13 Penyebab Tangan Kaku Bagi Tubuh

Penyebab tangan kaku merupakan dampak dari gangguan saraf yang biasanya diikuti kram dan rasa nyeri sehingga menghambat aktivitas sehari hari. Kondisi tangan yang kaku bukan hanya bisa dialami oleh orang dewasa saja namun anak anak berpotensi mengalaminya juga selama mereka berinteraksi dengan lingkungan dimana aktivitas tangan menjadi cenderung paling banyak digunakan.

Penyebab tangan kaku

Menderita tangan kaku banyak yang menjadi pemicunya, diantaranya:

1. Remathoid arthritis (Rematik)

Rematik adalah salah satu penyebab tangan kaku yang biasa dialami oleh orang dewasa dan para lansia dimana area tangan telah terjadi peradangan pada kapsul sendi. Ketika antibody mengalami gangguan maka akan menyerang dirinya sendiri termasuk pada kapsul sendi sehingga tangan menderita kram dan kaku untuk digerakkan. Kondisi sering menyerang bagian tangan sesaat setelah bangun tidur dipagi hari. (Baca juga : Obat herbal rematik)

2. Gangguan saraf tepi

Saraf tepi yang terletak di area pergelangan tangan menuju telapak tangan dapat mengalami kaku secara tiba tiba jika tubuh kekurangan vitamin B kompleks. Kekurangan Vitamin B secara terus menerus dapat menjadi penyebab tangan kaku karena tanpa cadangan vitamin B yang memadai maka akan menghambat kelancaran aliran darah di seputar saraf saraf dan otot tangan dan melindungi tendon dari kondisi yang berkerut .

3. Terserang trigger finger

Jika ada bagian otot sedikit saja melekat pada tulang jari jari tangan atau lebih sering disebut sebagai trigger finger, Maka kondisi tersebut bisa menjadi penyebab tangan kaku dan tiba tiba muncul rasa nyeri. Keadaan itu sering dialami oleh para wanita yang sedang atau telah memasuki masa menopause, Wanita hamil dan pasca melahirkan.

4. Carpal tunnel syndrome

Ketika saraf medianus pada jaringan tangan terjepit akibat kegiatan yang mengharuskan menggunakan tangan dengan beban otot yang berlebih maka tangan akan menderita kaku karena peredaran darah menjadi tidak lancar ketika saraf dan otit tangan dipaksa untuk terus menerus menahan beban. Terjepitnya saraf carpal tunnel syndrome terbukti sebagai penyebab tangan kaku yang biasa dialami para pekerja keras seperti buruh bangunan, Kuli panggul aneka sayuran dan buah, Karyawan pada perakitan mobil dan sebagainya.

5. Karena cuaca ekstrem

Cuaca yang terlalu dingin dapat menjadi penyebab tangan kaku karena cuaca yang terlalu dingin yang juga bisa terjadi pada ruangan dengan penggunaan AC berlebihan dapat mengganggu kelancaran aliran darah ke seluruh tubuh termasuk pada tangan. Ketika peredaran darah tersendat sendat akibat temperatur udara yang sangat dingin maka akan muncul tekanan pada saraf dan otot tangan yang menyebabkan tangan menjadi kaku.

6. Penyakit De quervain

Seseorang yang kesulitan untuk menggerakkan tangannya terutama jari jarinya maka seseorang tersebut telah mengalami terjepitnya otot ibu jari. Otot ibu jari dapat menpengaruhi saraf pada semua anggota jari yang lain. Kondisi ini bisa terjadi pada aktivitas memeras pakaian yang selesai dicuci dengan mengeluarkan banyak tenaga sehingga saraf dan otot tangan menderita tekanan.

7. Kurang bergerak

Seseorang yang jarang atau malas melakukan aktivitas yang membutuhkan banyak energi seperti olahraga maka lama kelamaan saraf dan otot tangan menjadi kaku serta sering terserang rasa nyeri seperti penyakit rematik. Kurang aktivitas gerak dapat menjadi penyebab tangan kaku dan juga bisa menyebabkan proses osteoporosis menjadi lebih cepat terjadi sehingga berpotensi menyebabkan serangan kram.

8. Keseleo dan bengkak

Melakukan kegiatan atau aktivitas yang mengandalkan tangan misalnya mengangkat beban, Mendorong benda berat atau memanggul barang yang berbahan dasar besi dan tidak diimbangi dengan posisi tangan yang baik dapat menyebabkan otot tangan keseleo dan timbul pembengkakan. Otot tangan yang terkilir dapat menjadi penyebab tangan kaku ketika terbanguhn dari istirahat malam. (Baca juga : Cara mengobati tangan keseleo dan bengkak)

9. Asam urat meningkat

Kelebihan zat purin didalam persendian tidak hanya menyebabkan sendi dan otot tangan terasa nyeri dan kram saja namun bisa menyebabkan tangan menjadi kaku. Kurangi makanan laut yang mengandung zat purin tinggi seperti kepiting, Lobster, Kerang, Tiram ,Cumi dan sebagainya agar kadar asam urat tidak semakin meningkat dan menyumbat aliran darah diseputar saraf serta otot tangan. Lebih dari 60 persen makanan laut adalah penyebab tangan kaku karena mampu memicu peningkatan asam urat lebih cepat. (Baca juga: Pengobatan asam urat)

10. Tulang jari pernah retak

Tulang bagian tangan termasuk jari, pergelangan tangan ataupun pada telapak tangan yang pernah mengalami keretakan akibat cedera memang bisa disembuhkan namun sewaktu waktu jika terjadi benturan ringan yang tidak sengaja dapat menyebabkan lokasi yang pernah disembuhkan mengalami keretakan lagi. Kondisi ini dapat memicu kembalinya rasa nyeri dan kaku pada area tangan tersebut.

11. Aktivitas yang berulang

Aktivitas yang dilakukan setiap hari, berulang dan tanpa ada peregangan tangan maka dapat menjadi penyebab tangan kaku karena dapat memicu ketegangan pada otot jari jari tangan, Sehingga menyebabkan tangan menjadi pegal pegal dan sulit digerakkan ketika malam hari disaat akan berangkat tidur serta kaku di pagi hari setelah bangun tidur. Contohnya aktivitas mengetik, Mengebor, Menggergaji dan lain lain yang cenderung hanya mengandalkan jari jari tangan.

12. Pasca operasi bagian kepala

Seorang pasien penyakit tertentu yang berhubungan dengan kepala dan membutuhkan tindakan pembedahan akan mengalami proses penyembuhan pasca operasi secara bertahap dengan cara terapi atau pengobatan dengan obat yang dianjurkan dokter. Namun adakalanya suatu hari kelak reaksi pasca operasi akan muncul ketika seseorang terlalu banyak tidur atau mengalami lumpuh sebelah badan maka kondisi tersebut dapat menjadi penyebab tangan kaku dan sulit digerakkan.

13. Pendarahan pada otak

Pendarahan pada otak dapat menyebabkan serangan stroke ringan dan akan berubah menjadi ke tingkat yang lebih berat ketika pasien tidak segera mendapat penanganan khusus segera dari tim medis. Stroke akibat cedera otak yang mengalami pendarahan memicu kerusakan saraf pada seluruh tubuh termasuk tangan. Tangan akan berubah menjadi kaku dan tidak bisa digerakkan lagi. Biasanya kondisi ini sangat dibutuhkan tenaga terapis khusus yang tujuannya agar saraf dan otot tangan bisa kembali normal.

Solusi

Tips cara mengatasi tangan kaku :

1. Mengompres dengan air dingin atau hangat beruang ulang sambil menggerakan tangan perlahan. Tindakan ini bertujuan untuk merlenturkan otot tangan agar bisa diregangakan tingkat kekakuannya.

2. Memijat jari jari tangan dengan minyak zaitun yang bisa ditambahkan dengan minyak cengkih atau minyak telon agar kehangatnya merangsang saraf saraf yang lemah dan kaku menjadi lebih rileks .

3. Bisa melakukan refleksi tangan yang sudah bisa didapat diberbagai gerai jasa refleksi. Refleksi tangan akan menggunakan krim khusus untuk pelenturan otot yang kaku dan tujuannya untuk mengembalikan keelastisitasan otot dan memperlancar aliran darah pada jaringan tangan agar kembali normal untuk digerakkan.

4. Rendam kedua tangan yang mengalami kaku pada baskom yang berisi air hangat yang sebelumnya telah ditambahkan garam dan parutan jahe lalu pijitlah bergantian secara perlahan agar kelelahan dan ketegangan otot tangan berkurang. Setelah itu keringkan dengan handuk kecil kemudian kepal kepalakan kedua tangan berulangkali untuk peregangan.

5. Lakukan olahraga tangan yaitu dengan cara rentangkan kesepuluh jari jari tangan selebar mungkin dan tahan beberapa saat. Lalu lakukan gerakan seperti orang sedang mengetik tetapi dengan secepat mungkin. Gerakan tersebut dapat dijadikan sebagai pelemasan atau peregangan agar jari jari tidak kaku lagi.