Home Featured Diduga Sakit Kepala Biasa Hingga Epilepsi, Ada Cacing di Otak Pria Ini

Diduga Sakit Kepala Biasa Hingga Epilepsi, Ada Cacing di Otak Pria Ini

by Erlita

Sering sakit kepala memang keluhan yang umum dan hampir setiap orang pernah mengalaminya. Namun sebenarnya, sakit kepala persisten atau kembali terulang cukup sering, hilang dan kambuh terus-menerus sebaiknya segera diperiksakan ke dokter daripada telanjur parah. Atau, dikhawatirkan sakit kepala tersebut bukan sakit kepala biasa.

Dilansir dari Global Times, Zhang yakni seorang pria di Guangzhou, China mengalami hal yang cukup mengejutkan namun juga mengerikan. Rasa sakit kepala yang terus-terusan ia rasakan berkelanjutan tak kunjung sembuh sejak dari tahun 1989 yang pada akhirnya ia baru periksakan ke dokter baru-baru ini.

Pria berusia 59 tahun ini dengan keluhan sakit kepalanya tersebut rupanya bukan kondisi umum biasa, melainkan terdapat parasit cacing di otaknya. Selain kepala nyeri secara persisten, dirinya juga mengatakan kalau cukup sering mengalami sering berkeringat setiap malam. Diduga migrain atau sakit kepala biasa dan bahkan sempat pula ada dugaan epilepsi, ternyata malah justru lebih parah.

Ketika dokter memutuskan untuk memeriksa lebih lanjut, di otaknya terdapat benda asing di mana hal ini kemudian menyebar lewat Pear Video. Tampak dalam video tersebut cacing transparan berada di nampan bedah di mana hal ini menandakan bahwa Zhang telah menjalani operasi untuk mengeluarkan cacing tersebut.

Yan Xueqiang sebagai ahli saraf yang menangani kondisi Zhang sekaligus menjadi dokter bedahnya memberikan penjelasan mengenai hal ini. Ada kemungkinan bahwa parasit cacing masuk ke dalam tubuh apalagi sampai ke otak karena konsumsi makanan yang belum matang alias makanan masih mentah. Memang diakui oleh si pasien sendiri bahwa di desa tempat tinggalnya, Zhang terbiasa minum air mentah dan bahkan mengonsumsi katak setengah matang.

Ketika suatu organisme dapat masuk ke tubuh entah itu lewat kulit atau mulut, terjadilah yang namanya infeksi parasit apalagi jika organisme ini terus berkembang dan menyerang organ tubuh tertentu. Organisme yang berbahaya dan bahkan bisa bertahan baik itu di luar maupun di dalam tubuh manusia adalah cacing.

Nematoda seperti cacing gelang, acanthocepala atau cacing kepala duri, serta cacing pipih (meliputi cacing pita dan cacing hisap) yang disebut dengan platyhemintheslah yang bisa menyebabkan gangguan pada kesehatan. Oleh sebab itu, beberapa langkah ini bisa dilakukan demi menurunkan risikonya:

  • Tidak minum air mentah, apalagi berasal dari danau, kolam ataupun sungai.
  • Makan makanan yang matang.
  • Memasak makanan hingga matang.
  • Melakukan hubungan intim dengan pasangan tapi secara aman.
  • Mencuci tangan lebih dulu apalagi sebelum makan, usai menyentuh makanan mentah, dan usai menggunakan toilet.

Walau tampaknya biasa, mengonsumsi minuman dan makanan mentah/setengah matang tetap saja berisiko tinggi pada kesehatan. Berbagai jenis organisme ada di dalamnya yang bisa-bisa tanpa kita sadari sudah masuk ke dalam tubuh dan menjalar atau menyebar sampai organ vital kita.

You may also like