Home Tips KesehatanKesehatan Saraf 18 Cara Menghilangkan Tremor Secara Alami Super Cepat

18 Cara Menghilangkan Tremor Secara Alami Super Cepat

by Erlita

Ada sejumlah orang yang pastinya pernah merasakan tremor alias tangan yang gemetaran sendiri meski tak dalam keadaan dingin. Anda mungkin adalah salah satu orang yang pernah atau bahkan sering mengalaminya; meski memang keadaan ini bisa dialami oleh seluruh tubuh, namun tremor tanganlah yang paling umum.

Tremor pun dapat menjadi indikator adanya sistem saraf yang terganggu pada level berat. Ini bisa dikarenakan adanya gangguan kecemasan, rendahnya gula darah, asupan kafein yang berlebihan, hipertiroid, berhenti dari kebiasaan minum mendadak, nikotin, serta kelelahan otot dan fisik. Lalu apa cara menghilangkan tremor yang efektif? (Baca juga: tangan bergetar sendiri)

1. Rileks

Mengingat bahwa stres dan cemas merupakan salah satu faktor dari timbulnya kondisi tremor seperti yang Anda alami, maka untuk tidak mengalaminya lagi Anda perlu rileks sedikit. Bila tak bisa langsung rileks, belajarlah untuk menenangkan diri sedikit demi sedikit agar tremor tak memburuk. Memang orang tak akan mudah melepaskan diri seutuhnya dari stres karena stres adalah bagian dari hidup, namun Anda bisa mengubah bagaimana Anda merespon masalah atau keadaan yang ada.

Tak perlu harus benar-benar tidak stres karena stres itu wajar, namun ketika kecemasan dan stres menjadikan Anda penderita tremor, ini patut diatasi secepatnya. Ketika berjumpa dengan seseorang maupun situasi menjengkelkan, menarik napas dan menahannya selama 3-5 detik sebelum melepasnya kembali dan mengulanginya beberapa kali akan menenangkan jiwa Anda. Ini adalah salah satu teknik relaksasi yang bisa mengurangi stres, rasa cemas maupun emosi negatif.

(Baca juga: makanan untuk menghilangkan stres – cara menghilangkan strescara menghindari stres)

2. Meditasi

Bila rileks dengan cara menarik napas dan menghembuskannya bukanlah suatu solusi yang tepat dan efektif untuk Anda, mungkin meditasi adalah salah satu cara untuk meringankan stres. Selain meringankan stres, meditasi secara teratur dan sering apalagi yang dilakukan setiap sebelum tidur pasti mampu membuat Anda tak mudah stres dalam kondisi apapun. Karena stres bisa dikurangi, otomatis kondisi tremor pun bisa dihilangkan dengan baik.

(Baca juga: cara melakukan meditasi untuk kesehatancara melakukan meditasi transendental)

3. Massage/Pijat

Alternatif lainnya agar stres tidak menguasai Anda sehingga menimbulkan tremor, jika sudah sangat stres Anda layak untuk memperoleh massage atau pijat. Entah datang ke klinik pijat atau memanggil tukang pijat pribadi, Anda bisa merasa rileks.

Dengan relaksasi model seperti ini secara rutin, maka otot-otot Anda akan terasa lebih santai dan tidak kaku, sementara pikiran pun juga menjadi lebih tenang yang akhirnya bisa menyembuhkan tremor di mana stres adalah salah satu faktor pemicu paling besar.

(Baca juga: efek samping bekambahaya terapi listrik)

4. Menghindari Kopi

Bahaya kopi bagi kesehatan sangat mematikan dan kebanyakan orang sebenarnya sudah tahu akan hal itu. Kopi adalah minuman dengan kandungan kafein tinggi; sementara itu, kafein adalah salah satu pemicu dari tremor yang Anda alami.

Jika Anda sangat rajin dan bahkan terlalu banyak mengonsumsi kopi setiap harinya, baik takaran maupun frekuensi diharapkan untuk dikurangi supaya bisa menghilangkan tremor yang mengganggu Anda. Kafein adalah salah satu stimulan yang bisa meningkatkan tremor karena adanya proses pelepasan adrenalin, jadi dengan memangkas konsumsinya, tremor pun akan menghilang secara berangsur.

(Baca juga: mual setelah mengonsumsi kopi)

5. Menghindari Minuman Keras

Minuman beralkohol pun juga sama efeknya dengan kopi atau kafein pada tubuh Anda sehingga termasuk dalam minuman berbahaya, terlalu banyak dan sering tidak akan sehat.

Bila Anda menjadikan minum minuman beralkohol sebagai sebuah kebiasaan, maka lepaskan kebiasaan itu perlahan-lahan dan jangan langsung memangkasnya sama sekali. Pecandu alkohol akan mengalami tremor ketika ia berniat untuk langsung menjauhi alkohol dalam sekali jalan.

Membatasinya dengan mengurangi takaran konsumsi adalah solusi yang lebih baik karena jika terus-terusan meminum secara berlebihan akan memperburuk kondisi tremor. Tak perlu tergesa-gesa untuk tidak mengonsumsi alkohol sama sekali, tapi kurangi sedikit-sedikit sampai Anda bisa lepas dari kebiasaan ini seutuhnya.

(Baca juga: bahaya minuman keras bagi kesehatan)

6. Angkat Bobot Ringan

Angkat beban atau angkat berat pasti sudah familiar bagi Anda karena latihan ini biasanya untuk memperkuat otot lengan. Rupanya untuk menghilangkan tremor, latihan semacam ini disarankan oleh seorang terapis fisik, namun lebih ke angkat bobot ringan.

Ini bisa Anda coba karena tangan akan menciptakan stabilitas, berikut juga di bagian lengan. Dengan keadaan yang sudah stabil, tremor pun akhirnya bisa diatasi dan hilang asalkan latihan dilakukan secara rutin, seperti mengangkat gelas yang agak berat.

(Baca juga: bahaya olahraga yang berlebihan)

7. Akupuntur

Jika Anda tak begitu berkenan mencoba untuk menempuh jalur pengobatan medis, pengobatan alternatif seperti akupuntur sangat boleh dipertimbangkan dan dicoba untuk menghilangkan tremor. Pilihan alternatif satu ini cukup bagus dan banyak juga dipilih karena sudah banyak orang yang membuktikan bahwa tremor bisa dikontrol dengan baik setelah menjalani akupuntur. Bila tak sepenuhnya hilang, paling tidak tremor akan terasa lebih ringan seperti yang telah dicoba oleh pasien tertentu.

8. Menghindari Aktivitas Fisik Berat

Untuk dapat menghilangkan tremor secara berangsur, salah satu cara yang disarankan oleh dokter adalah dengan menghindari aktivitas fisik yang berat-berat. Aktivitas fisik yang terlalu berat hanya akan membuat tremor memburuk, dan bahkan bisa-bisa ketika tremor terjadi, tangan Anda yang gemetaran dan tak siap malah bisa menyebabkan masalah.

(Baca juga: cara meningkatkan fisik dengan cepat)

9. Menghindari Pemakaian Anggota Tubuh yang Mengalami Tremor

Sebisa mungkin cobalah untuk menghindari pemakaian anggota tubuh yang terkena tremor. Tak hanya itu, Anda pun disarankan untuk justru menggunakan anggota tubuh yang tidak terpengaruh tremor.

Apabila tremor menyerang tangan sebelah kanan yang biasanya Anda gunakan untuk menulis, Anda bisa mencoba untuk tidak menulis dengan tangan kanan bila gemetaran parah dan apabila Anda sanggup menggunakan tangan lainnya, sebab ini jalan satu-satunya agar tremor tak mengganggu apa yang harus Anda lakukan dengan tangan tersebut.

(Baca juga: ciri-ciri kurang tidur yang cukup)

10. Ambil Waktu untuk Istirahat Cukup

Tremor dapat terjadi karena ada rasa stres baik fisik maupun mental Anda, maka untuk menghilangkan keluhan tremor ini, ada baiknya untuk Anda bisa rileks dengan mengambil waktu cukup untuk istirahat, baik di sela-sela pekerjaan Anda maupun di malam hari.

Mendapatkan kualitas tidur yang baik akan menjauhkan Anda dari segala penyakit serius, bahkan termasuk kondisis seperti tremor ini. Biarkan jaringan-jaringan tubuh Anda mengalami perbaikan di malam hari saat Anda tidur.

(Baca juga: akibat kurang tidur malam)

11. Menghindari Merokok

Seperti yang disebutkan sebelumnya, nikotin adalah penyebab dari kondisi tremor juga, maka kebiasaan merokok sebaiknya dihentikan mulai dari sekarang. Jika tidak bisa langsung berhenti, tentu belajar untuk membatasi dan mengurangi jumlah rokok dari yang biasanya Anda hisap adalah yang baik untuk dilakukan.

12. Menghindari Soda Berlebihan

Sama seperti kafein, soda memiliki efek yang dapat membuat adrenalin terangsang. Meminum soda setiap hari dan secara sering tak hanya akan memperparah tremor, tapi minuman seperti ini pun mampu memicu penyakit serius lainnya. Oleh sebab itulah Anda perlu mengurangi asupan soda ini secara pelan-pelan demi menghilangkan tremor secara alami.

(Baca juga: bahaya merokok bagi alat pernafasanpenyakit akibat merokok)

13. Menghindari Obat-obatan Tertentu

Efek dari konsumsi obat-obat tertentu secara berkepanjangan atau sering juga mampu mengakibatkan saraf terganggu. Albuterol adalah contoh obat yang diandalkan untuk mengobati asma, namun efeknya justru malah bisa memicu kejang pada tubuh.

Obat lainnya, seperti obat stres atau yang sering disebut dengan anti-depresan pun mampu menjadi faktor pemicu tremor. Itulah alasan mengapa konsumsi obat-obatan seperti ini perlu dihentikan dan memulai pola hidup sehat supaya tidak stres adalah jalan paling baik.

14. Menaikkan Kadar Gula Darah

Apabila setelah diperiksakan Anda menemukan bahwa kadar gula darah rendah menjadi penyebab tremor yang sesungguhnya, maka tentu cara untuk menghilangkan tremor adalah dengan menaikkan kadarnya.

Ada sejumlah cara meningkatkan kadar gula darah antara lain adalah dengan mengonsumsi madu, permen, dan juga tomat. Jangan lupa juga untuk mengonsumsi gula alami dan bukannya pemanis buatan; pada pemanis buatan terdapat kalori yang dibuktikan tak mampu menaikkan gula darah dan membuatnya pada keadaan stabil.

(Baca juga: cara menjaga kadar gula darah agar normal)

15. Makan Teratur

Pastikan bahwa pola makan Anda teratur untuk menghilangkan tremor. Percaya atau tidak, sering melewatkan jam makan hanya demi diet misalnya, ini justru bisa membuat tubuh terkadang tak terkendali dan tremor adalah salah satu efeknya.

Kalaupun ingin melakukan diet demi mendapatkan bentuk dan berat badan ideal, lakukanlah dengan cara yang tepat, sehat dan seimbang, bukan dengan tidak makan atau makan secara tidak teratur.

(Baca juga: tips diet sehat)

16. Yoga

Latihan Yoga kini juga tengah populer di Indonesia dan ini merupakan salah satu cara yang bisa Anda coba untuk menghilangkan tremor. Sebelum menjadi lebih buruk, melakukan latihan yoga akan mampu menyeimbangkan tubuh, jiwa dan pikiran sehingga selain terjauh dari segala penyakit serius, yoga akan secara efektif menyembuhkan tremor perlahan-lahan. Untuk bisa membuktikan ada hasil yang maksimal dan efektif, Anda perlu melakukan latihan ini serutin mungkin yang akan lebih baik diimbangi dengan meditasi.

17. Teh Chamomile

Kelelahan fisik dan stres bisa menyebabkan kurang tidur yang juga berimbas pada tubuh menderita tremor. Untuk menenangkan diri dan menghilangkan tremor secara alami dan ampuh, teh chamomile bisa dikonsumsi sesering mungkin sampai tremor Anda hilang atau setidaknya berkurang. Di saat luang atau santai, teh chamomile bisa menjadi teman yang baik untuk meredakan rasa stres atau tekanan-tekanan yang bisa memperburuk tremor.

(Baca juga: bahaya kesemutan)

18. Mencukupi Asupan Vitamin B12

Tremor adalah sebuah kondisi yang bisa dipicu oleh karena tubuh kekurangan asupan vitamin B12. Maka untuk menghilangkannya, Anda dapat mengonsumsi vitamin B12 secara lebih sering.

Hanya saja, supaya tak keliru Anda perlu untuk memeriksakannya dan memastikan bahwa tubuh Anda memang mengalami defisiensi vitamin B12. Ini perlu dipastikan agar Anda tidak menjadi kelebihan vitamin B12. Carilah sumber makanan yang mengandung vitamin B12 super tinggi untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

You may also like