Hindari 10 Bahaya Makanan Beku (Frozen Food) Bagi Kesehatan Ini

811

Makanan beku atau frozen food seringkali kini menjadi kebutuhan utama, khususnya bagi para pekerja kantoran yang terlalu sibuk. Karena terlalu simpel untuk mengolahnya sekaligus harganya yang murah, banyak orang mulai suka mengonsumsi tanpa melihat dari sisi bahaya makanan beku itu sendiri. Sebagai pengingat, inilah deretan bahaya-bahaya yang dimaksud dari makanan beku.

  1. Mual

Mengonsumsi makanan beku apalagi terlampau sering tak baik untuk kesehatan Anda sebab salah satu risikonya adalah menyebabkan rasa mual. Sebelum mengonsumsinya, kita pasti sudah tahu bahwa makanan beku rata-rata menggunakan MSG, yakni zat aditif yang jika diasup secara terus-menerus bisa saja berdampak buruk bagi pencernaan dan menimbulkan masalah di sana.

  1. Sakit Kepala

Makanan beku diolah dan kemudian dijadikan seawet mungkin yang tentunya harus menggunakan bahan-bahan kimia berbahaya bagi kesehatan tubuh kita dalam prosesnya. MSG tak hanya berisiko tinggi membuat kita terasa mual, tapi juga jika sering-sering mengasupnya, maka sakit kepala bisa saja kita alami.

  1. Masalah Pernapasan

Efek samping lainnya yang bisa terjadi gara-gara tak membatasi konsumsi makanan beku adalah gangguan di bagian pernapasan. Lagi-lagi ini disebabkan oleh kandungan MSG atau bahan pengawet pada makanan beku yang kita nikmati. Jadi, hindarilah konsumsi setiap hari apalagi pagi, siang dan malam supaya tak menimbulkan efek berbahaya seperti ini.

  1. Batuk

Ada pula kemungkinan pengonsumsi makanan beku yang terus-terusan bisa mengalami batuk. Hal ini bisa terjadi sebagai akibat asupan gula yang terlalu banyak sehingga bila tak diimbangi dengan konsumsi air putih banyak, tenggorokan bisa kering dan dapat memicu penyakit batuk nantinya.

  1. Kelelahan

Makanan beku yang dikonsumsi terlalu banyak atau sering bisa juga berdampak pada tubuh yang cepat lelah. Ini bisa saja terjadi karena kandungan sodium dan bahan pengawet hingga gula yang tinggi pada makanan beku sanggup menjadi pemicu dari pengentalan darah hingga tingginya kadar gula darah dalam tubuh.

  1. Tekanan Darah Tinggi

Anda harus tahu bahwa makanan beku pun telah melalui proses penambahan garam atau sodium yang sangat banyak selain dari kandungan MSG-nya. Dengan begitu, tak heran kalau orang-orang yang mengonsumsi makanan beku terlalu sering atau bahkan setiap hari bisa saja meningkatkan risiko hipertensi.

Bahkan faktanya yang perlu Anda tahu adalah bahwa ketimbang masakan restoran yang mungkin biasanya Anda konsumsi dan mampu menjadi peningkat kadar kolesterol dalam darah, kandungan garam pada makanan beku jauh lebih tinggi dan banyak. Bahkan karena konsumsi makanan beku, Anda berpotensi mengalami pengentalan darah sehingga peredaran darah terhambat.

  1. Penyakit Diabetes

Tahukah Anda bahwa rata-rata makanan beku yang Anda sering beli dan konsumsi telah melalui proses pengawetan menggunakan pati? Pati sejenis polimer glukosa yang masih juga semacam karbohidrat inilah yang menjadi peningkat tekstur dan penambah rasa makanan sehingga makanan beku lebih sedap disantap.

Namun jangan senang dulu kalau Anda bisa mengonsumsi makanan beku yang super mudah diolah dan super sedap rasanya, karena nyatanya polimer glukosa tadi akan tubuh kita cerna sebagai gula. Itu artinya, kadar glukosa darah bisa dengan mudah menjadi naik akibat terlalu sering makan makanan beku yang pada akhirnya memicu penyakit diabetes tipe 2.

  1. Penyakit Jantung

Satu lagi penyakit kronis yang sebaiknya dihindari dengan cara membatasi konsumsi makanan beku, yaitu jenis-jenis penyakit jantung. Ini karena pada makanan beku terdapat juga lemak trans yang akan memicu arteri tersumbat serta meningkatnya kadar LDL atau kolesterol jahat, sementara HDL rendah terjadi. Tak hanya lemak trans, pengawet yang ada di dalamnya pun tak juga sehat untuk jantung Anda.

  1. Kanker Pankreas

Penyakit mengerikan dan super ganas selanjutnya yang perlu diwaspadai sebagai bahaya dari konsumsi makanan beku adalah penyakit kanker. Kanker pankreas memiliki risiko jauh lebih tinggi untuk terjadi pada pengonsumsi rutin akan makanan beku. Mulai dari makanan beku seperti sosis, kornet, hot dog dan makanan olahan lainnya, ini bisa menjadi pemicu timbulnya kanker pankreas.

Mengapa makanan-makanan instan nan lezat tersebut berpotensi memicu kanker pankreas? Ini karena frozen food pada dasarnya juga membawa sifat karsinogenik, yakni sifat yang bisa menjadi pemicu tumbuhnya sel-sel kanker di dalam jaringan tubuh. Jadi, mulailah bijak untuk mengonsumsi makanan beku dengan tidak berlebihan apalagi terus-menerus.

Itulah serangkaian risiko bahaya makanan beku yang perlu Anda waspadai dengan tidak memakannya terlalu banyak dan sering apalagi dalam jangka waktu lama. Sama seperti bahaya makan manis yang berisiko penyakit kronis, makanan beku pun bisa jadi masalah jika Anda membiasakan konsumsi berlebihan tanpa melengkapinya dengan nutrisi memadai.