Kenapa Susah Bangun Pagi? Ini 10 Kemungkinan Alasan Dibaliknya!

1083

Apakah Anda salah satu orang yang sulit untuk bangun pagi dan Anda sendiri tak mengerti kenapa susah bangun pagi walau sudah menyalakan alarm? Kebiasaan seperti ini terkadang juga cukup merugikan karena seringkali susah bangun pagi berimbas pada kesiangan dan terlambat beraktivitas. Berikut adalah beberapa alasan dibalik sulitnya untuk bangun pagi-pagi yang mungkin Anda alami.

  1. Faktor Genetik

Rupanya kebiasaan susah bangun pagi dapat disebabkan oleh faktor genetik, di mana walaupun alarm sudah berbunyi begitu keras mutasi genetik menjadikan beberapa orang sulit untuk bangun. Dalam hal ini, jam biologis internal tubuh mengalami perlambatan dan penyebabnya adalah mutasi gen CRY1.

Mutasi genetik itulah yang bisa membuat kita sulit untuk membuka mata apalagi bangun dari tempat tidur. Namun sebenarnya kondisi mutasi genetik bukan hal yang berbahaya, namun memang Anda harus benar-benar mencari cara alternatif untuk bisa bangun agar tak kesiangan, seperti meminta tolong orang tua, saudara atau teman untuk membangunkan diri Anda.

  1. Ketidakteraturan Jam Makan

Susahnya bangun pagi ternyata juga berhubungan erat dengan faktor makan yang tak teratur. Ketika Anda tidak memiliki kebiasaan baik dalam hal makan dan tidur tepat waktu, tubuh pun mengalami kebingungan karena tidak adanya siklus yang tetap. Ketika siklus atau pola makan tak teratur, rupanya hal ini pun turut mengganggu pola tidur.

Itulah mengapa, penting untuk menjaga pola dan jam makan tetap teratur setiap harinya supaya waktu tidur juga berada pada siklus yang benar dan sehat. Ketika pola makan dan pola tidur tak tetap, selain susah bangun pagi Anda pun akan merasakan tubuh cepat lelah sesudah bangun.

  1. Kamar Kurang Rapi

Susah bangun pagi juga berkemungkinan disebabkan oleh ruang tidur yang kurang baik penataannya atau kurang bersih. Kamar yang debunya banyak dan berkondisi berantakan seperti barang-barang berceceran di mana-mana ternyata bisa mengganggu pola tidur yang berefek pada sulitnya bangun tiap pagi.

Jika memang Anda sadar benar bahwa alasan susah bangun pagi adalah faktor kamar yang kurang rapi, mulailah untuk rajin membersihkan supaya Anda pun bisa tidur secara nyaman. Ketika setiap malam Anda bisa tidur nyenyak dan nyaman, otomatis bangun pagi pun tak akan sesulit biasanya dan Anda juga tak akan kesiangan apalagi terlambat beraktivitas.

  1. Melewatkan Sarapan

Kebiasaan tidak sarapan rupanya mampu menyebabkan tubuh Anda melepaskan hormon kortisol, yakni hormon yang berkaitan dengan timbulnya rasa stres. Ketika hormon kortisol terlepas, kualitas tidur pun akhirnya ikut terganggu dan menyebabkan gangguan tidur di mana faktor ini akhirnya menjadi alasan mengapa setiap pagi Anda susah bangun dengan semangat.

  1. Tidur dengan Lampu Menyala

Faktor pencahayaan di kamar Anda juga turut memengaruhi kualitas tidur yang juga berimbas pada kemampuan bangun pagi. Saat membiarkan lampu kamar menyala terang, mungkin Anda harus memerlukan waktu lebih lama supaya bisa terlelap bukan? Berbeda ketika cahaya kamar redup, tubuh akan lebih rileks dan lebih mudah untuk memejamkan mata dan tertidur.

  1. Tidur Lagi Setelah Bangun

Bagi Anda yang terbiasa mematikan alarm untuk kemudian tidur lagi dan tidak bergegas bangun serta beraktivitas, kebiasaan ini dapat menjadikan Anda lebih sulit untuk bangun nantinya. Anda yang merasa tubuh kelelahan setelah bangun bisa jadi disebabkan oleh fase bangun, mematikan alarm, berusaha tidur lagi, dan baru benar-benar bangun.

  1. Terbiasa Bangun Siang saat Libur

Liburan adalah waktunya tidur lebih lama bagi sebagian orang, tapi nyatanya terbiasa menambah jam tidur di kala libur dan sengaja bangun siang adalah keputusan yang kurang bijak. Siklus tidur pun selama liburan bakal berubah yang pada akhirnya bisa menyusahkan Anda ketika sudah masuk sekolah atau kerja lagi.

Jam biologis akan mengalami gangguan saat Anda memilih tidur lama di hari libur di mana hal ini akan membuat Anda susah bangun pagi ketika sudah waktunya beraktivitas lagi. Oleh karena itu, penting untuk menyeimbangkan kualitas tidur, baik itu saat Anda sedang di hari kerja atau saat sedang memperoleh libur.

  1. Kebiasaan Ngemil Sebelum Tidur

Bahaya makan manis sebelum tidur malam adalah salah satu faktor sulitnya Anda bangun pagi esoknya. Makan permen manis, makan makanan dari tepung serta mengonsumsi makanan ataupu minuman manis lainnya hanya akan memperburuk kondisi tubuh. Ini karena hormon kortisol produksinya meningkat saat mengonsumsi makanan-makanan tersebut.

  1. Depresi

Apakah kualitas tidur Anda dirasa sudah cukup tapi setiap pagi tetap susah untuk bangun? Tak mengalami insomnia tapi susah bangun pagi dapat menandakan bahwa Anda tengah mengalami depresi tanpa disadari. Jenis depresi satu ini dikenal juga dengan istilah atypical depression yang menunjukkan gejala seperti mudah gelisah dan tak berselera makan.

Jika susah bangun pagi disertai dengan suasana hati yang tidak pasti, ditambah pula kondisi sakit kepala, maka Anda perlu untuk segera memeriksakan diri ke dokter. Segera dapatkan perawatan atau terapi yang tepat supaya tidak telanjur menjadi lebih serius.

  1. Anemia

Di saat tubuh kekurangan sel darah dan oksigen, maka biasanya sulit bangun pagi karena merasa seluruh tubuh lelah dan letih adalah gejala dari anemia. Apabila rasa lelah dan malas bangun pagi disertai dengan nyeri dada, sering pusing, sesak nafas, detak jantung tak teratur, kulit memucat, kram di kaki, sulit fokus, kaki dan tangan dingin, hingga insomnia, pastikan Anda segera menemui dokter.

Mulai dari faktor genetik, kebiasaan dan gaya hidup yang buruk, hingga penyakit tertentu mampu menjadi alasan kenapa susah bangun pagi. Telaah apa yang menjadi faktor penyebab Anda sulit bangun pagi dan segera atasi dengan benar agar kondisi tubuh lebih sehat, bugar dan bersemangat.