18 Obat Penghilang Bekas Cacar di Apotik dan Pencegahannya

6489

Obat penghilang bekas cacar di apotik merupakan racikan medis untuk mengembalikan kondisi kulit yang rusak akibat serangan virus varicella zoster. Penyakit cacar dapat menyerang segala umur yang muncul akibat didalam tubuhnya telah terinfeksi virus cacar atau akibat tertular virus tersebut dari orang lain.

Obat penghilang bekas cacar

Bekas bopeng atau kehitaman yang ditinggalkan dari penyakit cacar pada permukaan kulit cenderung sulit dihilangkan dan dapat mengganggu penampilan kulit.  Cacar air pada anak relatif mudah hilang tanpa meninggalkan bekas tetapi sulit hilang pada orang dewasa.  Namun tidak perlu khawatir karena telah tersedia obat untuk menghilangkan bekas cacar yang mudah diperoleh diapotik.

1.Tablet oral Acifar

Tablet oral Acifar (Acyclovir) adalah jenis obat topikal yang mengandung zat anti virus yang ampuh menyembuhkan penyakit cacar air dan Cacar biasa sekaligus menghilangkan bekasnya. Keistimewaan lain dari Acifar atau Acyclovir adalah memiliki kemampuan mengobati penyakit herpes simplek dan campak pada anak anak dan dewasa.

2.Porival salep

Porival salep merupakan obat penghilang bekas cacar di apotik yang bisa diaplikasikan pada bekas cacar yang baru atau sudah lama . Obat tersebut dapat digunakan anak anak, Dewasa dan orang dewasa dengan resep dokter. Porival salep dapat menghilangkan bekas luka atau cacar relatif cepat dan aman.

3. Porival tube

Porival tablet merupakan obat penghilang bekas cacar di apotik yang paling mudah didapat dengan bentuk tube dengan harga yang ramah didompet tetapi memiliki kemampuan secara klinis dalam hal menghilangkan bekas cacar berupa bopeng dan flek hitan membandel akibat jejak dari penyakit cacar yang telah sembuh. Obat tersebut dapat dioleskan 2 kali sehari secara teratur hingga bekas cacar benar benar hilang.

4. Dermatix salep

Dermatix salep adalah obat penghilang bekas cacar di apotik yang mempunyai 2 jenis tampilan yang berbeda tetapi memiliki kemampuan yang sama dalam mengatasi bekas cacar. Dermatix salep terdiri dari dermatix ultra gel dan dermatix siliucon gel) yang dapat dioleskan langsung pada bekas cacar. Kedua jenis dermatix ini mengandung vitamin C dan zat cyclopentasiloxane yang mampu menghilangkan bekas cacar dan luka relatif lebih cepat.

5. Bedak tabur caladin

Obat penghilang bekas cacar diapotik paling mudah didapat adalah Caladine powder . Caladine dalam bentuk tabur mampu mengatasi biang keringat, Gatal gatal akibat gigitan serangga dan juga mampu memudarkan noda hitam bekas cacar.

6. Caladine lotion

Caladine dalam bentuk lotion merupakan obat penghilang bekas cacar diapotik atau disupermarket yang mudah didapat dan terbukti ampuh mengatasi gatal gatal akibat cacar dan menghikangkan bekas cacar secaera bertahap. Caladine lotion tergoliong antiuhistamin, Obat topikal  dan mengandung antiseptik yang aman digunakan  anak anak, Dewasa dan orangtua.

7. Zoster oral

Zoster oral merupakan salah satu obat penghilang bekas cacar diapotik yang banyakl dijual dan mudah diperoleh secara atau tanpa resep dokter.  Zoster oral dapat diminum dan terbukti dapat merawat kesehatan jaringan kulit dan menghilangkan bekas cacar dari dalam tubuh melalui sel sel darah sehingga kondisi permukaan kulit berangsur angsur dapat kembali mulus tanpa noda/bopeng.

8. Mederma salep

Mederma salep adalah obat penghilang bekas cacar diapotik yang diformulasikan untuk mengatasi penyakit cacar berserta bekas bekas noda yang ditinggalkannya seyelah penyembuhan. Mederma salep mengandung alkohol, Senyawa allum cepa, PEG-4, Allontoin, Mineral dan sorbic acid yang secara klinis mampu menghilangkan bekas cacar  berupa bopeng atau cekungan dipermukaan kulit yang berwarna kehitaman.

9. Bioplacenta salep

Bioplacenta salep mengandung zat neomycin sulfut yang diformulasikan khusus untuk mengatasi bekas cacar yang mengagnggu penampilan kulit. Keistimewaan lain dari bioplacenta selain sebagai obat penghilang bekas cacar diapotik adalah dapat digunakan sebagai pencegah masuknya bakteri atau kuman kedalam area bekas cacar.

10. Alkohol 70%

Akohol 70% merupakan salah satu obat penghilang bekas cacar di apotik yang tergolong aman dan terbukti dapat memblokir pergerakan virus varicella agar tidak meluas atau menulari bagian tubuh lain. Alkohol dapat memudarkan bekas cacar berupa noda hitam dan bopeng. Alkohol dapat dioleskan pada bekas cacar dengan menggunakan kain kasa steril 2 kali sehari secara rutin. Alkohol 70 % memiliki sifat antiseptik dan desinfektan kulit yang boleh diaplikasikan pada kulit tetapi tidak lebih dari 2 kali sehari. 

Pencegahan

Penyakit cacar hanya sekali menyerang pada manusia tetapi bukan berati tubuh benar benar dalam keadaan kebal terhadap virus tersebut bila kondisi tubuh dalam kondisi yang lemah atau mengalami penurunan imunitas /kekebalan tubuh.

Untuk mencegah agar virus varicella zoster tidak kembali muncul maka inilah tips mudah untuk mencegah munculnya serangan virus varicella zoster.

  • Vaksinasi – Anak anak yang telah mendapatkan suntik vaksin virus varicella zoster didalamnya tubuhnya telah mendapat pertahanann yang cukup kuat untuk mencegah virus cacar untuk masuk kedalam tubuh, Namun bagi orang dewasa yang sejak masa kanak kanaknya belum pernah mendapatkan vaksinasi sebaiknya melakukan vaksin dengan 2 dosis vaksin sekaligus  untuk pencegahan penularan virus cacar melalui udara dan kontak fisik terhadap penderita cacar.
  • Suplemen atau Vitamin C – Mengkonsumsi suplemen atau vitamin C dengan dosis yang dianjurkan dokter mampu memelihara ketahanan fisik terhadap serangan bakteri dan virus termasuk virus varicella zoster yang muncul akibat percikan ludah atau bersin dari penderita gejala penyakit cacar yang belum terdikteksi.
  • Kebersihan lingkungan – Menjaga kebersihan lingkungan merupakan faktor paling penting untuk mencegah berkembangnya virus varicella zoster ditempat temnpat yang kotor. Virus penyakit cacar mudah beerkembang pada tempat tempat yang tidak bersih misalnya selokan, Parit, Tong sampah, Kondisi sanitasi yang buruk dan lain lain.
  • Menjaga kesehatan tubuh – Meningkatkan pola hidup yang lebih sehat adalah harga mati untuk menciptakan kondisi kesehatan tubuh yang selalu stabil. Cara menjaga kesehatan tubuh sehari hari terbukti dapat dapat mencegah penularan virus varicella zoster melalui udara atau dari orang orang yang telah terinfeksi virus cacar, Misalnya olahraga secara teratur , Istirahat cukup dan Makan makanan yang kaya nutrisi.
  • Kebersihan benda pribadi – Menjaga kebersihan benda benda pribadi yang digunakan setiap hari merupakan solusi terbaik untuk mencegah tumbuhnya bibit virus varicella zoster yang kasat mata, Misalnya membiasakan diri mengganti pakaian setidaknya 2 sampai 3 kali sehari, Mengganti sprei dan peralatan tidur lainnya secara teratur agar terhindar dari tanda tanda terkena cacar air.
  • Menghindari sementara – Lebih baik mencegah dari pada mengobati adalah semboyan yang wajib diterapkan dalam kehidupan sehari hari termasuk upoya untuk pencegahan munculnya serangan virus varicella zoster. Salah satu cara mencegah cacar air atau penulran virus varicella zoster kedalam tubuh paling ampuh adalah menghindari sementara orang orang yang menderita cacar hingga benar benar dinyatakan sehat.