang menggunakannya untuk merawat kulit dan bahkan rambut. Tanaman penyubur rambut ini kini juga bisa dikenal sebagai tanaman ampuh penghilang bekas luka. Ada lignin, sebuah senyawa di dalam lidah buaya bersama dengan asam amino yang akan memberikan kelembaban lebih bagi kulit. Sel kulit lama akan dapat teregenerasi secara baik.

  • Caranya: Pada lidah buaya, yang paling sering dimanfaatkan tentu adalah bagian gel atau lendirnya, tentu untuk memudarkan bekas luka kita akan menggunakan hal yang sama. Oleskan pada bekas luka lendir lidah buaya secukupnya sambil memberikan pijatan sedikit. Melakukannya sesering dan serutin mungkin jelas lebih baik meski hasilnya tak dapat instan. Perawatan setiap hari tidak akan mengecewakan dan dijamin hasilnya akan seperti yang kita harapkan.

(Baca juga: obat alergi gatal)

15. Memanfaatkan Teh Hijau

Mengandung antioksidan, jelas teh hijau selalu disebut-sebut sebagai bahan alami yang bagus untuk merawat kulit. Bekas luka lama pun akan dapat dipudarkan karena kebaikan teh hijau ini diektahui 200 kali lebih banyak apabila membandingkannya dengan vitamin E. Bekas luka akibat jerawat biasanya adalah yang paling bisa diatasi oleh bahan satu ini, jadi boleh kiranya untuk dicoba.

  • Caranya: Jadikan teh hijau ini sebagai toner di mana setelah membuat/menyeduhnya, kita bisa pakai handuk kecil, membasahinya dengan teh hijau sebelum diterapkan pada bekas luka kita. Bila tak ada handuk kecil, gunakan kapas saja. Handuk atau kapas tersebut bisa diusap-usapkan ke kulit dengan bekas luka secara rutin; melakukannya secara rutin dan bahkan sesering mungkin sangat dianjurkan supaya manfaatnya lebih cepat terasa.

(Baca juga: bahaya minum teh bagi kesehatan)

16. Menggunakan Minyak Zaitun

Dari tadi kita hanya membahas bagaimana minyak zaitun sebagai bahan tambahan atau kombinasi dari beberapa jenis minyak yang sudah dibahas. Padahal minyak zaitun juga bisa dipakai sendiri tanpa dicampur bahan lainnya dan ini akan tetap efektif untuk menghilangkan bekas luka. Kandungan antioksidan di dalamnya akan sangat membantu memudarkan bekas luka sekalipun sudah tergolong lama.

  • Caranya: Olesi saja bagian bekas luka dengan menggunakan minyak zaitun sekitar 1 sendok makan saja. Tapi tak perlu harus 1 sendok makan kalau lukanya kecil, cukup seperlunya saja. Pijat-pijatlah selama melakukan proses penerapan minyak ke bekas luka sekitar 5 menit supaya merenggangkan jaringan bekas luka. Sehabis itu, biarkanlah minyak meresap ke dalam kulit dengan waktu 10 menit sebelum diakhiri dengan membersihkannya menggunakan kain atau handuk bersih.

(Baca juga: makanan yang cepat menyembuhkan luka operasi)

17. Menghindari Paparan Sinar Matahari

Setelah serangkaian penggunaan bahan alami untuk perawatan proses menghilangkan bekas luka, satu cara yang tidak boleh terlupakan adalah menghindari kulit yang ada bekas luka terhadap sinar matahari. Sinar ultraviolet akan justru berbahaya bagi bekas luka kita karena akan membuat warnanya berubah dan malah semakin terlihat jelas.

(Baca juga: bahaya sinar matahari di siang hari)

Itulah sederet cara menghilangkan bekas luka lama yang mungkin kita kira sudah tak bisa diapa-apakan lagi. Sejumlah cara tersebut menggunakan bahan yang sangat mudah dijumpai, jadi tak ada alasan untuk tidak mencobanya di rumah. Gunakan waktu luang untuk melakukan perawatan dan buktikan hasilnya dengan langkah-langkah tersebut.

You may also like