30 Kebiasaan Baik Orang Arab Wajib Diikuti

Kebiasaan baik orang arab merupakan gaya hidup dan kebiasaan sehari hari yang dilakukan sesuai dengan syariat islam dan tidak merugikan pihak manapun .
Arab merupakan negara timur tengah yang besar dan kaya akan persediaan minyak bumi dan memiliki banyak situs bersejarah yang berhubungan dengan kehidupan nabi serta rasul dimasa lalu.

Kebiasaan
30 Kebiasaan baik orang arab dimata dunia

1. Tidak menyukai narkoba
Orang orang arab sangat membenci narkoba dalam bentuk apapun. Orang yang mengkonsumsi atau menjual narkoba dianggap sebagai kejahatan luarbiasa yang dapat menghancurkan masa depan generasi muda. Narkoba hanya diperbolehkan untuk kepentingan medis dan rumahsakit bukan untuk hal yang lain. Kejahatan narkoba sangat berat hukumanya.
Baca juga : cara mencegah narkoba dikalangan pelajar

2.Tidak menyukai Alkohol
Kebiasaan baik Orang arab yaitu tidak suka dengan segala minuman ynag beralkohol, Selain diharamkan agama alkohol juga dapat merusak kesehatan tubuh. Orang arab menganggap bahwa mengkonsumsi minuman beralkohol dapat membuat seseorang menjadi bodoh, Lupa akan sholat dan tidak mampu mengendalikan emosinya dengan baik. Maka dari itu alkohol diharamkan!
Baca juga : Alkohol

3. Mengharamkan babi
Orang orang arab mengharamkan daging babi untuk dimakan. Hewan tersebut jelas tercatat didalam alqur’an sebagai hewan najis yang didalam tubuhnya banyak mengandung cacing pita, Virus , Bakteri dan kotoran lain yang dapat mengganggu kesehatan tubuh dan merubah pola berfikir seseorang.
Baca juga : bahaya daging babi bagi kesehatan

4. Tidak bergandengan tangan jika bukan muhkrim
Kebiasaan baik Orang arab adalah malu untuk berpacaran dan bergandengan tangan didepan umum. Dua pasangan yang belum terikat tali pernikahan yang sah dapat dikenakan hukuman penjara atau diwajibkan segera menikah jika ketahuan berpacaran. Berpegangan tangan saja dinilai haram, Karena dapat membuat seseorang terkena fitnah atau melakukan perbuatan dosa.

5. Berpakaian sopan dan tertutup
Para wanita arab sangat menghargai dirinya sendiri . Mereka menutup aurat atau setidaknya tidak memperlihatkan bagian tubuh yang tidak seharusnya para pria melihatnya. Tubuh yang dibiarkan terlihat secara terbuka dapat menarik hawa nafsu seorang pria yang bukan muhrimnya dan tanpa sengaja atau tidak dapat menjerat mereka dalam perbuatan dosa. Di arab saudi untuk mencegah adanya tindak kejahatan atau pelecehan sexual pada wanita maka tubuh mereka harus ditutupi dan disembunyikan,.

6. Menyukai susu
Kwbiasaan baik orang arab menyukai susu sebagai minuman sehat untuk menunjang kesehatan sehari hari. Susu dapat berupa susu sapi dan susu unta dimana protein dan kalsiumnya sangat tinggi dan baik bagi pertumbuhan tubuh anak anak.

7. Langsung menghentikan aktifitas ketika mendengar azhan
Orang orang arab pria atau wanita sangat disiplin pada aturan dan perinytah allh SWT, Yaitu ketika mereka mendengar azhan maka dengan segera mereka akan menghentikan segala aktifitas.


Bahkan disupermarket seluruh karyawan muslim langsung akan menyuruh para pelanngan untuk keluar menjalankan sholat terlebih dahulu kemudian bisa kembali lagi setelahnya.

8. Wanita sangat dijunjung tinggi
Diarab saudi jaman jahilia wanita sangat dilecehkan dan tidak dihargai namun ketika dijaman nabi Muhammad SAW keberadaan wanita menjadi berubah dan lebih dihormati hingga saat ini. Wanita arab sangat dihormati dan dijunjung tinggi sebagai tiang negara dan sebagai penunjang keberhasilan kaum pria dalam mengelola rumah tangga, Bisnis bahkan kemajuan negara. Hal tersebut disebabkan wanita jaman sekarang sudah banyak yang pandai, Imajinatif, memiliki banyak ide dan inovasi terbaru, Cerdas dan mampu sekreatif cara berfikir pria.

9. Wanita tidak boleh keluyuran seorang diri
Diarab saudi wanita dilarang keluar malamn apalagi pergi seorang diri, karena akan menimbulkan fitnah. Jika memang ingin pergi maka siang atau sore adalah hari yang terbaik untuk berjaln , Itupun harus ditemani oleh suami, Kkakak , Kerabat atau tetangga terdekat.

10.Tamu disambut bagaikan raja
Kebiasaan baik orang arab yang sangat unik adalah ketika kita bertamu pada keluarga keturubnan orang arab maka mereka akan memanjakan tamunya dengan sambutan yang sangat ramah, Tutur bahasa yang santun dan makanan serta minuman yang beraneka macam. Mereka menyuguhkannya dengan senang hati dan akan merasa tersanjung jika para tamu berkenan untuk makan dan minum bersama keluarga mereka.

11.Tidak suka bergosip
Kebiasaan baik orang arab sejak dahulu adalah mereka tidak suka bergerombol atau berkumpul hanya untuk membicarakan oramg lain. Bergosip dinilai sebagai perbuatan yang tidak terpuji dan dapat menimbulkan dosa.

12.Pria arab memelihara jenggot
Pria arab mayoritas menyukai jenggot. Mereka membiarkan dagu dan sekitar pipi ditumbuhi jenggot yang kemudian diatur dan dirapihkan disalon. Mereka menyukai tumbuhnya jenggot untuk meniru gaya nabi Muhammmad SAW yang juga menyukai jenggot.

13.Tidak suka berjudi
Kebiasaan baik orang arab yaitu sangat tidak menyukai judi, Karena judi dianggap sebagai perbuatan yang memalukan, Keji, Pemborosan, Merusak pikiran dan menjauhkan kita dari Allah SWT dan akhirnya dapat membuat seseorang tidak mampu lagi bersyukur atas apa yang telah diberikan oleh Allah SWT.

14.Keamanan negara terjamin
Negara arab adalah negara besar yang memiliki tingkat kriminal pencurian dan perampokjan yang sangat kecil bahakan dapat dianggap sebagai aman. Diarab saudi mobil pribadi bebas parkir didepan rumah mereka dan mereka tidak perlu merasa khawatir akan hilang karena dicuri orang. Hukuman penjara sangat berlaku adil diarab saudi bagi pencuri kendaraan atau barang berharga lain. Warga negara arab menyadari jika merampok dan mencuri yang bukan haknya adalah dosa besar dan akan diasingkan oleh orang orang yang semula dekat denganya.

15.Makan tidak boleh ada sisa
Kebiasaan baik orang arab yang mudah dilihat sehari hari adalah Ketika makan tidak boleh ada sisa atau sengaja tidak menghabiskanya. Menyisakan makanan dinilai tidak sopan dan mengurangi rasa syukur kepada yang maha kuasa.

16.Belajar mengaji dan sholat sejak usia dini
Diarab saudi anak anak usia dini sudah diajarkan mengaji dan tata cara sholat yang benar sehingga ketika dewasa nanti mereka sudah panadai melakuaknya dengan tanpa ada kesalahan.

17.Mendoakan orang non muslim
Kebiasaan baik orang arab adalah selalu mendoakan orang orang non muslim akan selalu hidup dengan bahagia dan damai, Bahkan pada orang yang jahat sekalipun orang arab tetap mendoakan mereka tentang kebaikan dan perubahan prilakunya atas ijin allah SWT.

18.Suka bersedekah
Kebiasaan baik orang arab yaitu mereka sangat suka memberi sumbangan atau sedekah dengan tulus pada orang orang yang membutuhkan tanpa ada dorongan dari orang lain. Mereka berlomba lomba mencari ridha allah swt dengan cara bersedekah bahkan ketika melakukanya banyak orang arab yang tidak ingin diketahui identitasnya kecuali allah SWT yang boleh mengetahuinya.

19.Menahan amarah didepan publik
Orang arab terkenal bicara keras dan sedikit berterika tetapi itu bukan karen asedang marah melainkan sudah menjadi tradisi secara turun temurun. Orang arab akan menahan amarahnya didepan publik. Marah didepan umum dinilai kurang sopan, Tidak mendidiuk dan memalukan, Untuk itulah mereka lebih senang pergi kemesjid atau surau (mesjid kecil) untuk menjalankan doa agar allah senantiasa meredakan amarahnya dan memberikan petunjuk jalan keluarnya.

20.Menghormati ibadah orang lain
Orang arab selalu membiarkan orang dari agama lain untuk menjalankan ibadahnya dan tidak akan memgganggunya. Orang arab memganggap non muslim memiliki hak yang sama untuk bebas menjalankan ibadahnya.

21.Pria dan wanita terpisah
Diarab saudi antara pria dan wanita tidak bisa dijadikan satu, Mereka akan dipisahkan agar tidak menimbulkan hal hal yang dapat menimbulkan dosa. Didalam kereta, Bus, Mesjid dan sebagaianya mereka akan dipisahkan menurut jenis kelaminnya dan tidak diharapkan saling bersentuhan apalagi sambil berpegangan tangan.

22.Tidak menghina orang lain
Orang arab tidak suka mencampuri urusan orang lain selama apa yang terjadi tidak merugikan pihak manapun. Misalnya seseorang memakai pakaian yang norak atau jelek maka tidak akan ada yang akan menghinanya karena menghina adalah perbuatan yang keji. Diharamkan dan berdosa.

23. Belajar matematika atau berhitung
Bangsa arab adalah bangsa yang memiliki kualitas otak yang sangat cerdas terutama pada hal berhitung. Walaupun orang arab banyak yang pandai dibidang matematika namun sayangnya tidak pernah disebar luaskan melalui media keseluruh dunia dengan cara yang berlebihan sehingga banayak yang tidak mengetahui akan kecerdasan mereka.

24.Tidak suka pamer
Orang orang arab tidak suka mempertontonkan apapun yang mereka punya didepan banyak orang lain . Mereka menganggap pamer adalah perbuatan yang sombong dan tidak dibenarkan oleh ajaran nabi Muhammad SAW.

25.Terbiasa mengucapkan salam
Jika bertemu dengan sesama muslim atau sedang bertandang kerumah orang lain maka mereka selalu mengucapkan salam. Mengucap salam adalah hal yang baik untuk menghangatkan suasana dan mempererat tali persaudaraan sesama umat muslim .

26. Tidak ingkar janji
Orang arab tidak suka menunda nunda janji apalagi mengingkarinya. Mengingkari janji adalah perbuatan memalukan dan dapat mencemari nama baik keluarga.

27.Tidak asal menuduh
Orang arab tidak pernah menuduh siappapun hanya berdasarkan cerita atau fakta yang terjadi dilapangan saja, Namun lebih kepada pembuktian yang relevan dan adanya saksi yang dapat dimintai keterangan.

28.Suka berkumpul dengan lain kultur
Orang arab tidak membatasi pergaualanya hanya terpaku padac satu kultur saja melainkan mampu berbaur dan menjalin tali persaudaraan dengan bangsa lain. Berbaur bergaul dengan orang lain dapat memberikan wawasan pengetahuan lebih luas dan tak terbatas selama orang yang beteman dengan kita itu tidak melakukan hal hal yang dapat menghancurkan nama baik dan menghina tradisi atau agama orang lain.

29.Tidak merasa paling benar
Orang arab merasa diri mereka penuh dengan kekurangan dan hanya allah saja pemilik kesempurnaan. Didalam pergaulan kerika dikantor, Lembaga pendidikan dan sebagainya mereka tidak menganggap diri mereka yang paling benar. Mereka menyadari bahwa pemikiran setiap manusia adalah berbeda bahkan pada orang kembar sekalipun.Mereka tahu jika merasa paling benar hanya akan membawa bencana perpecahan dan permusuhan diantara orang orang muslim.

30. Selalu belajar bersabar
Kebiasaan baik orang arab adalah bahwa mereka para orangtua telah mengajarkan anak anak untuk selalu tawakal dan bersabar dalam menghadapi masalah sesulit apapun. Dengan memilki kesabaran yang tinggi mampu menyebabkan seseorang menjadi kuat dan tahan banting terhadap cobaan hidup dan mampu segera bangkit dari keterpurukannya. Belajar bersabar sejak usia dini sangat penting untuk kemandirian seseorang dimasa depan.

Anggapan salah negara lain tentang orang Arab
Banyak orang yang masih berspesikulasi bahwa warga arab saudi selalu melakukan hal hal yang aneh dan melanggar peraturan dinegeri orang. Semua itu terjadi karena peraturan yang ada dinegara lain sangat berbeda dengan yang diberlakukan diarab yang lebih mengutamakan kehalalan dan keridhoan dari Allah SWT.

Segala peraturan yang ada dinegara lain dinilai cenderung lebih bebas, Tidak ada hukuman bagi sepasang kekasih yang bergandengan tangan, Tidak ada hukuman bagi orang orang yang berpakaian super sexi dan lain lain yang ternyata tidak sesuai dengan kaidah islam yang ada. Contoh mudahnya adalah ada orang arab yang langsung meninggalkan pekerjaanya sesaat setelah mendengar azhan atau karena telah tiba waktu sholat, Namun perbuatan terpuji tersebut justru masih saja ada yang menganggapnya aneh , Maka dari itu kesalahapahaman cenderung menyebabkan seseorang dinilai aneh dan melanggar aturan yang berlaku dinegara lain.

, ,
Oleh :
Kategori : Kebiasaan Baik