Triptopan – Fungsi, Sumber dan Efeknya

1189

Triptopan atau biasa yang disebut dengan triptofan mungkin belum banyak diketahui oleh masyarakat luas. Hal itu dikarenakan sedikitnya pengetahuan masyarakat tentang triptofan dan informasi yang membahas tentang triptofan. Dalam artikel ini akan dibahas mengenai triptofan dan segala informasi mengenai triptofan. Tahukah anda apakah tirptofan itu?, triptofan merupakan salah satu jenis dari asam amino esensial yang dibutuhkan oleh tubuh.  Triptofan ini digunakan sebagai pertumbuhan dan juuga perkembangan tubuh secara keseluruhan, untuk memproduksi niacin dan menciptakan seratonin di dalam tubuh manusia.

Asam amino triptofan disebut juga dengan asam amino imdolepropionic. Asam amino ini tidak boleh dihilangkan dalam rantai makanan. Asam amino triptofan tidak akan disintesis oleh tubuh manusia namun bisa juga disintesiskan dengan mikroorganisme tertentu seperti e-coli. Triptofan dikonversikan menjadi sebuah nikotinamida dan mendapatkan hampared di dalam kasus vitamin B6 defisiensi. ( Baca : Kelebihan dan kekurangan asam aminoAkibat kelebihan asam amino )

Fungsi dan Manfaat Triptopan

Triptopan memiliki fungsi yang bermanfaat sekali untuk tubuh. Berikut ini adalah fungsi triptofan bagi tubuh yang belum bnyak diketahui :

  1. Memproduksi Niacin

Fungsi triptofan yang pertama adalah untuk memproduksi niacin. Niacin sendiri adalah sebutan untuk vitamin B3 dimana vitamin B3 merupakan salah satu vitamin yang tergabung dalam vitamin B kompleks. Tugas triptofan adalah untuk memproduksi Niacin. Fungsi niacin adalah sebagai berikut ini :

  1. Menghasilkan Serotonin

Tahukah anda apakah serotonin itu?, serotonin adalah senyawa kimia yang memiliki fungsi sebagai berikut ini :

  • Penjaga suasana hati agar seseorang tidak mudah merasakan stres dan depresi.
  • Serotonin juga memilki fungsi untuk menciptakan perasan tenang dan nyaman.
  • Kekurangan serotonin akan membuat tubuh merasa sebaliknya yaitu merasakan kegelisahan dan gusar.
  • Serotonin bisa membuat tubuh menjadi berkualitas dan lebih baik sehingga eseorang bisa terhindar dari penyakit insomnia.
  1. Menurunkan Kolesterol Tinggi

Saat ini penyakit kolesterol tidak memandang usia. Kolesterol tinggi tidak hanya menyerang orang tua saja, anak muda pun bisa terkena kolesterol tinggi. Penyebab kolesterol tinggi pada anak muda karena pola makan yang serampangan dan asal enak. Fungsi dari triptofan adalah bisa digunakan sebagai penurun kolesterol yang tinggi.

Baca : Bahaya kolesterol LDL tinggiHDL tinggi –  Buah penurun kolesterol

  1. Menurunkan Berat Badan

Bagi anda yang sedang diet, mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak triptofan bisa digunakan sebagai penurun berat badan. Oleh sebab itu tidak ada salahnya anda memasukkan makanan yang mengandung triptofan ke dalam menu diet anda.

  1. Membantu Pertumbuhan dan Perkembangan Janin

Seperti dengan vitamin yang lainnya, triptofan bisa digunakan sebagai pertumbuhan dan perkembangan organ bayi. Kekurangan triptofan dan protein lainnya akan membuat janin tidak bisa berkembang sempurna sehingga beresiko terkena kecacatan. Asam amino, asam folat dan triptofan merupakan komponen penting agar janin bia berkembang secara sempurna dan berkembang secara normal.

  1. Mencerdasakan Otak

Asam amino dan asam folat merupakan nutrisi yang dibutuhkan oleh janin sejak dalam kandungan. Hal itu dikarenakan ibu hamil yang mengkonsumsi asam amino, asam folat dan asam amino triptofan secara cukup bisa mencerdaskan otak janin. Semua nutrisi itu berkerja dan berfungsi untuk mempercepat pertumbuhan dan perkembangan otak janin. Otak janin yang berkembang secara maksimal bisa membuat otak janin menjadi cerdas.

Baca : Cara meningkatan kecerdasan otak

  1. Meningkatkan Kesehatan Syaraf

Fungsi dari asam amino triptofan lainnya adalah bisa digunakan untuk meningkatkan kesehatan syaraf. Tubuh yang kekurangan triptofan ini akan mudah sekali terkena penyakit syaraf.

Baca : Jenis-jenis penyakit syarafKelainan syaraf

  1. Menjaga Kestabilan Emosi

Hormon yang seimbang berkat mengkonsumsi asam amino triptofan akan membuat seseorang menjadi lebih stabil emosinya. Alasannya adalah triptofan mampu membuat seseorang menjadi lebih nyaman dan tenang sehingga ketegangan otak menjadi berkurang. Orang yang ketegangan syaraf otaknya berkurang maka dia tidak akan mudah marah dan tidak mudah emosi.

  1. Mencegah Penyakit Jantung

Saat syaraf semakin terjaga maka kesehatan pembuluh darah pun juga semakin terjaga. Oleh sebab itu aliran darah menuju ke jantung akan semakin lancar, dengan begitu penyakit jantung bisa dicegah. Semakin lancar aliran darah menuju ke jantung maka semakin sehat jantung manusia, hal itu dikarenakan serangan jantung dan penyakit jantung banyak disebabkan oleh penyempitan pembuluh darah menuju ke jantung.

Baca : Bahaya rokok bagi jantung manusiaPenyebab penyakit jantung

Tubuh membutuhkan triptopan dalam sehari, jika kebutuhan tersebut tidak tercukupi akibatnya adalah tubuh tidak bisa mendapatkan manfaat dari triptofan tersebut. Kebutuhan tubuh akan triptofan dalam sehari adalah 8-12 gram per hari, sedangkan untuk niacin tubuh membutuhkan sekitar 10-18 mg/hari.

Sumber Makanan Mengandung Triptopan

Di sekitar kita, banyak sekali makanan yang mengandung triptofan dengan kadar yang tinggi. Makanan-makanan tersebut jika dikonsumsi bisa meningkatkan kadar asam amino triptofan di dalam tubuh. Berikut ini adalah makanan yang mengandung triptofan yang harus kita ketahui :

  1. Daging kalkun, kandungan triptofan dalam 4 ons daging kalkun adalah 350 – 350 mg. ( Baca : Bahaya konsumsi daging merah berlebihanBahaya daging babi )
  2. Udang, kandungan triptofan di dalamnya sekitar 330 mg dalam 4 ons. ( Baca : Bahaya udang untuk penderita hipertensi )
  3. Susu rendah lemak, kandungan triptofan sekitar 100 mg.
  4. Yoghurt, memiliki kandungan triptofan sebanyak 60 mg.
  5. Kudapan ( biiji labu, kuaci, kacang mete, almond dan walnut ), memiliki kandungan triptofan sekitar 50 – 110 mg dalam seperempat cup.
  6. Keju
  7. Buah pisang.
  8. Beras merah.

Efek Kekurangan Triptopan

Asam amino triptopan sangat penting untuk kesehatan tubuh manusia, sayangnya jika tidak terpenuhi tubuh manusia akan mebgalami dampak akibat kekurangan triptofan tersebut. Berikut ini adalah efek dari kekurangan triptofan bagi kesehatan tubuh manusia :

  1. Penurunan Berat Badan

Bayi yang kekurangan triptofan biasanya dia akan kekurangan berat badan sehingga menandakaan bahwa kebutuhan gizinya tidak tercukupi dengan baik. Hal tersebut perlu menjadi perhatian bagi orangtua yang memiliki bayi agar bayi segera mendapatkan kebutuhan nutrisi yang baik salah satunya adalah asam amino triptofan.

Baca : Badan gemuk jadi kurus

  1. Pellagra

Tahukah anda apakah pellagra itu?, mungkin anda sedikit awam denga sitilah pelagra.  Pellagra merupakan penyakit yang disebabkan oleh kondisi tubuh yang kekurangan vitamin terutama Niacin. Niacin ini dihasilkan oleh triptofan sehingga jika triptofan tidak tercukupi denga baik produksi niacin pun tidak dapat maksimal. Akibatnya tubuh pun menjadi kekurangan niacin. Penyakit ini merupakan penyakit kronis sehingga bukan menjadi dampak singkat akibat kekurangan triptofan namun menjadi dampak jangka pajang akibat kekurangan triptofan.

  1. Nafsu Makan Berlebihan

Meskipun nafsu makannya berlebihan, justru bayi atau anak-anak akan mengalami penurunan berat badan sehingga meski makannya banyak berat badannya akan tetap menurun. Hal itu sangat disayangkan sekali, sebab makan banyak tanpa nutrisi tidak akan menyebabkan tubuh sehat. Bagi ibu harus merasa was-was jika anaknya memiliki nafsu makan yang berlebihan namun berat badannya menjadi menurun. Bisa jadi itu disebabkan oleh kebutuhan triptofan yang tidak tercukupi. Oleh sebab itu ibu mulai menganalisa dan mengecek apakah anaknya kekurangan triptofan atau tidak.

Baca : Cara meningkatkan nafsu makan secara alamiCara mengurangi nafsu makan

  1. Depresi

Salah satu hal yang mengerikan disebabkan oleh kebutuhan triptofan yang tidak tercukupi adalah menimbulkan depresi dan stres yang berkepanjangan. Seperti yang kita ketahui sebelumnya jika asam amino triptofan ini berguna untuk menciptakan ketenangan, kenyamanan dan tidur yang berkualitas. Jika kekurangan asam amino tirptofan maka yang didapatkan adalah sebaliknya. Oleh sebab itu bagi anda yang merasa stress berkepanjangan sebaiknya mulai memperbaik pola makan anda dengan mencukupi kebutuhan triptofan dan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh manusia.

Baca : Ciri – ciri depresiGejala depresiPenyebab depresi

  1. Konsentrasi Rendah

Efek kekurangan triptofan yang lainnya adalah bisa menyebabkan konsentrasi rendah. Triptofan bermanfaat untuk mencerdaskan otak sehingga konsentasi pun akan meningkat. Hal itu disebabkan kandungan triptofan mampu membuat perkembangan dan pertumbuhan syaraf otak semakin cepat dan sempurna di saat masih dalam kandungan. Bayi yang kekurangan triptofan akan memiliki konsentrasi rendah sebab kebutuhan akan triptofan tidak bisa terpenuhi dengan baik.

  1. Daya Ingat Menurun

Jika syaraf otak tidak dapat ternutrisi dengan baik akibatnya adalah memori jangka pedek maupun memori jangka panjang pun akan mengalami penurunan. Tidak mengherankan jika anak yang kecukupan gizi memiliki daya ingat yang kuat dan tingkat konsentasi yang tinggi sebab sejak dalam kandungan dan saat masa tumbuh kembangnya kebutuhan akan gizi terjaga dengan baik.

  1. Mudah Pikun

Orang yang kekurangan triptofan lama kelamaan akan mengalami kepikunan meskipun umurya belum terlalu tua Hal itu disebabkan oleh kesehatan syaraf otak yang tidak terjaga dengan baik. Kemampuan syaraf otak yang semakin menurun bisa menyebabkan kepikunan.

Efek Kelebihan Triptopan

Meskipun memiliki banyak manfaat untuk tubuh, manusia harus benar benar tahu berapa kadar triptofan yang cukup untuk kebutuhannya sehari-hari. Hal itu dikarenakan jika berlebihan pun triptofan juga tidak bagus untuk kesehatan. Berikut ini adalah efek akibat kelebihan triptofan di dalam tubuh :

  1. Sindrom Eosinofilia-malgia

Orang yang terlalu banyak mengkonsumsi triptofan akan muah sekali terkena sindrom eosinofilia-malgia dimana suatu ondisi yang berhubungan engan neurologis. Gejala orang yang terkena sindrom ini adalah :

  1. Mulas

Terlalu banyak mengkonsumsi triptofan akan menyebabkan mulas berkepanjangan hal itu dikarenakan asam amino mampu membuat lambung bereaksi sehingga aakan tercipta rasa mulas.

  1. Mual dan Muntah

Kelebihan triptofan juga bisa menyebabkan seseorang menjadi mual dan muntah sebab asam amino tirptofan yang dikonsumsi berlebihan bisa menyebabkan asam lambung menjadi naik kemudian mual dan muntah.

  1. Diare

Asam amino triptofan bisa menyebabkan gangguan pencernaan sehingga orang yang mengkonsumsinya akan merasakan diare. Diare ini bisa menyebabkan seseorang terkena dehidrasi.

Baca : Cara mencegah diareBahaya diare

  1. Sendawa

Orang yang terlalu banyak mengkonsumsi triptofan dia akan mudah sekali bersendawa. Sendawa menunjukkan bahwa di lambung terdapat banyak penumpukan gas sehingga sendawa bisa terjadi.

  1. Kehilangan Nafsu Makan

Saat perut terasa penuh akibat asam lambung yang naik, seseorang akan kehilagan nafsu makannya. Oleh sebab itu bagi yang memiliki asam lambung sebaiknya menghindari mengkonsumsi triptopan secara berlebihan.

  1. Pusing

Triptopan memang memiliki manfaat untuk kecerdasan otak,  sayangnya jika dikonsumsi secara berlebihan triptofan justru menimbulkan ketegangan otak. Saat syaraf otak tegang pusing dan sakit kepala bisa muncul. Oleh sebab itu ada baikya kita mengkonsumsi triptofan dalam batas yang wajar saja jangan dalam jumlah yang berlebihan.

Baca : Mata kunang-kunang kepala pusingKepala sering pusing

  1. Mengantuk

Efek kelebihan triptofan ini memang banyak menyerang pusat syyaraf atau otak. Kelebihan dari mengkonsumsi asam amino triptofan akan membuat seseorang mudah mengantuk. Kandungan kimia pada triptofan mampu memberikan sinyal ke otak sehingga otak akan memberikan respon berupa rasa mengantuk.

Baca : Penyebab sering mengantuk –  Penyebab sering mengantuk dan lemas

  1. Mulut Kering

Kelembaban mulut dan bibir akan semakin berkuran saat sseorag terlalu banyak mengkonsums triptofan. Asam amino triptofan yang berlebihan justru menyedot kadar air yang ada di dalam tubuh manusia sehingga mulut dan bibir akan menjadi kering. Tidak hanya itu saja, kulit pun akan menjadi kusam sebab kandungan air di jaringan kulit semakin berkurang.

  1. Pandangan Kabur

Asam amino yang telah banyak mempengaruhi sistem syaraf otak lambat laun pun akan mempengaruhi syarag yang dibawahinya termasuk syaraf di panca indera. Saat seseorang kelebihan mengkonsumsi asam triptofan dia akan memiiki pandangan yang kabur. Hal itu disebabkan oleh berkurangnya kemampuan paca indera seseorang akibat menurunnya fungsi sistem syaraf pusat di otak.

Baca : Gejala mata silinderCara menghilangkan mata merah

  1. Kelainan Kulit

Kulit yang terlalu lama dibiarkan terdehidrasi bisa menyebabkan seseorng mengalami kelainan kulit. Oleh sebab itu penting bagi kita menyadari apa saja yang berubah dari diri kita.

Meningkatkan Kadar Triptopan di Dalam Tubuh

Banyak yang bertanya-tanya, bagaimanakah cara meningkatkan akdar triptofan di dala tubuh. Berikut ini aalah cara efektif untuk bisa mencukupi kebutuhan triptofan :

  1. Mengkonsumsi makanan yang kaya akan triptofan seperti yang telah disebutkan di atas.
  2. Mengkonsumsi makanan yang kaya protein agar kadar asam amino yang lainnya meningkat. ( Baca : Kekurangan dan kelebihan proteinKekurangan kalori dan protein )
  3. Jika semua itu tidak cukup, anda bisa membantunya dengan mengkonsumsi supplemen yang kaya akan triptofan. Mengkonsumsinya harus sesuai dosis yang diajurkan.
  4. Untuk orang yang sudah terkena defisiensi triptofan, mengkonsumsi makanan yang kaya triptofan saja tidak cukup namun harus diimbangi dengan makanan yang mengandung asam amino yang akan membantu penyerapan triptofan di dalam tubuh menjadi lebih baik.

Itulah beberapa informasi mengenai triptopan yang penting untuk kita ketahui. Yang harus diingat disini adalah jangan berlebihan, sebab sesuatu yang berlebihan sangatlah tidak bagus untuk kesehatan. Seimbang auh lebih baik dibandingkan kekurangan ataupun kelebihan.