15 Penyebab Puting Gatal Pada Wanita

9074

Penyebab puting gatal sering dialami oleh kaum hawa dan menyerang pada wanita usia muda maupun tua dimana penyebabnya sangat beragam. Puting yang terasa gatal seringkali menyebabkan seseorang ingin menggaruknya berkali kali sehingga tanpa sadar menimbulkan iritasi yang justru memperburuk rasa gatal itu sendiri.

Faktor pemicu puting gatal yang perlu diwaspadai :

1. Masa kehamilan
Ketika wanita sedang hamil maka payudara akan mengalami perubahan bentuk dan akan semakin membesar seiring bertambahnya usia kehamilan. Pembesaran payudara sebaiknya diimbangi dengan pemakain ukuran bra yang sesuai dan tinggalkan bra lama yang tidak dapat digunakan lagi. Penyebab puting gatal cenderung disebabkan karena bra yang terlalu sempit yang akhirnya dapat memicu munculnya keringat berlebih dan menyebabkan gatal gatal serta iritasi .

2. Masa menyusui
Ibu menyusui cenderung mudah mengalami infeksi pada jaringan payudaranya termasuk puting. Hal tersebut disebabkan karena ASI telah terkontiminasi dengan zat kimia berbahaya. Misalnya wanita menyusui yang masih saja merokok maka racun dan zat berbahaya pada rokok akan masuk pada jaringan payudara dan menurunkan kualitas ASI.
Penyebab puting gatal lebih disebabkan karena adanya Tar,Timbal dan zat nikotin rokok pada jaringan payudara yang memicu munculnya gatal gatal disekitar puting. Kondisi itu adalah indikasi bahwa telah terjadi reaksi kimia antara zat berbahaya dari rokok terhadap kualitas ASI.

3. Aktifitas sehari hari
Penyebab puting gatal pada umumnya sering terjadi pada wanita usia muda karena aktifitas sehari hari seperti melakukan aktifitas harian atau bahkan olahraga dapat menyebabkan gesekan antara payudara dan baju yang dikenakan sehingga menyebabkan gatal gatal dan timbul iritasi setelah menggaruknya berulang kali.

4. Temperatur udara yang tinggi
Penyebab puting gatal bisa disebabkan karena kondisi udara yang terlalu panas atau terik yang dapat menyebabkan suhu tubuh ikut meningjat dan kelenjar keringat akan memproduksi keringat lebih aktif daripada saat kita berada pada ruangan yang sejuk. Keringat yang keluar dengan debit lebih banyak mempermudah bakteri yang dihasilkan dari radikal bebas tercampur dengan keringat tersebut dapat menyebbakan iritasi dan timbul gatal gatal

5. Adanya eksim
Seorang wanita yang mengalami serangan eksim diseputar payudaranya akan mempengaruhi kondisi putingnya karena eksim mudah melebar dan mengalami pergerakan menuju puting payudara dan menyebabkan gatal gatal . Eksim mampu memperburuk gatal gatal yang telah terjadi karena dapat menyebabkan kulit menjadi lebih kering, Bersisik, Kemerahan dan iritasi.
Baca juga : Penyebab eksim

6. Paget’s disease (kanker)
Paget’s disease merupakan kanker payudara penyebab gatal puting paling klasik yang sering dialami pada penderita kanker payudara atau orang orang yang sedang menjalanin terapi penyembuhan dengan kemoterapi.
Kanker payudara dapat menyebabkan gatal gatal luar biasa pada daerah puting payudara yang dibarengi dengan ruam ruam kemerahan, Pembengkakan ,Puting masuk kedalam, Terkadang ada cairan berwarna kekuningan yang keluar dan puting terasa kasar seperti kulit jeruk dan mengalami perubahan warna menjadi lebih gelap.

7.Penggunaan pewangi tubuh
Penggunaan pewangi atau parfum yang disemprotkan pada tubuh termasuk area payudara dapat menyebabkan iritasi dan gatal gatal disekitar puting payudara yang notabenya sangat sensitif terhadap bahan pengawet dari sebuah produk pewangi tubuh.
Zat kimia dari pewangi tubuh dapat memicu munculnya ruam ruam kemerahan dan gatal gatal. Penyebab gatal puting karena pewangi tubuh biasanya kerab dialami oleh orang orang yang memiliki jenis kulit yang sensitif dan kulit kering.

8. Pemakaian sabun
Penggunaaan sabun yang mengandung deterjen dapat menyebabkan kulit disekitar puting menjadi kering, Mudah terkelupas , Timbul gatal gatal dan mudah mengalami iritasi. Gunakan sabun yang memiliki ph seimbang, Memilki kandungan susu didalamnya dan sesuai dengan jenis kulit anda.

9. Memakai bra berhari hari
Malas mengganti bra adaalah kebiasaan buruk yang dapat menimbulkan gatal gatal diarea puting payudara. Memakai bra selama berhari hari memungkinkan bra menjadi memiliki kelembaban yang tinggi dan mudah dihinggapi berbagai macam bakteri dan jamur penyebab gatal gatal yang akan cepat berkembang biak bercampur dengan bakteri lain haasil radikal bebas melalui keringat dan debu.

10.Pemilihan bra yang salah
Sebaiknya memilih bra disesuaikan dengan ukuran payudara dan terbuat dari bahan yang dapat menyearp keringat misalnya terbuaty dari katun. Karakter Bra yang sederhana tanpa kawat dan renda lebih baik dan nyaman untuk mencegah terjadinya kelembaban tinggi diarea payudara yang menyebabkan puting menjadi gatal gatal.

11. Tidur menggunakan Bra
Tidur yang sehat adalah tanpa menggunakan bra. Tanpa bra tubuh akan merasa lebih nyamana dan lebih menyehatkan sistem pernafasan karena dada tidak mendapatkan tekanan. Menggunakan bra ketika tidur dapat meningkatkan suhu disekitar dada dan menyebabkan kelaurnya keringat . Keringat inilah yang dapat memicu munculnya ruam ruam kemerahan dan gatal gatal.
Baca juga : Bahaya memakai bra saat tidur malam

12.Tertumpah ASI
Segera menyeka dengan air hangat puting atau payudara yang terkena ASI tidak sengaja tumpah setelah selesai menyusui bayi atau pada saat sedang menyusui. ASI bersifat asam dan tajam, Dapat mengiritasi jenis kulit yang sensitif dan memicu munculnya gatal gatal yang jika digaruk akan menyebabkan iritasi.

13. Alergi makanan tertentu
Seseorang yang alergi terhadap makanan tertentu dapat menicu munculnya gatal gatal ditubuh termasuk puting payudara. Pilihlah makanan yang sesuai dengan kondisi tubuh anda agar terhindar dari gatal gatal pada area payudara termasuk puting.
Baca juga : Makanan penyebab alergi kulit

14. Perubahan hormon (Karena menstruasi)
Menstruasi menyebabkan perubahan hormon dan mempengaruhi emosional seseorang.Perubahan hormon dapat mengacaukan persediaan minyak alami yang ada dibawah permukaan kulit selkitar puting payudara yang dapat menyebabkan munculnya gatal gatal.

15. Perubahan hormon (Karena kontrasepsi)
Pada sebagian wanita yang memakai kontrasepsi tertentu mengalami perubahan hormon yang menyebabkan gatal gatal diseputar puting payudara. Kondisi tersebut adalah indikasi bahwa jenis kontrasepsi yang dipilih adalah penyebab gatal puting dan tidak sesuai dengan hormon yang ada didalam tubuh. Sebaiknya berkonsultasilah pada dokter dan meminta rekomendasi kontrasepsi lain yang lebih baik dan cocok dengan kondisi tubuh.

Solusi terbaik

Tips cara mencegah agar gatal gatal disekitar puting tidak terjadi

  • Menggunakan lotion atau salep rekomendasi dokter demartitis yaitu zat emolien dan steroid yang bermanfaat mengobati gatal dan mencegah iritasi serta pembengkakan pada puting payudara. Pemakain salep tersebut dapat dipakai setiap hari dengan dosis yang telah disesuaikan oleh dokter atau yang telah disesuaikan dengan aturan yang diberlakukan didalam kemasan produk.
  • Pemakaian krim khusus untuk mengobati dan mencegah gatal gatal serta iritasi pada puting payudara agar tidak datang lagi. Krim tersebut bernama pretroleum Jelly yang bisa dioleskan pada puting payudara yang mengalami gatal gatal dan iritasi atau pada puting yang baru mengalami gejala gatal gatal.