Main Smartphone Sampai Kecanduan? Awas 5 Nyeri Tubuh Ini Mengintai

195

Tak dipungkiri lagi, hampir semua orang di jaman ini tak bisa hidup tanpa smartphone walaupun sudah tahu betul bahwa ada dampak yang kurang baik dari penggunaannya bagi kesehatan. Main smartphone memang asyik apalagi karena ada segudang aplikasi yang dijamin tak akan bikin bosan. Namun, waspadai beberapa nyeri pada tubuh ini gara-gara kecanduan smartphone.

  1. Nyeri pada Mata

Gangguan pada mata yang paling sering dialami para pecinta dan pengguna smartphone adalah nyeri pada mata, panas pada mata dan juga mata kering akibat frekuensi terlalu sering. Mata yang mulai kering, perih, pedas dan juga panas bisa jadi adalah bentuk dari iritasi mata.

Biasanya, terlalu lama menggunakan smartphone apalagi secara berlebihan juga sangat dapat membuat mata merah dan pandangan buram. Jika sudah terasa tak nyaman pada mata, segera ambil waktu untuk beristirahat dengan tidur cukup. Bila perlu, kompres mata dengan handuk dingin atau hangat agar mata terasa lebih nyaman.

  1. Nyeri pada Kepala

Nyeri lainnya yang sangat memungkinkan terjadi ketika sudah kecanduan bermain smartphone adalah timbulnya nyeri di kepala sekaligus pusing-pusing. Hati-hati kalau sudah mulai sering sakit kepala karena hal ini bisa dipicu oleh sakit kepala tegang, sakit kepala sebelah atau gejala migrain, gangguan refraksi mata, atau gejala mata lelah.

Tidur cukup adalah salah satu solusi terbaik dari kondisi ini dan mulailah batasi penggunaan smartphone agar pusing dan nyeri kepala tak kambuh. Hindari juga kebiasaan bermain smartphone yang jaraknya terlalu dekat dengan mata supaya mata tak gampang lelah. Jangan lupa untuk mengecek kesehatan mata secara berkala untuk memeriksakan ketajaman penglihatan/visus Anda.

  1. Nyeri pada Jari

Main smartphone tak hanya sekadar bermain games bukan? Keasyikan chatting dan berkutat dengan media sosial pasti membutuhkan aktivitas mengetik yang terlalu sering, inilah yang bisa dengan mudah membuat jari telunjuk dan ibu jari terasa nyeri. Kalau siang malam kedua jari ini terus aktif, maka bisa saja nyeri lama-lama datang dan satu-satunya cara mengatasinya adalah mengistirahatkannya.

  1. Nyeri pada Pundak

Kebanyakan main smartphone juga otomatis bisa bikin pundak nyeri, apalagi karena posisi memegang ponsel terus-menerus. Ini kemudian menjadi penyebab otot pundak menjadi pegal-pegal dan rasa pegal yang berkelanjutan tentunya bisa membuat anggota badan lainnya ikut pegal juga dan bisa sulit digerakkan.

  1. Nyeri pada Leher

Main smartphone sambil membungkukkan leher setiap saat akan memudahkan rasa nyeri dan pegal menghampiri. Jika otot leher mulai kaku dan tegang, istirahatlah dulu dari penggunaan smartphone dan perbanyak waktu menjauh dari gadget satu ini supaya rasa nyerinya bisa hilang berangsur.

Menggunakan smartphone sah-sah saja apalagi sebagai hiburan di tengah kesibukan yang bikin stres dan pusing. Namun kecanduan dalam memainkannya pun bisa berdampak buruk pada kesehatan kita. Kalau tak ingin sampai otot-otot tubuh diserang nyeri, gunakan smartphone seperlunya, hindari pemakaian berlebihan, dan istirahatlah cukup setiap hari.