Home Tips KesehatanKesehatan Tubuh 7 Ciri Ciri Sehat Jasmani Pada Pria Dan Wanita

7 Ciri Ciri Sehat Jasmani Pada Pria Dan Wanita

by Henny Anugerah

Ciri ciri sehat jasmani pada pria dan wanita dapat terlihat dari aura fisik dan pancaran keaktifannya dalam kehidupan sehari hari.
Sehat jasmani sangat berhubungan dengan cara seseorang memperlakukan tubuhnya agar tetap dalam kondisi yang terbaik yang sebenarnya sangat mudah untuk diterapkan dalam kehidupan sehari hari.

Faktor pemicu
Ada hal hal yang perlu diperhatikan dan dipahami ketika seseorang memutuskan dirinya untuk tetap dalam keadaan sehat secara jasmani, Namun sayangnya segalanya tidak mudah diraih dengan gratis. Ada beberapa usaha dan perjuangan yang harus dilakukan jika anda ingin sehat jasmani setiap hari, Diantaranya:

1. Menjauhi makanan dan minuman yaang merugikan

Menjauhi segala makanan dan minuman yang merugikan kesehatan seperti jenis makanan junkfood , Siap saji atau makanan setengah matang. Sedangkan untuk minumannya menjauhi segala bentuk minuman yang mengandung gula berlebih , Alkohol dan siap mengurangi minuman yang mengandung kafein. (Baca Juga: Dampak Bahaya Makanan Cepat Saji , Bahaya Minuman Cepat Saji)

2. Olahraga

Konsisten dalaam melakukan olahraga rutin dimana jadwalnya tidak mengganggu aktivitas atau rutinitas kerja, Misalnya berolahraga pada saat hari libur, Contohnya hari minggu. (Baca juga: Dampak negatif tidak pernah berolahraga)

3. Tidak begadang

Tidur teratur dan tidak begadang untuk hal hal yang tidak penting. Karena terlalu sering kurang tidur malam sejatinya mampu menyebabkan daya tahan tubuh menurun dan tidak fit pada keesokan harinya. (Baca juga: Akibat begadang terus menerus bagi kesehatan)

4. Memanjakan diri sendiri

Melakukan hal hal yang menyenangkan diluar aktivitas rutin kerja misalnya seminggu sekali melakukan perjalanan keluar kota yaitu kelokasi lokasi indah dengan pemandangan yang berbeda. Hal ini untuk memberikan tubuh suplai energi dan semangat baru dalam berfikir, Mengolah ide dan untuk menjauhkan diri dari stres. (Baca Juga: Cara Menghindari Stres , Ciri-ciri Lingkungan Sehat)

5. Bakat dan minat

Mengembangkan atau melakukan bakat dan minat yang disukai untuk mempertajam imajinasi dan keterampilan secara motorik visual dan meningkatkan kualitas intelegent secara individu. (Baca Juga: Kebiasaan Baik Orang Arab , Cara Menghilangkan Kebiasaan Buruk)

6. Menjauhi obat obatan

Menjauhi obat obatan terlarang dan tidak ketergantungan pada obat yang berbahan kimia hanya untuk meredakan penyakit biasa yang sebenarnya bisa sembuh dengan sendirinya dengan bantuan cara tradisional. Misalnya sakit kepala, Masuk angin, Tubuh linu dan pegal atau terserang batuk. Sudah saatnya untuk menggunakan cara herbal untuk mengatasinya agar jasmani tetap terjaga kesehatnnya dengan baik, MIsalnya minum jamu racikan sendiri. (Baca Juga: Bahaya Minum Jamu)

7. Tidak terlambat makan

Membiasaakan diri untuk makan dengan teratur dan tidak pernah terlambat untuk makan. Terlambat makan adalah pemicu terbesar manusia terserang penyakit maag, Lambung bermasalah, Tubuh lemas, Mudah terserang flu dan sakit kepala. Penyakit penyakit yang banyak dianggap remeh oleh banyak kalangan itu justru dapat menpengaruhi keseimbangan tubuh sehingga kesehatan jasmani terganggu. (Baca juga: Bahaya Makan Bakso Berlebihan , Kelompok Makanan yang Dilarang Pengidap Asma)

8. Air putih

Minumlah air putih setidaknya 8 liter perhari untuk mencegah tubuh terkena dehidrasi. Dehidrasi dapat menyebabkan daya tahan tubuh menurun dan mengancam kesehatan jasmani secara perlahan lahan. (Baca juga: Bahaya akibat kurang minum air putih , Cara Diet Air Putih)

Ciri Ciri Sehat Jasmani Yang Perlu Anda Miliki

1. Segar dan fit

Seseorang yang rajin berolahraga walaupun hanya dua kali dalam seminggu tetapi dilakukan secara teratur maka tubuhnya akan selalu terlihat segar dan fit. Olahraga yang diimbangi dengan rajin mengkonsumsi air putih setidaknya 8 liter perhari maka tubuh akan selalu terjaga kebugarannya kenadati sedang dalam keadaan sibuk akibat rutinitas sehari hari. (Baca Juga: Akibat Kurang Olahraga , Cara Menjaga Kesehatan untuk Golongan Darah AB)

2. Tidak mudah sakit

Ciri ciri sehat jasmani yang mudah dilihat dari luar adalah seseorang yang terlihat bugar dn jarang sakit walauoun dikelilingi orang orang yang sedang saakit. Kondisi ini disebabkan seseorang memiliki dayaa tahan tubuh yang kuat. Kondisi yang baik tersebut dapaat anda miliki karena anda tidak pernah begadang, Menjauhi makanan dan minuman yang merugikan dan konsisten melakukan olahraga. (Baca juga: Cara Menjaga kesehatan Jasmani dan Rohani)

3. Berat dan tinggi badan ideal

Memiliki berat badan yang ideal dengan tinggi badan adalah ciri ciri sehat jasmani yang dapat di miliki semua usia , Tua, Muda, Pria dan wanita. Menjaga keseimbangan antara berat badan dan tingginya dapat diupayakan dengan cara mengatur pola makan yang baik, Rajin berolahraga dan Tidur yang cukup. (Baca Juga: Kalkulator Berat Badan Ideal)

4. Tidak memiliki penyakit dalam

Tidak memiliki penyakit dalam, Penyakit berbahaya atau jenis penyakit yang menular adalah ciri ciri sehat jasmani yang menjadi tujuan utama manusia. Didalam tubuh yang sehat maka akan terdapat jiwa yang kuat , artinya jika tubuh kita dalam keadaan sehat tak memiliki penyakit apapun maka jasmani akan stabil dan mampu melakuakn kegiatan apapun dengan mudah. (Baca Juga: Khasiat Air Alkali , Ciri Ciri Sehat Jiwa)

5. Semangat dalam beraktivitas

Seseorang yang terlihat selalu aktif, Semangat dalam melakukan aktivitasnya tanpa ada rasa mengeluh maka orang tersebut memiliki kesehatan jasmani yang tinggi. Semangat dalam beraktivitas adalah ciri ciri sehat jasmani yang tidak semua memilikinya, Hal ini sangat berhubungan dengan gaya hidup dan kebiasaan seseorang dalam memperlakukan kesehatan tubuhnya, Misalnya olahraga, makan makanna yang berstandar 4 sehat 5 sempurna, Berfiki positif, Tidur malam selalu tepat waktu, Tidak menyukai alkohol dan rokok dan lain lain. (Baca Juga: Vitamin untuk Badan Letih)

6. Nafsu makan normal

Ketika seseorang dalam keadaan tidak sehat maka tubuhnya akan mengalami penurunan imunitas, Terlihat lesu, Pucat dan tidak nafsu makan. Namun seseorang yang memiliki nafsu makan yang normal maka bisa dikatakan jika seseorang tersebut sedang memiliki kondisi jasmani dalam keadaan yang baik. (Baca Juga: Penyebab Nafsu Makan Meningkat)

7. Mudah lelap tidur dimalam hari

Mudah lelap tidur di malam hari adalah ciri ciri sehat jasmani karena itu adalah merupakan reaksi alami dari dalam tubuh yang mengisyaratkan bahwa tubuh dalam kondisi terbaiknya. Dalam keadaan yang tidak stabil hanya karena sedang terserang flu atau cuma terserang sakit kepala biasa saja tetapi seseorang bisa menderita kesulitan tidur. (Baca Juga: Penyebab Susah Tidur)

You may also like