Begini 13 Cara Agar Mudah Bangun Pagi dan Menghindari Kesiangan

744

Anda adalah salah satu orang yang sulit bangun pagi? Anda perlu menelaah lebih dulu alasan kenapa susah bangun pagi baru dapat menemukan cara yang tepat supaya lebih mudah bangun pagi. Supaya menghindari kebiasaan bangun siang apalagi kesiangan, maka inilah sederet cara agar mudah bangun pagi yang bisa coba Anda lakukan.

  1. Menjadwalkan Waktu Tidur dan Bangun

Waktu tidur dan bangun setiap hari penting untuk diatur pada jam yang sama karena hal ini merupakan suatu tujuan agar diri Anda terbiasa dengan jadwal tersebut. Ketika sudah merasakan rutinitas tersebut, maka bangun pagi menjadi jauh lebih mudah sebab waktu tidur pun juga teratur.

  1. Sebelum Tidur Tidak Makan Berat

Jika Anda setiap malam terbiasa untuk mengonsumsi makanan yang sangat banyak, maka hindarilah kebiasaan ini mulai dari sekarang agar keesokan paginya bisa bangun dengan mudah. Saat makan banyak sebelum tidur, ini akan memberatkan pencernaan sehingga saat Anda tidur perut bisa menjadi tak nyaman dan menyebabkan susah tidur. Hal ini bisa berakibat pada susah bangun pagi keesokannya.

  1. Menghindari Topik Obrolan Berat Sebelum Tidur

Ketika Anda membahas topik pembicaraan yang berat di jam-jam sebelum Anda beranjak tidur, otomatis pikiran Anda menjadi tak tenang yang berkaitan dengan rasa cemas dan stres. Inilah yang menjadi salah satu alasan timbulnya gangguan tidur di malam hari.

Jika pun ingin mengobrol, pastikan topik tersebut adalah yang ringan dan menyenangkan sehingga kecemasan tidak menghampiri Anda, menjadikan Anda sulit tidur, dan esok pagi Anda bangun kesiangan. Hindari topik obrolan yang berat supaya Anda tidak menjadi harus begadang karenanya.

  1. Menghindari Tidur Siang Terlalu Lama

Anda terbiasa tidur siang hingga berjam-jam? Inilah faktor yang mampu menjadikan Anda sulit tidur di malam hari dan berdampak pada susahnya bangun pagi besoknya. Hindari bahaya tidur siang terlalu lama agar tidak berpengaruh pada kualitas bangun pagi Anda.

  1. Merapikan Kamar dan Tempat Tidur

Salah satu alasan bangun pagi menjadi sulit adalah karena tidur yang tak nyenyak di malam harinya. Kenapa bisa tidur tidak nyenyak? Kamar dan tempat tidur yang berantakan adalah salah satu faktor yang membuat tidur tak nyaman. Hal ini berimbas kemudian pada jadwal bangun pagi keesokannya, jadi solusinya adalah merapikan kamar dan tempat tidur sehingga memberi kenyamanan bagi Anda.

  1. Mengurangi Aktivitas Malam

Anda termasuk orang yang aktif di malam hari dan tetap sibuk walau sudah waktunya tidur? Hal ini bisa menjadi kemungkinan besar mengapa Anda menjadi sulit untuk bangun pagi keesokannya. Oleh sebab itu, hindari kesibukan yang membuat Anda begadang dan esoknya jadi sering bangun kesiangan.

  1. Tidur Lebih Awal

Ada beberapa orang yang bisa tetap bangun pagi meski selarut apapun ia tidur di malam harinya. Jika Anda bukan tipe orang seperti ini, itu artinya Anda perlu beranjak tidur lebih awal supaya esoknya bisa bangun lebih awal juga dan menghindari bangun lebih siang.

  1. Menghindari Kafein Sebelum Tidur

Kafein dibutuhkan ketika badan kita melemas bukan? Ketika sampai di rumah setelah seharian beraktivitas, maka Anda cukup perlu merilekskan diri dan tidak minum minuman berkafein apapun beberapa jam sebelum tidur. Insomnia kerap disebabkan pula oleh asupan kafein dan inilah yang menjadi masalah dalam hal bangun pagi juga.

  1. Menghindari Makan Apapun Lewat Jam 8 Malam

Kalau sebelumnya dianjurkan untuk tidak makan banyak sebelum tidur, akan jauh lebih baik kalau Anda menghindari makan besar maupun camilan apalagi kalau jam sudah menunjukkan pukul 8 malam. Ini juga menjadi cara agar Anda terhindar dari gangguan pencernaan dalam bentuk apapun di malam hari.

  1. Memasang Alarm

Satu trik yang layak dicoba adalah memasang alarm dengan suara yang cukup besar, namun Anda perlu taruh jauh dari jangkauan. Mau tidak mau, Anda akan bangun dan mencari asal bunyi alarm tersebut dan mematikannya. Setelah itu pun Anda pasti enggan untuk balik lagi ke tempat tidur dan tidur lagi bukan?

  1. Mengubah Dering Alarm

Biasanya walau sudah pakai alarm, kita tetap sulit bangun pagi karena telah terbiasa atau kebal dengan bunyi alarm yang kita pasang. Jika Anda biasa menggunakan fitur alarm di ponsel yang bisa dengan fleksibel diubah nada deringnya, Anda bisa mencoba mengubahnya secara berkala agar bisa lebih cepat bangun di pagi hari.

  1. Sarapan Bernutrisi

Sarapan juga berpengaruh pada sulitnya Anda bangun pagi, oleh karena itu pilihlah menu sarapan yang bernutrisi dan jelas sehat. Ketika sarapan sehat, Anda akan merasakan bahwa kinerja memori pasti meningkat, tenaga juga bertambah dan kadar gula darah terjaga normal.

  1. Minta Tolong Orang Lain Membangunkan

Jika sudah mentok cara-cara tersebut tak dapat membuat Anda bangun pagi, Anda sebaiknya mulai mencari alternatif. Anda tinggal dengan orang tua atau saudara dekat? Atau Anda adalah anak kos? Mintalah bantuan anggota keluarga atau teman kos untuk membangunkan Anda supaya tidak kesiangan.

Demikian beberapa cara agar mudah bangun pagi yang efektif dan bisa Anda andalkan. Mulailah dari sekarang untuk mencoba menerapkan beberapa langkah tersebut dan semoga bermanfaat bagi Anda.