5 Jenis Makanan untuk Menjaga Kesehatan Pembuluh Darah

876

Pembuluh darah merupakan saluran yang mengalirkan darah ke seluruh tubuh, sehingga oksigen dapat sampai ke organ tubuh yang penting. Pembuluh darah sangat rentan terserang penyakit terutama dikarenakan asupan makanan yang buruk. Apalagi jika sering mengkonsumsi lemak dan makanan berminyak, maka dinding pembuluh darah mudah sekali ditempeli plak yang dapat membuat pembuluh darah menjadi sempit. Akibatnya, aliran darah terhambat dan mengakibatkan sejumlah penyakit seperti tekanan darah tinggi hingga stroke. Agar kesehatan pembuluh darah selalu terjaga sebaiknya rutinlah mengkonsumsi 5 jenis makanan berikut ini.

1. Ikan Air Dingin

Jenis ikan yang termasuk ikan air dingin adalah salmon dan mackerel yang kaya akan kandungan asam lemak baik yaitu omega-3. Omega-3 dapat meningkatkan fungsi jantung dan membuat pembuluh darah bersih dari plak yang diakibatkan lemak jahat. Dengan mengkonsumsi ikan tersebut maka aliran darah akan menjadi lebih lancar.

2. Jeruk

Jeruk termasuk jenis buah yang kandungan vitamin C nya cukup tinggi, sehingga dapat membersihkan darah dari racun dan sisa metabolisme yang bersifat karsinogen. Dengan mengkonsumsi jeruk secara rutin, maka darah yang mengalir dari pembuluh darah arteri hingga sampai ke sel tubuh lainnya menjadi lebih bersih. Antioksidan dalam jeruk juga dapat mencegah kerusakan pembuluh darah dan juga sel darah.

3. Teh Hijau

Menikmati teh memang sangat menyenangkan apalagi jika dilakukan saat santai di sore hari. Apalagi jika yang dikonsumsi adalah teh hijau, maka bukan hanya dapat merilekskan tubuh dan pikiran namun juga dapat menjaga kesehatan pembuluh darah. Teh hijau memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi, dimana senyawa tersebut dapat melindungi pembuluh darah dari masalah kesehatan akibat penimbunan racun di dindingnya.

4. Bawang Putih

Bawang putih memang kerap dijadikan bumbu dapur untuk menambah cita rasa pada makanan, namun bumbu satu ini juga sangat berkhasiat dalam menjaga kesehatan darah dan pembuluh darah. Bawang putih mengandung senyawa allicin dan senyawa kimia lainnya yang sangat bermanfaat dalam mencegah penyakit yang berhubungan dengan darah maupun pembuluh darah.

5. Cokelat Hitam

Semua biasanya sangat menyukai cokelat, namun mungkin tidak sama halnya dengan cokelat hitam. Meski memiliki rasa yang sedikit pahit, cokelat hitam ternyata dapat membantu meningkatkan kesehatan pembuluh darah dan menjadikan aliran darah lebih lancar. Hal ini dikarenakan cokelat hitam lebih sedikit mengandung gula, dan kandungan flavonoidnya yang tinggi dapat mencegah kerusakan pembuluh darah akibat racun dari makanan maupun senyawa radikal bebas.

Nah, itulah jenis makanan yang sangat baik dikonsumsi dengan rutin karena dapat membantu menjaga kesehatan pembuluh darah. Bahkan makanan tersebut juga mudah didapat, jadi tidak ada alasan untuk tidak dapat mengkonsumsinya. Selain memperhatikan faktor makanan, kita juga perlu berolahraga secara teratur agar tubuh sehat dan terhindar dari berbagai penyakit yang berhubungan dengan pembuluh darah.