4 Manfaat Madu Bagi Penderita Maag

Madu adalah hasil dari kerja lebah yang memiliki khasiat yang sangat banyak. Entah itu dari segi ekonomi, tentunya bagi orang-orang yang usaha madu, juga dari segi kesehatan bagi orang-orang yang ingin hidupnya lebih sehat. Jika ditilik dari segi kesehatan, madu ini memiliki khasiat yang kaya dan mampu membantu proses penyembuhan dari banyak penyakit. Madu mengandung banyak zat baik yang sangat berguna bagi metabolisme tubuh. Salah satu guna dari madu adalah untuk penyembuhan penyakit maag.

Baca juga : Bahaya madu utnuk diabetesCara membedakan madu aseli dan palsu

Apa itu penyakit maag?

Hampir bisa dikatakan bahwa anda semua orang pasti pernah mengalami penyakit ini. Penyakit maag merupakan penyakit yang muncul dikarenakan kadar asam lambung yang amat tinggi. Umumnya kadar asam yang terlalu tinggi di dalam lambung ini muncul karena makanan atau minuman yang terlalu asam, pedas, atau jenis minuman seperti alkohol dan lain-lain yang anda konsumsi. Selain makanan, pola makan yang tidak teratur juga bisa menyebabkan maag. Berikut adalah beberapa faktor yang menyebabkan munculnya penyakit maag;

  • Terlalu banyak mengkonsumsi makanan pedas dan asam.
  • Makan gorengan atau yang mengandung minyak yang berlebihan.
  • Meminum minuman yang mengandung alkohol terlalu banyak.
  • Kekurangan asupan serat dari sayur mayur.
  • Kurang konsumsi air putih.
  • Terlalu banyak minum minuman yang mengandung caffein seperti kopi dan sejenisnya.

Gejala Maag

Penyakit maag juga memiliki beberapa gejala umum sebelum muncul. Berikut adalah beberapa penjelasan singkat mengenai gejala dari penyakit maag :

  • Rasa Nyeri atau perih di bagian ulu hati.

Rasa sakit ini berasal dari ulkus peptikum dan dirasakan pada tulang dada sampai pada bagian pusar. Umumnya durasi dari sakit ini bermacam-macam. Kadang muncul dan bertahan hanya beberapa menit saja. Meskipun begitu ada juga yang muncul dan bertahan sampai beberapa jam. Selain itu sakit maag bisa muncul berkala. Sakit maag ini biasanya memburuk di malam hari atau ketika perut anda sedang dalam keadaan kosong.

Baca juga: Cara mencegah kerusakan hatiCii ciri hati bengkak

  • Muntah darah.

Ini merupakan salah satu gejala yang menandakan bahwa sakit maag yang anda derita sudah sangat parah dan harus segera anda bawa ke dokter. Biasanya hal itu muncul karena ulkus lambung anda terluka karena maag yang tidak kunjung anda obati. Ketika anda mendapati hal itu, alangkah baiknya anda segera membawanya ke dokter dan segera mengobatinya.

Baca juga:

  • Mengecek Fases

Jika anda ingin tahu apakah lambung anda bermasalah atau tidak, anda bisa melihat pada kotoran yang anda buang. Ketika terlihat bahwa feses anda berwarna agak hitam dan seperti ada darah, maka itu merupakan tanda bahwa maag anda sudah parah. Segeralah bawa ke dokter untuk penanganan lebih lanjut.


Pengobatan dengan Madu untuk Penyakit Maag

Setiap penyakit tentu memiliki obatnya masing-masing. Meskipun ada beberapa penyakit yang memiliki obat yang berjenis sama seperti penyakit lain. Berikut ini adalah penjelasan singkat mengenai cara mengobati maag dengan menggunakan madu.

1. Kandungan Alkali

Salah satu kandungan baik yang dimiliki madu adalah alkali. Madu merupakan salah satu zat yang mampu melakukan reaksi alkali. Pada umumnya, reaksi ini bisa menetralisasi asam yang terdapat di dalam lambung dengan cara membentuk garam. Dengan demikian, maka sudah jelas bahwa madu merupakan obat yang paling utama dan mampu untuk menetralkan maag yang berada di lambung yang menyebabkan sakit maag. Selain itu, dengan adanya reaksi alkali yang kemudian mampu mengontrol kadar asam di dalam lambung, maka infeksi pada lambung dan usus 12 jari bisa terhindari.

Baca juga : Khasiat air alkaliBahaya air alkali 

2. Mengkonsumsi madu saat lambung kosong

Salah satu cara paling efektif untuk mengobati maag dengan menggunakan madu adalah dengan cara mengkonsumsinya justru ketika perut anda sedang kosong. Bila obat lain dikonsumsi bersamaan dengan makanan, maka madu, untuk mengobati maag dikonsumsi ketika keadaan lambung sedang kosong. Hal ini berguna agar reaksi madu tersebut langsung berefek pada lambung dan seketika mengurangi zat asam. Selain itu juga dengan keadaan lambung yang kosong, maka ia bisa menghilangkan nanah akibat infeksi dari maag tersebut.


3.Kandungan Kalium yang tinggi

Selain memiliki kandungan alkali yang tinggi, madu juga memilik kandungan kalium yang cukup tinggi. Kalium sendiri berguna untuk membantu meningkatkan kinerja pencernaan dan kemudian membentuk lapisan alkali yang berguna untuk membantu penyembuhan maag tersebut. Dianjurkan bagi para penderita maag untuk mengkonsumsi madu sebanyak 1-2 sendok teh ketika sedang merasa sakit pada bagian lambung. Dengan meminum madu tersebut, maka rasa sakit bisa berkurang.

Baca juga:

4. Meminum air hangat dan Madu.

Madu yang memiliki kemampuan viskositas tersebut mampu mengurangi gejala maag. Menurut beberapa peneliti, madu memiliki kandungan gula alami yang selama beberapa abad selalu digunakan sebagai obat. Salah satu cara untuk mengurangi rasa sakit selama anda menderita maag adalah dengan mengkonsumsi madu dan dicampur dengan air hangat. Efek hangat dari air dan madu tersebut akan terasa “melindungi” lambung anda dan mengakhiri rasa sakit pada lambung anda.

Baca juga : Khasiat minum air hangatbahaya mandi air hangat

Demikian tadi beberapa penjelasan singkat mengenai manfaat madu bagi penderita maag. Semoga bermanfaat!

, ,
Oleh :
Kategori : Maag