14 Cara Meningkatkan Daya Ingat dan Konsentrasi Dalam Belajar

3992

Terutama saat masih muda, meningkatkan daya ingat serta konsentrasi dalam belajar sangatlah penting. Sebab, kegiatan yang kita lakukan di masa muda memiliki pengaruh yang cukup besar bagi masa depan kita. Tiap orang, memiliki daya ingat yang berbeda satu dengan yang lain. Beberapa dari mereka memiliki kemampuan dalam mengingat, memahami, serta menangkap sesuatu yang dilihat atau didengar dengan cepat. Namun ada pula yang memiliki kemampuan otak lambat. Hal ini dapat terjadi terutama pada mereka yang mengidap gangguan demensia atau gejala alzheimer. (baca juga: bahaya alzheimer – cara mencegah alzheimer)

Kemampuan otak yang lambat bukan hanya disebabkan oleh gangguan kesehatan,  melainkan bisa juga terjadi karena jarang dilatih. Telah dibuktikan oleh para ilmuwan jika otak yang sering dilatih memiliki peluang yang lebih besar dalam tingkat konsentrasi serta tingkat kecerdasannya yang baik. (baca juga: cara meningkatkan IQ)

Bagi anda yang ingin menambah kemampuan dalam meningkatkan daya ingat, dan konsentrasi belajar yang baik, bisa melakukan beberapa solusi seperti yang di bawah ini:

1. Belajar sebanyak mungkin

Belajar sebanyak mungkin merupakan salah satu cara meningkatkan daya ingat dan konsentrasi belajar. Saat kita mempelajari banyak hal baru, maka akan terbentuk aliran arus saraf yang baru pada otak kita. Mereka yang pintar umumnya memiliki aliran arus yang lebih banyak dibandingkan orang lain. Otak manusia mampu membentuk aliran arus saraf baru, yang akan semakin banyak saat kita mempelajari hal yang baru. (baca juga: cara meningkatkan kinerja otak)

2. Sarapan pagi

Untuk meningkatkan daya konsentrasi  dapat dilakukan dengan secara rutin membiasakan diri makan pagi. Sarapan juga dapat menambah kemampuan otak dalam memecahkan masalah, meningkatkan mood, meningkatkan daya ingat serta kinerja mental. Sarapan juga merupakan kesempatan bagi tubuh untuk mengisi glukosa setelah sebelumnya tubuh beristirahat tanpa makanan selama 8 hingga 12 jam. Glukosa menjadi sumber utama bagi pemasok energi untuk tubuh anda. (baca juga: bahaya melewatkan sarapan)

3. Jogging

Seorang pakar menjelaskan, untuk meningkatkan mood, meningkatkan kecerdasan serta mencegah hilangnya ingatan, bisa dilakukan dengan lebih baik saat anda berkeringat serta melakukan kegiatan yang mengolah detak jantung. dari ha ini bisa diambil kesimpulan, bahwa olahraga jogging atau aerobik mampu membantu otak kita supaya dapat bekerja secara optimal.

Jogging bukan hanya berguna untuk meningkatkan mood serta kecerdasan seseorang melainkan juga membantu tubuh dalam membakar lemak dan kalori yang menumpuk  di dalam tubuh. Alhasil tubuh akan terlihat lebih kurus dan ideal. (baca juga: cara mengecilkan bokong dan paha dengan cepat)

4. Melatih panca indera

Manusia memiliki panca indera yang memiliki perannya masing-masing sesuai dengan kebutuhannya.  Melatih panca indera bukan hanya mampu meningkatkan ketajaman indera terkait melainkan juga berguna untuk melatih daya ingat dan konsentrasi belajar anda. Para ilmuwan menyatakan jika otak manusia mampu belajar secara efektif dengan melakukan beragam jenis kegiatan yang melibatkan berbagai jenis indera. Bukan hanya orang dewasa, namun anak-anak juga sangat baik menjalani pembelajaran yang melibatkan emosi, penglihatan, suara bahkan indera pengecap atau perasa. (baca juga: cara meningkatkan daya ingat)

5. Jauhi makanan yang mengandung gula

Karbohidrat entah dalam bentuk roti putih, keripik kentang serta pasta dapat meningkatkan rasa malas serta lelah pada tubuh. Akibatnya, seseorang akan sulit menggunakan otaknya dalam berpikir jernih. Hal ini dikarenakan reaksi dari insulin yang mengalir dalam darah untuk menangkal tingginya kadar gula yang masuk. (baca juga: makanan yang dilarang saat diet)

6 Konsumsi banyak antioksidan

Antoksidan terkenal sebagai zat yang berguna untuk meningkatkan sistem ketahanan tubuh manusia. Antioksidan juga berperan penting dalam melindungi sel-sel tubuh termasuk otak. Ada banyak makanan yang memiliki kandungan antioksidan cukup tinggi seperti blackberry, cranberry, strawberry, rasberry, kismis, serta bayam yang bisa dimanfaatkan sebagai pemasok sumber antioksidan dalam tubuh. Dengan kualitas sel otak yang  baik, tentu daya ingat serta konsentrasi anda dalam belajar akan lebih meningkat. (baca juga: makanan yang mengandung antioksidan)

7. Gunakan sistem pembantu memori

Cara meningkatkan daya ingat dan konsentrasi belajar yang selanjutnya adalah dengan cara menggunakan sistem pembantu memori. Sistem ini juga disebut dengan sistem objek angka dan berguna untuk mengingat daftar. Sistem ini dilakukan dengan cara melatih diri dalam mengingat daftar kata. (baca juga: penyakit yang menyebabkan rambut rontok parah)

8. Isitirahatkan otak anda

Penurunan fungsi otak, dapat terjadi saat seseorang memforsir otak mereka secara terus menerus tanpa diselingi waktu untuk beristirahat. Beri jeda bagi tubuh untuk beristirahat setidaknya 5 menit pada tiap 60 menit yang anda gunakan untuk berpikir. Otak yang digunakan secara terus menerus membuat daya ingat serta daya konsentrasi seseorang dapat turun secara drastis. Bagi anda yang tengah bekerja, peningkatan vitalitas otak dapat dilakukan dengan cara beristirahat sejenak. (baca juga: bahaya tidur sore)

Beristirahat dalam hal ini, dapat dilakukan dengan banyak cara seperti melewatkan waktu dengan berjalan-jalan, mendengarkan musik atau jika memungkinkan, anda bisa tidur sejenak.

9. Lakukan aktivitas untuk memperlancar aliran darah pada otak

Darah merupakan distributor utama oksigen di dalam tubuh kita. Lancarnya aliran dalam tubuh mampu membuat daya konsentrasi anda menjadi lebih baik. Dalam hal ini, anda bisa mengubah posisi duduk, jalan-jalan atau bahkan berbaring. Ketika berada di tempat kerja, anda bisa melakukan aktivitas yang mampu melancarkan aliran darah di atas demi mendukung daya ingat serta konsentrasi anda. (baca juga: jenis kelainan saraf)

10.Abaikan hal yang tidak penting

Jangan menjadi tipe orang yang mudah terganggu konsentrasinya. Terutama bagi anda yang tengah bekerja, maka kualitas pekerjaan yang anda lakukan merupakan jalan terbaik untuk menaikkan jabatan serta mendapatkan gaji yang layak. Namun jika anda mudah terpecah konsentrasinya terlebih hanya karena hal-hal kecil semata, maka prestasi kerja pun akan jauh dari anda. (baca juga: kesehatan sistem saraf otak)

11.Konsumsi kacang almond

Almond merupakan salah satu jenis kacang-kacangan yang juga menjadi bahan pembuatan suplemen. Kacang almond mengandung antioksidan serta asam lemak esensial omega-3 yang mampu meningkatkan memori otak. Kandungan antioksidan yang terdapat pada kacang almond juga bagus untuk kesehatan mata.

Tips mengonsumsi kacang almond:

  • Siapkan 5-10 butir kacang almond lalu rendam semalaman
  • Di pagi hari, kelupas kulit kacang lalu tumbuk dan giling hingga halus
  • Buat secangkir susu yang hangat, lalu tuang air susu tersebut ke dalam panci bersamaan dengan kacang almond yang telah halus
  • Rebus dan tambahkan sedikit gula
  • Minum setiap hari selama satu hingga dua bulan secara rutin

12. Minyak kelapa

Minyak kelapa merupakan bahan alami yang berguna untuk meningkatkan kualitas otak seseorang. Hebatnya lagi minyak kelapa juga bisa digunakan untuk mencegah penurunan fungsi otak serta menurunkan resiko terkena penyakit alzheimer. Konsumsi secara teratur sebanyak satu sendok teh minyak kelapa murni. Selain itu anda juga bisa mencampurnya pada makanan yang akan dikonsumsi. (baca juga: penyebab orang jadi pelupa)

13. Kayu manis dan madu

Kayu manis dan madu memiliki berbagai kandungan yang berkhasiat untuk meningkatkan memori sekaligus pereda saraf otak yang tengah tegang. Penelitan menyatakan jika aroma kayu manis dapat membantu meningkatkan fungsi kognitif serta memori otak. Sementara itu, madu dapat dikonsumsi setiap hari saat menjelang tidur. Mengonsumsi madu sebelum tidur mampu membuat kualitas tidur menjadi lebih baik serta mengurangi resiko stress metabolik nokturnal. Dengan kualitas tidur yang baik, tentu pikiran menjadi ringan. (baca juga: cara menghilangkan stres)

14. Jintan hitam

Jintan hitam merupakan salah satu jenis rempah-rempah yang termasuk pula sebagai  jenis tanaman obat. Jintan hitam mengandung antioksidan yang mampu membantu mengasah otak serta memiliki anti inflamasi juga neuron yang berguna untuk melindungi otak dari kerusakan.

Cara menggunakan jintan hitam

  • Siapkan bubuk jintan hitam serta madu
  • Campurkan satu setengah sendok teh bubuk jintan hitam dengan madu menjadi satu
  • Minum 2 kali dalam sehari selama beberapa minggu

Mengingat sekarang jintan hitam telah banyak dibuat suplemen maka anda bisa mengonsumsi suplemen jintan hitam sesuai anjuran dalam kemasannya. (baca juga: penyakit akibat logam berat merkuri). Hal-hal di atas merupakan solusi cerdas bagi anda yang ingin meningkatkan daya ingat dan konsentrasi belajar. Selamat mencoba!