Home Penyakit dan KelainanButa Warna 9 Cara Mencegah Buta Warna – Penyebab dan Cara Mengobati Buta Warna

9 Cara Mencegah Buta Warna – Penyebab dan Cara Mengobati Buta Warna

by Gilang Pratama

Salah satu kelainan pada bagian penglihatan yang sering terjadi adalah masalah buta warna. Buta warna sendiri merupakan sebuah kondisi dimana mata mengalami penurunan kualitas untuk melihat warna. Penderita buta warna biasa nya cenderung akan kesulitan ketika melihat warna – warna seperti merah, hijau, biru, ataupun campuran dari warna – warna ini. Meskipun kasus buta warna secara total sangat jarang terjadi. Hal ini karena biasanya penderita mampu beradaptasi dengan kondisi tersebut sehingga penderita tersebut bisa melihat beberapa gradasi warna meskipun penglihatan yang normal mampu melihat lebih banyak warna.

Untuk menghindari kondisi ini sebenarnya ada beberapa cara mencegah buta warna. Beberapa cara yang bisa kita lakukan antara lain adalah :

  1. Mengkonsumsi buah pepaya
    Selain berfungsi untuk  melancarkan gangguan pencernaan, buah pepaya juga sangat baik untuk penderita buta warna. Ini karena buah pepaya merupakan salah satu makanan yang mengandung vitamin A super tinggi. Hal ini bisa membantu untuk mengobati dan mencegah buta warna.
  2. Banyak mengkonsumsi susu sapi
    Cara mencegah  buta warna yang lainnya adalah dengan banyak mengkonsumsi susu sapi. Susu sapi sendiri pada dasarnya memang sangat lah baik bagi kesehatan. Susu sapi yang memiliki kalsium tinggi selain baik untuk kesehatan tulang dan cara mencegah osteoporosis juga sangat baik untuk mengobati gangguan mata terhadap warna.
  3. Mengkonsumsi susu kambing
    Selain dengan susu sapi, cara mengobati buta warna juga bisa dengan menggunakan susu kambing. Meminum susu kambing secara teratur juga bisa mengobati gangguan penglihatan terutama buta warna.
  4. Menggunakan bawang merah
    Mengkonsumsi bawang merah secara teratur diyakini dapat mengatasi dan mencegah buta warna.
  5. Mengkonsumsi buah apel
    Buah apel merupakan salah satu jenis buah yang memiliki banyak fungsi. Salah satu fungsi hebat yang bisa kita dapatkan dari mengkonsumsi buah apel adalah bisa mencegah dari buta warna.
  6. Banyak mengkonsumsi wortel
    Seperti kita ketahui wortel merupakan salah satu makanan yang banyak mengandung vitamin A. Jenis ini akan sangat baik untuk kesehatan mata secara umum.
  7. Mengkonsumsi buah naga
    Cara lain yang bisa kita coba untuk menghindari dari buta warna adalah dengan mengkonsumsi buah naga. buah naga merupakan buah yang mampu menurunkan risiko buta warna.

Selain dengan hal – ha diatas kita juga bisa mencegah buta warna dengan menggunakan beberapa alat. Alat – alat yang bisa kita gunakan sebagai cara mencegah buta warna antara lain adalah :

  1. Menggunakan kacamata khusus
    Alat yang bisa digunakan untuk mencegah buta warna salah satunya adalah dengan menggunakan kaca mata khusus. Kacamata yang dimaksud adalah kacamata yang mampu meningkatkan warna dan kecerahan agar penderita buta warna bisa mengenali warna dengan lebih baik
  2. Melakukan tes Ishihara
    Tes ini lebih bertujuan untuk mendiagnosa seseorang yang diduga mengalami masalah buta warna. Tes ini pun hanya dapat mendeteksi buta warna merah dan hijau. Cara tes buata warna ini dilakukan dengan menggunakan metode pengenalan angka yang terlihat samar

Penyebab buta warna

Setelah mengetahui cara mencegah buta warna, kita juga harus tahu beberapa faktor yang bisa menyebabkan buta warna itu sendiri. Beberapa faktor penyebab buta warna antara lain :

  • Genetik
    Kebanyakan penderita buta warna disebabkan oleh bawaan sejak lahir yang disebabkan oleh faktor genetik yang berkaitan dengan kromosom X.
  • Penyakit
    Ada beberapa penyakit juga yang bisa menjadi penyebab dari buta warna seperti Parkinson, alzheimer, glaukoma, diabetes, dan lainnya
  • Usia
    Masalah buta warna juga dipengaruhi oleh usia. Ini merupakan hal alami yang biasa terjadi
  • Bahan kimia dan efek samping obat
    Beberapa bahan kimi juga bisa menjadi penyebab seseorang mengalami buta warna. Selain itu efek samping dari obat seperti digoxin dan klorokuin juga bisa menjadi penyebab gangguan pada mata.

Cara Mengobati Buta Warna

Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mengobati buta warna. Beberapa cara tersebut diantaranya adalah :

  • Mengkonsumsi buah pepaya
    Pepaya merupakan buah yang mengandung vitamin A dan akan sangat baik untuk mengatasi dan membantu anda mengurangi risiko buta warna
  • Mengkonsumsi buah naga
    Buah naga juga sangat baik dalam menurunkan risiko keparahan buta warna dan segala bentuk kondisi gangguan penglihatan lainnya
  • Mengkonsumsi susu sapi
    hal lain yang bisa menjadi cara untuk mengobati buta warna adalah dengan mengonsumsi susu sapi
  • Mengkonsumsi belimbing
    Belimbing merupakan buah yang kaya akan vitamin dan mineral. Sebab itulah belimbing ini sangat baik untuk mengobati buta warna terutama buta warna parsial.
  • Mengkonsumsi wortel
    Seperti diketahui wortel merupakan makanan yang mengandung vitamin A tinggi dan juga mengandung beta karoten. Jenis makanan ini tentu saja sangat baik untuk kesehatan mata.

Itu adalah beberapa makanan yang bisa menjadi cara untuk mengobati buta warna. Selain itu juga cara mengobati buta warna bisa dilakukan dengan menggunakan kacamata khusus ataupun dengan melakukan tes ishihara.

 

 

 

You may also like