Meditasi Untuk Kesehatan : 20 Manfaat

Pada Kesempatan kali ini, kami berbagi informasi pada kalian semua tentang beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan ketika kita melakukan Meditasi. Lebih lengkapnya, silakan membaca kilasan artikel dibawah ini .

Meditasi merupakan aktvitas yang mampu mengendalikan pikiran dan perasaan sesorang dan kemudian menjadikannya berpengaruh bagi kesehatan tubuh dan mental kita. Meditasi suatu bagian dari upaya manajemen energi yang perlu kita lakukan. Teknik meditasi sendiri cukup beragam, tergantung bagaimana kita bisa membuat diri kita fokus dan tidak terganggu dengan kebisingan diluar diri kita.

Hebatnya penelian terbaru menjelaskan bahwa 15 menit kita bermeditasi sama dengan 5 ajm kita tertidur, asal meditasi yang kita lakukan benar-benar efektif. Berikut manfaat meditas yang bisa kita dapatkan ketika menjalankan aktivitas meditasi ini dengan efektif.

Manfaat Meditasi Untuk Pikiran dan Perasaan

1. Meningkatkan Rasa Kasih Sayang

meditasiKenapa Meditasi mampu meningkatkan rasa kasih sayang ? Perlu diketahui baahwa Ketika kita melakukan meditasi , secara metode yang dilakukan adalah mencoba untuk menenangkan diri dan mencoba untuk mencari ketenangan jiwa. Pada saat itu, kita berusaha untuk tenang dan berusaha untuk menekan perasaan / emosi dalam diri, ketika kita lakukan secara terus menerus, tanpa disadari alam bawah sadar kita akan menanamkan sebuah memori untuk senantiasa menjaga emosi.

Ketika hal ini terjadi ketika kita tidak mudah untuk emosi, tentunya hal-hal keseharian yang kita lakukan senantiasa berusaha untuk menjalin hubungan dengan seseorang dengan tenteram dan damai tanpa adanya konflik atau permusuhan. Inilah logika ketika seseorang melakukan meditasi yang berefek pada sikap seseorang dalam memberikan rasa kasih sayang.

2. Mengurangi Perasaan Cemas

Di dalam artikel yang saya baca, ada studi yang menjelaskan terkait Manfaat Meditas disini, dimana studi ini berasal dari Australia. Dimana ditemukan bahwa ketika seseorang bernafas dalam selama 30 menit sebelum tampil di depan umum, hal semacam ini akan efektif untuk mengurangi “demam panggung”. Selain itu hal ini sama dengan adanya bukti penelitian yang dilakukan pada tahun 2007, dimana ada studi yang dipublikasikan dalam Jurnal Teaching and Learning in Medicine terkait melakukan pengaturan nafas sebelum ujian lebih tenang & berkonsentrasi dibandingkan dengan yang tidak .

Aktivitas menarik napas dalam-dalam seperti adalah aktifitas yang sama ketika Meditasi itu dilakukan, dengan adanya penelitian seperti ini menjelaskan bahwa Meditasi juga bermanfaat untuk mengurangi perasaan cemas seseorang.

3. Mengurangi Depresi

Seperti hal nya pada manfaat sebelumnya, namun pada kali ini Meditas tidak hanya bermanfaat untuk menenangkan saja. Akan tetapi, ketika kita melakukan sebuah Proses Meditasi dengan Kondisi yang nyaman dan tenteram.

Ketika ini terjadi, posisi tubuh kita menjadi rileks dan damai, dan ketika itu kita berusaha untuk fokus dan menenangkan diri, dimana salah satunya dalam proses Meditasi kita berusaha untuk melupakan masalah-masalah yang ada, dimana jika kita melakukan hal semacam ini, beban pikiran yang ada dalam diri kita, tidak akan terpikirkan. Dan tentunya meditasi disini membuat kita semakin tenang dan rileks dalam menghadapi masalah. Hal ini menjelaskan memang meditasi telah mampu mengurangi depresi seseorang.

4. Mengurangi Emosi Negatif

Dalam Proses meditasi, yang kita lakukan adalah mencoba memikirkan hal-hal positif dalam mencapai sebuah kedamaian dan ketenteraman. Ketika hal itu terjadi, kita mengucapkan berbagai sugesti positif dalam diri kita masing-masing saat proses meditasi. Ketika hal ini terjadi, proses memori alam bawah sadar kita telah merekam sugesti seperti ini dan terinternalisasi pada diri kita. Hal ini yang menyebabkan emosi negatif yang terjadi pada kita, tentunya akan berkurang karena pada dasarnya kita sendiri yang sudah mensugesti diri kita untuk bersikap atau mempunyai emosi yang positif.

5. Mengurangi Rasa Kesepian

Di dalam sebuah penelitian yang saya baca , menjelaskan bahwa ketika seseorang melakukan meditasi selama 30 menit setiap hari ternyata dapat mengurangi rasa kesepian yang di alami oleh orang dewasa.

6. Meningkatkan Kesadaran

Dalam proses Meditasi, yang dilakukan adalah mencoba fokus dan konsentrasi terhadap apa yang hendak ingin dicapai dalam proses meditasi. Dimana selain menjaga kefokusan, meditasi pun juga menjaga diri kita agar tetap memejamkan mata, tetapi tetap aktif dalam proses meditasi, dimana meditasi tidak dilakukan dengan tidur. Ketika hal semcam ini kita lakukan setiap hari, hal ini akan melatih kita dalam upaya proses menjaga kesadaran kita dalam suatu proses kehidupan, dimana kita senantiasa berusaha untuk menjaga kesadaran kita terhadap masalah yang ada.

7. Mengurangi Stres

Pada artikel yang saya baca, menjelaskan tentang adanya seorang Peneliti dari Universitas Harvard ,yang menemukan bahwa Meditasi mampu menurunkan tekanan darah dengan cara membuat tubuh menjadi kurang responsif terhadap hormon penyebab stres, dan hal ini pun bekerja pula atau setara dengan obat penurun tekanan darah. Nah meditasi adalah salah satu cara mengatasi stress yang sangat ampuh.


8. Meningkatkan Kecerdasan

Pada suatu artikel yang saya baca, menjelaskan bahwa Yoga salah satu bentu meditasi. Dan ada penelitian yang menjelaskan bahwa latihan yoga secara teratur dapat meningkatkan koordinasi, reaksi, memori, dan bahkan nilai IQ seseorang. Orang yang berlatih Meditasi disini dipercaya lebih mampu memecahkan masalah serta mengolah informasi lebih baik . Hal ini dikarenakan dalam proses meditasi senantiasa dibiasakan untuk memusatkan konsentrasi / pikiran agar tidak mudah terganggu dengan permasalahan lain.

9. Meningkatkan Daya Ingat

Di sebuah penelitian yang saya baca di sebuah artikel, ada sebuah penelitian di Sebuah Universitas Calivonia, terhadap mahasiswa nya yang melakukan meditasi selama 30 menit, setiap hari hal ini meningkatkan daya ingat seseorang. Hal ini juga di pertegas dengan sebuah studi pada tahun 2005 di Harvard tentang Meditasi yang memfokuskan pada napas memiliki kapasitas untuk meningkatkan ketebalah korteks otak, dimana ini akan berpengaruh pada meningkatnya ukuran otak itu sendiri yang juga akan berpengaruh pada daya kerja otak itu sendiri, salah satunya  daya ingat seseorang

 Manfaat Meditas bagi kesehatan fisik kita

10. Mengurangi Tekanan Darah

Pada artikel yang saya baca, menjelaskan tentang adanya seorang Peneliti dari Universitas Harvard ,yang menemukan bahwa Meditas mampu menurunkan tekanan darah dengan cara membuat tubuh menjadi kurang responsif terhadap hormon penyebab stres, dan hal ini pun bekerja pula atau setara dengan obat penurun tekanan darah.

11. Melancarkan Peredaran Darah

Dalam proses meditasi, tentunya ketika seseorang menarik napas dalam, dan berusaha untuk menenangkan diri. Ketika hal ini terjadi, aliran darah dalam tubuh juga akan mengalir dengan tenang. Beda halnya ketika seseorang yang stress dan mudah pusing, hal ini menandakan bahwa proses aliran peredaran darahnya tidak lancar. Jadi, pada dasarnya ketika seseorang melakukan meditasi, juga akan berefek pada proses peredaran darah yang semakin lancar.

12. Mengatasi Masalah Tidur

Pada prinsipnya disini, ketika kita mengalami permasalahan tidur seperti insomnia. Kalian haruslah membiasakan diri untuk melakukan meditasi. Hal ini dikarenakan ada sebuah penelitian yang mampu membuktikan bahwa sebanyak 75% penderita insomnia , setelah melakukan meditasi, mampu tidur dengan segera setelah 20 menit berbaring di tempat tidur masing-masing.

13. Meringankan Sindrom PMS (pra-menstruasi)

Pada sebuah artikel yang saya baca, menjelaskan bahwa gejaa-gejaa yang muncul sebuah menstruasi , baik fisik / psikis, dapat diatasi dengan kondisi tubuh yang rileks . Karena ketika tubuh dalam kondisi rileks akan memberikan pengaruh yang baik terhadap organ-organ tubuh. Dan ada studi yang membuktikan bahwa wanita-wanita yang mengalami sindrom PMS kronis mengalami peningkatan kesembuhan hingga 58% setelah mereka melakukan meditasi selama 5 bulan.

14. Mencegah Gangguan Pencernaan

Dalam sebuah proses meditasi, ada proses relaksasi. Dimana ketika seseorang melakukan relaksasi, akan berpengaruh pada perut yang menjadi tenang , dan ketika tenang akan berpengaruh pula pada proses penyerapan makanan yang berjalan secara maksimal.

15. Meningkatkan Variabilitas Denyut Jantung

Diketahui dari sebuah artikel, bahwa variabilitas (interval waktu di antara detak jantung) denyut jantung rendah berhubungan dengan tingginya risiko serangan jantung. Namun, ada sebuah studi di tahun 2012 yang menemukan bahwa dalam proses meditasi yang melakukan latihan bernapas mampu memperbaiki variabilitas denyut jantung pada orang yang sehat.

16. Detoksifikasi Tubuh

Yoga,termasuk bentuk meditasi. Dimana mampu mengeluarkan racun dari tubuh . Ketika yoga dilakukan secara teratur, dapat meregangkan otot dan sendi sehingga meningkatkan pasokan darah menjadi optimal. Alitan darah yang sehat cukup bermanfaat bagi pengusiran racun dan menutrisi sel-sel tubuh. Dan sele-sel tubuh disini juga akan membuat hidup menjadi lebih bergairah dan bersemangat.

17. Menurunkan Berat Badan

Di sebuah artikel, ada hasil survei yang dillakukan sebuah Perusahaan. Consumer Report and the American Psychological Assosiaciation , menemukan bahwa dalam proses ketika seseorang melakukan Meditasi secara rutin, berefek pada berat badan seseorang. Hal ini dikarenakan adanya sebuah proses internalisasi yang terjadi pada diri serta sugesti yang ada pada diri masing-masing.

baca juga : Olahraga yang membakar kalori super banyak & 32 Olahraga menurunkan berat badan

18. Menjaga Tubuh Awet Muda

Di sebuah artikel yang saya baca, menjelaskan bahwa tubuh seseorang yang mengalami stres akan memproduksi hormon kortisol secara berlebih, dan ketika ini terjadi akan berakibat pada kerusakan sel-sel kulit. Namun, akan beda jika kondisi tubuh seseorang dalam keadaan rileks seperti meditasi ini, hormon kortisol tidak akan terproduksi secara berlebihan dan tentunya tidak akan merusak kesehatan sel-sel kulit kita. Hal inilah yang menjadikan tubuh menjadi awet muda, karena sel-sel kulit tetap terjaga dan sehat.

19. Meningkatkan Fleksibilitas

Dalam sebuah artikel yang saya baca, menyampaikan bahwa pekerjaan kantor kadangkala membuat kita senantiasa duduk sepanjang hari. Hal semacam itu, akan mengurangi massa otot, kebugaran dan fleksibilitas . Dan hal semacam ini juga akan meningkatkan ketegangan pada leher dan bahu, akibat posisi yang selalu menghadap komputer. Namun, pada meditasi dimana posisi tubuh semacam itu akan fokus pada peregangan dan memperpanjang otot. Dimana juga meningkatkan pelumasan ligamen sendi dan tendon, sehingga mampu menjadikan fleksibel dan fungsional. Dan meditasi disini mampu memperbaiki struktur dan postur tubuh menjadi lebih baik.

20. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Dalam sebuah artikel, menjelaskan bahwa polusi dan stres yang berkelanjutan akan melemahkan kekebalan tubuh dan akan membuat kita mudah terkena penyakit. Meditas disini menjadi salah satu terapi yang berguna untuk meningkatkan kesehatan tubuh dan pikiran. Dimana juga mampu meningkatkan kekebalan tubuh dengan merangsang organ internal dan meningkatkan kinerja sistem limfatik.

Sekian, dari apa yang saya paparkan di atas. Dengan beragam macam manfaat meditasi ini, tentunya kita bisa harusnya membiasakan diri dan menyempatkan waktu kita untuk  melakukan Meditasi. Memang beberapa sebagian orang kurang terbiasa melakukan meditasi, karena dirasa sulit dan membuang waktu. Namun, ketika kita tahu manfaat seperti di atas, seharusnya kita harus bisa berpikir jernih lagi. Memilih Meditasi dan sehat, atau menghiraukan dan mudah terserang Penyakit.

, ,
Post Date: Friday 03rd, April 2015 / 04:13 Oleh :
Kategori : Cara Hidup Sehat