Home Penyakit dan KelainanAlergi 10 Cara Mengobati Alergi Dingin Alami dan Ampuh

10 Cara Mengobati Alergi Dingin Alami dan Ampuh

by Erlita

Tak semua reaksi alergi disebabkan oleh makanan, karena alergi pun dapat dipicu oleh udara dan cuaca dingin. Istilah lainnya yang kerap dipakai untuk menyebut alergi dingin adalah urtikaria dingin di mana ini adalah istilah medisnya. Pada kondisi ini, seseorang akan mengalami kulit kemerahan dan gatal-gatal sebagai reaksi alergi karena cuaca atau suhu dingin.

Setiap individu memiliki tingkat keparahan yang berbeda-beda pada gejala alergi yang dialami. Sebagian orang bisa saja sampai pingsan, ada juga yang terjadi tekanan darah rendah padanya, atau ada pula yang sampai meninggal. Pada umumnya, para remajalah yang cenderung mengalami alergi dingin, tapi akan hilang setelah lewat beberapa tahun.

Ada berbagai cara mengobati alergi dingin dan meredakan gejala-gejala yang muncul. Berikut ini merupakan cara-cara alami nan ampuh untuk menghilangkan alergi dingin.

(Baca juga: cara mengatasi alergi obat)

1. Menggunakan Madu

Madu adalah bahan alami dengan sifat tinggi akan anti alergi sehingga mampu dijadikan obat alergi dingin di rumah. Selama perawatan, konsumsilah madu yang dicampur dengan teh, atau nikmatilah bersama dengan roti. Bila tidak, cobalah untuk mengonsumsinya dalam porsi kecil 1-2 sendok makan secara langsung tergantung selera.

Hanya saja, yang bermanfaat tentu saja yang murni dan asli, maka ketahui cara membedakan madu asli dan palsu lebih dulu supaya tidak salah. Dan ingat juga bahwa madu tidak dianjurkan untuk dimasak karena manfaatnya akan hilang. Pertahankan bentuk murni dari madu asli yang Anda beli, jauh lebih baik bila Anda dapat memperoleh madu mentah. Madu mentah yang belum melalui proses pemanasan dan penyaringan justru dikatakan lebih berkhasiat, jadi sah-sah saja untuk mencobanya.

2. Meminum Teh Hijau

Jenis teh satu ini sudah tak diragukan lagi, ada kandungan antihistamin aktif di dalamnya yang pasti berguna untuk tubuh. Mengonsumsinya sekitar 1-2 cangkir per harinya akan meredakan gejala-gejala alergi dingin yang terjadi. Bila ditambah dengan madu, maka keefektifannya dipastikan meningkat.

Para peneliti dari Jepang telah menemukan adanya senyawa penting di dalam teh hijau, yakni Methylated Epigallocatechin Gallate. Senyawa atau komponen ini diketahui mampu memainkan perannya dengan sangat baik untuk menyembuhkan mata berair. Batuk dan bersin yang disebabkan alergi dingin juga bisa diatasi.

(Baca juga: cara mencegah alergi dingin)

3. Mengonsumsi Teh Chamomile

Bukan hanya sekadar menjadi cara mengobati alergi udang, teh chamomile yang biasanya digunakan untuk menenangkan suasana hati ini juga bisa untuk alergi dingin. Solusi satu ini dapat menghangatkan tubuh, menenangkan pikiran, serta meredakan alergi akibat suhu dingin. Meminumnya paling tidak 2 cangkir dalam sehari setiap hari akan sangat baik. Untuk pencegahan, tambahkan madu jika mau dan karena teh ini adalah antihistamin alami, buktikan sendiri keefektifannya.

4. Menikmati Teh Peppermint

Masih ada lagi jenis teh yang bagus untuk mengobati alergi dingin selain teh hijau dan teh chamomile. Teh peppermint adalah teh yang cocok dikonsumsi baik di cuaca dingin maupun hangat. Khusus untuk yang tak tahan dengan cuaca dingin dan langsung mengalami reaksi alergi, teh ini baik dikonsumsi setiap hari.

Ketika alergi dingin, kebanyakan penderita akan mengalami masalah yang berhubungan dengan sinus dan juga batuk-batuk. Teh peppermint adalah pilihan tepat untuk mengobati karena memang teh ini dianggap sebagai dekongestan alami. Seluruh lendir yang menghambat pada saluran pernapasan akan dihilangkan dan bahkan iritasi pun dapat ikut dilawan dengan meminum teh peppermint.

(Baca juga: obat alergi gatal)

5. Makan Wasabi

Merupakan salah satu makanan populer asal Jepang, biasanya kita menyebut wasabi sebagai sambal khas Jepang karena rasa pedasnya yang bisa sampai ke hidung. Wasabi akan selalu dihidangkan untuk melengkapi santapan sushi, namun lebih dari itu, wasabi dapat digunakan sebagai obat alergi. Mungkin Anda mengalami demam ketika cuaca berubah dingin, ini kemungkinan karena alergi dingin.

Wasabi telah terbukti mampu menurunkan risiko gejala alergi. Wasabi pun memiliki kemampuan melegakan pernapasan yang tersumbat, bahkan pilek pun dapat diatasi. Ini dikarenakan adanya kandungan utama bernama allyl isothiocyanate yang ada di dalam wasabi. Bila hidung dipenuhi lendir sekalipun, lendir tersebut juga akan turut dihilangkan.

6. Menggunakan Air Jeruk Nipis

Air jeruk nipis sangat cocok untuk mengatasi jenis alergi apapun selain menjadi salah satu obat batuk ampuh. Untuk pengobatan selama di rumah, buah jeruk ini sangat cocok, tapi tidak untuk yang memiliki asam lambung dan riwayat alergi terhadap buah jeruk.

Cara mengonsumsinya cukup sederhana, karena Anda hanya tinggal menambahkan perasan sebuah jeruk nipis ke air hangat sebanyak 1 gelas saja. Campurkan lalu diminum setiap hari selama beberapa bulan. Bila Anda tak tahan dengan cuaca dingin, terutama saat musim kemarau, konsumsilah air jeruk nipis ini supaya gejala alergi dapat dihilangkan dan dicegah menjadi lebih buruk.

(Baca juga: penyebab alergi kulit)

7. Menerapkan Pasta dari Oatmeal

Oatmeal juga bisa menjadi obat alergi dingin sekaligus cemilan di kala lapar karena kedinginan. Namun sebelum mengonsumsinya, ketahui juga adanya bahaya oatmeal instant untuk kesehatan tubuh Anda. Tambahkan secangkir air ke 1 sendok makan oatmeal yang sudah Anda siapkan, didihkan, lalu angkat.Biarkan sampai menjadi hangat atau dingin sekalian sekitar setengah jam. Setelah 30 menit berlalu, Anda masih harus menyaringnya dan terapkanlah pasta ini pada bilur-bilur atau ruam-ruam merah pada kulit Anda. Ruam dan bilur yang gatal tersebut biasanya akan jauh lebih baik setelah memakai oatmeal dalam bentuk pasta ini. Atau coba juga campurkan oatmeal ke dalam air mandi supaya efektivitasnya lebih tinggi.

8. Minum Air Bawang Merah

Bumbu dapur satu ini pun bisa dijadikan solusi alergi dingin terlepas dari efek samping bawang merah. Ada kandungan zat kimia larut air yang diketahui ada di dalam bawang merah, yaitu quercetin yang sudah dibuktikan oleh sebuah penelitian mampu menurunkan jumlah histamin. Jadi, histamin yang tubuh produksi bakal berkurang karena bawang merah.

Gejala alergi dingin akan berkurang ketika Anda mencoba mengonsumsi air bawang merah karena ada sifat anti histaminnya. Saluran udara pun akan dilancarkan ketika meminum ramuan ini sehingga proses bernapas pun menjadi lebih enak. Cukup dengan 1 siung bawang merah dan 4 cangkir air, campurkan keduanya setelah bawang diiris-iris.

Biarkan selama 8-12 jam sebelum bisa dikonsumsi; aturan konsumsi adalah setiap hari 1-2 kali saja dan bisa disimpan di dalam kulkas hanya sampai 4 hari. Bila ingin, tambahkan dengan madu secukupnya. Tambahan madu cukup dianjurkan karena tak hanya makin segar, manfaatnya pun semakin besar.

(Baca juga: penyebab tubuh tidak tahan dingin)

9. Menerapkan Cuka Sari Apel

Cuka sari apel selain bagus untuk mengobati jenis-jenis penyakit jantung, bahan alami ini terpercaya dalam menyembuhkan gatal dan ruam akibat alergi. Untuk gejala yang muncul pada kulit karena alergi dingin pun bisa diatasi dengan menerapkan cuka sari apel yang sudah dicampur dengan air sedikit. Seperti oatmeal, bagus juga kalau cuka sari apel ini dicampurkan dengan air mandi Anda dan gunakanlah untuk mandi.

10. Menggunakan Jahe

Meski ada efek samping jahe yang mungkin sempat mengkhawatirkan, jahe adalah rempah yang banyak manfaatnya. Tak hanya mengatasi masalah alergi dikarenakan makanan, alergi karena cuaca dingin juga dinyatakan dapat ditolong. Cukup dengan mengambil 1 rimpang jahe yang sudah dikupas, taruh ke dalam sebuah wadah lalu siramlah dengan air panas mendidih.

Seduhlah demikian hingga 10 menit dan setelah 10 menit berlalu, tambahkan madu apabila ingin rasanya sedikit lebih manis. Mengandung sifat antihistamin dan dekongestan, bahan ini akan berefek langsung dalam membasmi inflamasi yang terjadi dalam tubuh kita. Bahkan bahan ini jugalah yang memiliki peran penting dalam mengaktivasi platelet dalam tubuh kita dan mendominasi faktor tersebut.

(Baca juga: cara mengatasi alergi dingin)

Itulah sejumlah cara mengobati alergi dingin alami dan ampuh yang bisa coba dipraktikkan. Saat telah cuaca telah berubah dingin, bila pergi ke luar ruangan jangan lupa melindungi wajah. Asma bisa-bisa terjadi ketika alergi dingin terjadi, maka waspadai juga akan cuaca esktrem.

You may also like