Home Tips KesehatanKesehatan Mental 10 Ciri Ciri Sehat Jiwa Pada Pria Dan Wnita

10 Ciri Ciri Sehat Jiwa Pada Pria Dan Wnita

by Henny Anugerah

Ciri ciri sehat jiwa pada pria maupun wanita dapat terlihat dari prilaku dan gaya hidup manusia yang dilakukan didalam kehidupan sehari hari. Jiwa yang sehat sangat berhubungan dengan kesehatan jasmani karena didalam jiwa yang rusak tidak mungkin akan terbentuk jasmani yang sehat. (Baca juga: Ciri-ciri Jantung Sehat)

Faktor pemicu
Kesehatan jiwa ditentukan dari bagaimana seseorang mampu menerima kondisi diri sendiri serta lingkungannya dan tidak menilai apa pun yang bersinggungan dengan kegagalan dan masalah yang tengah dihadapi adalah sebuah ancaman.

1. Selalu berfikiran negatif

Menilai orang lain dengan asumsi yang negatif dapat mempengaruhi pola pikir kita ditengah tengah masyarakat. Kondisi ini dapat mengantarkan seseorang yang pasif dalam bersosialisasi dengan orang lain , Tidak mampu menghargai orang lain dan selalu merasa semdiri. Jika tiidak segera diatasi maka seseorang dapat terserang stres, Depresi dan krisis percaya diri yang berkepanjangan. (Baca Juga: Akibat Depresi Berkepanjangan , Minuman dan Makanan yang Ampuh Usir Depresi)

2. Perasaan rendah diri

Perasaaan yang kurang percaya diri kerab menjadi biang keladi seseorang menjadi menarik dirinya dari pergaulan. Perasaan rendah diri dapat mengancam jiwa seseorang menjadi seseorang yang mudah menyerah dan putus asa. Selalu merasa tidak perlu untuk rendah diri adalah salah satu ciri ciri sehat jiwa yang harus dimiliki para kawula muda. Karena diusia mereka masih banyak yang belum mampu mencari jati dirinya dan cenderung menarik diri dari pergaulan orang lain. (Baca Juga: Cara Menghilangkan Rasa Takut Berlebihan)

3. Mudah marah

Seseorang yang mudah sekali terpancing suasana dan mudah tersinggung merupakan sifat yang tidak bisa mengendalikan diri dan condong tidak memiliki emosi yang stabil. Orang yang mudah tersinggung cenderung keras kepala dan sulit untuk bisa mengahrgai pendapaat ataau karya orang lain. Sifat seperti ini sangat tidak disukai banyak orang dan seringkali orang yang mudah marah dijauhi teman temannya untuk menghindari perbedaan pendapat yang nantinya bisa mengarah kesebuah pertikaian besar. (Baca Juga: Bahaya Kokain , Bahaya Minuman Suplemen)

4. Tidak menjalankan ibadah

Seseorang yang rajin menjalnkan ibadah sesuai dengan agamanya cenderung lebih pandai mengendalikan diri untuk tidak emosi, Percaya dirinya kuat daan mampu menghargai orang lain. Semua yang terjadi sangat berhubungan dengan iman seseorang. Karena semakin tinggi iman dan taqwa seseorang maka akan tinggi pula rasa empati dan kasih sayangnya terhadap orang lain. (Baca Juga: Kebiasaan Baik Orang Arab , Cara Menghilangkan Kebiasaan Buruk)

Ciri Ciri Sehat Jiwa

1. Berfikir positif

Berfikiran positif dan tidak mudah menyalahkan pendapat orang lain merupakan ciri ciri sehat jiwa yang bisa dimiliki siapa saja, Terlepas bagaimana anda menyikapi prilaku orang lain. Berfikiran positif dapat menenangkan pikiran, Jiwa dan menigkatkan sekaligus memperkuat rasa empati terhadap orang lain. (Baca Juga: Pikiran Positif  , Terapi Parkinson)

2. Mampu mengolah aktualisasi dan kelebihan diri sendiri

Seseorang yang memiliki ciri ciri sehat jiwa bisa dilihat dari bagaimana mereka mengembangkan dan memanfaatkan kelebihan yang dia miliki dan menutupi kekurangan melalui langkah cepat untuk bisa memperbaikinya dengan cara belajar dari keberhasilan orang lain. Mampu mengolah aktualisasi dan kelebihan diri sendiri dapat memicu semangat seseorang untuk lebih baik dan terhindar dari kecemasan yang hanya akan menyebabkan stres. (Baca Juga: Makanan Sehat untuk Menghilangkan Stres)

3. Mampu mengatasi stres

Seseorang yang mampu mengatasi stresnya dengan cara caranya sendiri tanpa harus merugikan pihak manapun maka orang tersebut memiliki ciri ciri sehat jiwa. Salah satu cara mengatasi stres super ampuh dan relatif mudah dilakukan yaitu dengan cara bersosialisasi dengan orang lain.

4. Mampu bertanggung jawab atas prilakunya sendiri

Ciri ciri sehat jiwa secara individu adalah mampu bertanggung jawab atas dirinya sendiri. Apapun yang akan dia lakukan sebelumnya telah dipikirkan segala konsekuensinya dan segera memahami jika yang dilakukannya akan merugikan orang lain atau tidak. (Baca Juga: Cara Menghindari Stres , Ciri-ciri Lingkungan Sehat)

5. Menghargai dan rasa empati pada orang lain

Mampu menghargai pendapat dan karya orang lain tanpa ada perasaan yang yang terpaksa akan melahirkan rasa empati secara perlahan lahan terhadap orang lain. Menghargai orang lain akan tubuh dengan sendirinya ketika seseorang mau belajar untuk bisa menghargai dirinya sendiri dan menjauhi sikap merasa paling benar. (Baca juga: Ciri Ciri Sehat Mental)

6. Mampu berinteraksi dengan orang lain

Bergaul dan berinteraksi dengan orang yang berbeda suku, Agama serta budaya mampu menumbuhkan rasa kasih sayang dan empati yang tiinggi, Berinteraksi dengan oranglain cenderung meninggalkan pengalaman yang berharga untuk bisa mengerti dan memahami keadaan hidup orang lain. (Baca Juga: Penyebab Bipolar)

7. Emosi yang stabil

Emosi yang mudah meluap luap dapat memicu munculnya tekanan darh tinggi dan stres. Didalam jiwa yang sehat akan selalu ada dorongan hati untuk bisa lebih mengalah atau menghindari hal hal yang hanya membuat kondisi menjadi tidak menentu. Dapat mengendalikan dan menetralkan emosi dengan keimanan yang kuat adalah salah satu ciri ciri sehat jiwa yang harus segera diarahkan dan diajarkan pada anak anak usia dini agar kelak mereka mmapu bertanggung jawaab ataas emosi yang mereka kendalikan. (Baca juga: Ciri ciri Penderita Sindrom Asperger)

8. Psikologi yang stabil

Seseorang yang tidak memiliki penyakit depresi, Bipolar atau alzheimer dapat terhindar dari labilnya kejiwaan . Jiwa yang sedang labil dan sakit seringkali disebabkan karena seseorang tidak mampu melupakan masa lalu yang pahit , Tidak mampu menerima kelemahan diri sendiri, Tidak sanggup menghadapi kegagalan dan malu untuk membuka diri pada orang lain untuk bisa berinteraksi dengan harmonis. Semua sikap pasif tersebut adalah kebalikan dari ciri ciri sehat jiwa. (Baca Juga: Akibat Sering Menghisap Ganja)

9. Realitis dan logis

Memiliki kemampuan menerima kenyataan hidup yang sedang dijalani serta ikhlas untuk bangkit kembali bersama doa dan usaha walaupun terasa berat dan sulit adalah ciri ciri sehat jiwa. Berfikir secara realitis dan logis menghadapi kegagalan, Kebangkrutan atau keberhasilan sekalipun adalah modal utama untuk bisa menjadi manusia yang sabar, Kuat dari segi kejiwaannya dan tidak mudah menyalahkan diri sendiri atau orang lain. (Baca Juga: Bahaya Kacang TanahPerbedaan Sakit Jiwa dan Cacat Mental)

10. Menjauhi segala hal yang merugikan kesehatan tubuh

Ciri ciri seseorang memiliki sehat jiwa , maka akan menjauhi sesuatu yang bisa mengancam kesehatan terutama kesehatan jia dan otak dimasaa depan, Misalnya menjauhi narkoba adalah bentuk apapun, Tidak mengikuti kebiasaan buruk oramg lain yang tidak mau melakuakn olahraga dan lain lain. (Baca Juga: Cara Mengatasi Kecanduan Narkoba)

Hubungan Antara Keimanan dan Kejiwaan Seseorang

Menjalankan ibadah menurut agamanya masing masing secara teratur merupakan benteng yang kuat untuk menumbuhkan rasa percaya diri, Memperkuat kejiwaan seseorang agar menjauhi hal hal yang merugikan dirinya dan lingkungannya. (Baca Juga: Cara Mencegah Narkoba dikalangan Pelajar)

Ibadah menjalankan kewajiban beragama dapat meningkatkan dan mempertebal keimanan seseorang karena jika hati dan perasaan dilindungi oleh keimanan dan taqwa seseorang pada tuhannya maka perbuatan baik akan selalu yang ingin dikerjakannya, Itulah mengapa keimanan sangat mempengaruhi kejiwaan seseorang.

You may also like