Patah Pergelangan Tangan – Penyebab, Gejala, Diagnosa, Pengobatan dan Pencegahan

Kondisi patah pergelangan tangan merupakan terjadinya keretakan atau patah pada tulang pergelangan tangan, entah itu hanya satu atau beberapa tulang. Kita perlu tahu bahwa manusia memiliki lengan dengan jumlah 8 tulang kecil atau tulang karpus. Pada umumnya, pergelangan tangan yang patah dialami pada salah satu tulang karpus di mana di bawah ibu jarilah lokasinya.

(Baca juga: terapi punggung bungkuk)

Penyebab

Patah tulang tepat di bagian pergelangan tangan biasanya dapat dialami oleh seseorang ketika tulang pergelangan tangan tak memiliki cukup kekuatan untuk bisa menahan sebuah tekanan. Saat tulang tidak kuat dan tekanan pun juga besar, maka otomatis tulang tersebut akan mudah sekali untuk menjadi patah atau paling tidak terjadi keretakan.

Ada sejumlah faktor penyebab paling umum yang menjadikan tulang pergelangan tangan menjadi patah. Simak segala kemungkinan penyebabnya sebagai berikut:

  • Saat seseorang aktif dalam melakukan kegiatan fisik, maka kemungkinan untuk terjadi benturan sangatlah besar. Bagi yang senang berolahraga pun demikian, seperti melakukan rugbi, bela diri, basket, serta sepak bola yang jelas meningkatkan potensi dalam mengalami cedera dalam bentuk benturan. Benturan yang sangat keras akan mampu menimbulkan masalah patah pergelangan tangan.
  • Kecelakaan kendaraan bermotor. Rata-rata orang dengan masalah patah pergelangan tangan adalah mereka yang mengalami kecelakaan saat berkendara. Kebanyakan pergelangan tangan yang patah dikarenakan kecelakaan kendaraan bermotor, khususnya bila berada di jalan raya.
  • Pergelangan tangan bisa saja mengalami patah tulang ketika seseorang terjatuh. Biasanya, seseorang akan mengalami patah tulang tersebut apabila posisi tangan sedang dalam kondisi terulur. Saat terjatuh, tubuh manusia akan secara refleks mengulurkan tangan supaya menopang tubuh, namun ketika pergelangan tangan tidaklah cukup kuat, alhasil tulang menjadi patah.
  • Penyakit tulang. Seseorang yang memiliki penyakit tulang juga memperbesar risiko terjadinya patah tulang di bagian pergelangan tangan, terutama osteoporosis. Osteoporosis merupakan sebuah keadaan di mana tubuh kekurangan asupan kalsium dan tulang akhirnya mengalami pengeroposan. Ketika tulang keropos, tentunya kekuatannya pun menjadi berkurang dan menjadi rentan patah serta aus.
  • Tentu kita semua sudah begitu mengerti akan bahaya merokok bagi kesehatan. Tapi masalahnya, merokok ternyata tak hanya membuat paru-paru bermasalah dan terancam terkena kanker. Tapi merokok adalah kebiasaan yang juga mampu memberikan efek buruk bagi tulang. Kebiasaan merokok diketahui mampu menjadikan kesehatan tulang menurun dan rusak. Penyerapan kalsium bisa menjadi terhambat dikarenakan kebiasaan buruk satu ini.
  • Kekurangan kalsium dan vitamin D. Tulang akhirnya menjadi lemah dikarenakan kurangnya vitamin D serta kalsium, jadi alangkah baiknya kalau Anda memenuhi asupan vitamin dan mineral secara lengkap. Makanan yang mengandung kalsium tinggi maupun vitamin D adalah yang terbaik dalam mendukung kesehatan tulang supaya tak cepat rapuh.

(Baca juga: ciri-ciri flu tulang)

Gejala

Tulang yang patah bisa sangat menyakitkan, khususnya kalau tulang sampai menembus kulit. Sama seperti kasus penyakit atau kondisi kesehatan lainnya, patah tulang di bagian pergelangan tangan juga ada gejalanya. Berikut di bawah ini adalah sejumlah gejala yang akan nampak dan dialami oleh seorang penderita patah pergelangan tangan:

  • Memar
  • Mati rasa.
  • Bengkak
  • Terasa nyeri.
  • Terjadi perubahan bentuk di bagian pergelangan tangan, seperti pergelangan tangan yang bengkok.
  • Sulit dalam menggerakkan jari tangan karena kaku.
  • Ketika menembus kulit dan juga sudah membuat jaringan otot rusak, maka perdarahan pun turut terjadi.

Penderita akan merasakan kesakitan yang sangat amat ketika menggerakkan pergelangan tangan. Rasa sakit akibat patah pada tulang tersebut juga mampu meningkat ketika penderita terus memaksakan dalam hal menggerakkan tangan. Ketika sudah begini, ada baiknya untuk menemui dokter sesegera mungkin apalagi kalau rasa sakitnya sudah tak tertahankan lagi.

Pada kondisi patah tulang di pergelangan yang sudah terbilang serius, biasanya seluruh lengan menjadi mati rasa. Cek juga bagian jari-jari tangan Anda karena biasanya bisa juga berubah menjadi lebih pucat. Saat gerakan juga sudah mulai sangat terbatas, ini tandanya Anda perlu segera ke rumah sakit karena bila dibiarkan mampu merusak saraf. Pengobatan yang terlambat justru dapat membuat tulang tak bisa kembali seperti semula.

(Baca juga: gejala tbc tulang)

Metode Diagnosa

Setelah gejala dirasakan dan Anda merasa tak beres dengan hal tersebut, hal yang patut dilakukan tentunya adalah penderita melakukan prosedur diagnosa. Dokter bakal mengetahui penyebab pasti dari patahnya tulang pergelangan tangan melalui proses diagnosa yang tepat. Biasanya, proses pemindaian adalah yang paling tepat untuk memeriksa pergelangan tangan.

Pemindaian dengan X-ray adalah yang akan dilakukan dokter kepada pasien tanpa menggunakan waktu yang lama. Radiasi X-ray atau sinar-X ini akan membantu dokter mendapatkan gambaran tulang pergelangan tangan secara lebih detil. Ini karena pola dari patahan tulan sangat beragam, ada yang spiral, ada pula yang lurus, dan ada juga yang polanya diagonal.

(Baca juga: penyembuhan patah tulang)

Pengobatan

Ada beberapa metode pengobatan yang bisa dilakukan demi membuat patah tulang cepat kembali pulih, yaitu:

  • Meningkatkan asupan kalsium. Makanan dengan kandungan kalsium tinggi dapat Anda konsumsi ketika patah tulang karena tulang akan terjaga tetap sehat. Kalsium adalah mineral yang penyerapannya terjadi bersama dengan vitamin D ke dalam tubuh. Susu dan sayuran hijau beserta suplemen khusus bisa diasup setiap hari agar patah tulang sembuh sempurna.
  • Pemijatan. Pijat adalah cara bermanfaat untuk supaya tubuh menjadi lebih baik. Dalam meningkatkan sirkulasi darah, pijatan adalah solusi yang baik. Pemijatan bisa dilakukan di bagian jaringan lunak sekeliling patahnya tulang supaya sirkulasi darah meningkat. Ketika aliran nutrisi ikut meningkat, maka itu artinya patah tulang juga bakal segera sembuh sempurna.
  • Konsumsi teh. Teh hijau adalah yang paling dianjurkan untuk dikonsumsi selama mengalami patah tulang karena di dalam teh hijau ada kandungan antioksidan tinggi sehingga bakal mampu mencegah kanker. Tak hanya kanker saja, bahkan teh hijau juga berkhasiat tinggi dalam menyembuhkan patah tulang.
  • Tidak merokok. Karena merokok merupakan salah satu faktor peningkat risiko patah tulang, jadi ada baiknya mulai memerhatikan kesehatan tubuh dengan berhenti dari kebiasaan ini. Dibandingkan non-perokok, perokok aktif akan mempunyai kepadatan mineral tulang pada tingkat yang lebih rendah. Patah tulang yang terjadi pada perokok aktif pun diketahui jauh lebih lama sebab aliran darah terganggu oleh zat-zat berbahaya dari rokok.
  • Latihan otot. Sangat penting ketika patah tulang penderita melakukan latihan otot serutin mungkin. Hanya saja, selama melakukan latihan untuk patah tulang, hal ini perlu dilakukan secara hati-hati sekali dan tak usah memaksakan diri atau malah memperparah kondisi.
  • Terapi panas. Dalam mengobati patah pergelangan tangan, tulang yang retak atau patah tersebut membutuhkan aliran panas demi membuat aliran darah lebih lancar. Perbaikan tulang juga menjadi lebih baik dan cepat berkat terapi panas. Gunakan saja handuk yang sudah Anda rendam di dalam air panas, lalu lanjutkan dengan proses mengompres ke bagian pergelangan tangan yang patah. Mandi air hangat pun dianjurkan di mana bisa dilakukan sehari 3 kali di mana masing-masing selama setengah jam lamanya.

Tak hanya itu, pastikan Anda juga tetap mengecek kesehatan dengan pergi ke dokter supaya kondisi pergelangan tangan Anda tetap terpantau dengan baik.

(Baca juga: pertolongan pertama pada patah tulang)

Pencegahan

Untuk menghindari segala tekanan keras yang mengakibatkan pergelangan tangan menjadi patah, Anda bisa mengurangi risiko tersebut. Langkah-langkah berikut ini penting untuk Anda perhatikan sekaligus lakukan:

  • Barang-barang yang kiranya memperbesar risiko Anda terbentur dan terantuk bisa disingkirkan.
  • Hindari jatuh terpeleset dengan selalu mengenakan alas kaki yang tepat dan dari bahan yang tak licin.
  • Jauhi permukaan jalan, tanah maupun lantai yang kiranya bisa membuat Anda gampang tersandung, seperti permukaan yang licin, berbatu-batu atau berlubang.
  • Menjaga kesehatan mata supaya Anda bisa terjauh dari masalah.
  • Alangkah baiknya selalu memasang pengaman, seperti misalnya pegangan di tangga maupun kamar mandi.
  • Jauhi aktivitas fisik yang kiranya juga berpotensi besar memicu Anda patah tulang di pergelangan tangan.
  • Rajin-rajinlah berolahraga, tapi pastikan juga keamanannya dan hindari bahaya olahraga yang berlebihan.
  • Mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin D tinggi berikut makanan kaya kalsium.
  • Berhenti dari kebiasaan buruk seperti merokok.

(Baca juga: cara mengobati patah tulang)

Demikianlah penjelasan singkat mengenai patah pergelangan tangan yang meliputi penyebab, gejala, diagnosa, hingga pengobatan dan pencegahannya. Diharapkan Anda bisa lebih hati-hati dalam beraktivitas dan selalu awas terhadap benda atau kondisi sekitar Anda.