Home Featured 6 Cara Ini Efektif Meningkatkan Stamina Secara Alami

6 Cara Ini Efektif Meningkatkan Stamina Secara Alami

by Syara

Merasa segera lelah setelah berlari di treadmill ? Sesi Zumba bikin cepat ngos – ngosan ? Jika Anda menjawab Ya untuk kedua pertanyaan tersebut, Anda kemungkinan kurang berstamina. Jika ingin berolahraga atau mungkin ingin tetap aktif produktif, penting bagi Anda untuk menjaga stamina.

Stamina adalah kekuatan yang memungkinkan seseorang bertahan melakukan aktivitas fisik atau mental dalam rentang waktu yang panjang. Stamina yang meningkat membantu Anda menghadapi stres dan rasa tidak nyaman selama melakukan aktivitas berat.

Hal ini juga dapat membantu Anda mengurangi rasa lelah yang seringkali terjadi ketika selesai mengerjakan aktivitas tertentu. Dengan stamina yang tinggi Anda pun dapat melakukan aktivitas sehari – hari dengan lebih produktif dengan hanya mengeluarkan sedikit energi.

Dilansir dari Stylecraze, meningkatkan stamina faktanya dapat dilakukan dengan cara alami. Namun hasilnya akan berbeda pada tiap orang. Berikut ini enam cara alami untuk meningkatkan stamina Anda.

Mengonsumsi Kafein

Konsumsi kafein dapat meningkatkan energi seseorang sementara karena kafein merangsang efek pada detak jantung. Efek ini memberikan dampak positif pada seseorang yang melakukan kegiatan fisik. Namun begitu bijaklah mengonsumsi kafein, baik the maupun kopi.

Olahraga Teratur

Berolahraga merupakan salah satu cara untuk menambah stamina. Olahraga yang dimaksud termasuk diantaranya berlari di treadmill, berenang, bersepeda, aerobik atau olahraga dengan fungsi kardiovaskular.

Olahraga teratur membantu meningkatkan ketahanan, kekuatan dan  fleksibilitas yang kian berkurang seiring bertambahnya usia.

Meditasi Dan Yoga

Meditasi dan yoga sangat baik untuk rileks dan mengurangi stres. Aktivitas ini juga membantu meningkatkan rasa nyaman jiwa dan raga yang tentunya menambah ketahanan fisik di masa yang akan datang.

Mendengarkan Musik

Bukan hal yang aneh bahwa musik mampu memperbaiki mood seseorang secara instan. Tahukah Anda jika musik juga berperan penting untuk meningkatkan stamina ? Mendengarkan musik selama berolahraga mampu memperbaiki kondisi napas yang pendek dan meningkatkan toleransi Anda pada olahraga dengan intensitas tinggi.

Mengonsumsi Ashwagandha

Ashwagandha merupakan suplemen herbal yang dihubungkan dengan ketahan kardiovaskular dan stamina. Ashwagandha juga baik untuk meningkatkan kualitas hidup seseorang sembari memperbaiki imunitas. Namun pastikan Anda berkonsultasi dengan ahlinya jika ingin mengonsumsi suplemen ini dengan dosis yang tepat.

Berhenti Merokok

Merokok berdampak buruk pada kemampuan bertahan tubuh. Oleh karena itu jika Anda berniat meningkatkan stamina maka berhentilah merokok.

Sebagai tambahan, Anda sebaiknya menjalankan pola hidup sehat dan mengonsumsi asupan yang seimbang untuk meningkatkan ketahanan tubuh. Seperti dijelaskan sebelumnya bahwa kemampuan tubuh tiap orang berbeda – beda. Jika Anda mempraktekkan cara tersebut di atas hasilnya akan bergantung pada tubuh Anda sendiri.

Meski begitu, perubahan dapat Anda rasakan dalam sepuluh hari pertama hingga empat minggu lamanya.

You may also like