Sedih atau Bad Mood? 9 Makanan Ini Diyakini Bisa Buat Bahagia

198

Beberapa orang yang tengah bad mood atau bersedih mungkin cukup dengan mengobrol dengan orang lain atau melakukan aktivitas yang menjadi hobinya bisa senang lagi. Namun sebenarnya, asupan makanan juga terkadang turut menentukan suasana hati lho. Ini dia beberapa makanan yang dipercaya mampu meningkatkan atau menimbulkan rasa bahagia seseorang.

  1. Rumput Laut

Salah satu makanan yang dikenal mampu mengatasi rasa stres dan depresi karena mendukung produksi zat serotonin dalam tubuh adalah rumput laut. Ketika produksi serotonin bertambah, otomatis rasa bahagia tercipta dalam diri kita dan yang tadinya bad mood tak bersemangat, rasa antusiasme pun dapat timbul dan meningkat.

  1. Biji Labu

Pumpkin seeds atau biji labu diketahui merupakan sumber makanan yang mengandung magnesium tinggi. Jika sedang sedih dan sendu, mengonsumsi biji labu akan meredakannya dan bahkan kandungan triptofannya bakal menambah produksi serotonin yang memicu rasa bahagia muncul.

  1. Oatmeal

Oatmeal bukan hanya baik bagi para penderita masalah jantung lho, sebab oatmeal yang dikonsumsi sebagai menu sarapan rutin dapat meningkatkan rasa bahagia sepanjang hari. Karbohidrat kompleks yang terdapat di dalam oatmeal inilah yang mampu memroduksi serotonin lebih banyak tanpa tinggi kandungan gulanya.

  1. Telur

Telur berkandungan nutrisi dan vitamin tinggi yang mampu menghasilkan neurotransmitter acetylcholine yang dapat meningkatkan fungsi otak dalam hal kontrol otot, bahasa, proses informasi sekaligus memori. Ketika bad mood atau suasana hati buruk, ada kemungkinan bahwa tubuh sedang kekurangan choline yang sebenarnya menjadi pemicu gangguan memori.

  1. Keju

Makan keju juga bisa bikin bahagia lho karena di dalam keju ada kandungan triptofan yang cukup tinggi. Entah itu menikmatinya sendiri atau bersama keluarga maupun teman, mengonsumsinya bakal memperbaiki suasana hati yang sedang buruk. Karena keju dapat dijumpai pada banyak camilan dan makanan kekinian, kenapa tak coba saja?

  1. Salmon

Ikan salmon tak hanya bisa meningkatkan serta menjaga kesehatan otak lho, karena di dalam ikan ini tak hanya ada asam lemak omega-3, tapi juga asam amino jumlah tinggi yang kemudian disintesis menjadi serotonin pemicu rasa bahagia muncul. Olahan salmon yang masih mentah seperti pada sushi ataupun yang telah dimasak matang perlu dicoba ketika sedang gundah, sendu, bad mood atau perasaan buruk lainnya.

  1. Tahu

Olahan dari kedelai ini juga menjadi salah satu makanan yang mengandung triptopan tinggi. Selain dapat menjadi pengganti protein hewani bagi yang menjalani diet vegan, tahu bisa dikonsumsi ketika sedang stres, sedih ataupun bad mood. Serotonin di dalam tubuh diyakini dapat meningkat karena makan tahu lho.

  1. Kacang-kacangan

Kacang seperti walnut maupun almond selain menjadi sumber makanan yang mengandung omega-3 tinggi juga bermanfaat dalam menghasilkan zat dopamine. Sehingga mengonsumsi ketika sedang dilanda rasa cemas ataupun stres bisa meredakannya. Ketika seseorang punya mood swings berlebihan pun, mengonsumsi kedua kacang tersebut bisa jadi teratasi lebih baik.

  1. Coklat Hitam

Dark chocolate atau coklat hitam telah terbukti mampu menurunkan tingkat hormon stres ketika dikonsumsi selama dua minggu dengan porsi 1,5 coklat hitam setiap hari. Bahkan makan coklat hitam juga menjadi cara melancarkan peredaran darah sekaligus menurunkan tekanan darah tinggi karena kaya sifat antioksidan di dalamnya.

Jadi, saat ini tengah merasa bad mood atau bahkan sering mengalami mood swings? Kenapa tak coba mengonsumsi makanan-makanan di atas agar suasana hati dapat diperbaiki? Pastikan konsumsi juga tak berlebihan ya karena segala makanan jika dinikmati kebanyakan malah tak bagus untuk kesehatan.