Sedang Musim Sakit, Awas 7 Makanan Ini Mampu Picu Radang Tenggorokan

138

Sedang musim flu, tentunya kita pun perlu mewaspadai akan penyakit lain yang mampu menyertainya, seperti radang tenggorokan dan batuk. Jika tenggorokan sudah gatal atau sakit, ini akan sangat tak nyaman untuk menelan makanan dan minuman. Bahkan untuk bicara saja pasti sakit kan? Oleh sebab itu, hindari dulu makanan-makanan pemicu radang tenggorokan ini ya.

  1. Makanan Berminyak

Bagi para penggemar makanan berminyak, khususnya gorengan, di musim sakit seperti ini sebaiknya hindari dan batasi dulu konsumsinya. Mengonsumsi berlebihan tak hanya meningkatkan risiko radang tenggorokan jika imun sedang lemah, tapi efek lain yang bisa terjadi adalah obesitas, darah tinggi, kulit berjerawat hingga kolesterol tinggi.

  1. Produk Susu

Risiko radang tenggorokan dapat meningkat ketika juga mengonsumsi susu panas. Bahkan bagi yang sudah kena radang tenggorokan, pastikan untuk menghindari susu lebih dulu supaya rasa sakit di tenggorokan tidak bertambah serius. Ini karena susu bisa sebabkan produksi lendir meningkat lalu tenggorokan akan makin gatal sebagai akibatnya.

  1. Makanan Pedas

Banyak orang yang menganggap kalau makanan pedas justru bisa menghilangkan batuk serta gatal di tenggorokan, padahal justru makanan pedas perlu dihindari dulu. Makanan-makanan pedas mengandung paprika, pala, lada, cengkeh, apalagi cabai hendaknya dibatasi dan dihindari dulu karena mampu meningkatkan potensi terkena radang tenggorokan lho.

  1. Makanan Asam

Makanan dengan rasa asam justru bisa memudahkan sakit/radang tenggorokan timbul, apalagi makanan dengan rasa asam manis. Makanan mengandung cuka perlu dihindari dulu, apalagi bila memang sudah kena radang tenggorokan. Bila sudah telanjur radang, di tenggorokan akan terasa sakit untuk menelan karena mengonsumsi makanan asam.

  1. Makanan Kering

Pecinta makanan kering entah itu kue kering, kacang-kacangan atau bahkan makanan kemasan lain yang kita sulit menelannya berkemungkinan besar memicu radang di tenggorokan di musim sakit seperti ini. Apalagi jika tak diimbangi dengan mencukupi cairan tubuh, radang tenggorokan bisa sangat mudah terjadi.

  1. Minuman Alkohol

Minuman mengandung alkohol apapun itu sebaiknya juga dihindari lebih dulu apalagi jika sadar betul bahwa tubuh sedang tidak fit. Minuman jenis ini memang mampu menghangatkan tubuh, hanya saja akan mudah memberi efek kering di tenggorokan. Pada musim sakit, sebaiknya justru minumlah banyak-banyak air putih agar bisa menghindari bahaya dehidrasi juga.

  1. Kafein

Tenggorokan bisa lebih mudah kena radang ketika mengonsumsi kafein, dan radang tenggorokan yang sudah telanjur dialami bisa jadi lebih buruk kondisinya jika tetap mengonsumsi kafein. Sementara sedang musim banyak orang sakit dan terkena flu, ada baiknya menjaga kesehatan dengan mengonsumsi banyak air putih dan mengganti kopi dengan secangkir teh jahe.

Umumnya flu selalu disertai dengan radang di tenggorokan maupun batuk, oleh sebab itu kita perlu mencegahnya dengan menghindari makanan dan minuman tertentu seperti di atas. Batasi atau hindarilah dulu terutama jika memang kita tahu betul bahwa daya tahan tubuh sedang lemah.