Selain Mie Instan, Ini 8 Makanan Yang Tak Baik Dikonsumsi Setiap Hari

486

Tiap makanan pastinya menawarkan kandungan nutrisi yang bersifat saling melengkapi, hanya saja sejumlah makanan maupun minuman tertentu tak sebaiknya dikonsumsi terlalu sering alias setiap hari. Ketika dikonsumsi berlebihan, maka beberapa jenis makanan dan minuman tersebut malah memberikan nutrisi secara berlebihan yang memicu pada gangguan kesehatan lho. Selain mie instan, berikut adalah deretan makanan yang kurang baik untuk kesehatan kalau disantap tiap hari.

  1. Kedelai

Suka makan tahu dan tempe? Tapi memakannya setiap hari? Makanan yang dikenal murah dan menjadi sumber protein nabati tinggi ini memang baik untuk kesehatan karena mampu menjadi pengendali kadar kolesterol dalam darah sekaligus menormalkan tekanan darah tinggi. Namun mengonsumsinya tiap hari tidak baik lho, ini hanya akan menjadi penghambat zat besi terserap dalam tubuh yang kemudian dapat berakibat pada anemia atau kekurangan darah.

  1. Susu

Bukankah susu adalah sumber makanan yang mengandung kalsium tinggi dan produk olahan susu sendiri adalah makanan penguat tulang dan gigi? Susu memang menjadi sumber makanan wajib bagi usia pertumbuhan, namun ketika dewasa sebenarnya susu tetap diperlukan tubuh hanya saja tak usah dinikmati tiap hari. Selain karbohidrat dan lemaknya tinggi yang memicu kenaikan berat badan, efeknya dapat meningkatkan produksi hormon pemicu jerawat dan produksi insulin.

  1. Tuna

Ikan tuna memang adalah sumber omega-3 yang tinggi sama seperti salmon, tapi mengonsumsinya tiap hari ternyata juga tak cukup baik. Makan ikan setiap hari apalagi tuna sangat berisiko terkena paparan merkuri. Ikan laut punya potensi besar terkontaminasi merkuri yang kalau sampai masuk ke dalam tubuh manusia malah mampu membuat otot lemah, picu autisme, hingga masalah kesehatan mata.

  1. Salmon Asap

Selain ikan tuna, ada pula ikan salmon yang juga tak cukup baik kalau dikonsumsi sehari-hari. Nutrisinya memang sangat bermanfaat bagi tubuh, apalagi bagian otak dan jantung kita, namun olahan salmon dengan cara diasap malah hanya memroduksi hidrokarbon aromatik polisiklik pemicu kanker lho. Makanlah tuna serta salmon seminggu 1-3 kali agar tak merugikan bagi kesehatan.

  1. Makanan Pedas

Beberapa orang mungkin punya tubuh dengan ketahanan tinggi sehingga makan pedas setiap hari atau bahkan setiap saat tak akan bermasalah. Namun bagi sebagian orang yang lain, makan pedas entah itu saat makan utama maupun makan kudapan secara berlebihan bisa mengancam kesehatan lambung dan meningkatkan risiko gangguan pencernaan pada lambung.

  1. Kentang

Kentang adalah sumber makanan yang mengandung karbohidrat tinggi sehingga sangat bisa diandalkan menjadi pengganti nasi putih bagi yang tengah berdiet. Namun, memakannya pagi, siang dan malam setiap hari juga tak cukup baik apalagi untuk yang ingin menjaga berat badan. Pastikan asupan karbohidrat tak berlebihan dan imbangi dengan biji-bijian, kacang-kacangan, buah serta sayur dengan tepat.

  1. Makanan Kalengan

Makanan kalengan atau makanan kemasan tentunya kaya akan kandungan pengawet sekaligus sodium yang super tinggi. Inilah kenapa konsumsi makanan kalengan sebaiknya tidaklah setiap hari karena mampu mengganggu kesehatan jantung atau sistem kardiovaskular.

  1. Makanan Manis

Bagi pemilik sweet tooth, istilah untuk orang-orang pecinta makanan dan minuman manis, perhatikan lagi deh seberapa banyak dalam sehari mengonsumsi makanan manis. Entah itu dalam bentuk camilan atau dessert, makanan bergula dan berkalori tinggi sebaiknya tak dikonsumsi setiap hari karena salah satu bahaya makan manis adalah peningkatan kadar gula dalam darah.

Bagi yang masih mengonsumsi nasi putih lalu setelah itu masih mengemil makanan atau minuman-minuman manis, inilah yang mampu memicu peningkatan gula pada darah. Jadi jika ingin makan atau menikmati sesuatu yang manis tapi aman dan sehat, alangkah baiknya mengonsumsi buah-buahan.

Itulah dia sejumlah makanan selain mie instan yang sebaiknya dihindari untuk dikonsumsi tiap hari karena kurang baik untuk kesehatan dan fungsi tubuh. Batasilah mengonsumsi makanan berpengawet dan ber-MSG tinggi, begitu juga dengan makanan bergula, bergaram hingga berkarbohidrat tinggi supaya tubuh tetap sehat dan bugar.